data-ad-format="auto"

Alasan Pentingnya Kontak Kulit dengan Bayi Pasca Melahirkan

Usai menjalani serangkaian proses melahirkan yang begitu menguras tenaga biasanya hal ini membuat ibu kelelahan dan ingin istirahat. Namun sebaiknya, jangan terburu untuk bergegas beristirahat terlebih dahulu.

Sebab masih ada tugas penting yang perlu ibu lakukan sebelum menyambut waktu istirahat anda. Usai melahirkan, ibu perlu meluangkan energy dan waktu anda untuk dapat melakukan momen bersentuhan secara kulit dengan si buah hati. Baca juga: Tips Mengetahui Kehamilan Bermasalah 'Kehamilan Anggur'

Meskipun hal ini terkesan sepele, namun rupanya ada begitu banyak manfaat yang akan dirasakan oleh bayi anda dari hal ini. Dengan demikian, sebaiknya tidak melewatkan momen penting ini usai menjalani proses persalinan.

Cara Melakukan Kontak Kulit dengan Bayi Usai Melahirkan

Moemen bersentuhan dari kulit ke kulit bersama dengan si buah hati usai melahirkan memang nampak sepele dan sederhana. Namun siapa menyangka bila dari momen sepele ini banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh si buah hati.

Baca Juga: Panduan Lengkap Proses Melahirkan Normal Yang Nyaman & Lancar

Jadi demikian, sebaiknya ibu tidak melewatkan momen berharga ini. Luangkan beberapa menit atau beberapa waktu untuk menimang si buah hati dan mendekatkan mereka dengan kulit anda.

Tepat setelah melahirkan, bayi anda bisa ditempatkan pada bagian dada anda. Sementara perawat berusaha mengeringkan si kecil dan menutupinya dengan selimut hangat. Maka ibu dapat memanfaatkan momen ini dengan baik.

Lewat sentuhan ini si kecil akan berusaha mengenai anda sebagai seorang ibu. Ia pun akan berusaha menjilat kulit anda dan mencari puting susu untuk menyusu.

Meskipun hal ini nampak mudah untuk dilakukan. Namun momen setelah melahirkan ini akan dapat membawa manfaat yang amat penting untuk bayi dan kesehatannya. Lantas apa saja sih manfaat sentuhan kulit ke kulit yang akan didapatkan oleh si bayi usai melahirkan? Mari kita simak beberapa informasi yang akan kami berikan kali ini.

Manfaat Kontak Kulit dengan Bayi Usai Melahirkan

Ada cukup banyak manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan kontak kulit bersama dengan bayi usai melahirkan. Untuk mengetahui apa saja manfaat tersebut, mari kita simak beberapa informasinya dibawah ini.

Memberikan Kehangatan Pada Bayi Guna Mengontrol Suhu Tubuhnya

Suhu sekitar pada saat bayi dilahirkan tentu berbeda dengan suhu bayi pada saat mereka berada didalam kandungan. Nah, agar si kecil tidak terlalu merasa perbedaan ini dengan terlalu kentara maka menempatkan si kecil pada dada ibu setelah melahirkan akan memberikan mereka kenyamanan.

Kulit ibu memiliki suhu yang hampir mirip dengan suhu pada saat mereka berada didalam rahim. Dengan begini maka si kecil akan dapat merasa hangat dan tenang berada diperlukan ibu.

Hal ini pun akan turut membantu si kecil untuk terhindar dari kedinginan yang mungkin membuat mereka merasa tidak nyaman. Lewat metode ini si kecil akan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan luar dengan mudah.

Memberikan Ketenangan Pada Bayi

Menempatkan bayi pada dada ibu tepat setelah melahirkan pun memberikan ketenangan untuk si kecil. Dengan begini maka si kecil akan dapat merasakan nafas dan detak jantung ibu. Suara-suara ini sama dengan suara yang sering ia perdengarkan ketika dirinya masih berada didalam kandungan.

Dengan demikian, hal ini akan tentu memberikan mereka ketenangan dan kenyamanan. Bayi yang didekap lewat dada ibu usai melahirkan pun cenderung jarang menangis terlalu kencang. Hal ini dikarenakan mereka merasa nyaman. Untuk itu, sebaiknya jangan lewatkan hal ini dengan baik.

Loading...

Populer di Persalinan

Tanda-tanda melahirkan

Tanda-Tanda Akan Melahirkan

Selamat datang di akhir kehamilan. Barangkali anda hanya tinggal menunggu selama beberapa…

Tanda-tanda Gerakan Janin Menjelang Persalinan

Pada ibu hamil kebanyakan kelahiran dimulai antara usia kehamilan di minggu ke 39 dan…
Default Image

Mengenal Tahapan Proses Melahirkan

Persalinan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para ibu hamil, sebuah waktu…

Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Jahitan pada proses melahirkan biasanya disebabkan oleh adanya robekan yang terjadi di…
proses melahirkan normal

Melahirkan Normal: Tips Menghilangkan Rasa Sakit

Melahirkan normal merupakan proses melahirkan yang diidamkan oleh para ibu yang sedang…

Follow us