Aturan Sarapan Bantu Turunkan Berat Badan Lebih Cepat dan Efektif

Sarapan merupakan saat makan yang paling penting dari semua waktu makan yang lainnya. Bahkan sarapan dikaitkan dengan kecerdasan otak dalam melakukan aktivitas dan kegiatan sehari-hari. Namun sarapan yang dimaksud tentunya sarapan yang baik bukanlah sarapan yang sembarang. Sayangnya, tidak sedikit orang yang kurang mengindahkan anjuran sarapan yang cukup penting ini. Terutama mereka yang tengah menjalankan program menurunkan berat badan.

Banyak yang menganggap bahwa dengan semakin banyak melewatkan waktu makan maka sama artinya dengan memangkas lebih banyak kalori dan lemak didalam tubuh. Akan tetapi, pada kenyataannya hal ini tentu saja keliru dan salah besar. Melewatkan santap sarapan justru malah membuat berpeluang untuk lebih gemuk. Hal ini dikarenakan anda mungkin bisa saja melewatkan asupan kalori saat pagi hari akan tetapi dampak lebih besar yang aka bermasalah untuk anda. Pada saat siang hari anda akan cenderung merasa lebih lapar dan akhirnya pada saat melihat banyak makanan.

Sebaliknya, mengkonsumsi sarapan akan membuat anda meningkatkan metabolisme dengan lebih baik. Dengan demikian, metabolisme yang terjaga dengan baik akan dapat memberikan kesempatan untuk anda dapat membakar kalori lebih baik. Hanya saja tentunya sarapan yang dimaksud perlu diperhatikan dengan baik. Simak beberapa aturan sarapan untuk bantu turunkan berat badan dibawah ini.

Aturan Sarapan Bantu Turunkan Berat Badan Lebih Cepat dan Efektif

Untuk dapat menurunkan berat badan dengan lebih baik maka penting sekali untuk anda memperhatikan beberapa aturan yang perlu diterapkan saat anda menyantap hidangan makanan pada waktu ini. Seperti apa saja hal penting yang perlu diperhatikan? Mari simak dibawah ini.

Video Hari Ini

Tips untuk mengetahui sisi positif, keunggulan dan bakat anak
Bangga dari Prestasi atau Kebesaran Hati?

Bangga dari Prestasi atau Kebesaran Hati?.

Posted by Bidanku on Friday, April 4, 2017

Makan Satu Jam Setelah Bangun Tidur

Waktu menyantap sarapan yan terbaik adalah pada saat satu jam setelah anda bangun pagi. Untuk itu, luangkan waktu anda untuk dapat menyantap sarapan pada jam yang tepat. Jika anda merasa khawatir kesiangan maka anda perlu bangun lebih awal dari waktu biasanya. Upayakan untuk memasang alarm pada jam yang dapat memungkinkan anda menyantap sarapan satu jam setelah anda bangun.

Aturan ini sangat penting untuk diterapkan terutama untuk anda yang ingin menurunkan berat badan dengan lebih baik. Hal ini difungsikan untuk menjaga ritme sirkadian yakni siklus 24 jam dalam proses fisiologis guna menentukan pola tidur dan pola makan anda dengan lebih baik. Selain itu, hal ini akan dapat membantu anda untuk lebih cepat meningkatkan metabolisme didalam tubuh. Jadi demikian, sisakan waktu 1 jam yang bisa anda manfaatkan untuk bersiap-siap atau berdandan terlebih dahulu.

Makan Protein Bukan Gula

Pilihlah menu sarapan yang baik dan sehat untuk menghindarkan anda dari resiko kegemukan karena salah mengkonsumsi menu sarapan. Pilihlah makanan yang tinggi akan protein untuk dijadikan menu sarapan anda seperti konsumsi telur dan gandum. Makanan ini bukan hanya rendah kalori, namun juga memberikan ekstra energi agar anda lebih bersemangat pada pagi hari. Selain itu, konsumsi makanan ini akan membantu anda untuk tidak berlebihan mengkosumsi makanan pada saat siang hari karena perut anda masih cukup kenyang.

Hindarkan dan kurangi pula konsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebihan pada saat makan siang. Sebab hal ini tetap dapat memberikan potensi lebih besar untuk anda mengalami kegemukan. Untuk itu, hindari mengkonsumsi pancake, roti dengan selai dan makanan lainnya pada saat siang hari.

Konsumsi Buah dan Sayuran

Kita tahu bahwa buah dan sayuran adalah menu makanan sehat yang akan baik untuk kesehatan. Kandungan serat yang ada dalam buah dan sayur akan membantu anda untuk meningkatkan metobolisme dalam tubuh dengan lebih baik. Hal ini berarti akan membantu pembakaran kalori dalam tubuh dengan lebih cepat. Selain itu, serat akan membantu anda lebih cepat merasa kenyang dalam waktu yang lama. Hal ini tentu akan menghindarkan anda dari konsumsi makanan secara berlebihan.

Sarapan Sedikitnya 8 Gram Serat

Salah satu kunci keberhasilan menurunkan berat badan dengan lebih cepat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang membuat anda cepat merasa kenyang. Sebab dengan begini maka akan dapat mengurungkan niat anda untuk melahap lebih banyak makanan dengan kandungan kalori yang tinggi. Untuk sarapan dipagi hari sebaiknya terapkan aturan untuk mengkonsumsi sedikitnya 8 gram seray.

Bila anda masih memiliki spare waktu yang lebih banyak sebelum berangkat kerja atau pergi ke sekolah maka cobalah membuat menu sarapan yang mengandung 10 gram serat dan bebas gluten, seperti oatmeal atau konsumsi buah-buahan manis yang beragam.

Selain itu, ketika anda dapat meluangkan lebih banyak waktu maka anda bisa membuat bekal makan siang anda sendiri yang tentunya jauh lebih sehat dibandingkan dengan makanan yang anda dapatkan dengan membeli.

Hindari Konsumsi Makanan dengan Kandungan Kalori yang Tinggi

Pada saat sarapan alangkah lebih baik untuk anda menghindarkan jenis makanan yang mengandung kalori yang tinggi. Adapun anjuran asupan kalori yang perlu diasup pada pagi hari hanyalah skitar 300 sampai dengan 600 untuk menjaga berat badan tetap seimbang. Beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi diantaranya adalah yoghurt, buah, roti gandum dan masih banyak lagi.

Perhatikan Jenis Minuman

Memperhatikan sarapan yang sehat bukan hanya berfokus pada jenis makanan yang anda konsumsi. Terkadang cairan yang anda konsumsi pada saat sarapan seringkali dianggap remeh. Padahal hal ini pun akan memberikan dampak yang kurang baik, apalagi bila hal ini dilakukan secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama. Contohnya seperti mengkonsumsi kopi atau teh pada saat pagi hari yang akan dapat memberikan dampak yang kurang baik untuk kenaikan berat badan. Kandungan gula yang terdapat dalam minuman tersebut akan mungkin memberikan kontribusi untuk menumpuk lemak dan kalori didalam tubuh anda.

Jadi demikian, penting sekali untuk memperhatikan hal ini dengan baik dan benar. Alangkah lebih baik jika anda mengalihkan konsumsi kopi atau teh pada minuman yang lebih baik dan bermanfaat seperti air mineral atau secangkir susu murni. Protein yang terdapat dalam susu murni akan memberikan energy untuk anda lebih siap menghadapi hari-hari anda dengan lebih baik.

Itulah dia beberapa hal yang dapat disampaikan dari pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat dipraktikan dirumah dengan mudah. Pada intinya, sarapan yang sehat adalah waktu makan yang penting yang tidak boleh anda lewatkan. Sebab lewat konsumsi makanan ini akan memberikan anda sejumlah energy untuk dapat menghadapi aktivitas seharian penuh ini.