data-ad-format="auto"

Apa yang Tidak Boleh Dilakukan Menjelang Persalinan Normal?

melahirkan normal

Memasuki usia kandungan trimester akhir beberapa persiapan persalinan menjadi salah satu yang menengangkan. Perasaan gembira sekaligus membuat anda cemas menunggu buah hati anda hadir. Melahirkan memang proses alami yang membutuhkan kesiapan baik secara fisik dan juga mental. Bagi sebagian wanita persalinan secara normal adalah salah satu hal yang diidamkan. Klik di sini---> Tanda-Tanda Mau Melahirkan

Berikut adalah beberapa hal yang tidak boleh anda lakukan menjelang melahirkan normal :

1.  Jangan mendengarkan pengalaman buruk saat persalinan normal

Baca Juga: Panduan Lengkap Proses Melahirkan Normal Yang Nyaman & Lancar

Mendengarkan pengalaman buruk  persalinan orang lain akan membuat anda menjadi menduga duga dan berpikir negatif mengenai persalinan. Apabila untuk anda yang memasuki persalinan pertama hal ini akan menambah kecemasan dan membuat anda gugup untuk menghadapi persalinan normal. Apabila anda  berada dalam satu kelompok yang sedang membicarakan proses persalinan yang buruk sebaiknya anda menghindarinya atau memotong cerita orang lain dengan sopan. Hal yang bisa anda lakukan adalah dengan mencari penyedia layangan kesehatan yang akan membantu anda dalam mempersiapkan kelahiran normal. Konsultasikan pula dalam menghindari induksi dan beberapa efek pemberian obat nyeri pada saat persalinan akan berlangsung. Kondisi kesehatan yang baik menjelang persalinan akan membantu anda mempersiapkan kehamilan normal secara lancar. (Baca Juga Memilih Nama Bayi Perempuan Islami dan Nami Bayi Laki-Laki Islami)

2.  Jangan melupakan peranan suami anda

Pada saat proses persalinan normal anda membutuhkan dukungan yang sangat besar dari pasangan anda. Persalinan normal yang akan anda hadapi membutuhkan kesiapan secara fisik dan psikologi. Bagi anda yang masih mengalami kecemasan, ketakutan bahkan kekhawatiran berada di samping suami yang siaga membuat anda lebih merasa nyaman untuk menghadapi persalinan secara normal. Selain itu bagi anda yang mengharapkan kehadiran suami disamping anda saat proses persalinan dan dia berhalangan hadir dikarenakan beberapa tugas luar kota atau beberapa hal lainnya. Anda dapat mendapatkan dukungan dari lingkungan keluarga anda seperti ibu dan ibu mertua. Kondisi lingkungan yang membantu anda dalam menghadapi persalinan termasuk kehadiran orang- orang yang sangat menyayangi anda akan membantu anda dalam meredam kecemasan menjelang persalinan normal.

3.  Tidak mudah berputus asa

Beberapa masukan yang buruk yang anda terima memasuki persalinan anda membuat anda terhenti untuk menjalani persalinan normal. Ketakutan dan kecemasan seperti itu memang wajar terjadi, mengelola dengan baik menjelang persalinan membuat anda nyaman. Hal yang harus anda ketahui pula bahwa orang terdekat anda akan mendampingi anda. Persiapkan mental anda dengan senantiasa melakukan kegiatan kegiatan yang mendukung persalinan normal seperti senam hamil atau kelas bagi ibu hamil kemudian disertai dengan doa untuk mempersiapkan mental anda. Doa-doa bagi ibu hamil akan membantu anda dalam mempersiapkan persalinan normal.

4.  Hal kecil yang umum dialami pada saat persalinan normal

Anda tiba tiba merasa tidak percaya diri dan menjadi cemas dikarenakan ketika anda memasuki persalinan anda tiba tiba buang air besar. Meskipun bagi anda memalukan akan tetapi hal tersebut normal terjadi selama anda persalinan normal. Anda tetap fokus dan biarkan ketidaknyaman anda berlalu dengan kembali fokus untuk mempersiapkan energi dalam proses persalinan.

Loading...

Populer di Persalinan

Tanda-tanda melahirkan

Tanda-Tanda Akan Melahirkan

Selamat datang di akhir kehamilan. Barangkali anda hanya tinggal menunggu selama beberapa…

Tanda-tanda Gerakan Janin Menjelang Persalinan

Pada ibu hamil kebanyakan kelahiran dimulai antara usia kehamilan di minggu ke 39 dan…
Default Image

Mengenal Tahapan Proses Melahirkan

Persalinan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para ibu hamil, sebuah waktu…

Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Jahitan pada proses melahirkan biasanya disebabkan oleh adanya robekan yang terjadi di…
proses melahirkan normal

Melahirkan Normal: Tips Menghilangkan Rasa Sakit

Melahirkan normal merupakan proses melahirkan yang diidamkan oleh para ibu yang sedang…

Follow us