Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Mie Instant?

Mie instant termasuk kedalam kategori makanan paling praktis yang cukup populer di tanah air. Konsumsi mie instant kerap kali dijadikan santapan pengganjal perut sewaktu lapar mendera atau dikonsumsi dalam waktu tertentu. Bahkan saat ini mie instant segunakan sebagai bahan makanan pokok bagi sebagian orang yang tidak semapt memasak.

Padahal ada aturan khusus dalam mengkonsumsi mie intant, hal ini disebabkan mie instant memiliki kandungan zat kimia yang cukup tinggi yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Nah, sebelum kita mengetahui apakah mie instants boleh dikonsumsi atau tidak oleh ibu hamil, kita ketahui dulu apa saja sih, komposisi dalam mie intant.

Komposisi Mie Instan

Ketika anda memasak mie instan dan melihat komposisi dibagian kemasannya anda pasti akan menemukan bahan dasar dari mie instan adalah tepung yang dibumbui dengan garam, minyak, cabai yang disertai dengan sayuran kering. Sementara itu, untuk mendapatkan tekstur mie yang kenyal digunakan natrium polifosfat. Ketika anda menimkati mie instan maka yang terasa dilidah anda adalah rasa yang nikmat dengan kuah yang begitu gurih.

Hal ini dikarenakan mie instan menggunakan pengatur keasaman natrium karbonat dan kalium karbonat, serta penguat rasa monosodium glutamate. Nah, berdasarkan komposisi yang adal didalamnya maka mie instan mengandung  karbohidrat, lemak, serat, vitamin A, B1, B6, C, B12, asam folat , kalsium serta zat besi. Yang mana keseluruhan zat gizi tersebut diperlukan untuk pertumbuhan serta perkembangan janin yang ada dalam kandungan ibu hamil. Hanya saja jumlahnya tidak mencukupi kebutuhan gizi harian ibu hamil. Jadi, dengan demikian, ibu hamil perlu tambahan nutrisi dan gizi dari mengkonsumsi makanan segar seperti sayur, buah dan makanan lainnya.

Nah, bagi ibu hamil yang gemar mengkonsumsi mie instan, sebenarnya boleh-boleh saja asalkan jumlahnya diperhatikan. Jangan sampai setiap harinya konsumsi gizi dari makanan yang ibu dapat hanya bersumber dari mie instan saja, sebab hal ini tidak akan dapat mencukupi kebutuhan gizi harian ibu. Ibu hamil perlu makanan utama yang mengandung gizi serta nutrisi yang baik seperti sayuran, buah-buahan, ikan, daging, susu dan makanan lainnya. ( Baca : 9 Pilihan Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil )


Video Minggu Ini
Tips untuk mengetahui sisi positif, keunggulan dan bakat anak.

You must have the Adobe Flash Playerthe Adobe Flash Player installed to view this player.

Video courtesy of Bebeclub.


Mie instan boleh saja dikonsumsi sekali waktu dan tidak boleh dikonsumsi lebih dari tiga kali dalam seminggu. Jika anda terpaksa mengkonsumsinya, terutama ketika hamil, gunakan beberapa tips dibawah ini untuk mengurangi zat adiktif yang terkandung dalam mie instan. (Artikel menarik lainnya: pantangan ibu hamil)

Tips Mengkonsumsi Mie Instan Untuk Ibu Hamil

  1. Rebus mie dengan dengan dua kali takaran air dari yang disarankan, kemudian angkat mie dan buang air rebusannya.
  2. Masukan kembali mie yang sudah diangkat dalam air yang telah dipanaskan agar rasa khas dari mie tidak menghilang.
  3. Campuran bahan makanan pelengkap lain pada mie seperti syuran, tomat, ikan, telur dan ayam untuk melengkapi nutrisinya. Selain akan membaut rasa mie menjadi lebih istimewa, hal ini juga akan berfungsi mengurangi dampak negatif serta mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil.
  4. Hindarilah mengkonsumsi mie dalam wadah plastik sebab lelehan dari wadah tersebut akan beresiko untuk kesehatan.

Kini saatnya anda mempertimbangkan kesehatan anda serta janin dalam kandungan daripada hanya memanjakan lidah dalam sekejap. Kehamilan adalah momen yang paling penting sekaligus mendebarkan dalam hidup anda, untuk itu memilah konsumsi makanan yang sehat agar bermanfaat untuk anda dan sang janin akan mengurangi resiko terhadap kehamilan anda.