data-ad-format="auto"

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?

Periode kehamilan menjadi periode emas untuk calon ibu yang mendambakan memiliki keturunan yang sehat. Untuk itulah, tidak heran jika banyak ibu hamil yang begitu menjaga kehamilannya dengan mengkonumsi makanan sehat, menjaga pola hidupnya dan menghindari apa yang dipantangnya. (Baca juga: pantangan ibu hamil)

Banyak kekhawatiran yang menjadi mimpi buruk untuk para ibu hamil, itulah mengapa banyak ibu hamil yang begitu hati-hati dalam memilah dan memilih makanan yang mereka konsumsi. Hanya saja kekhawatiran yang berlebihan pada ibu hamil kerap kali membuat mereka menjadi begitu paranoid, termasuk ketika mengkonsumsi nangka.

Sebab sebagian besar ada yang mengklaim bahwa dengan mengkonsumsi buah nangka perut kita seringkali merasakan tidak enak, apalagi jika dikonsumsi oleh ibu hamil, hal ini akan mungkin membuat ibu hamil mengalami keguguran. Namun ada juga sebagian lain yang menyatakan buah nangka boleh dan aman-aman saja dikonsumsi sewaktu hamil. Lantas apa yang akan terjadi pada ibu hamil, bolehkah ibu hamil mengkonsumsi buah nangka? Kita simak penjelasannya dibawah ini.

Kandungan Gizi (Nutrisi) Pada Buah Nangka

Sebelum kita bahas apakah ibu hamil aman atau tidak mengkonsumsi buah nangka, terlebih dahulu kita akan simak apa saja kandungan gizi yang ada dalam buah nangka. Buah nangka atau yang dalam bahasa latin dikenal dengan nama Artocarpus heterophyllus adalah tumbuhan buah yang datang dari daratan Asia Tenggara. Buah yang tumbuh di tanah tropis ini dapat dijumpai dalam berbagai jenis hidangan seperti es buah, es nangka, sayur nangka dan sebagainya. Nah, tahukah anda bahwa buah nangka memiliki kandungan nutrisi seperti :

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

  1. Buah nangka memiliki kandungan vitamin A, C, niasin, tiamin, asam folat dan riboflavin
  2. Buah nangka rendah akan sodium, lemak jenuh dan kolesterol
  3. Buah nangka mengandung gula sederhana seperti sukrosa dan fruktosa
  4. Buah nangka mengandung mineral penting seperti kalium, magnesium, kalsium, zat besi, seng, magan, fosfor, dan selenium
  5. Buah nangka digoongkan sebagai buah yang kaya akna serar dan memenuhi hampir 11% dari kebutuhan serat harian.

Manfaat Buah Nangka

Nah, melihat begitu banyak kandungan gizi yang ada pada buah nangka, tentunya buah ini memiliki manfaat yang banyak pula untuk kesehatan tubuh. Seperti apa manfaatnya?

  1. Mengingat buah nangka adalah buah yang kaya akan kandungan serat, maka jika dikonsumsi buah ini akan dapat membantu mengatasi masalah sembelit dan memperlanjar buang air besar
  2. Kandungan anti-kanker dalam buah nangka akan mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker
  3. Kandungan mineral yang banyak dan begitu tinggi seperti magnesium akan membantu penyerapan kalsium dalam tubuh sehingga bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Buah Nangka Untuk Ibu Hamil

Setelah mengetahui kandungan serta manfaat buah nangka yang baik untuk kesehatan, sekarang mari kita lihat apakah buah ini aman atau tidak jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Banyak orang yang beranggapan bahwa buah nangka akan membuat seseorang mengalami keguguran. Namun sebenarnya anggapan tersebut hanyalah mitos belaka dan sampai saat ini belum ditemukan bukti ilmiah yang mendukung teori tersebut. Faktanya buah nangka begitu kaya nutrisi dan manfaat yang dibutuhkan ibu hamil dan janin didalamnya.

Kandungan vitamin A yang ada pad abuah nangka amat penting untuk perkembangan janin terutama membantu pembentukan otgan penglihatan (mata). Selain itu, buah nangka juga kaya akan kandungan B3 yang dapat membantu mengatur hormon, meningkatkan imuntias dan mengontorl tingkat stres pada ibu hamil.