Menstruasi merupakan hal yang alamiah terjadi pada setiap wanita sehat. Menstruasi biasanya akan terjadi pada gadis usia 9 hingga 16 tahun. Hal ini juga di sebabkan oleh berbagai faktor, pertama faktor kesehatan pada wanita, asupan gizi, makanan yang dikonsumsi, faktor keturunan hingga faktor berat badan dan tinggi badan. Menstruasi akan berhenti dengan sendirinya yang disebut dengan manopause. Manopause ini ialah berhentinya siklus menstruasi secara fisiologis yang yang berkaitan langsung dengan usia lanjut seorang perempuan. Sedangkan masa manopause seorang wanita, terjadi ketika wanita tersebut menginjak usia 45-50 tahun.

Menstruasi atau yang sering disebut dengan haid ataupun datang bulan ialah perubahan fisiologis pada tubuh seorang wanita yang biasanya secara berkala dan dipengaruhi hormon reproduksi. Siklus menstruasi yang terjadi pada setiap wanita biasanya sekitar 28 hari. Ada juga beberapa wanita mengalami menstruasi setiap dua bulan sekali atau tiga bulan dalam sekali, bahkan hingga mencapai enam budan setiap kalinya. Biasanya menstruasi terjadi selama 5 hari. Namun rata-rata menstruasi dapat terjadi selama 2 hari hingga 7 hari, menstruasi paling lama terjadi selama 15 hari.

Menstruasi ternyata menandakan bahwa tubuh bekerja normal dan melakukan apa yang memang harus dilakukan oleh tubuh. Hal itu menandakan bahwa tubuh anda berada pada kondisi yang stabil dan sinkron. Selain itu menstruasi yang anda alami setiap bulannya dapat membantu proses pelepasan bakteri yang berasal dari sistem reproduksi dan membantu tubuh menghilangkan zat besi yang berlebih, sehingga mengurangi resiko penyakit alzheimer, stroke dan jantung. Ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa kebanyakan wanita memiliki umur yang panjang dibandingkan dengan umur laki-laki. Hal ini dikarenakan banyaknya zat yang hilang pada saat wanita mengalami menstruasi.

Jika terkadang menstruasi membuat setiap wanita tidak nyaman, namun ini adalah salah satu keluhan alami yang dialami oleh kaum wanita ketika ia akan memasuki dan sedang mengalami menstruasi. Terasa sakit pada tubuh bagian tertentu ialah hal yang biasa terjadi, seperti rasa sakit pada bagian payudara, kepala terasa pusing, sakit pada bagian perut bawah, dan keluhan yang lainnya. Namun setiap wanita biasanya mengalami keluhan yang bebeda-beda. Dalam beerapa keluhan yang tadi, wanita yang sedang mengalami mestruasi biasanya mengalami emosi yang tidak stabil dan sering merasa malas untuk melakukan kegiatan. Dan tidak sedikit wanita yang menghabiskan waktu hanya untuk tidur pada saat menstruasi karena beberapa keluhan yang biasanya dialami.

Selama mestruasi ini biasanya banyak hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh wanita, termasuk mitos-mitos yang ada. Mungkin banyak di antara anda yang sering mendengar mitos-mitos ketika kita sedang haid. Mitos tidak diperbolehkan memotong kuku, memotong rambut, mencuci rambut hingga tidak boleh tidur siang sekalipun. Tapi apakah mitos tersebut telah kita ketahui kebenarannya? Mungkin sebagian dari anda tidak menghiraukan hal tersebut, namun kenyataannya hal tersebut sangat penting untuk kita ketahui, terutama bagi kaum wanita yang sedang mestruasi. Mitos yang menyebutkan tidak boleh tidur siang pada saat menstruasi dikarenakan akan mengakibatkan darah naik ke kepala hanyalah mitos belum ada penelitian yang menyatakan pengaruh tidur siang terhadap wanita yang sedang menstruasi, justru ketika anda sedang menstruasi sebaiknya beristirahat yang cukup dalam mengatasi sindrom premenstual atau PMS.


>> Diskusikan Topik ini di Forum

.