Aktivitas Untuk Ibu Hamil Muda

Mungkin bagi para ibu hamil adakalanya bingung apa yang mesti di lakukan dan apa yang tak seharusnya dilakukan. Terkadang keluarga berperan penting untuk memberikan saran dan kepeduliannya agar ibu yang sedang mengalami hamil muda tidak salah dalam melakukan aktivitas.

Berikut ini adalah keluhan yang seringkali menjadi alasan kenapa ibu hamil sulit melakukan aktivitas : 

1. Sembelit

Hormon progesteron saat hamil menyebabkan relaksasi usus, sehingga dapat mengakibatkan daya dorong usus terhadap sisa makanan berkurang. Sembelit terjadi karena sisa-sisa makanan yang menumpuk.

2. Nyeri ulu hati

Hal ini dikarenakan adanya gas karbondioksida yang tidak keluar secara alami. di anjurkan ada baiknya tubuh ibu yang sedang hamil terkena sinar matahari pagi, karena untuk memperlancar proses pembuangan gas karbondioksida tersebut.

3. Gatal-gatal

Alergi adalah salah satu conto timbulnya gatal-gatal. Makanan tertentu dapat menyebabkan alergi atau bisa juga karena faktor kulit yang sensitive. Untuk itu perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan yang cocok untuk ibu yang sedang hamil.

4. Kram

Kekakuan pada tangan dan kaki akan terjadi saat menjelang akhir kehamilan. Bagian tubuh tersebut sedikit membengkak karena menyimpan cairan. Akibatnya syaraf jadi tertekan. Penyebabnya diperkirakan karena kurangnya pergerakan sehingga menimbulkan sirkulasi darah tidak lancer, kekurangan kalsium, hormone kehamilan, kelelahan, tekanan rahim pada otot.

5. Seringnya mengalami Pegal-pegal

Kurangnya kalsium dapat menyebabkan pegal-pegal di sepanjang kehamilan. Ibu hamil akan merasa mudah lelah dikarenakan otot-otot tubuh mengalami pengenduran, boleh di bilang ibu hamil membawa beban yang berlebih.

6. Sering buang air kecil

Inilah keluhan yang paling sering dialami. Bisa dikarenakan cuaca yang dingin atau kecenderungan ibu hamil yang terlalu banyak minum (air putih). Akibatnya, ginjal lebih banyak pula memproduksi air seni. Selain itu letak kandung kemih yang bersebelahan dengan rahim membuat kapasitasnya berkurang

7. Mengalami mual dan muntah

Sekitar 70 persen ibu yang sedang hamil akan mengalami rasa mual-mual, pegal disertai pusing hingga meriang. Hal ini merupakan gejala normal yang muncul pada trimester pertama (pada kehamilan 6-14 minggu). Keluhan ini kerap dikenal dengan istilah Morning Sickness. Morning sickness terjadi karena plasenta yang berkembang dan menghasilkan sejenis hormon HCG yang mengakibatkan muntah-muntah melalui rangsangan otot dari poros lambung. Makin tinggi hormon ini akan semakin cepat merangsang muntah.

8. Sering mengalami sakit kepala

Sakit kepala ini di sebabkan pengaruh dari hormon saat kehamilan. Penyebab dinding pembuluh darah melebar yaitu hormon progesterone. Hal ini menyebabkan penurunan tekanan darah dan membuat ibu ibu hamil merasakan sakit kepala.

Aktivitas Yang Aman Untuk Ibu Hamil Di Kehamilan Muda

Saat sedang hamil, wanita tentunya harus lebih berhati-hati dalam melakukan kegiatan dan aktivitasnya sehari-hari. Tak sedikit wanita yang berhenti berolahraga karena khawatir hal tersebut dapat membahayakan kehamilannya.

Sementara itu, di sisi lain, terkadang ibu hamil malah semakin sering tidur dan makan lebih banyak. Kebiasaan semacam itu justru memicu datangnya beberapa penyakit seperti diabetes atau gestational. Karena itu, ibu hamil juga diwajibkan menyisihkan waktu untuk berolahraga ringan agar tubuh dan janinnya tetap bugar. Aktivitas yang membuat badan ibu hamil tetap bugar selama kehamilan muda akan memberikan energi dan membuat ibu hamil semakin kuat ketika melahirkan.

Berikut adalah beberapa jenis olah raga dan aktivitas yang aman untuk ibu yang sedang hamil muda :

1. Jalan santai

Ibu yang sedang hamil muda sebaiknya sering berjalan-jalan. Namun perhatikan juga kecepatan langkahnya. Jangan berjalan terlalu cepat. Dengan jalan santai akan membuat ibu yang sedang hamil muda lebih tenang dan menghilangkan stres. Terlebih bagi ibu hamil yang memilih suasan pedesaan dipagi hari, selain pemandangan yang indah juga akan membantu dalam memberikan udara yang segar.

2. Berenang

Jenis olahraga terbaik yang untuk wanita saat hamil adalah berenang. Olahraga ini dapat mengurangi tekanan pada punggung dan kaki ibu hamil yang mudah lelah. Selain itu, berenang juga bermanfaat untuk seluruh tubuh tanpa membuatnya merasa capek.

4. Yoga

Gerakan yoga memang tidak semuanya aman dilakukan saat sedang hamil. Ada beberapa gerakan yang membuat ibu hamil malah semakin tertekan. Ibu yang sedang hamil muda bisa mencoba melakukan gerakan yoga khusus ibu hamil atau sebelum melahirkan. Ikuti arahan-arahan dari instruktur yoga dan lakukan konsultasi dengan dokter kandungan sebelum melakukannya.

5. Olahraga Statis

Apabila bersepeda di luar sudah merasa tidak nyaman atau khawatir terjadinya kecelakaan, ibu yang sedang hamil bisa menggantinya dengan menggunakan sepeda statis di dalam rumah. Lakukan dengan perlahan dan jangan terlalu keras atau cepat.

6. Relaksasi menggunakan Aroma-Terapi

Aktivitas relaksasi menggunakan aroma terapi boleh dilakukan ibu hamil, aroma terapi ini bermanfaat dapat meringankan keluhan-keluhan seperti emosi yang tidak stabil, stres, pegal, mual, nyeri punggung, bahkan dapat memperlancar persalinan. Pilihlah aroma terapi yang aman untuk ibu hamil sehingga dapat memberikan manfaat sesuai yang diharapkan ibu hamil.

7. Berbelanja

Ibu yang sedang hamil bisa berbelanja kebutuhan sehari-hari hingga perlengkapan calon bayinya. Melalui aktivitas ini, ibu dapat refreshing, menghilangkan penat, meredakan stres, juga menjaga kebugaran.Selain itu gerakan jalan yang dilakukan ketika berbelanja akan membuat anda merasakan jalan santai , perhatikan waktu hingga dapat mengurangi kelelahan.

8. Melakukan Pekerjaan Rumah

Ibu hamil terkadang khawatir ketika melakukan aktivitas rumah seperti mengepel, mencuci atau memasak. Mereka khawwatir akan mempengaruhi janin di usia kehamilan muda.Padahal beberapa kegiatan tersebut dapat dilakukan asalkan ibu tidak mengalami kelelahan dan membuat ibu merasa tertekan. Anda dapat mengerjakan dengan bantuan orang lain untuk meringankan pekerjaan anda.

9. Membaca

Kondisi ibu hamil muda yang seringkali mengalami keluhan membuat ibu kurang bisa beradaptasi. Sebagian ibu kebanyakan bedrest, kondisi inilah yang dapat diantisipasi dengan membaca buku atau berbagai link yang dapat membantu menambah wawasan seputar kehamilan. Anda juga dapat mengetahui perkembangan sesuai dengan usia janin, mengurangi keluhan yang terjadi dan mempersiapkan persalinan.

Selain itu, Ibu hamil harus mengenali apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat sedang hamil agar ibu hamil tidak selalu merasa cemas di sepanjang kehamilannya.

Berikut adalah larangan-larangan untuk ibu hamil :

  1. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkadar garam tinggi dan mengkonsumsi makanan setengah matang
  2. Jangan pernah mengkonsumsi alkohol,kurangi kafein atau merokok, karena dapat menyebabkan efek buruk pada janin
  3. Berhenti memakai kosmetik dan pewarna rambut, karena mengandung bahan kimia yang cukup beresiko bagi janinnya
  4. Mengendarai alat trasportasi dalam jarak tempuh yang jauh sehingga membuat ibu kelelahan
  5. Perhatikan setiap perubahan yang bersifat abnormal sehingga dapat ditangani sedini mungkin, konsultasikan dengan dokter anda karena pada setiap ibu hamil memiliki kondisi tubuh yang berbeda

Seperti yang telah kita bahas tadi, para ibu hamil sebaiknya menghindari aktivitas berat. Perubahan hormone dalam tubuh, akan membuat ibu hamil mudah merasa lelah. Maka dari itu selama sedang hamil jangan dulu melakukan kegiatan-kegiatan yang berlebihan. Cobalah merubah kebiasaan-kebiasaan anda sebelum hamil dan di saat sedang hamil, karena itu cukup berpengaruh bagi kesehatan anda dan janin. Lakukan aktivitas dengan terjadwal tanpa harus memaksakan kondisi anda ketika sedang hamil.