Anak Anda Ceroboh? Simak Di Sini Cara Membantunya

Apakah anda termasuk kepada orang tua yang merasa jika anak anda masih termasuk ke dalam pribadi yang ceroboh?

Di dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemukan anak-anak kita terkadang melakukan hal-hal yang kita anggap sebagai sebuah kecerobohan. Dari mulai hal-hal yang sederhana dan tidak terlalu berefek besar seperti seringkali menjatuhkan pensil, menabrak benda dirumah seperti meja makan, padahal benda tersebut sudah berada di lokasi tersebut sejak beberapa waktu yang lama.

Kecerobohan yang terjadi dan dilakukan oleh anak-anak di usia balita memang cukup bisa ditoleransi, sebab di usianya tersebut perkembangan motorik halus yang berkembang dalam dirinya belumla terlalu sempurna, namun seiring dengan waktu yang terus berkembang sebaiknya anda harusnya patut mencurigai jika perkembangan motorik anak anda tersebut tidak berkembang dan terlalu sering mengulangi kecerobohannya.

02

Ada beberapa faktor yang turut memicu anak menjadi pribadi yang ceroboh, yang paling mendasar mungkin faktor genetik. Faktor genetik ini tentunya bukanlah sbuah hal yang bisa anda atur, sehingga yang bisa anda lakukan adalah meminimalisir kecerobohan tersebut dengan melakukan tindakan pengobatan dan pembiasaan.

Lebih lanjut mengenai kecerobohan yang terjadi pada anak-anak anda, selain dengan karena faktor genetika yang milikinya biasanya hal tersebut dipengaruhi oleh kurangnya stimulus yang diberikan orang-orang diskitar, khususnya orang tua untuk membantu perkembangan motorik halus yang ada pada dirinya, sehingga hal yang bisa anda coba untuk membantunya menghilangkan kecerobohannya ialah dengan fokus melatih motorik halusnya. Perkembangan tubuh serta proses pembelajaran yang dimiliki oleh setiap anak tentunya berbeda dan di sinilah tugas anda sebagai orang tua dituntut untuk lebih baik dan maksimallagi dalam memahami perkembangan pada anak anda.

Berbicara mengenai kecerobohan yang dimiliki oleh anak anda, maka ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membantunya mengikis dan menghilangkan kecerobohan yang dimilikinya. Silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Meningkatkan Keterampilan Anak

Ada berbagai faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik halus yang dimiliki oleh anak anda. Dari sekian banyak hal faktor genetis dan juga rangsangan atau stimulus menjadi hal yang cukup besar pengaruhnya. Oleh karena itu, cobalah untuk merangsang dan memberikan stimulus dengan membiarkannya mandiri. Namun jika sudah menyangkut genetis mungkin hal tersebut dipandang sebagai pegecualian, meskipun demikian anda tetap harus merangsang dan menstimulus motorik halusnya agar tidak telalu tertinggal.

Selain dengan langkah tersebut anda juga bisa meningkatkan keterampilan lainnya yang membantunya melatih koordinasi gerakan motorik halus seperti belajar beladiri. Beladiri juga bukan merupakan olahraga tim sehingga mengurangi beban tekanan dari luar saat ia sedang berlatih. Selain dengan beladiri belajar menari dengan mengikuti alunan lagu bisa menjadi pilihan, sehingga anak anda bisa berlatih menyelaraskan perintah otak bersama dengan gerakan sesui irama lagu.

2. Menyadari Betapa Frustasinya Anak

Mungkin terkesan menyebalkan atau terkadang lucu melihat orang atau khususnya anak anda menjatuhkan benda, kemudian menabrak benda dan lainnya lagi, namun tahukan anda jika ia juga merasa hal itu sulit baginya, sehingga sindiran maupun teguran tidak sama sekali membantu, bahkan justru akan semakin meruntuhkan mentalnya sebagai seorang anak. Langkah yang paling tepat yaitu tetap memberikan support dan dukungan baginya dalam berbagai hal, baik aksi nyata maupun verbal sehingga motivasinya tidak hancur atau remuk hanya karena anda menjadikan hal tersebut sebagai bahan lelucon atupun justru malah memarahinya.

3. Tenang dan Sabar

Sikap tenang dan sabar bisa coba anda latih dan terapkan tidak hanya bagi anak anda, tetapi juga anda yang berada di sekitarnya. Tidak jarang karena kecerobohannya, anak anda memecahkan piring atau gelas, di lain hal malah menghancurkan barang yang penting, hal ini belum termasuk kecerobohan yang bisa membuatnya terluka. Oleh karena itu sikap tenang sudah semestinya anda tularkan kepada anak anda, pastikan anda memeriksa anak anda dengan baik seperti mengikat teli sepatunya dengan baik atau memakai pakaiannya dengan benar, sehingga dengan tenang setidaknya lebih mengurangi resiko yang bisa terjadi karena kecerobohannya nanti.

Sikap sabar juga mestinya anda tunjukan, jangan sampai kecerobohan anak anda justru menjadi pemicu emosi anda sehingga meledak-ledak dan membuat anak anda ketakutan. Tunjukan sikap mengayomi dan tetap tenang saat beraktivitas, sehingga membuat anak anda tetap nyaman dan tidak merasa jika kecerobohannya tersebut menimbulkan sesuatu yang buruk dan menjadi sebuah hal yang .

4. Doronglah Anak Anda Agar Terus Mencoba

Perlu anda ketahui jika motorik halus yang berkaitan dengan kecerobohan anak bukan hanya terkait dengan masalah flesibiltas dari tangan serta jari jemari saja, namun juga dari seluruh anggota tubuh lainnya khususnya pada bagian oral, seperti bibir, lidah dan bagian-bagian lainnya. Selain itu tidak ketingalan bagian lainnya seperti kaki dan perpasuan atau singkronisasi dari berbagai bagian tersebut.

Mengetahui jika anak anda kurang dalam bagian-bagian tersebut maka salahsatu cara yang yang bisa dilakukan ialah dengan terus mencoba dan berlatih untuk memantapkan singkronisasi dari beberapa bagian tubuh yang berkaitan dengan kurangnya motorik halus.

5. Membagi Kegiatan dan Latihlah

Dari berbagai jenis pelatihan serta program motorik yang bisa anda berikan kepada andak anda, maka cobalah untuk membaginya ke dalam beberapa tahapan serta rangkaian yang lebih mudah. Cari tahu apa kegiatan yang dikuasainya dan mana yan gkurang dikuasainya, kemudian setelah itu silahkan untuk mencoba membaginya ke dalam pola latihan yang sederhana dan bertahap sehingga anak anda tidak terlalu tertekan dan frustasi ketika sulit untuk melakukannya. Dengan program yang baik dan dilakukan bertahap akan mempermudah anak anda untuk terus berkembang.

Mulai Membiasakan Hidup Mandiri

Sebagai orang tua pastinya anda ingin perkembangan terbaik untuk anak anda, dan salahsatu yang terbaik adalah ketika ia mampu untuk mandiri dan melakukan berbagai yang berkaitan dengan kebutuhan dirinya seorang diri. Meskipun demikian banyak juga orang tua yang justru terlalu memanjakan anaknya dengan menyediakan kebutuhannya seorang diri, seperti mengantikan bajunya kemudian memberikan makan dengan cara menyuapinya, padahal jika dilihat secara lebih dalam hal tersebut justru tidaklah terlalu baik.

Melihat dari hal tersebut, maka sebaiknya anda sebagai orang tua mulailah membiasakan anak anda untuk menjadi pribadi yang mandiri, selain melatih menjadi pribadi yang bertanggungjawab dengan membiasakan anak anda untuk mandiri, maka sedikitnya bisa membantu anak anda mengembangkan motorik halusnya dengan lebih baik dibadingkan jika anda hanya membiarkannya manja dan selalu anda layani.

Bagaimana? Sudah sedikit mendapatkan gambaran yang bisa anda ambil mengenai anak anda yang dianggap ceroboh dan bagaimana cara membantunya keluar dari masalahnya tersebut? Dengan menjalankan beberapa cara di atas maka setidaknya anda bisa membantunya dan sedikit demi sedikit menghilangkan dan mengikis kecerobohan yang selama ini seringkali dilakukannya.