Bayi Juga Butuh Waktu Sendiri

Me time atau waktu untuk sendiri tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa saja akan tetapi untuk bayi sekalipun membutuhkan waktu untuk sendiri. Waktu sendiri untuk bayi bukan berarti meninggalkannya tanpa pengawasan anda, atau anda membiarkan hingga bayi anda menangis. Lantas seperti apa pengertian waktu sendiri untuk bayi dan bagaimana cara yang tepat memberikan waktu sendiri untuk bayi?

Pada istilah asing anda sering mendengar me time. Pengertian dari me time sendiri adalah memberikan kesempatan pada anda untuk memanjakan diri dari rutinitas. Sedangkan pada bayi me time atau waktu sendiri merupakan kesempatan untuk beristirahat.

Umumnya saat bayi terjaga, anda atau keluarga tidak pernah berhenti mengajaknya bermain. Hal ini memang sangat baik untuk stimulasi pada bayi akan tetapi sesekali anda dapat membiarkan bayi anda beberapa menit untuk merasakan waktunya sendiri tanpa berbagai stimulasi atau reaksi.

Bayi membutuhkan waktu tenang meskipun hanya beberapa menit saja meskipun tujuan yang berbeda-beda. Tujuan paling utama adalah untuk membuatnya istirahat atau menghibur diri sendiri. Sama halnya dengan orang dewasa yang membutuhkan waktu me time sehingga menghilangkan penat begitu juga dengan bayi yang setiap kali anda ajak bermain dan berceloteh membutuhkan waktu tenang walaupun hanya beberapa menit.

Tanda-tanda bahwa bayi anda membutuhkan me time diantaranya adalah apabila bayi sedang bermain atau bercoloteh dengan anda akan tetapi bayi sudah mulai menghindari kontak mata, kemudian ditandai dengan gerakan lainnnya seperti menggelengkan kepala, tangan bayi anda sering menggeliat ataupun hingga menangis.

Tanda-tanda di atas harus didukung oleh kesehatan bayi yang baik dan kondisi lingkungan yang bersahabat (tidak kedinginan, kepanasan atau membuat tidak nyaman). Apabila memang bukan karena masalah kesehatan dan lingkungan, cobalah untuk bayi anda menikmati waktu sendiri. Anda dapat mengakhiri permainan bayi dan kemudian meletakan bayi anda di matras untuk menikmati waktu tenangnya.

Berikut adalah cara memberikan kesempatan pada bayi untuk menikmati "me time" atau waktu sendiri :

  1. Anda dapat menemani bayi anda akan tetapi bukan teman bermain melainkan hanya mengawasi anak anda. Misalnya ketika anda menulis surat,  maka anda dapat memberikan mainan bayi dan membiarkannya bermain sendiri.
  2. Tidak perlu terburu-buru mengajak bayi bermain. Apabila bayi sedang sendiri tidak perlu terburu-buru mengajak bayi anda bermain. Jangan khawatir bayi anda sedang menikmati waktu bermain sendiri. Hal yang perlu anda lakukan adalah berada di samping bayi. bisa sambil melakukan kegiatan kegiatan lainnya.
  3. Kurangi kebisingan dan aktivitas. Anda dapat mengurangi kebisingan yang ditimbulkan dari suara tv, musik atau sekitar yang menggangu bayi anda. Biarkan bayi anda menikmati waktu sendiri sehingga dia senang dengan kegiatannya dalam beberapa waktu.
  4. Membiarkan bayi menikmati bangun tidurnya. Ketika bayi anda bangun dan tidak menangis maka anda tidak perlu terburu-buru menggendongnya. Tetapi anda dapat membuatnya terlebih tenang.

Aktivitas di atas dapat membantu bayi yang sedang bosan untuk menikmati waktu bayi sendiri. Sehingga anda memberikan waktu bersantai pada bayi anda.