Benarkah Wanita Rentan Terkena Osteoporosis?

Seberapa jauh anda mengenal penyakit osteoporosis? Penyakit yang berhubungan dengan kesehatan tulang dapat menyerang siapa saja, baik pada usia muda atau usia lanjut , begitu pula pada laki-laki atau wanita. Penyakit osteoporosis merupakan penyakit yang memerlukan pencegahan sejak usia dini sehingga kesehatan tulang dapat dijaga dan mengurangi resiko osteoporosis.

Sedangkan secara pengertian penyakit osteoporosis adalah kondisi yang menyebabkan penderita mengalami keropos/lemah pada bagian tulang bahkan hingga beresiko mengalami patah tulang. Berdasarkan faktor penyebabnya osteoporosis dibedakan menjadi beberapa bagian, salah satunya adalah osteoporosis postmenopausal yang disebabkan karena adanya pengaruh hormon estrogen pada wanita yang mengatur pengakutan kalsium ke tulang.

Osteoporosis postmenopausal rentan dialami oleh wanita yang berusia 51-75 tahun meskipun demikian pada beberapa kondisi tubuh yang berbeda bisa muncul lebih cepat atau lambat bagaimana pola hidup sehat wanita. Dengan demiakian betulkah pernyataan yang menyatakan bahwa penderita osteoporosis kebanyakan adalah wanita yang berusia lanjut, mengapa wanita rentan terkena osteoporosis?

Meskipun tidak menutup kemungkinan laki-laki mengalami osteoporosis akan tetapi wanita lebih rentan terkena osteoporosis. Salah satu alasannya dikarenakan wanita memiliki hormon estrogen yang memiliki fungsi sebagai pengikat tulang semakin wanita bertambah usia maka hormon estrogen akan menurun dan mempengaruhi kesehatan tulang.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan wanita lebih rentan terkena penyakit osteoporosis :

1. Struktur Tulang

Pada wanita mengalami struktur yang berbeda dengan laki-laki. Pada wanita massa tulang yaitu 30 persen lebih sedikit sehingga mengakibatkan rentan terkena penyakit osteoporosis. Selain itu pada wanita memiliki ukuran tulang lebih kecil meningkatkan resiko penyakit osteoporosis dibandingkan dengan wanita yang memiliki postur tubuh dan berat badan yang lebih besar.

2. Umur

Semakin bertambah usia maka semakin menurunkan masa tulang secara alami sehingga dengan pertambahan usia maka kesehatan tulang semakin terancam. Wanita yang semakin bertambah usia akan mempengaruhi kekuatan dan kepadatan tulang. Sehingga puncak masa tulang yang tercapai adalah pada wanita berusia 25 sampai 30 tahun. Sedangkan pada wanita yang telah berusia diatas 50 tahun maka resiko terkena penyakit osteoporosis lebih besar.

3. Menopause

Pada usia menopause wanita lebih rentan terkena penyakit osteoporosis.pada saat ini hormon estrogen berkurang sehingga meningkatkan penyakit tulang pada wanita. Salah satu kuncinya yaitu dengan menjaga pola makan yang seimbang dan gaya hidup yang sehat.

Selain faktor diatas yang menyebabkan wanita lebih rentan terkena penyakit osteoporosis adalah penyakit yang berhubungan dengan tulang. Sehingga dengan demikian bagi anda yang ingin mencegah terkena osteoporosis dapat melakukan gaya hidup sehat dengan berjalan kaki dan juga memenuhi kebutuhan vitamin D dan kalsium setiap hari. Lakukan pada usia sedini mungkin karena osteoporosis dapat mengancam wanita (di bawah usia 50 tahun).

Dengan demikian bagi anda yang bertanya-tanya benarkah wanita lebih rentan terkena penyakit osteoporosis, dapat ditarik kesimpulan dari artikel di atas bahwa wanita lebih rentan terkena osteoporosis yang dipengaruhi oleh faktor hormon, struktur tulang dan usia. Meskipun demikian pencegahan masih dapat dilakukan sedini mungkin dengan mengkonsumsi vitamin D dan makanan yang mengandung kalsium sehingga dapat memperlambat pengeroposan tulang.

loading...

Follow us