Cara Mencegah Bayi Cacingan dengan Aman dan Alami

Penyakit yang paling di khawatirkan oleh setiap ibu ialah penyakit cacingan pada anak. Ini disebabkan oleh penyakit cacing ini menghambat cara berkembang tubuh pada bayi hingga ia akan tampak lebih kurus dan tidak sehat. Berat badan yang terlihat kurus dengan perut yang membuncit adalah salah satu ciri anak mengalami cacingan. Atasi penyakit ini dengan caya yang tepat, sebab jika tidak penyakit penyakit ini akan menghambat setiap perkembangan tubuh bayi, hingga tubuh bayi tidak dapat berkembang secara baik.

Selain berpengaruh terhadap perkembangan fisik dan kesehatan, cacingan juga dapat berpengaruh terhadap kecerdasan mental bayi. Hal ini disebabkan oleh semua nutrsi yang akan masuk pada tubuh bayi tidak terserap secara baik karena nutrisi tersebut diserap oleh cacing yang ada dan tinggal di dalam tubuh bayi menjadi parasit. Beberapa upaya masih dapat kita upayakan demi mencegah cacingan pada bayi berawal dari lingkungan, orangtua juga sang bayinya sendiri.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan :

1.    Faktor lingkungan dan tempat tinggal. Faktor lingkungan alah satu faktor yang menyumbang besar terhadap penyakit cacingan. Demi menjaga kesehatan pada bayi, lakukanlah beberapa hal seperti : memeriksa sumber air disekitar rumah agar tetap bersih, menjaga kebersihan rumah serta kebun rumah anda dari kotoran hewan yang berada di area pekarangan. Selain itu juga ajak semua warga untuk membudayakan dan mencintai
lingkungan bersih, asri serta sehat.

2.    Faktor orang tua. Kesehatan bayi terhadap penyakit cacingan dipengaruhi oleh kebersihan serta pola kehidupan orang tua itu sendiri. Maka oleh karna itu orang tua harus berusaha selalu untuk hidup bersih dan sehat dengan melakukan hal kecil seperti : mencuci bersih semua bahan-bahan makanan yang akan dimasak juga dikonsumsi, biasakan mencuci tangan sebelum memasak, mencuci peralatan dapur, mencuci hingga bersih peralatan bayi yang akan digunakan dan telah digunakan, memotong kuku dengan rutin, serta hindari memberikan daging yang tidak matang pada bayi.

3.    Faktor pada bayi itu sendiri. Selain dari kedua tadi, faktor lingkungan dan faktor orang tua, faktor bayi itu sendiri juga dapat menjadi faktor penyebab cacing masuk ke dalam tubuh bayi dengan sangat mudah. Anda dapat melakukan hal ini untuk menghindari cacing masuk pada tubuh bayi, seperi : biasakan bayi mandi sebanyak 2 kali dalam sehari, berikan antiseptik khusus bayi pada bak mandinya, tidak lupa memotong kuku tangan serta kaki bayi, jika keluar rumah biasakan menggunakan alas kaki, menggunakan selalu baju yang bersih, bila baju yang bayi gunakan telah terlihat kotor maka bersegeralah untuk menggantinya, usahakan anak anda untuk tidak bermain di area tanah karena bukan tidak mungkin tanah tersebut telah terkontaminasi oleh kotoran hewan bahkan manusia, berikan kebiasaan baik pada bayi untuk mencuci tangan si bayi setelah bermain dan sebelum
makan, lalu berilah bayi obat cacing secara rutin agar bayi tidak terserang penyakit cacingan dan membiasakan buang air di toilet.


Video Minggu Ini
Tips untuk mengetahui sisi positif, keunggulan dan bakat anak.

You must have the Adobe Flash Playerthe Adobe Flash Player installed to view this player.

Video courtesy of Bebeclub.


Faktor-faktor yang ada di atas adalah beberapa cara yang mudah untuk mengurangi cacingan pada bayi. Jadi tidak ada salahnya jika anda melakukan hal-hal tersebut demi buah hati anda terbebas oleh cacing parasit yang dapat merugikan bayi anda.