data-ad-format="auto"

Atasi Keputihan dengan Daun Sirih dengan Tepat

Berbicara mengenai keputihan, hampir setiap wanita pernah mengalami kondisi ini. Banyak sekali masalah-masalah yang dapat menyebabkan kondisi ini terjadi. Mulai dari aktivitas sehari-hari, faktor lingkungan dan masih banyak lagi.

Keputihan pada umumnya adalah hal yang wajar dan banyak dijumpai oleh wanita. Selain itu, sebenarnya kondisi ini adalah hal yang normal sebab proses ini adalah proses alami tubuh. Setiap wanita setiap bulannya akan mengalami keputihan dengan berkala.

Sama halnya seperti menstruasi yang dialami setiap bulan, keputihan pun akan dapat secara periodik. Hal ini sebenarnya adalah proses alami tubuh dalam mengeluarkan kotoran dan bakteri dari bagian organ kewanitaan. Lendir yang keluar bersama dengan keputihan bekerja untuk mengeluarkan bakteri yang ada pada bagian leher rahim. Sehingga secara umum kondisi ini adalah hal yang wajah bahkan normal dialami.

Hanya saja, pada beberapa kasus tertentu banyak wanita yang mengeluhkan mengalami keputihan yang tidak wajar. Jumlah lendir yang dikeluarkan berlebihan, disertai dengan warna dan bau adalah indikasi keputihan yang tidak normal. Kondisi ini perlu segera ditangani dengan baik sebab dampaknya bisa berbahaya.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Nah, salah satu cara mengatasi keputihan secara tradisional adalah dengan menggunakan daun sirih. Akan tetapi terkadang banyak orang yang sembarang menggunakannya. Akibatnya setelah penggunaan ada yang sembuh dan ada pula yang malah semakin parah. Lalu bagaimana mengatasi keputihan dengan daun sirih yang benar? Simak informasinya dibawah ini.

 

Gunakan Rauan Daun Sirih Alami

Penggunaan daun sirih sebagai obat keputihan ditujukan pada jenis daun sirih yang alami. Penggunaan bahan alami ini akan membuat manfaat bisa langsung dirasakan oleh bagian yang bermasalah. Selain itu, pembuatan ramuan ini pun akan cukup mudah dan bisa anda praktika dirumah dengan sederhana. Untuk mengetahui caranya mari simak informasinya dibawah ini.

  • Ambil beberapa helai daun sirih. Lalu bersihkan terlebih dahulu bahan ini secara merata sampai kotoran dibersihkan.
  • Setelahnya, silahkan siapkan panci dan tuangkan air kedalamnya. Rebus bahan ini secara merata dan biarkan sampai mendidih dan matang.
  • Angkat rebusan dan biarkan air rebusan menjadi lebih hangat.
  • Setelah itu, baru gunakan bahan ini untuk membasuh bagian organ kewanitaan.
  • Sebaiknya gunakan pada saat masih hangat agar sensasi menenangkan bisa meredakan rasa gatal yang mengganggu yang anda alami.
  • Untuk hasil yang maksimal gunakan perawatan ini dengan rutin minimal 1 hari sekali setiap membasuh organ kewanitaan.

Bagaimana Kalau Sabun Sirih?

Banyak orang yang keliru dengan memanfaatkan segala hal yang berbau daun sirih untuk mengobati keputihan. Termasuk dengan memanfaatkan sabun daun sirih. Tanpa mengetahui kandungan didalamnya mereka mengganggap bahwa khasiat serupa akan bisa mereka dapatkan dari produk ini.

Selain itu, aroma yang lebih menggoda dari sabun daun sirih rupanya membuat mereka lebih memilih menggunakan sabun dibanding memanfaatkan rebusan daun sirih alami. Akan tetapi, hal ini tentu bukanlah pilihan yang bijak.

Banyak wanita yang mengeluhkan pengobatan daun sirih dengan menggunakan sabun sirih malah membuat kondisi keputihan semakin buruk. Dimana hal ini membuat gatal semakin menyiksa dan perasaan tidak nyaman semakin terasa. 

Hindari Penggunaan Celana Terlalu Ketat

Selagi menggunakan terapi daun sirih untuk mengatasi keputihan yang anda alami maka sebaiknya perhatikan pula perawatan pendukung lainnya. Keputihan dapat terjadi sebab penggunaan celana yang terlalu ketat. Jadi demikian perhatikan kembali masalah ini dengan baik. Gunakan celana yang pas dan tidak menyakitkan sehingga membuat ruang gerak anda terasa nyaman.