Ajak Anak Anda Untuk Berbicara! Inilah Tips Sederhana dan Cara yang Bisa Anda Lakukan

Salahsatu faktor atau hal yang mempengaruhi kedekatan antar individu ialah dengan komunikasi yang baik.

Membangun komunikasi yang baik antar satu individu dengan individu lainnya memerlukan keterampilan yang dikuasai, apalagi ketika anda hendak berkomunikasi dengan anak-anak atau orang-orang dengan kebutuhan yang spesial. Setiap manusia juga diberikan kemampuan lingustik di dalam dirinya untuk kemudian dikembangkan sesuai dengan tahapan usia. Tentunya hal tersebut merupakan sebuah proses yang cukup panjang dan memerlukan kesabaran dan waktu untuk berkembang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya.

Berbicara lebih lanjut mengenai kemampuan bicara atau linguistik anak, salahsatu yang berperan besar meningkatkan dan membantu perkembangan berbahasanya tentu saja adalah orang tuanya. Orang tua sebagai sekolah pertama bagi seorang anak seharusnya menjadi tempat terbaik bagi dirinya untuk mengembangkan kemampuan lingustik yang dimilikinya. Jauh sebelumn anak anda belajar dengan berbagai macam teori yang diajarkan secara formal di sekolah dan tempat belajar lainnya, orang tualah yang menjadi pondasi dan landasan seorang anak untuk belajar berkomunikasi.

 display: block; margin-left: auto; margin-right: auto;

Kemampuan berbicara anak sebenarnya tidak hanya terpaku kepada kemampuannya dalam menguasai kosakata saja, namun juga berbagai elemen lainnya seperti kemampuannya untuk menyampaikan pendapat melalui komunikasi verbal dan juga non-verbal. Sebagian besar mungkin tidak terlalu dipusingkan dengan hal ini dan menganggap perkembangan akan terus berlangsung sesuai dengan tahapan usianya dan anda tinggal menjalankan kebiasaan anda toh nantinya ia akan berkembang juga. Meskipun demikian ada baiknya anda melatihnya bahkan sejak ia bayi untuk mampu mengoptimalkan kemampuannya berbicara, sehingga anak anda bisa berkembang dengan lebih baik lagi.

Berikut ini ada beberapa saran dan tips sederhana yang bisa membantu anda melatih anak agar kemampuan berbicaranya bisa berkembang dengan optimal. Silahkan simak tips dan sarannya berikut ini!

Mengajak Anak Anda Berbicara

Kontak Mata

Mata merupakan salahsatu bagian dari tubuh yang memiliki kemampuan menyampaikan berbagai macam emosi. Melalui mata anda bisa melihat apakah seseorang sedang merasa bahagia, sedih, senang dan berbagai macam perasaan lainnya. Jika anda pernah mendenagar mata tidak pernah berbohong, mungkin tersebut benar adanya. Sehingga melakukan kontak mata saat sedang berkomunikasi merupakan salahsatu yang penting, termasuk ketika mengajak anak anda berbicara. Untuk bayi penting untuk anda melakukan kontak mata kepadanya, sebab pada dasarnya ia belum bisa mengungkapkan perasaannya secara verbal, oleh karena itu anda bisa melihat emosinya melalui mata. Kontak mata juga bisa memberikan kesan dan perasaan istimewa kepada orang yang anda anggap bicara. Untuk anak yang berusia cukup besar atau mungkin batita anda juga tetap disarankan menatap matannya, sebab di saat itu juga ia memperhatikan cara berkomunikasi anda dan secara tidak langsung memperlajarinya dari aksi anda tersebut. Melalui komunikasi yang dilakukan oleh mata juga mampu meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri anak untuk belajar berbahasa dan mengungkapkan pikirannya kepada anda dengan berbicara langsung.

Berikan Kesempatan Bagi Anak Anda Untuk Mengutarakan Keinginannya

Terkadang anak seringkali merasa segan terhadap orang tua dan tidak bisa mengungkapkan perasaan dan emosi serta apa yang sebenarnya diinginkannya. Ungkapan emosi yang seringkali tidak tersampaikan biasanya akan menumpuk dan dikeluarkan dengan cara yang salah dan tidak pernah anda duga sebelumnya. Oleh karena itu latihlah anak anda untuk menjadi seorang yang berani berbicara dan mengungkapkan keinginannya. Contohnya ialah ketika ia menyukai sebuah hidangan dan maih ingin makan, namun hidangannya habis biarkan sesekalu dia yang berbicara dan mengungkapkan kepada anda mengenai keinginanya untuk menambah kembali, sehingga anda tidak perlu harus selalu menyediakannya di meja makan.

Ceritakan Kembali Kegiatan Anda Dalam Bentuk Narasi

Jika anda orang tua atau mungkin khususnya ibu yang bekerja di rumah pastilah sebagian besar waktu yang anda miliki ialah bersama dengan anak anda dan mengurusi segala macam yang terkait dengannya. Hal tersebut jika dipandang secara bijak maka bisa menjadi sebuah waktu atau saat yang berharga bagi anda untuk berkomunikasi mengajak bicara dan mengembangkan kemampuan komunikasi anak. Daripada tenaga anda dihabiskan untuk ,mengeluh dan marah-marah karena sikap anak anda, lebih baik anda ajak dia untuk berbicara dan berbincang, silahkan anda coba untuk bernarasikepadanya mengenai kegiatannya sehari-hari, dari mulai makan, mandi, dan berbagai hal lain yang anda lakukan bersamanya. Dengan melakukan hal tersebut secara tidak langsung anda akan memancing naluri anak untuk berkomentar dan berinteraksi mengeluarkan pendapat dari apa yang dirasakan olehnya. Dengan begitu bukan hanya anak anda yang berkembang anda juga akan menemukan manfaat dari hal tersebut.

Membacakan Buku

Jika anda sering mendengarkan ungkapan buku adalah jendela dunia dan gudangnya ilmu, maka kenapa anda tidak pernah membuat anak anda menyukai kegiatan membaca? Bagi anda orang tua yang belum membiasakan dan menerapkan kegiatan penting ini kepada anak anda, maka tidak ada salahnya anda segera melakukannya. Sebaiknya bahkan semenjak anak anda belum bisa membaca anda sudah mengajaknya menikmati dan melakukan kegiatan ini. Cara terbaik yang bisa anda lakukan untuk mengajak anak membaca adalah dengan terlebih dahulu rajin membacakan dongeng atau cerita sebelum tidur dari sebuah buku cerita. Dengan begitu ada banyak sekali kebaikan yang bisa anda dapatkan, seperti bertamabahnya kosakata baru bagi anak, memupuk kedekatan bersama orang tua hingga memncing imajinasi anak atas cerita-cerita yang dengar. Lebih jauh daru itu anak anda juga mungkin akan mulai mengambil sudut pandang kemudian mencoba mengkomunikasikannya melalui komentar-komentar, dan di saat itu kemampuan bicara anak anda meningkat.

Bahasa Isyarat

Mengajarkan bahasa isyarat kepada anak? Padahal anak anda dalam kondisi yang tidak membutuhkan bahasa isyarat? Mungkin sebagian orang akan menganggap langkah ini tidak terlalu penting, sehingga kebanyakan mengabaikan dan tidak melakukannya, atau mungkin orang tua anda pun tidak menyadarinya. Tahukah anda ternyata anak yang sejak bayi diajarkan bahasa isyarat tenyata mampu lebih baik dalam mengenali huruf dan juga bunyi. Bahkan perlu diketahui, jika perbendaharaan kosakata yang dimiliki oleh anak anda akan menempati posisi yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak sama sekali diajarkan dan diperkenalkan dengan bahasa isyarat. Bahasa isyarat sendiri tidak harus yang terlalu sulit, dengan mengajarkan mereka beberapa bahasa saja yang sederhana dan dipergunakan sehari-hari seperti aku cinta kamu, makan, minum dll anda sudah secara tidak langsung membentuk komunikasi yang akan diserap oleh anak anda.

Demikianlah beberapa tips menarik yang bisa anda coba lakukan untuk perlahan melatih kemampuan berbahasa anak dan ia bisa berbicara dengan baik dengan orang-orang di sekitarnya. Dengan kemampuan komunikasi yang baik, maka hal tersebut bisa dijadikan sebagai salahsatu bekal keberhasilan anda anda di masa yang akan datang. Banyak hal yang bisa ia dapatkan hanya dengan berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik dengan banyak orang dan juga banyak hal.