data-ad-format="auto"

Bolehkah Ibu Hamil Minum Yogurt

Seorang ibu hamil tentu membutuhkan gizi dan nutrisi untuk janin yang dikandungnya. Menjaga asupan makanan yang bergizi tentu menjadi keharusan bagi setiap ibu hamil. Nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil tentu bersumber dari makanan dan minuman yang memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Ibu hamil harus menambah porsi makanan dan minuman dari biasanya karena tengah mengandung janin yang membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Namun, tidak semua makanan dan minuman baik untuk ibu hamil. Terdapat beberapa makanan dan minuman yang justru berdampak negatif bagi kelangsungan pertumbuhan janin.  Tentu, janin didalam rahim Anda perlu dijaga baik dari asupan makanan dan minuman atau gaya hidup Anda karena hal ini akan berdampak pada perkembangan janin.

Dengan mengetahui makanan dan minuman yang baik dan tidak baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil tentu sangat dianjurkan. Terlebih saat ini tersebar mitos mengenai makanan dan minuman yang dilarang oleh ibu hamil. Tentu saja, kondisi ini membuat seorang ibu hamil menjadi khawatir dan terkadang mengurungkan niatnya untuk mengonsumsi makanan dan minuman tersebut. Padahal, jenis makanan dan minuman itu ternyata sangat baik untuk janin didalam rahim Anda.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Yogurt

Untuk itu mencari informasi dan sumber yang jelas mengenai makanan dan minuman yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi adalah sebuah jalan yang sangat dianjurkan untuk Anda. Sekarang ini beredar kabar mengenai makanan dan minuman yang mengandung zat yang berbahaya bagi ibu hamil karena terdapat makanan dan minuman cepat saji yang saat ini marak dipasaran.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Seperti halnya dilema dalam mengonsumsi minuman yogurt. Sebagian berpendapat bahwa meminum yogurt tidaklah baik, namun bagi sebagian yang lain dianjurkan. Nah, jika Anda ingin tahu jawabannya, simaklah penjelasan kami berikut ini agar Anda terhindar dari rasa dilema yang saat ini menghantui Anda.

Sebelum kita membahas mengenai topik bolehkah ibu hamil minum yogurt, terlebih dahulu kita harus mengenal apa itu yogurt dan apa saja kandungan nutrisi didalamnya. Apakah memang aman ataukah berbahaya bagi seorang ibu hamil?

Untuk itu, mengenal terlebih dahulu apa itu minuman yogurt adalah langkah terbaik sebelum Anda memutuskan untuk mengonsumsi yogurt.

Apa itu Yogurt?

Mendengar kata "yogurt" tentu telinga Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis minuman yang satu ini. Seperti yang Anda tahu yogurt adalah sebuah jenis minuman dengan tekstur yang sangat lembut dan lezat untuk dikonsumsi baik tua ataupun muda. Umumnya, yogurt dikonsumsi sebagai minuman pendamping atau cemilan yang biasanya dicampur dengan buah-buahan.

Seperti yang dikutip dari wikipedia, yoghurt atau yogurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Susu yang dapat dijadikan yogurt tentu susu jenis apa saja termasuk sari kacang kedelai. Namun, saat ini yogurt didominasi oleh produksi dari susu sapi yang difermentasi.

Dari hasil fermentasi ini, gula susu (laktosa) memproduksi asam laktat yang berfungsi dalam pembentukan protein susu sehingga menghasilkan sebuah tekstur yang berbentuk seperti gel dengan aroma yang khas. Saat ini, yogurt sudah tersedia dalam berbagai varian rasa seperti vanilla, stroberi, buah-buah, coklat dan juga varian rasa lainnya.

Pembuatan yogurt membutuhkan ketelitian dan proses yang tepat. Dalam proses pembentukan yogurt dibutuhkan bakteri spesifik yang dicapur kedalam susu dibawah temperatur tertentu sesuai dengan lingkungan. Bakteri yang biasanya digunakan dalam pembuatan yogurt adalah bakteri berjenis thermophilus,streptococcus salivarius subsp, bulgaricus, dan lactobacillus delbrueckii subsp.

Bakteri-bakteri inilah yang kemudian melepaskan asam laktat sebagai produk sisa setelah sebelumnya merombak gula  alami dari kandungan susu. Pada proses pembuatan yogurt ini bakteri yang dimasukkan kedalam susu menjadi lebih aktif dan hidup dalam lingkungan yang baik. Dengan rasa asam yang dihasilkan oleh yogurt membuat kandungan protein dari yogurt menjadi lebih tinggi.

Amankah Yogurt bagi Ibu Hamil?

Terlepas dari banyaknya kabar dan mitos yang tersebar di masyarakat mengenai boleh atau tidak bolehnya yogurt dikonsumsi oleh ibu hamil. Tentu, ini  menjadi perbincangan yang harus didapatkan titik temunya. Karena, hal ini akan membuat bimbang seorang ibu hamil.

Faktanya, banyak yang meragukan yogurt sebagai jenis makanan atau minuman yang aman untuk kehamilannya. Pasalnya, proses pembuatan yogurt dilakukan dengan sistem fermentasi dengan memasukkan bakteri kedalamnya. Namun, perlu Anda ingat, yogurt dihasilkan dengan sebuah proses yang disebut dengan pasteurisasi. Proses ini merupakan sebuah proses untuk memanaskan makanan yang bertujuan untuk menghilangkan dan membunuh organisme yang berbahaya seperti kapang, protozoa, khamir dan bakteri. Sebenarnya, proses pasteurisasi tidaklah membunuh keseluruhan organisme, namun mengurangi bakteri jahat yang terkandung pada sebuah makanan atau minuman yang menyebabkan penyakit didalam tubuh kita, sehingga yang tersisa hanya bakteri baik.

Mengenai aman atau tidaknya yogurt, jika itu dilakukan dengan proses pasteurisasi, maka yogurt termasuk jenis makanan atau minuman yang tentu aman bagi ibu hamil. Pada umunya sebagian besar produk yogurt yang beredar di pasaran, memang dilakukan melalui proses pasteurisasi. Jadi, makanan atau minuman jenis yogurt ini tentu aman bagi ibu hamil dan janin. Namun, Anda juga harus berhati-hati dalam memilih yogurt, pastikan Anda membaca dulu pada sebuah kemasan yang jika terdapat keterangan pasteurisasi, maka itu aman bagi Anda. Sebaliknya, jika tidak terdapat keterangan mengenai pasteurisasi, maka Anda harus berhati-hati dan selektif dalam memilih produk yogurt.

Manfaat Yogurt Bagi Ibu Hamil

Setelah kita mengetahui bahwa yogurt aman bagi ibu hamil. Sekarang kita beralih pada manfaat yang diberikan oleh yogurt untuk ibu hamil dan janin. Tentunya, terdapat beberapa alasan mengapa ibu hamil mengonsumsi yogurt. Selain rasanya yang lezat, kandungan yogurt yang rendah lemak pula menjadi pertimbangan dalam mengonsumsi yogurt. Inilah beberapa manfaat dari yogurt untuk ibu hamil dan janin.

1. Sumber Probiotik

Seperti yang kita tahu bahwa ibu hamil rentan mengalami gangguan pencernaan yaitu sembelit. Dengan mengonsumsi yogurt, maka pencernaan seorang ibu hamil menjadi lebih baik dan terhindar dari sembelit. Kandungan probiotik yang terdapat pada yogurt juga sangat membantu dalam proses perkembangan syaraf bayi. Selain buah-buahan, mengonsumsi yogurt selama kehamilan sangat dianjurkan. Namun, sebaiknya Anda mengonsumsi yogurt tidak melebihi 200 gram perhari.

2. Sumber Kalsium

Selain kandungan probiotik, yogurt juag memiliki sumber kalsium yang baik bagi Anda dan janin. Kalsium memang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses pembentukan tulang dan gigi baik bagi ibu ataupun janin. Kalsium juga merupakan sumber mineral yang sangat dibutuhkan tubuh karena menyerap nutrisi penting bagi pertumbuhan tulang agar terhindar dari penyakit osteoporosis. Asupan kalsium yang dikandung oleh yogurt juga sangat baik dalam menunjang perkembangan janin.

3. Pencegahan Pada Cacat Tabung Syaraf

Cacat pada tabung syaraf bayi dapat disebabkan oleh kekurangan gizi ibu hamil pada saat trimester pertama. Tentunya, pada trimester ini, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi asam folat yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan organ penting pada bayi. kekurangan asupan asam folat tentu akan berakibat pada gagal dan cacatnya pertumbuhan janin. untuk itu, setiap 1 cup yogurt terdapat kandungan asam folat sebesar 18 mcg yang sangat diperlukan untuk ibu hamil. Dengan mengonsumsi yogurt, tentu Anda dapat terhindar dari kekurangan asam folat yang sangat penting untuk perkembangan janin didalam perut Anda.

4. Asupan Protein Yang Cukup

Yogurt memang berasal dari susu yang difermentasi. Kita tahu bahwa susu megandung protein yang cukup tinggi yang diperlukan oleh tubuh manusia. Begitupula dengan yogurt, kandungan protein yang terdapat pada yogurt akan sangat membantu Anda dan janin agar kita lebih sehat dan terhindar dari rasa lemas. Maka, dengan minum yogurt, Anda akan mendapatkan tubuh yang lebih bertenaga terlebih Anda sedang mengandung janin didalam rahim.

5. Menjaga Elektrolit Tetap Seimbang

Mengonsumsi yogurt sebanyak 1 cup perhari, tentu Anda sudah mendapatkan sumber kalium yang sangat diperlukan bagi ibu hamil dan janin. Pasalnya, setiap 1 cup yogurt mengandung kalium sebesar 398 mg. Tentu, kandungan kalium sebanyak ini sama dengan kalium yang terdapat pada pisang. Kandungan kalium pada yogurt tentu berfungsi untuk menjaga keseimbangan elektrolit dan menjaga denyut jantung tetap seimbang.

6. Memiliki Kandungan Omega-3

Yogurt memiliki kandungan omega-3 yang diperlukan oleh tubuh karena merupakan jenis lemak esensial. Tentu, dengan mengonsumsi yogurt, Anda dapat memenuhi kadungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan janin Anda. Terlebih, Omega-3 dari yogurt sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin terutama sistem syarat, bagian otak, mata dan menghindari janin dari penyakit jantung.

7. Terhindar dari Resiko Infeksi

Infeksi pada ibu hamil dan janin dapat diakibatkan dari berbagai sumber. Faktanya, seorang wanita yang sedang hamil sangat rentan terkena masalah infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri dan kuman. Kandungan bakteri baik pada yogurt akan melawan bakteri jahat yang masuk kedalam tubuh Anda. Untuk mengindarkan diri dari terkenanya infeksi bakteri dan virus, mengonsumsi yogurt dengan takaran yang dianjurkan adalah hal yang sangat direkomendasikan.

8. Terhindar Dari Resiko Infeksi Paru-Paru

Seperti yang sudah kami jelaskan pada poin diatas, mengonsumsi yogurt dapat terhindar dari resiko terkenanya infeksi yang akan berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan pada janin Anda. Seperti pengujian yang dilakukan oleh sebuah Jurnal Khusus dalam bidang industri di Inggris telah membuktikan bahwa yogurt dapat mengurangi resiko pneumonia pada janin. Untuk itu, mengonsumsi yogurt sangat baik bagi ibu hamil. Selain menjaga sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil, yogurt juga dapat meningkatkan imunitas bayi sehingga tubuh lebih peka dalam melawan bakteri.

Apakah Anda masih ragu untuk mengonsumsi yogurt? Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa yogurt dihasilkan dengan sebuah proses pasteurisasi dan fermentasi untuk mendapatkan sumber vitamin dan mineral yang etntu diperlukan oleh tubuh kita. Dengan mengonsumsi yogurt secara rutin tentunya menjadi jalan bagi Anda untuk memenuhi nutrisi yang cukup bagi pertumbuhan dan perkembangan janin didalam rahim Anda.

Namun, Anda juga perlu berhati-hati dalam memilih produk minuman yogurt yang akan berdampak buruk pada janin dan tubuh Anda. Konsumsi yogurt yang dianjurkan adalah sekitar 220 gram per hari.

Itulah beberapa manfaat dari yogurt yang dapat kami berikan, terlepas dari beredarnya mitos tentang bahaya yogurt. Semoga penjelasan kami mengenai bolehkan ibu hamil minum yogurt dapat memberikan manfaat untuk Anda terutama bagi ibu hamil.