Umumnya untuk anda yang mengalami gangguan aktivitas karena datang haid, sangat menjengkalan.  Meskipun hanya terjadi pada hari pertama haid akan tetapi tidak sedikit wanita yang mengeluhkannya. Bahkan banyak wanita yang mengalami haid yang tidak normal sehingga memiliki keterlambatan dari siklus menstruasi biasanya. Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan haid tidak normal diantaranya yaitu faktor fisik yang mengalami kelelahan sehingga mengakibatkan hormon terganggu.

Berikut cara untuk anda dapat melancarkan tamu bulanan anda :

1.  Melancarkan Haid Tanpa Rasa Kram

Terkadang rasa kram dapat membuat anda terganggu dengan keseharian anda. Coba metode alternatif. Gunakan minyak Sage Clary dan mengoleskannya ke perut Anda. Ini mendukung produksi estrogen dan bertindak pada kelenjar pituitari untuk mencegah kram. Anda juga dapat mengambil bantal pemanas dan meletakkannya di atas perut di mana rasa sakit atau mengurangi rasa sakit dengan berendam air hangat. Selain itu untuk mengatasi kram anda mengkonsumsi lebih banyak kalium dalam diet anda dengan mengonsumsi makanan seperti pisang. Hindari makanan asin dan manis.

2.  Istirahat yang Cukup

Dapatkan banyak istirahat. Ini akan menjaga tubuh anda dalam keseimbangan dan anda tidak akan bermasalah. Jika memungkinkan, mengambil hari libur untuk menghilangkan stres, karena itulah yang membuat anda mengalami ketidakteraturan menstruasi.

3.  Olahraga Ringan Menjelang Menstruasi

Olahraga memang sangat menyehatkan untuk kesehatan . Pilihan olahraga yang tepat akan membantu melancarkan haid anda. Untuk anda dapat memilih olahraga yoga menjelang dan saat menstruasi untuk melancarkan haid anda. Banyak olahraga lain seperti jalan kaki dan jogging, namun perlu anda ingat olahraga yang terlalu over akan menyebabkan kesulitan menstruasi, karena tubuh mengalami kelelahan.

4.  Gunakan Pakaian Dalam yang Nyaman

Bra dan underware yang nyaman terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat dan ukuran yang tidak terlalu kekecilan. Akan memudahkan anda dalam melakukan kegiatan sehari-hari ketika sedang haid. Selain itu penggunaan bra yang nyaman akan membantu meringankan gejala nyeri dan pembengkakan karena gejala PMS.

5.  Tingkatkan Konsumsi Makanan

Makanan yang dimaksud adalah sebagai berikut :

a.    Sayuran hijau. Menurut Dr Christine O'Connor  dikutip dari situs sheknow, sayuran hijau  dapat bermanfaat bagi tubuh anda. Tidak hanya mereka kaya zat besi dan vitamin B, sayuran hijau  dapat menghitung serat yang tinggi juga dapat membantu dengan masalah pencernaan sering dikaitkan dengan siklus menstruasi anda.

b.    Kacang-kacangan. Kacangan dapat menjadi cemilan anda yang ingin memperlancar haid , hal serupa diungkapkan oleh Dr O'Connor  "Makanan yang kaya lemak baik atau omega-3 (seperti kacang) dapat membantu dan lebih mengisi daripada kalori ketimbang junkfood,"

c.    Daging Merah. Sangat penting untuk meningkatkan asupan zat besi anda selama menstruasi. Hal ini untuk mengganti zat besi yang hilang setiap bulannya."Diet tinggi zat besi membantu menghindari anemia dan gejala yang dapat pergi bersama dengan itu," kata Dr Sharon R. Thompson Tengah Phoenix Obstetri dan Ginekologi. "Wanita yang makan daging merah akan bisa mendapatkan zat besi yang cukup dari makanan." Namun, jika Anda tidak pemakan daging, Dr Thompson menyarankan mengambil suplemen untuk mempertahankan simpanan zat besi yang memadai.

6.  Menggunakan Jamu Tradisional

Jamu tradisional mampu menjadi alternatif anda untuk memperlancar haid. Anda dapat membuat rebusan sendiri yaitu dengan menggunakan :
Bahan :
a. 2 rimpang kunyit
b. 1/2 sendok teh ketumbar
c. 1/2 sendok teh biji pala
d. 1/2 genggam daun srigading
Cara membuat :
semua bahan direbus dengan 1 liter air hingga mendidih kemudian saring dan anda bisa mengkonsumsi satu gelas sehari.


>> Diskusikan Topik ini di Forum

.