Bagaimana Cara Menyusui Bayi yang Sedang Tidur?

Menyusui merupakan proses alamiah yang dapat berakibat positif pada pertumbuhan bayi dengan memberikan ASI eksklusif maka bayi anda secara tidak langsung mendapatkan imunitas alami yang disediakan di dalam kandungan ASI. Selain itu pemberian ASI secara langsung akan membantu dalam menumbuhkan ikatan batin antara ibu dan anak. Mengingat pentingnya pemberian ASI maka proses menyusui yang baik dan benar harus anda ketahui untuk memberikan kenyamanan bagi bayi anda.

Proses menyusui dapat dilakukan dengan berbagai cara, sambil duduk, berdiri atau berbaring. Begitu pula dalam pemberian ASI pada tidak saja menitikberatkan pada air susu di bagian atau bagian kiri saja. Umumnya bayi hanya suka pada bagian kanan atau kiri saja, pemberian ASI yang baik yaitu dengan memberikanya secara seimbang.

Proses menyusui dilakukan sejak bayi lahir untuk menambah daya tahan tubuh yang kuat, mengingat bayi masih rentan terhadap kondisi lingkungan yang barunya. Ketika bayi anda lahir maka anda dapat memberikan ASI dengan intensitas lebih sering. Pemberian ASI pada bayi yang baru saja lahir dapat disusui karena 8-12 kali dalam sehari, anda dapat mengaturnya 2-3 jam sekali.

Meskipun demikian pemberian ASI tidak semudah yang anda bayangkan, terkadang anda terkendala dengan kondisi. Kondisi di dalam diri anda yang mengakibatkan saluran susu tersumbat atau karena penolakan yang dilakukan oleh anak anda. Penolakan dalam pemberian ASI salah satu penyebabnya adalah karena bayi tidak nyaman ketika mendapatkan ASI.

Posisi yang nyaman dalam pemberian ASI dapat diklasifikasikan berdasarkan posisi yang sesuai ketika pemberian ASI. Salah satu posisi yang membuat anak anda nyaman adalah ketika bayi anda menghabiskan waktu tidur. Sehingga anda bertanya-tanya bagaimana memberikan ASI kepada bayi yang sedang tidur? Tidur merupakan kebiasaan bayi yang dapat membantu dalam proses pertumbuhan bayi anda. Bagaimana caranya memberikan ASI pada saat bayi sedang tertidur. Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan untuk memberikan ASI pada saat bayi tertidur?


Video Minggu Ini
Tips untuk mengetahui sisi positif, keunggulan dan bakat anak.

You must have the Adobe Flash Playerthe Adobe Flash Player installed to view this player.

Video courtesy of Bebeclub.


Langkah-langkah yang bisa anda lakukan pada saat bayi tertidur yaitu :

1.    Bangunkan perlahan

Apabila bayi anda sedang tertidur dan memberikan ASI sebaiknya bangunkan perlahan. Anda dapat mengamati ketika bayi anda bangun, misalnya mata bergerak atau gerakan tubuh lainnya. Rengkungkan bayi anda kemudian usap lembut hingga bayi anda terbangun.

2.    Ubah posisi bayi ketika tertidur

Terkadang karena bayi terlalu mengantuk sehingga menyebabkan dia tertidur pada saat menerima ASI, sebaiknya ubah posisi dengan lembut. Dengan kata lain akan mendorong bayi untuk kembali bangun dan anda dapat memberikan ASI tanpa khawatir tersendat.

3.    Bangunkan dengan mendekapnya

Apabila bayi anda tertidur ketika diberikan ASI maka anda dapat membangunkannya dengan mendekap sambil mengayunkan bayi secara perlahan. Setidaknya anda dapat mengubah posisi sehingga bayi terbangun. Ajaklah bayi anda berbicara sehingga membuatnya terbangun.

Perlu anda ketahui bahwa memberikan ASI ketika bayi anda tertidur akan menyebabkan beberapa masalah seperti tersendat sehingga baiknya anda memberikan ASI dengan membuatnya terbangun terlebih dahulu sehingga kekhawatiran bayi tersendat air susu dapat berkurang.