data-ad-format="auto"

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi?

Kini anda memasuki fase menyusui, ibu yang sedang menyusui diharuskan menjaga kesehatan fisik dan psikis, Kesehatan fisik dan psikis akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI. Dengan kualitas dan kuantitas ASI yang terbaik akan membantu dalam tumbuh kembang bayi anda. Penting untuk ibu menyusui memperhatikan asupan makanan selama menyusui, makanan yang baik akan membantu menjaga kesehatan dan memberikan kualitas ASI yang baik. (Baca : Penting! Berikut Daftar Makanan yang Harus Dihindari Selama Menyusui)

Ketika ibu hamil seringkali mengalami perasaan yang cemas, bolehkah ibu hamil makan ini atau makan itu. Hal yang sama dirasaka ketika ibu menyusui. Makanan dengan kandungan nutrisi tertentu akan membantu ibu dalam proses menyusui, seperti makanan yang akan membantu melancarkan ASI atau makanan yang akan menganggu proses menyusui. Bolehkah ibu menyusui minum kopi dan apa pengaruhnya pada bayi?

Bagi anda wanita penikmat kopi yang sedang memiliki tugas mulia, menyusui. Anda tidak perlu khawatir anda dapat menikmati minum kopi asalkan dalam jumlah yang wajar. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat kopi yaitu kafein yang memiliki sifat stimulansia yaitu menjadi zat perangsang tubuh hingga menjadi aktif sehingga kesulitan beristirahat. Dampaknya memang tidak dirasakan langsung oleh bayi akan tetapi akan menggannggu kesehatan ibu menyusui apabila kesulitan beristirahat.

Kesulitan beristirahat akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI anda. Penulis buku Breastfeeding : A Guide For the Medical Profession mengatakan bahwa ibu menyusui yang minum secangkir kopi sehari tidak akan berpengaruh besar pada bayi akan tetapi apabila melebihi hingga 6 cangkir sehari maka kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi akan berakumalasi yang menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan bayi dan juga membuat bayi rewel.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Tubuh bayi belum optimal sehingga apabila kandungan kafein banyak masuk ke dalam tubuh bayi akan mengganggu pencernaan bayi. Kandungan kafein tidak hanya pada kopi akan tetapi pada berbagai makanan seperti minuman bersoda atau teh. Sehingga penting bagi anda memperhatikan asupan makanan yang mengandung kafein dalam satu hari, tidak boleh berlebihan karena akan mengganggu proses menyusui. Mitos yang berkembang di masyarakat bahwa ASI akan mempengaruhi ASI yang diberikan padahal penelitian yang dilakukan ibu menyusui yang mengkonsumsi kopi tidak mengganggu ASI selama batas yang wajar hanya saja akan mempengaruhi kandungan zat besi pada ASI.

Begitupula pada ibu yang baru saja melahirkan sebaiknya dikurangi mengkonsumsi minuman atau makanan yang mengandung kafein, seperti kopi. Minum kopi setelah melahirkan akan berdampak pada kesehatan anda, sehingga ketika anda akan mengkonsumsi kopi dianjurkan hanya  hanya setengah cangkir atau beberapa sendok saja sehingga kandungan kafein tidak akan menggangu waktu istirahat anda dan mempengaruhi produksi ASI.

Dengan demikian bagi anda yang suka kopi, mengkonsumsi dalam jumlah yang wajar ketika anda menyusui boleh saja asalkan tidak berlebihan sehingga tidak mempengaruhi kesehatan anda yang berdampak pada kualitas dan kuantitas ASI. (Baca : Manfaat Pemberian ASI Bagi Ibu)

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…

Bayi Kuning, Kenali dan Waspadai

Pigmen bernama bilirubin adalah faktor penyebab dari bayi kuning (ikterus) yang harus di…

Follow us