data-ad-format="auto"

Berat Badan Rendah Saat Hamil danTips Mendapatkan Nutrisi Yang Anda Butuhkan

Kebanyakan wanita yang mempunyai berat badan yang kurang di awal masa kehamilan mereka disarankan untuk menambah berat badan antara 12 hingga 15 kg – jumlah yang sedikit lebih dari standar berat badan yang dianjurkan, yaitu 11 sampai 13 kg. The March of Dimes menganjurkan bahwa di awal masa kehamilan, jika anda mempunyai berat badan dibawah rata-rata, anda bisa sedikit demi sedikit menambah berat badan anda 0,5 kg setiap satu minggunya di trimester kedua dan ketiga. Walaupun begitu, dokter ataupun bidan anda mungkin juga memberikan rekomendasi yang cukup berbeda sehubungan dengan kondisi anda pribadi, seperti saat anda memiliki beberapa penyimpangan pola makan seperti anorexia ataupun bulimia.

Jika anda merasa tidak yakin bahwa berat badan anda kurang sebelum anda mengalami kehamilan, anda bisa mencari tahu faktanya dengan menggunakan kolom indeks masa tubuh. Anda dapat dikatakan kurang berat badan jika indeks masa tubuh anda kurang dari 18,5. (Indeks masa tubuh anda merefleksikan hubungan antara tinggi badan dan juga berat badan anda. Baca: Berat Badan Ideal Selama Kehamilan

Apakah kurangnya berat badan beresiko untuk saya ataupun bayi saya?

Jika kekurangan berat badan terjadi di masa kehamilan anda, ada lebih besar kemungkinan untuk anda melahirkan bayi yang premature atau bayi dengan berat badan rendah. Kenyataan ini membuat bayi anda riskan terkena berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu, penambahan berat badan yang cukup dan kosisten selama masa kehamilan bisa mengurangi dampak buruk tersebut.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Bagaimana cara memastikan bahwa saya mendapatkan semua nutrisi yang saya butuhkan?

Sama seperti semua wanita hamil, anda harus mengkonsumsi suplemen yang mengandung folic acid untuk mengurangi kemungkinan terjadinya cacat saraf pada bayi anda. Para ahli menyarankan jumlah folic acid yang harus dikonsumsi setiap harinya, yaitu sebesar 400 mikrogram. Konsumsi folic acid ini bisa dimulai paling tidak satu bulan sebelum anda merencanakan kehamilan. Saat anda hamil, jumlah yang harus anda konsumsi lebih baik ditingkatkan menjadi 600 mikrogram setiap hari.

Selain itu, sebagian besar asupan yang anda dapatkan harus berasal dari makanan secara keseluruhan, akan tetapi, vitamin prenatal dan juga suplemen mineral bisa juga membantu untuk mengatasi beberapa kekurangan asupan bahan makanan. Dokter maupun bidan anda mungkin juga menyarankan untuk satu jenis vitamin ataupun suplemen sejak awal kehamilan jika anda belum pernah disarankan untuk melakukan itu sebelumnya.

Dalam masa kehamilan anda, biasakan selalu mempersiapkan produk susu yang mudah anda bawa ke mana saja sehingga anda akan selalu mendapatkan asupan kalori dan nutrisi yang cukup setiap harinya, selain juga supaya anda meminum banyak air di tiap hari. Produk susu semacam ini juga bisa membantu anda mengontrol kondisi emotional dan juga tingkat rasa lapar anda. (Artikel menarik lainnya: Nutrisi ibu hamil)

Bagaimana cara yang baik untuk penambahan berat badan?

Anda bisa memilih banyak makanan bernutrisi yang mengandung lemak sehat dan juga asupan kalori yang memadai. Berikut adalah 4 cara mudah yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan kalori:

  • Makanlan sarapan setiap hari. Jangan lupa tambahkan juga selai kacang atau selembar keju ke roti panggang anda untuk menambahkan asupan protein ke tubuh.
  • Tambahkan beberapa potongan alpukat dan juga segenggam kacang-kacangan atau biji-bijian ke dalam salad anda guna mendapatkan protein dan juga lemak sehat.
  • Makanlah dua atau tiga snack di antara jam makan. Untuk mendapatkan protein dan kalsium, anda bisa memilih yogurt. Untuk asupan vitamin, mineral, dan juga serat, buah-buahan kering jugan bisa dipilih. Selain itu, smoothie yang terbuat dari buah dan yogurt juga bisa anda coba untuk menambah jumlah pemasukan protein, kalsium, vitamin, dan juga mineral.
  • Ganti konsumsi soda dengan susu untuk mendapatkan protein dan juga kalsium. Jus juga bisa anda konsumsi untuk mendapatkan vitamin C dan juga beta carotene dan antioxidant. Jus buat anggur, jus jeruk, dan sari buah papaya kaya akan vitamin C sehingga semua juga patut and konsumsi. Contoh terakhir adalah dengan mengkonsumsi sari buah apricot dan wortel untuk mendapatkan banyak beta carotene.

Loading...

Follow us