data-ad-format="auto"

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang?

Pemenuhan nutrisi pada ibu hamil perlu ditunjang dengan konsumsi makanan yang bergizi seimbang agar sembilan bulan masa kehamilan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Bukan hanya itu, pemenuhan gizi ibu hamil juga sangat penting guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan calon buah hati yang ibu kandung dengan sempurna.

Pentingnya langkah pemenuhan nutrisi pada ibu hamil tentu membuat anda wajib mengetahui asupan makanan sehat seperti apa saja yang boleh dikonsumsi. Dengan begini maka kehamilan yang sehat dan berkualitas akan bisa anda dapatkan dengan lebih baik.

Gizi dan makanan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, aturan ini pun berlaku pada ibu hamil. Apa yang dikonsumsi oleh ibu hamil adalah apa yang akan menentukan tumbuh kembang si janin didalam rahimnya. Bila kebutuhan gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh si janin dan tubuh ibu hamil tercukupi dengan baik maka tumbuh kembang si kecil akan dapat berjalan dengan baik. Dengan begini maka kelahiran yang sehat dan sempurna pada buah hati anda akan dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Sebaliknya asupan gizi yang buruk atau kurang terpenuhi akan membuat tumbuh kembang buah hati anda bermasalah. Jangankan untuk menunjang pertumbuhan si kecil dalam rahim tubuh anda pun mungkin tidak akan cukup kuat menopang janin yang tumbuh dalam rahim anda. Alhasil berbagai masalah kehamilan akan mulai muncul ketika asupan gizinya tidak terpenuhi. Hal ini pun akan beresiko lebih besar untuk meningkatkan kecacatan lahr pada jabang bayi yang anda kandung.

Untuk itulah penting sekali bagi ibu hamil untuk selalu cermat dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsinya. Selain itu, asupan gizi pada saat hamil akan dibutuhkan lebih banyak dibandingkan pada saat anda tidak sedang hamil. Hal ini karena kini dalam rahim anda tubuh seseorang yang juga membutuhkan asupan tersebut yakni si kecil yang akan lahir ke dunia. Untuk itu, upayakan memenuhi kebutuhan gizi ini lewat konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah.

Nah, salah satu jenis makanan yang dapat dimasukkan sebagai menu harian untuk konsumsi selama kehamilan adalah makanan laut. Jenis makanan ini memiliki kandungan yang baik untuk dikonsumsi sebab makanan laut merupakan salah satu referensi asupan nutrisi yang baik untuk bayi yang anda kandung.

Salah satu kandungan yang ada dalam makanan laut yang baik dikonsumsi adalah omega 3 yang dapat berfungsi untuk menjaga imuntias tubuh janin. Makanan laut juga merupakan salah satu sumber protein hewani selain daging dan telur sehigga amat direkomendasikan untuk dikonsumsi.

Akan tetapi tentunya terdapat beragam jenis makanan laut yang dapat dijadikan sebagai menu harian untuk anda konsumsi selama masa kehamilan, salah satunya adalah kerang. Kerang merupakan sejenis hewan air yang memiliki tubuh yang lunak atau moluska. Dalam arti yang lebih luas, kerang berarti semua moluska dengan sepasang cangkang. Cangkang kerang ini letaknya berhadapan sehingga terlihat seperti menutup. Dalam perkembangannya kerang merupakan hewan air yang banyak diburu oleh masyarakat untuk dijadikan berbagai macam hal.

Banyak masyarakat memburu kerang untuk dijadikan makanan. Sajian olahan dari bahan dasar kerang pun cukup beragam yang keseluruhannya hampir memiliki rasa yang sedap dan sulit sekali dihindarkan. Dengan demikian tidak heran bila banyak orang suka dengan sajian yang satu ini karena rasanya yang lezat dan tekstur juicy dari kerang yang begitu menggoda.

Akan tetapi meskipun pengonsumsian kerang cukup populer, namun sajian makanan laut ini kerapkali menuai pro dan kontra pada saat hidangan ini disajikan sebagai makanan untuk ibu hamil. Banyak masayarakat yang menyatakan hidangan makanan yang satu ini dilarang diberikan pada ibu hamil sebab akan dapat membahayakan kehamilannya.

Mendengar rumor ini anda yang tengah mengandung mungkin akan cukup diselimuti dengan kekhawatiran. Namun sebagian lain mengatakan bahwa kerang boleh-boleh saja dinikmati oleh ibu hamil.

Nah, apabila anda adalah yang termasuk salah satu orang yang was-was dengan hal ini maka mari kita simak penjelasan dibawah ini boleh atau tidaknya ibu hamil mengkonsumsi kerang.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang?

Pertanyaan yang satu ini memang seringkali menjadi hal yang banyak ditanyakan mengingat saat ini banyak mitos dan rumor yang beredar dimasyarakat tentang larangan ibu hamil mengkonsumsi kerang.

Akan tetapi, untuk anda yang merupakan seorang penggemar makanan yang satu ini atau anda hendak menikmati kerang maka nampaknya anda dapat mulai bernafas lega sebab konsumsi terhadap makanan ini secara medis tidaklah menjadi larangan.

Selama konsumsi kerang dilakukan dengan batas yang wajar maka boleh-boleh saja untuk ibu hamil menikmati sajian makanan yang satu ini. Justru sebaliknya konsumsi kerang dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap kesehatan sebab makanan ini menjadi sumber protein yang rendah lemak yang mana baik untuk anda konsumsi.

Manfaat Konsumsi Kerang Untuk Ibu Hamil

  • Pada perkembangannya kerang hijau menjadi salah satu makanan hasil laut yang rendah kalori. Untuk itu, bagi anda yang ingin mencicipi atau menikmati jenis kerang yang satu ini maka anda tak perlu khawatir untuk menjadi gemuk karena sebuah penelitian menunjukan bawa konsumsi dari 10 kerang hanya mengandung kurang dari 100 kalori dengan kanudngan 0,2 gram lemak jenuh didalamnya.
  • Namun demikian tetap saja pengolahan dari kerang itu sendiri pun perlu diperhatikan. Bila banyak kandungan minyak atau bahan lain pada kerang yang dimasak maka akan semakin banyak kandungan lain didalamnya.
  • Manfaat lain yang juga dapat dirasakan dari konsumsi kerang adalah adanya kandungan substansi kompleks dalam kerang yang dapat mengoptimalkan perkembangan otak janin. Jadi demikian makanan ini akan bermanfaat banyak untuk janin anda bila dikonsumsi.
  • Sebuah penelitian menunjukan ibu yang mengkonsumsi kerang dalam jumlah yang wajar selama masa kehamilan mampu melahirkan anak dengan IQ yang lebih tinggi dibandingkan mereka ibu hamil yang tidak sama sekali mengkonsumsi makanan laut yang satu ini.
  • Selain itu penelitian tersebut juga menunjukan bahwa konsumsi kerang akan dapat menurunkan resiko kelahiran bayi dengan jumlah berat badan yang rendah. Yang mana ini artinya konsumsi makanan laut yang satu ini tidak hanya lezat namun memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan perkembangan janin dalam rahim.

Bahaya Konsumsi Kerang Berlebihan

Meskipun tergolong sebagai makanan yang aman untuk dikonsumsi, akan tetapi tetap saja ibu hamil perlu membatasi jumlah konsumsi makanan ini agar tidak terlalu berlebihan. Hal ini penting dilakukan sebab konsumsi kerang yang berlebihan akan dapat berdampak buruk untuk janin dan kesehatan ibu hamil.

Selain itu, bahaya ibu hamil mengkonsumsi kerang sebenarnya bukan terletak dari cara pengolahannya namun lebih kepada kualitas si kerang itu sendiri. Kerang yang tumbuh dari lingkungan laut yang terkena dengan polutan akan tentu berbahaya sebab pada umumnya jenis kerang ini akan mengandung merkuri. Dari sinilah bahaya nyata dari konsumsi kerang.

Makanan laut yang mengandung merkuri yang tinggi akan dapat beresiko mempengaruhi perkembangan sistem syaraf pusat pada bayi.

Jadi demikian pada intinya konsumsi kerang pada ibu hamil boleh dilakukan dengan memperhatikan porsi dan kualitas dari kerang itu sendiri. Kerang yang dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan berkualitas akan memberikan dampak yang baik untuk janin dan tubuh ibu hamil.