Cara Mencegah Penyakit Darah Tinggi

Hipertensi atau darah tinggi adalah masalah kesehatan yang mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Seperti yang diketahui bahwa ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang dapat terkena dengan kondisi ini, diantaranya adalah faktor keturunan, konsumsi garam yang berlebihan dan bahkan stress. Sementara itu, gejala dari kondisi penyakit ini pada umumnya sulit untuk dikenali karena tidak ada gejala yang spesifik yang menunjukan seseorang mengalami hipertensi. Hal ini pulalah yang membuat kerugian banyak dituai para penderita hipertensi.

Banyak penderita hipertensi yang memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter sudah divonis mengembangkan penyakit ini dengan level yang lebih parah. Mereka tidak menyadari bahwa sebenarnya sudah sejak lama mereka mengalami hipertensi. Sementara itu, hipertensi yang kronis akan mungkin menimbulkan bahaya yang besar untuk kesehatan tubuh lainnya. Seperti mengembangkan kemungkinan penyakit jantung, stroke dan masih banyak lagi.

Nah, melihat efek yang berbahaya yang dapat ditimbulkan dari kondisi ini maka mau tidak mau diperlukan penanganan untuk mengatasi kondisi tekanan darah tinggi agar tidak terjadi. Nah, dibawah ini adalah beberapa cara mencegah darah tinggi yang dapat dilakukan secara mandiri dirumah.

Cara Mencegah Penyakit Darah Tinggi

Penyakit darah tinggi bukan hanya dialami oleh orang dewasa saja. Namun kondisi ini pun dapat menyerang anak-anak dan remaja sekalipun. Untuk itulah, sebelum penyakit ini menyerang maka pencegahan menjadi hal penting untuk dilakukan. Ingin tahu seperti apa cara mencegah darah tinggi dengan mudah? Mari simak dibawah ini.

Mulai dengan Mengurangi Konsumsi Garam

Garam atau sodium disebut-sebut menjadi faktor utama yang dapat memicu tingginya resiko terhadap hipertensi. Hal ini dikarenakan pengaruh garam membuat tubuh mengembangkan hipertensi dengan lebih cepat. Untuk itulah untuk mengurangi kemungkinan atau resiko terhadap darah tinggi maka segera kurangi asupan darah dalam konsumsi makanan sehari-hari anda sedikitnya setengah sendok dari total asupan garam harian anda.

Selain itu, kurangi pula asupan makanan ringan atau chiki yang memiliki kandungan garam berlebihan, seperti diantaranya keripik, cemilan dan masih banyak lagi. Selain garam yang diperoleh secara langsung, beberapa bahan masakan seperti kecap asin dan lain sebagainya pun perlu anda perhatikan dengan baik. Artikel terkait: Mendalami Hipertensi Pulmonal (Hipertensi Paru) Pada Anak

Konsumsi Makanan dengan Kandungan Kalium dan Magnesium

Dua manfaat bahan ini adalah zat yang baik untuk kesehatan tubuh. Magnesium dan kalium akan dapat bermanfaat untu mengurangi tekanan darah tinggi. Sementara itu, kandungan dua zat ini bisa anda dapatkan dari konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah. Jadi demikian mulai saat ini tidak ada salahnya untuk menyajikan sayur dan buah pada konsumsi makanan sehari-hari anda. Kandungan serat, vitamin dan mineral yang ada dalam sayur dan buah akan dapat bermanfaat baik untuk kesehatan anda. Sedikitnya kandungan lemak dalam bahan makanan ini pun membuatnya baik menjadi makanan diet yang bila dikosumsi dalam jumlah yang banyak tidak akan memberikan pengaruh kenaikan berat badan yang berarti.

Kurangi Minuman Beralkohol

Salah satu pemicu utama dari penyakit hipertensi yang terjadi diakibatkan oleh gaya hidup yang kurang baik yang banyak dilakukan oleh si penderita itu sendiri. Konsumsi alkohol satu atau dua kali mungkin tidak akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap tubuh. Akan tetapi perlahan bila kebiasaan buruk ini dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang maka kondisi ini akan dapat menimbulkan masalah untuk kesehatan, salah satunya ya itu tadi resiko lebih besar mengembangkan kondisi terhadap hipertensi.

Oleh karenanya, mulai saat ini kurangi kebiasaan buruk ini dengan perlahan. Bila perlu bicarakan dengan dokter menganai hal ini agar anda mendapatkan panduan terapi yang lebih aman dan lebih baik untuk mengatasi kebiasaan mengkonsusmi alkohol dengan lebih cepat.

Olahraga Secara Teratur

Latihan fisk yang dilakukan secara rutin akan dapat mengurangi resiko seseorang terhadap hipertensi atau darah tinggi. Menurut sebuah penelitian menjelaskan bahwa pria yang secara aktif terlibat dengan kegiatan fisik menunjunkan resiko 20 persen lebih kecil terhadap penyakit tekanan darah tinggi.

Adapun jenis olahraga yang dianjurkan atau cocok dilakukan oleh para penderita hipertensi adalah aerobik, berjalan kaki, berjogging dan jenis olahraga lain yang melibatkan pergerakan fisik dengan lebih banyak. Lakukan olahraa ini selama 30 sampai dengan 45 menit dalam satu hari sebanyak 3 kali seminggu maka hasilnya akan dapat anda rasakan sendiri.

Selain itu, pergerakan fisik yang aktif membuat tubuh anda terhindar dari masalah penumpukan kolesterol dan lemak jahat. Dimana kondisi seperti ini pada umumnya dapat memicu timbulnya kegemukan atau kelebihan berat badan. Untuk itu, denga rajin berolahraga maka anda akan dapat memangkas sejumlah lemak didalam tubuh dan membantu anda tampil lebih percaya diri dengan tubuh yang ramping dan fit.

Hindari Stress

Stress dipercaya ikut memainkan peran terhadap naik turunnya tekanan darah didalam tubuh. Sederhananya ketika seseorang terhindar dari stress maka akan semakin kecil resiko untuknya terserang dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Untuk itu, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah hipertensi adalah dengan mengelola stres yang anda alami.

Ada beberapa faktor yang membuat stress mudah terjadi dan menyerang seseorang, diantaranya adalah tekanan yang terlalu besar, jenuh, merasa bosan atau merasa sedih yang berkepanjangan. Untuk itu, jauhi beberapa penyebab stress ini dengan baik. Sementara itu, bila anda terlanjur mengalami stress maka atasi hal ini dengan mengalihkan perhatian anda pada beberapa hal yang membuat anda merasa lebih baik. Seperti melakoni hobi anda, membaca buku, menyanyi, menari atau melakukan hal apa saja yang membuat anda merasa lebih senang.

Jangan Merokok

Rokok dan diabetes adalah dua hal yang tidak pernah menjadi hal yang baik. Kebiasaan merokok yang anda lakukan akan mungkin membuat anda meningkatkan resiko lebih besar terhadap pengembangan hipertensi didalam tubuh. Sementara itu, bila anda terlanjur mengalami hipertensi dan masih merokok, maka kondisi tubuh anda akan semakin buruk. Hal ini terjadi karena nikotin yang ada pada rokok membuat aliran darah menjadi lambat akibatnya hipertensi atau tekanan darah tinggi akan semakin parah.

Untuk itu, hindari kebiasaan merokok mulai saat ini. Selain terhindar dari hipertensi, menghentikan kebiasaan merokok akan memberikan banyak keuntungan untuk kesehatan anda, seperti menghemat pengeluaran biaya, menghindarkan anda dari resiko penyakit paru-paru yang berbahaya dan masih banyak lagi.

Kami memahami bahwa memang tidak mudah untuk menghentikan sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan sejak lama. Untuk itu, jangan lakukan dengan tiba-tiba dan bertubi-tubi. Anda dapat memulainya dengan mengurangi batang demi batang rokok yang anda hisap setiap harinya.

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah tekanan darah tinggi yang dapat dilakukan secara mandiri sejak dini agar anda terhindar dari resiko dan komplikasi yang menyeramkan dari penyakit ini.

loading...