data-ad-format="auto"

Bolehkah Ibu Hamil Makan Rebung?

Kondisi kehamilan membuat seorang wanita dituntut untuk dapat menjaga kehamilannya dengan baik.

Kehamilan yang sehat dan berkualitas akan mungkin memberikan kemungkinan kelahiran yang sehat pada bayi anda. Sebab pada dasarnya, semua ibu yang melahirkan pasti menginginkan jika anak mereka lahir dalam keadaan yang sehat dan sempurna.

Kelahiran yang sempurna ditunjang dengan perkembangan dan pertumbuhan yang lancar pada bayi sejak mereka berada dalam kandungan. Untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, janin dalam kandungan anda akan membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang mendukung pertumbuhannya dengan baik.

Itulah mengapa, penting sekali untuk anda mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi lewat konsumsi makanan yang sehat. Diet makanan sehat sejatinya adalah salah satu upaya untuk mendapatkan kehamilan yang sehat.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Seorang ibu hamil perlu mengetahui jenis makanan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama masa kehamilan. Sebab dengan begini, maka kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dan janin akan dapat dipenuhi dengan baik. Selain itu, ibu hamil yang mengetahui jenis makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsinya selama masa kehamilan akan membuat tubuhnya terhindar dari makanan yang tidak sehat dan membahayakan.

Dengan begini kesehatan ibu hamil dapat terjaga dengan baik dan begitu pula dengan perkembangan janin dalam kandungannya akan dapat berjalan dengan lancar. Sebaliknya, konsumsi makanan yang tidak sehat atau kurangnya asupan makanan kedalam tubuh akan mungkin membuat ibu hamil mengalami kekurangan gizi. Selain itu, kondisi ini pun akan mungkin mempengaruhi perkembangan janin yang menjadi terkendala.

Dengan demikian, tidak heran bila ada banyak ibu hamil, terutama mereka yang baru mengalami kehamilan pertama akan mungkin menjadi lebih concern terhadap segala hal yang dilakukan. Termasuk dalam hal memilih jenis makanan yang hendak dikonsumsi. Hanya saja, nafsu makan pada saat kehamilan biasanya seringkali membuat ibu hamil mendambakan mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu yang bahkan pada saat mereka tidak hamil sebelumnya mereka tidak terlalu menyukai jenis makanan tersebut. Kondisi seperti ini seringkali dikenal dengan sebutan mengidam.

Ada  sebuah mitos mengatakan bahwa kondisi ngidam yang dirasakan oleh pasangan suami istri yang telah mengandung haruslah segera dituruti sebab bila tidak hal ini mungkin akan berpengaruh terhadap si jabang bayi yang dikandung oleh sang istri, yakni membuat si bayi ngeces.

Kondisi ngidam memang seringkali ‘tidak umum’. Seorang wanita hamil bisa saja menginginkan berbagai jenis makanan yang bahkan jika makanan tersebut dipantang untuk dikonsumsi. Nah, ketika hasrat ngidam datang umumnya banyak pasangan suami isteri yang dibuat bingung tatkala hendak memenuhi keinginan ngidamnya. Pasalnya, mereka belum terlalu paham apakah jenis makanan tersebut aman atau tidak untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Termasuk dengan mengkonsumsi rebung.

Apa Itu Rebung?

Rebung adalah tunas muda yang tumbuh dari akar bambu. Penduduk Indonesia maupun Asia umumnya menggunakan bahan ini sebagai bahan makanan. Ada cukup banyak ragam pengolahan dari memasak sajian ini, diantaranya adalah dijadikan bahan isian lumpia, dijadikan sayur yang dimasak dengan kuah atau bahkan dijadikan sebagai lalapan dimana bahan ini direbus terlebih dahulu untuk kemudian dijadikan bersama dengan sambal terasi yang nikmat.

Sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama mereka yang tinggal di pedesaan Sudah tidak lagi asing dengan sajian yang satu ini. Rasa yang renyah dan sensasi manis alami dari tunas rebung membuat sajian ini memang nikmat untuk disantap.

Hanya saja, ketika berhadapan dengan ibu hamil apakah konsumsi rebung aman dilakukan selama masa kehamilan? Adakah efek sampingnya? Nah, untuk lebih jauhnya lagi mari kita simak beberapa penjelasan dibawah ini.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Rebung?

Ada mitos yang mengatakan bahwa konsumsi rebung yang dilakukan oleh ibu hamil akan dapat membuat janin yang dikandung lahir dengan kondisi banyak bulu disekujur tubuhnya. Mendengar hal yang satu ini, anda para penikmat rebung atau yang ingin menikmati sajian yang satu ini tentu akan berpikir dua kali untuk menyantap hidangan yang satu ini.

Padahal sebenarnya, bila ditelaah dari kandungan dan manfaat yang ada didalamnya umumnya rebung memiliki sejumlah khasiat untuk kesehatan.

Rebung memiliki kandungan karbohidrat, protein dan dua belas asam amino yang amat penting dan diperlukan oleh tubuh. Konsumsi rebung secara teratur disebut-sebut dapat memberikan khasiat untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan makanan yang satu ini memiliki tindakan preventif guna menghambat berbagai jenis penyakit, termasuk didalamnya adalah penyakit kanker.

Bukan hanya manfaat diatas ada pula lebih banyak manfaat dari mengkosumsi rebung selama kehamilan. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah:

1. Memperlancar Kinerja Pencernaan

Manfaat yang pertama yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi rebung adalah bahan ini memiliki sifat untuk dapat memperlancar sistem pencernaan menjadi lebih sehat. Hal ini dikarenakan didalam rebung sendiri terdapat kadar serat yang jumlahnya cukup tinggi. Terhitung dalam tiap 120 gram rebug terkandug sebnayak 1.2 gram serat yang ada didalamnya.

Untuk itulah, konsumsi terhadap jenis makanan ini akan dapat memberikan manfaat untuk kesehatan pencernaan anda. Selain itu, untuk orang-orang yang tengah menjalankan diet, rebung merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk mereka sebab makanan ini memberikan efek kenyang lebih lama. Termasuk juga untuk menghinari bahaya obesitas untuk ibu hamil.

Selain itu, masalah lain yang umum dihadapi oleh ibu hamil adalah sembelit atau sulit buang air besar. Nah, konsumsi terhadap makanan ini akan dapat berguna untuk mengatasi kondisi ini.

2. Mengurangi Kemungkinan Terkena Serangan Jantung

Meskipun seringkali dianggap remeh, rebung rupaya memiliki khasiat yang besar. Sebab makanan ini terbukti memiliki kadar asam phenolic yang merupakan suatu bahan antioksidan dan anti-radang. Asam phenolic yang terkandung di dalam rebung ini rupanya mampu mengurangi kemungkinan resiko terkena dengan penyakit membahayakan seperti jantung. Selain itu, dalam setiap 120 gram rebung terkandung sebanyak 24.0 mg dan sebanyak 14.4 kalsium yang amat baik untuk tubuh.

3. Pencegah Kanker

Selain mampu mengurangi resiko terhadap serangan penyakit jantung yang berbahaya, konsumsi rebung juga dapat bermafaat untuk mencegah timbulnya kanker. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang berlimpah dalam rebung membuatnya baik untuk kesehatan anda dan memerangi masuknya radikan bebas kedalam tubuh. Kadar antioksidan akan mampu memperbaiki kerusakan sel yang lumpuh akibat radikal bebas.

Jadi demikian, mulai saat ini tidak ada salahnya untuk mulai memasukkan konsumsi rebung kedalam menu makanan anda. Hanya saja, sebaiknya kontrol jumlah asupan makanan ini agar tidak terlalu bayak atau berlebihan sebab sejatinya segala sesuatu yang berlebihan tidak akan berdampak baik untuk kesehatan anda.

Jadi demikian pada dasarnya konsumsi rebung yang dilakukan selama masa kehamilan bukanlah sebuah hal yang dilarang. Sebab pada faktanya makanan yang satu ini memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Selain itu, konsumsi rebung selama masa kehamilan akan dapat memberikan manfaat dan kebaikan untuk tubuh anda dan janin dalam kandungan.

Loading...

Follow us