Kehamilan tidak luput dari berbagai mitos yang berkembang di masyarakat, bahkan ketika anda mengidam makanan tertentu, justru dilarang karena dikhawatirkan berpotensi menggangu perkembangan janin. Pada kehamilan pertama pengalaman anda mengenai kehamilan memang sangat terbatas sehingga anda perlu mendapatkan input yang positif begitu juga dengan mitos yang berkembangan di masyarakat sebaiknya anda mencari tahu kebenarannya berdasarkan kajian ilmiah, hal ini agar membantu anda dalam menjalani kehamilan. Diantara anda sering mendengar, bahwa mengkonsumsi nanas akan mengakibatkan keputihan dan berakibat fatal bila dikonsumsi pada usia kehamilan yang masih muda seperti mengakibatkan keguguran dan masalah perkembangan janin, betulkah pernyataan tersebut atau hanya mitos yang beredar di masyarakat?

Buah nanas yang dikenal dengan istilah ilmiah nanas cosmosus berasal dari brazil meskipun demikian buah ini tumbuh subur di indonesi yang memiliki iklim tropis. Kandungan buah nanas terdiri dari vitamin A dan juga vitamin C sebagai kandungan antioksidan selain itu kandungan magnesium, zat besi, natrium, sukrosa, fosfor, kalsium, dekstrosa dan juga enzim bromelain yang berkhasiat dalam mencerna makanan di lambung dan juga menghambat sel kanker. Bagi anda yang mempunyai masalah dengan pencernaan bantuan dari kandungan serat yang terdapat di buah nanas akan membantu dalam mempermudah buang air besar dan juga sembelit. Lantas apakah manfaat yang terdapat di dalam buah nanas akan optimal pada ibu hamil? Ibu hamil mengalami beberapa perubahan hormon dan juga fisik, selain mempertimbangkan kondisi kesehatan ibu hamil, konsumsi makanan juga sangat mempertimbangkan pengaruhnya dalam perkembangan janin.

Berikut penjelasan yang dapat anda ambil mengapa ibu hamil sering kali dilarang mengkonsumsi nanas :

1.    Kontraksi sebelum waktunya

Pada umumnya bagi anda yang sedang memasuki kehamilan di trimester pertama sangat rentan terhadap beberapa masalah kehamilan apalagi bila anda memiliki rahim yang tidak kuat. Pada bulan pertama sering kali anda dilarang mengkonsumsi nanas atau minum jus nanas. Nanas mengandung bromelain yang dapat melemahkan serviks atau leher rahim sehingga dikhawatirkan apabila dikonsumsi pada jumlah yang berlebihan, kandungan ini akan menggangu kehamilan anda. Beberapa orang memilih untuk tidak mengkonsumsi nanas meskipun demikian bagi anda yang menginginkan mengkonsumsi nanas, anda dapat mengkonsumsinya setelah melalui trimester pertama dengan jumlah yang terbatas dan pilihlah nanas yang benar benar telah matang.

2.    Keguguran

Betulkan nanas dapat mengakibatkan keguguran? Kandungan bromelain di dalam nanas yang dikhawatirkan akan menggangu kondisi kehamilan anda, apalagi bila anda memiliki riwayat keguguran sebelumnya. Hindari mengkonsumsi nanas yang masih muda dengan kulit berwarna hijau, meskipun demikian bukan berarti anda tidak boleh mengkonsumsi nanas, konsumsi nanas dengan jumlah yang terbatas dan juga pilih buah nanas yang matang.

3.    Masalah kesehatan kehamilan

Rasa asam yang terdapat di dalam buah nanas dapat mengakibatkan gangguan pada lambung apalagi bagi ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit maag. Meskipun buah nanas dapat dikonsumsi oleh ibu hamil akan tetapi bagi ibu hamil yang menderita gastritis sebaiknya dihindari sama sekali karena akan mengangu kesehatan anda dan janin. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa buah nanas yang kaya dengan kandungan vitamin C dan nutrisi boleh saja dikonsumsi oleh ibu hamil dengan jumlah dan pilihan buah nanas yang telah  matang. Tidak semua ibu hamil dapat mengkonsumsi buah nanas meskipun dalam jumlah sedikit bagi anda yang memiliki masalah dengan maag dan gastritis sebaiknya menghindari terlebih dahulu.Konsultasikan selalu kesehatan anda dengan dokter atau bidan, begitu juga dengan makanan yang terbaik untuk kehamilan anda, mengingat setiap ibu hamil memiliki kondisi kesehatan yang berbeda.