data-ad-format="auto"

Berbagai Cara Stimulasi Guna Mengoptimalkan Perkembangan Bayi

Mencukupi kebutuhan nutrisi pada bayi bukan satu satunya yang dapat menentukan kesehatan dan kecerdasan bayi anda. Ada hal lain yang dapat membantu dan mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi anda seperti mengajarkan gerakan yang bermanfaat dalam mengoptimalkan perkembangan bayi anda. Anda tidak harus menggunakan metode yang canggih untuk memberikan stimulasi bayi anda. Lakukan saja perawatan bayi anda sehari hari diselingi dengan gerakan yang bermanfaat yang dapat memaksimalkan perkembangan fisik dan kecerdasan bayi anda.

Penelitian yang dilakukan bahwa perkembangan anak akan mencapai periode emas pada empat tahun pertama kehidupannya. Dalam periode ini sel otak dapat berkembang hingga mencapai 80% dari potensinya. Oleh karena itu bagi anda yang merawat bayi lakukan stimulasi yang berhubungan dengan perabaan, sentuhan, belaian, pendengaran, kesimbangan, penciuman dan juga pengecapan. Berikut agar dapat membantu dalam mengoptimalkan kemampuan bayi anda.

Berikut adalah cara yang dapat anda lakukan untuk menstimulasi perkembangan dengan kegiatan sehari-hari saat merawat bayi anda :

1.  Anda dapat memijat lembut bayi anda dengan memberikan stimulasi pada bagian saraf bayi. Dengan memberikan pijatan lembut maka akan mempengaruhi sistem metabolisme tubuh dan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi anda. Lakukan ketika bayi anda baru saja selesai mandi, sekitar 5-10 menit.

2.  Ketika bayi sedang mandi anda dapat memberikan stimulasi vestibular. Stimulasi vestibular atau kesimbangan menurut pandangan neurosains pada awal periode bayi anda tetap memerlukan perasaan dan juga suasan ayunan air seperti ketika masih di dalam kandungan.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

3.  Selanjutnya yang berhubungan dengan stimulasi pembuluh darah pada bayi dikarenakan terjadinya perubahan suhu di luar dan di dalam tubuhnya sehingga dapat merangsang sensitivitas pembuluh darah yang berada di pembuluh darah kapiler permukaan kulit bayi. Dengan memberikan sentuhan dapat memberikan kehangatan setelah selesai mandi sekaligus dapat melancarkan peredarah darah di bagian perut dan juga dada. Hal ini akan berkaitan dengan kesempatan untuk menjaga metabolisme tubuh untuk bekerja dengan baik.

4.  Sehingga ketika anda melakukan perawatan yang behubungan dengan bayi anda sebelum dan sudah mandi dapat membantu merangsang perkembangan bayi. Termasuk dalam memberikan perawatan kulit yanng dapat membantu menjaga kesehatan dan juga dapat menstimulasi olfaktori yang membantu menstimulasi area pengendalian emosi di otak bayi. Berikan keharuman pada tubuh bayi anda untuk memberikan stimulasi dengan baik pada otak dan mengatur keseimbangan.

5.  Pada saat bayi anda sedang makan, anda dapat memberikan stimulus dengan cara memberikan finger food seperti memberikan biskuit bayi atau sayur dan buah yang mudah di pegang. Dengan memberikan makanan ini akan membantu melatih kemampuan motorik halus pada bayi anda. Sesekali anda juga dapat memberikan mangkuk dan sendok sehingga bayi anda dapat makan sendiri, pada usia 8-9 bulan.

Dengan begitu anda dapat melakukan kegiatan sehari-hari yang menyenangkan dan juga membantu dalam memberikan stmulasi pertumbuhan dan perkembangan fisik pada bayi anda dengan cara mudah, sederhana dan juga aman.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…

Bayi Kuning, Kenali dan Waspadai

Pigmen bernama bilirubin adalah faktor penyebab dari bayi kuning (ikterus) yang harus di…

Follow us