data-ad-format="auto"

Tanda-Tanda Kehamilan

Banyak yang tidak dapat mengetahui tanda-tanda kehamilan sehingga baru diketahui kehamilan sudah memasuki 12 minggu atau bahkan lebih.Kumpulan artikel tanda-tanda kehamilan kali ini akan memberikan pengetahuan kepada anda mengenai tanda kehamilan yang mungkin tidak anda sadari.Tanda kehamilan yang digolongkan berdasarkan usia kehamilan, terakhir siklus haid dan lain-lainnya. 

Bagaimana Mengenali Ciri-Ciri Orang Hamil? Ini 12 Tanda Umumnya

Kehamilan tentu menjadi dambaan untuk setiap pasangan yang sudah menikah dan berkeluarga. Hadirnya buah hati ditengah keluarga akan senantiasa melengkapi kesempurnaan ikatan berumah tangga bersama dengan pasangan. Tak heran bila banyak wanita yang mendambakan kehamilan dengan rela melakukan banyak cara untuk dapat mewujudkan impiannya ini dengan baik.

Nah, sebelum mendapatkan kelahiran seorang bayi, tentunya adalah sebuah proses yang perlu anda jalani terlebih dahulu. Proses ini dikenal dengan proses kehamilan. Kehamilan adalah sebuah proses tumbuh kembang janin dalam rahim seorang perempuan selama kurang lebih 9 bulan sampai akhirnya sang bayi dapat lahir ke dunia.

Adapun kehamilan dapat terjadi ketika sel telur melebur bersama dengan sel sperma yang masuk kedalam rahim. Dimana selanjutnya kondisi ini akan dapat membentuk zigot atau embrio yang kemudian tumbuh dan berkembang dalam rahim atau uterus seorang perempuan.

Awalnya seorang wanita akan mencurigai dirinya hamil setelah mengalami terlambat datang bulan. Atau terhentinya menstruasi pada salah

Continue Reading

Tanda-Tanda Kehamilan Bayi Laki-Laki

Tanda tanda kehamilan bayi laki laki

 

Bagi ibu yang penasaran dan menduga-duga jenis kelamin bayi. Inilah yang seringkali dihubungkan dengan tanda kehamilan berjenis kelamin laki-laki.

 

Penasaran dengan jenis kehamilan janin yang sedang dikandung? Sebenarnya anda dapat melakukan pemeriksaan medis untuk membantu menentukan jenis kelamin bayi, yaitu dengan menggunakan USG. Hanya saja seringkali pemeriksaan USG tidak memberikan hasil yang pasti akibat posisi janin di dalam kandungan.

Beberapa wanita yang mengalami perubahan secara fisik dan psikis selama kehamilan seringkali dihubungkan dengan tanda kehamilan untuk menentukan jenis kelamin bayi,meskipun hasilnya kurang akurat hanya saja banyak yang mempergunakan tanda ini untuk dapat membantu menebak jenis kelamin bayi.

 

Artikel kali ini akan membantu anda untuk mengetahui peruabahan fisik dan psikis ibu hamil yang seringkali dihubungkan dengan jenis kelamin bayi laki-laki. Inilah tanda-tanda kehamilan yang dapat anda ketahui :

1.Posisi Perut

Seringkali posisi perut dihubungkan dengan jenis kelamin janin. Pada ibu hamil yang diduga mengandung bayi laki-laki posisi

Continue Reading

Tanda-Tanda Kehamilan Anak Perempuan

tanda tanda kehamilan bayi perempuan

Ketika mengandung intuisi atau feeling wanita dapat menduga jenis kelamin bayi, inilah tanda yang seringkali dihubungkan dengan kehadiran anak perempuan.

 

Meskipun tidak semua intuisi ibu benar dalam menebak jenis kelamin, hanya saja seringkali tanda-tanda kehamilan dihubungkan dengan kehadiran janin. Salah satunya adalah ketika wanita mengalami perubahan sikap.

Pada dasarnya untuk menentukan jenis kelamin bayi dapat dilakukan dengan pemeriksaan menggunakan alat bantu medis seperti USG. Dokter kandungan atau bidan akan memberitahukan jenis kelamin janin anda di awal trimester kedua.Hanya saja sebagian ibu hamil lainnya ada yang menghubungkan dengan tanda kehamilan.

Tanda-tanda kehamilan yang sering kali dihubungkan dengan kehamilan bayi perempuan adalah sebagai berikut : (Baca juga: Tanda orang hamil)

1. Mengalami Morning Sickness

Delapan dari sepuluh wanita hamil mengalami morning sickness, kondisi dimana ibu mengalami mual dan muntah di pagi dan malam hari tanpa diketahui penyebabnya.Perbedaan dengan mual dan muntah penderita maag adalah

Continue Reading

Membedakan Flek Darah Sebagai Tanda Kehamilan di Luar Masa Haid

Membedakan Flek Darah Sebagai Tanda Kehamilan di Luar Masa Haid

Munculnya flek darah di luar masa haid setelah berhubungan, mungkinkah hamil? Berikut adalah cara membedakan flek darah sebagai tanda kehamilan . Baca juga: Tanda-Tanda Orang Hamil

 

Pendarahan ringan yang menghasilkan flek memang sering terjadi pada ibu hamil muda.Meskipun kondisi tersebut merupakan wajar terjadi pada ibu hamil muda akan tetapi banyak ibu hamil yang cemas dan khawatir akan menganggu kesehatan janin .

Sebenarnya flek yang tidak membahayakan pada kesehatan ibu dan janin memiliki ciri yang berbeda dengan flek darah menstruasi atau kondisi abnormal kehamilan. Sebagai ibu hamil tanda kehamilan harus diketahui sepenuhnya, terlebih tanda-tanda kehamilan akan muncul di minggu pertama pembuahan karena faktor perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh .

Flek darah yang terjadi pada wanita dapat dibedakan berdasarkan penyebab yaitu sebagai tanda memasuki siklus menstruasi, tanda kehamilan ataupun sebagai kondisi usia muda kehamilan yang berbahaya .

Artikel kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara membedakan flek

Continue Reading

Tanda-Tanda Kehamilan 4 Minggu

Tanda tanda kehamilan minggu ke 4

Memasuki usia kehamilan 4 minggu, anda mengalami perubahan secara fisik dan psikis.Kenali tanda kehamilan di minggu ke-4.

 

kehamilan merupakan anugerah yang sangat indah tuhan berikan kepada wanita. Kehamilan yang ditunggu-tunggu  dapat anda kenali dari tanda kehamilan yang umum sudah dapat dirasakan oleh wanita di awal minggu kehamilan.

Perubahan yang terjadi pada fisik maupun emosional wanita di minggu pertama kehamilan.Hanya saja bagi anda yang terkadang kurang menyadari tanda kehamilan dan mengaggap hanya sebagai gangguan kesehatan atau PMS.Kali ini kami akan memberikan pengetahuan mengenai tanda awal kehamilan yang dialami oleh ibu hamil di usia kehamilan 4 minggu.

Tanda-tanda kehamilan yang dialami oleh wanita hamil dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tanda kehamilan pasti, tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan kemungkinan. Tanda kehamilan  tidak pasti merupakan perubahan yang dialami oleh wanita dan dapat juga disebabkan karena pengaruh gangguan kesehatan lainnya. Sedangkan tanda kehamilan kemungkinan, dapat saja terjadi kehamilan akan tetapi memerlukan

Continue Reading

Tanda-Tanda Kehamilan Palsu

tanda tanda kehamilan palsu

Anda sudah sangat menantikan kehadiran buah cinta?Untuk membantu anda mengetahui tanda-tanda kehamilan yang pasti atau justru anda mengalami tanda kehamilan palsu ?

 

Keluhan yang seringkali dialami oleh beberapa wanita yang diduga sebagai tanda kehamilan seperti mual, kenaikan berat badan dan ngidam ternyata setelah dilakukan pemeriksaan dokter, tidak ada janin di rahim ibu.

Kondisi yang seringkali dialami oleh wanita dengan tanda kehamilan akan tetapi tidak ada janin di dalam kandungan dikenal dengan istilah kehamilan palsu atau dalam istilah medis dikenal pseudocyesis. Apa yang menyebabkan wanita mengalami kehamilan palsu ?

Kehamilan palsu yang dialami oleh wanita belum dapat diketahui secara pasti akan tetapi diduga disebabkan karena adanya faktor psikologis yang mempunyai peranan penting. Biasanya seorang wanita memiliki keinginan yang kuat untuk hamil sehingga munculah beberapa tanda kehamilan.

Tanda awal kehamilan yaitu terjadinya pembengkakan payudara, pembengkakan perut dan juga merasakan sensasi gerakan janin. Disinilah otak akan menginterpretasikan sinyal kehamilan dan memicu

Continue Reading

Tanda Kehamilan Pasti, Tidak Pasti dan Kemungkinan

tanda kemungkinan tanda pasti kehamilan

 

Betulkah saya hamil?Mari cari tahu tanda-tanda kehamilan pasti, tidak pasti dan juga kemungkinan yang dialami oleh wanita hamil .

 

Tanda kehamilan yang dialami oleh wanita hamil dibagi menjadi tiga kategori yaitu tanda dugaan/tidak pasti, tanda kemungkinan dan juga tanda pasti hamil.Masing-masing akan dijelaskan pada artikel kali ini.

Pertama adalah tanda kemungkinan atau dikenal dengan tanda dugaan hamil. Tanda ini dapat menjadi tanda-tanda kehamilan atau dipengaruhi oleh kondisi kesehatan.Berikut adalah tanda-tanda tidak pasti hamil diantaranya  :

1.Amenorea

Kondisi ini sangat umum dan banyak menduga kehamilan ditandai dengan berhentinya siklus menstruasi .Padahal bagi wanita yang mengalami siklus tidak teratur sulit untuk menjadikan kondisi ini sebagai tanda kehamilan . Sedangkan bagi anda yang memiliki siklus menstruasi yang teratur, penting untuk dapat menentukan hari pertama dan terakhir menstruasi. Sehingga dapat ditentukan sebagai tanda kehamilan .

2. Mual dan Muntah

Terjadi pada trimester pertama kehamilan.Kondisi ini dialami pada pagi atau malam hari

Continue Reading

Tanda-Tanda Kehamilan Minggu Ke-3

tanda tanda kehamilan minggu ke 3

Minggu ketiga kehamilan ibu hamil sudah dapat dengan jelas mengetahui tanda pasti kehamilan.

 

Meskipun pada usia kehamilan minggu pertama hingga minggu ke empat merupakan proses persiapan dan mematangkan ovum akan tetapi tanda kehamilan pasti sudah dapat diketahui oleh ibu hamil .

Pada minggu kedua kehamilan tubuh ibu mempersiapkan diri untuk ovulasi sedangkan pada minggu ketiga merupakan ovulasi.Kondisi ini merupakan persiapan untuk dibuahi dan juga dilempar dari ovarium sehingga menuju uterus. Bahkan minggu ini merupakan minggu terakhir anda akan mengetahui siklus menstruasi .

Bagi anda yang memiliki siklus menstruasi yang teratur kondisi ini akan tampak jelas.Sedangkan bagi anda yang tidak memiliki siklus menstruasi teratur sulit menentukan kehamilan apabila hanya dari tanda kehamilan saja .

Pada minggu ketiga ovulasi menyebabkan terjadinya produksi estrogen yang merangkak naik sehingga menimbulkan kenaikan hormon luteinizing yang dominan dalam melepas sel telur yang sudah matang dari ovarium menuju ke tuba Failopi .

Pada saat ovulasi

Continue Reading

Tanda-Tanda Kehamilan Bulan Kedua

tanda tanda kehamilan dua bulan

Memasuki usia kehamilan dua bulan beberapa tanda-tanda kehamilan harus anda ketahui. inilah beberapa tanda yang dapat membantu anda untuk mengetahuinya. 

 

Memasuki usia kehamilan dua bulan, embrio sudah mulai tumbuh dengan ukuran yang lebih besar dan dikatakan sebagai zygot. Pada kehamilan dua bulan perkembangan penting terjadi.Terbentuknya organ bayi dan juga detak jantung bayi suda mulai terasa secara perlahan.

Pada awal minggu memasuki usia dua bulan janin akan memberikan irama jantung yang lebih stabil. Bahkan pada minggu ini sudah mempersiapkan untuk dapat berkembang dan saraf otak berfungsi. Sedangkan pada usia kehamilan 9 minggu atau minggu akhir jenis kelamin sudah dapat diprediksi meskipun tidak begitu jelas.

Perubahan yang terjadi pada ibu hamil kian terasa. Meskipun demikian masih banyak ibu hamil yang masih meraba-raba tanda kehamilan di usia dua bulan. Berikut ini adalah tanda fisik dan perubahan emosional yang dialami oleh ibu hami di bulan ke dua.

Perkembangan dan gejala fisik yang

Continue Reading

Tanda-Tanda Kehamilan Bulan Ketiga

tanda tanda kehamilan tiga bulan

Siklus menstruasi yang tidak teratur menyebkan wanita seringkali tidak mengetahui sedang hamil di usia kehamilan tiga bulan .

 

Bagi anda yang merencanakan kehamilan pertama sebaiknya persiapkan fisik dan mental anda karena banyak perubahan yang sering terjadi pada awal kehamilan. Konsultasi dengan dokter kandungan atau bidan sangat disarankan untuk merencanakan kehamilan.

Tidak kalah penting untuk ibu hamil adalah mempelajari gejala kehamilan di minggu pertama kehamilan, bulan pertama kehamilan, bulan kedua kehamilan atau bulan ketiga kehamilan. Gejala kehamilan merupakan tanda-tanda kehamilan yang mungkin dialami oleh wanita. Artikel bersangkutan: Tanda Hamil

Pada saat janin masuk ke kehamilan tiga bulan , organ-organ bayi mulai terbentuk dengan baik. Semua organ sudah mulai terbentuk dengan sempurna yaitu bagian tangan, jari tangan, jari kaki, kaki dan mulut yang terbentuk. 

Pada akhir bulan ke tiga yaitu pada usia 14 minggu bayi sudah memiliki kemampuan menghisap jempol dengan sendirinya. Langit-langit mulut sudah bauk dan pipi janin sudah terlihat.Pada bayi laki

Continue Reading

Tanda-Tanda Bahaya Kehamilan Muda

tanda tanda kehamilan bermasalah

Pada awal kehamilan terjadi perubahan di dalam tubuh wanita,perubahan yang dialami dapat menjadi tanda-tanda kehamilan normal ataupun tanda bayaha kehamilan. Inilah cara membedakan tanda normal atau tanda bahaya kehamilan.

 

Tanda bahaya kehamilan merupakan gejala yang menunjukan kondisi ibu ataupun janin terancam dan membahayakan. Kehamilan yang normal akan menjadi kehamilan yang patologi apabila ditemukan tanda kehamilan berbahaya yang dialami ibu dan janin di usia kehamilan muda.

Hanya saja seringkali ibu hamil tidak mengetahui tanda kehamilan yang membahayakan untuk kesehatan ibu dan janin. Inilah tanda bahaya kehamilan pada trimester pertama yang harus anda  ketahui :

1.Morning Sickness yang Berlebihan

Mual dan Muntah merupakan gejala yang sangat wajar terjadi pada ibu di trimester pertama. Mual yang dialami oleh ibu hamil muda umumnya terjadi pada pagi atau malam hari. Gejala ini akan berkurang setelah 10 minggu kehamilan.

Hanya saja apabila mual dan muntah yang disebabkan karena meningkatnya kadar hormon estrogen dan HCG

Continue Reading

Tanda Kehamilan Sehat Trimester Pertama

Tanda Kehamilan Sehat Trimester Pertama

Perubahan yang sering terjadi pada saat hamil muda membuat wanita cemas, apakah sebuah tanda kehamilan yang sehat atau membahayakan kesehatan ibu dan janin?

 

Artikel kali ini akan membantu anda untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan yang sehat selama trimester pertama. Kondisi kesehatan fisik dan mental ibu hamil memang sangat penting untuk dipantau sehingga dapat mendeteksi dini apabila terjadi kehamilan abnormal.

Perubahan yang dialami oleh ibu hamil dipengaruhi oleh hormon kehamilan sehingga nampak terjadi kondisi yang membuat ibu hamil mengalami morning sickness,perubahan fisik, perubahan mood dan lainnya.Meskipun tanda kehamilan masing-masing wanita berbeda,hanya saja untuk mengetahui tanda kehamilan sehat anda dapat menyimak daftar di bawah ini.

Berikut adalah tanda kehamilan sehat selama trimester pertama:

1. Mengalami Morning Sickness

Mual dan muntah yang dialami oleh ibu pada trimester pertama sangat wajar terjadi. Hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon yang membuat tubuh harus beradaptasi.

Mual dan muntah yang dialami oleh wanita hamil seringkali tanpa

Continue Reading

Mengetahui Tanda Kehamilan Minggu Pertama Setelah Pembuahan

Mengetahui Tanda Kehamilan Minggu Pertama Setelah Pembuahan

Tanda kehamilan sudah dapat diketahui pada minggu pertama kehamilan, bahkan setelah pembuahan terjadi. Apa saja yang menjadi tanda kehamilan setelah pembuahan, simak artikelnya berikut ini.

 

Tanda kehamilan sudah mulai terasa setelah satu atau dua minggu terjadinya pembuahan. Tanda-tanda kehamilan terlihat dari perubahan fisik dan emosional wanita. Perubahan yang terjadi yang paling terlihat adalah perubahan buah dada yang membesar .

Proses pembuahan umumnya terjadi pada saat satu minggu setelah calon ibu selesai haid atau dua minggu setelah siklus haid selanjutnya. Adapun gambaran terjadi proses pembuahan adalah sel telur dikeluarkan dari permukaan ovarium pada hari ke 14 setelah siklus haid kemudian berjalan di dalam tuba karena adanya kontraksi otot .

Selanjutnya pembuahan yang dilakukan oleh sperma dari spertiga panjang saluran telur yang dibuahi dan membelah diri dalam waktu 24 jam. Bahkan pembuahan akan berulang dalam membentuk bola sel yang dikenal dengan nama zigot .

Selanjutnya implantasi terjadi pada hari ke

Continue Reading

Tanda-Tanda Kehamilan Bulan Pertama

hamil 1 bulan

Kehamilan dibulan pertama dapat diketahui dari fisik dan psikologi wanita, apa saja yang menjadi ciri wanita hamil di bulan pertama? Inilah artikelnya untuk anda.

 

 

Pada saat kehamilan di bulan pertama ada beberapa hal yang harus anda ketahui. Hal ini dikarenakan pada bulan pertama kehamilan janin di dalam rahim sudah mulai membesar dan tumbuh. Pada saat inilah rahim akan mengumpulkan protein dan energi yang lebih besar.

Inilah tanda-tanda kehamilan di bulan pertama :

1.Menstruasi Terhenti

Salah satu tanda kehamilan adalah siklus menstruasi yang terhenti. Hanya saja lebih mudah untuk wanita yang memiliki siklus teratur. Kondisi ini terjadi karena ovum yang dibuahi akan menjadi calon janin sehingga tidak menimbulkan sisa sebagai darah menstruasi.

2. Morning Sickness

Ciri kehamilan selanjutnya adalah terjadi mual dan muntah yang dialami oleh wanita di pagi hari atau malam hari. Mual terjadi tanpa adanya penyebab bahkan sering dialami hampir setiap hari.

Morning sickness akan berlangsung

Continue Reading

Tanda Ibu Hamil Muda Keluar Darah Coklat Seperti Haid

tanda kehamilan flek darah

Keluarnya darah ketika sedang hamil muda seringkali membuat wanita cemas.Apakah keluar darah coklat seperti haid merupakan pertanda bahaya kehamilan ?

 

Pada hamil muda ibu sangat rentan terkena keguguran sehingga aktivitas yang membebani, membahayakan dan menggangu kesehatan ibu dan janin harus dihindari .Kecemasan ibu pada saat hamil muda ketika mengeluarkan flek darah mirip dengan haid.Kondisi ini sebenarnya bisa saja menjadi pertanda kehamilan hanya anda harus dapat membedakan flek darah normal atau flek darah yang membahayakan kehamilan .

Tanda kehamilan tidak hanya haid yang terlambat melainkan masih ada banyak ciri-ciri yang diketahui oleh wanita ketika sedang mengandung .Ciri atau tanda-tanda kehamilan diantaranya adalah perubahan bentuk payudara, mual, buang air kecil yang lebih sering hingga keluarnya darah yang menyerupai haid .

Meskipun darah yang keluar saat haid seperti sedang haid akan tetapi jumlah dan waktu berlangsung tidak lama. Darah tersebut berasal dari embrio yang menempel di uterus sehingga mengakibatkan implantasi .

Continue Reading

Mengetahui Tanda Kehamilan Dengan Menggunakan Test Kehamilan

tanda kehamilan test kehamilan

Anda masih ragu dengan tanda kehamilan yang dialami tubuh anda selama ini, tidak ada salahnya untuk mencoba dengan menggunakan test kehamilan yang lebih akurat .

 

Test kehamilan yang kita kenal selama ini adalah dengan menggunakan testpack.Cara menggunakannya cukup mudah, alat yang menyerupai termometer teresbut dimasukan ke dalam air seni, tunggu hingga hasilnya terlihat. Umumnya bila menghasilkan dua garis merah menandakan anda sedang hamil sedangkan bagi wanita yang tidak hamil hanya bergaris merah satu. Klik di sini: Tanda-tanda kehamlan

Test kehamilan memang tidak hanya dengan menggunakan testpack masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk memastikan kehamilan. Bahkan beberapa wanita mengetahui kehamilan melalui tanda kehamilan yang dialami secara fisik dan psikis.Sedangkan untuk memastikan usia kehamilan dan kesehatan ibu dan janin konsultasi dengan dokter kandungan atau bidan sangat disarankan .

Tanda kehamilan sudah dapat diketahui dengan perubahan yang terjadi pada wanita. Kondisi ini dipengaruhi oleh produksi hormon kehamilan pada minggu pertama

Continue Reading

Tanda Kehamilan Anak Kembar

tanda kehamilan kembar

Siapa yang akan menyangka bahwa anda tengah mengandung dua janin?Ya, kehamilan bayi kembar dapat anda ketahui melalui tanda-tanda kehamilan berikut ini.

 

Bagi anda atau suami yang berasal dari keluarga dengan keturunan kembar kemungkinan mendapatkan bayi kembar sangat besar.Bahkan bagi anda yang menginginkan anak kembar dengan harapan dapat membesarkan dua bayi sekaligus pasti sangat membahagiakan.

Hanya saja tidak semua wanita mengetahui bahwa kehamilannya kembar padahal kehamilan kembar memiliki tanda/ciri yang berbeda dari kehamilan pada umumnya. Anda dapat menemukan tanda-tanda kehamilan kembar sebagai berikut.

Inilah tanda-tanda anda sedang hamil kembar :

1. Tingkat Kepekaan Wanita Lebih Kuat

Wanita yang sedang mengandung bayi kembar, biasanya memiliki kepekaan yang lebih kuat.Hanya saja bagi kehamilan pertama susah untuk merasakan bahwa kehamilan tunggal atau kehamilan kembar.

Kebanyakan intuisi wanita mengatakan bahwa sudah tahu bahwa kehamilan yang sedang dijalani bayi kembar apalagi bila pada keluarga terdapat keturunan kembar.

Continue Reading

Keputihan, Tanda Awal Kehamilan ?

keputihan tanda awal kehamilan

Perubahan suasana hati yang dialami oleh ibu hamil akan memicu terjadinya keputihan. Seperti apa tanda keputihan di awal kehamilan, bahayakah untuk kesehatan ?

 Perubahan yang dialami oleh ibu hamil baik secara fisik maupun hormonal akan memicu terjadinya perubahan.Salah satunya terjadi perubahan wujud hormonal yaitu aliran darah pada area kewanitaaan yang semakin deras sehingga berakibat cairan vagina meningkat .

Meskipun keputihan sangat lazim dialami oleh ibu hamil yang dikenal dengan istilah leucorrhea, keputihan ini bukan merupakan tanda bahaya yang harus diwaspadai selama kehamilan. Ibu hamil ketika memasuki masa persalian dan menjelang proses melahirkan akan mengalami kondisi ini . 

Keputihan yang dialami oleh wanita di awal kehamilan disebabkan karena kelembapan vagina yang semakin meningkat.Kondisi ini karena adanya perubahan hormon estrogen yang terjadi di awal kehamilan dan di trimester akhir menjelang persalinan.

Kali ini kami akan memberitahu perbedaan keputihan sebagai tanda awal kehamilan atau sebagai gangguan kesehatan yang dialami wanita diawal kehamilan

Continue Reading

Tanda-Tanda Kehamilan Dua Minggu

tanda kehamilan minggu kedua

Seperti apakah tanda yang dialami oleh ibu hamil ketika memasuki usia kehamilan dua minggu?Inilah tanda-tanda yang dapat anda ketahui di kehamilan dua minggu.

 

Pada kehamilan dua minggu wanita mulai dapat dideteksi dengan gejala yang umum dialami oleh ibu hamil muda. Tanda-tanda kehamilan ini dipengaruhi oleh perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan.Meskipun tanda kehamilan yang dialami tidak selamanya akurat 100% tetap harus dilakukan test kehamilan.

Pada umumnya pada kehamilan satu minggu hingga dua minggu hanya berupa bakal janin dimana tubuh mempersiapkan dalam berovulasi yang berakhir pada masa konsepsi.Masa konsepsi akan berlangsung ketika usia kehamilan dua minggu. Bagi anda yang ingin lebih jelas dapat mengenai tanda kehamilan yang terjadi pada usia dua minggu.

Pada saat usia kehamilan dua minggu konsepsi belum terjadi di dalam tubuh hanya saja tubuh sudah mempersiapkan diri untuk janin. Proses yang terjadi dimulai pada minggu pertama kehamilan dimana perubahan hormon di dalam tubuh terjadi berlangsung pada

Continue Reading

Cara Mengetahui Tanda Kehamilan Tanpa Test Pack

tanda kehamilan tanpa testpack

Tanda kehamilan dapat diketahui meskipun tanpa menggunakan testpack , bagaimana caranya?Inilah artikelnya untuk anda.

 

Umumnya pasangan suami isteri menggunakan testpack untuk mengetahui tanda kehamilan sejak dini. Padahal tanda-tanda kehamilan dapat diketahui dengan perubahan fisik ataupun psikologi wanita hamil di minggu pertama kehamilan.

Perubahan wanita sebelum hamil biasanya diketahui dengan berhentinya siklus menstruasi. Padahal hormon kehamilan sudah mulai berfungsi dan berpengaruh pada tubuh wanita sebelum menstruasi di bulan selanjutnya.

Inilah yang dapat menjadi pertanda kehamilan tanpa menggunakan testpack/ test kehamilan :

1. Sering Kelelahan

Anda seringkali merasakan kelelahan dengan aktivitas sehari-hari? Bahkan anda merasa nafas menjadi pendek ? Ini dapat menjadi pertanda kehamilan, meskipun bukan sebuah tanda pasti kehamilan, melainkan kondisi ini dapat dipengaruhi oleh kondisi kesehatan anda yang terganggu.

Hanya saja janin yang sedang tumbuh membutuhkan oksigen yang lebih banyak sehingga membuat oksigen anda berkurang bahkan kondisi ini akan berlangsung sepanjang kehamilan. Sedangkan bagi anda yang sering kelelahan

Continue Reading

Mengetahui Tanda Kehamilan Sejak Dini

tanda kehamilan muda

Apakah anda hamil ketika terlambat menstruasi? Kehamilan ditandai dengan berhentinya siklus menstruasi akan tetapi masih banyak tanda kehamilan lainnya yang dapat anda ketahui sejak dini.

Tanda-tanda kehamilan tidak hanya berhentinya atau terlambatnya menstruasi.Hal ini dikarenakan terlambatnya menstruasi dapat diakibatkan karena pola makan, kelelahan, stress dan juga mengalami gangguan hormonal. Masih banyak tanda-tanda kehamilan lainnya yang penting untuk anda ketahui. Artikel berkaitan: Tanda Orang Hamil

Tanda kehamilan sangat penting untuk diketahui karena pada saat janin terbentuk membutuhkan asupan nutrisi khususnya asam folat sehingga penting mengetahui ciri kehamilan untuk menghindari resiko terjadinya cacat otak ataupun gangguan pada janin.

Yuk, kenali tanda tanda kehamilan sejak dini pada perubahan fisik dan psikis ibu hamil berikut ini:

1. Munculnya Kram dan Flek Darah

Tanda pertama kali yang dialami oleh wanita yang mengalami pembuahan adalah keluarnya darah menyerupai flak di celana dalam. Meskipun banyak yang mengira hanya darah menstruasi, bedanya darahnya sangat sedikit dan berwarna flek

Continue Reading

Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid

tanda kehamilan sebelum telat haid

Sering ditemukan wanita yang sedang hamil memasuki usia kehamilan 12 minggu keatas. Kondisi ini karena wanita tidak menyadari tanda awal kehamilan. Berikut ini adalah artikel yang membantu anda, tanda awal wanita hamil sebelum telat haid.

 

Tanda kehamilan dapat membantu anda untuk mengurangi risiko kekurangan nutrisi pada tubuh dan janin selama kehamilan. Bahkan bagi anda yang telah mengetahui tanda kehamilan dapat menjaga aktivitas sehinga terhindar dari risiko keguguran.

Untuk mengetahui tanda kehamilan biasanya wanita menghitung siklus menstruasi padahal siklus menstruasi wanita berbeda-beda. Ada wanita yang teratur menstruasi adapula sebagian wanita yang mengalami menstruasi yang tidak teratur. Selain itu kondisi menstruasi seseorang dipengaruhi oleh kondisi fisik, psikis, hormonal dan lingkungan. (Artikel terkait: tanda tanda hamil muda)

Sehingga telat menstruasi tidak menjadi ukuran utama dalam menentukan kehamilan.Beberapa faktor dibawah ini akan membantu anda untuk mengetahui bahwa anda sedang hamil sebelum mengalami telat haid.

Berikut adalah tanda awal kehamilan yang dapat anda ketahui sebelum

Continue Reading

Tanda Kehamilan Setelah Masa Kesuburan Wanita

tanda kehamilan setelah masa kesuburan

Ingin cepat hamil?Ketahui terlebih dahulu masa subur anda untuk mempercepat program kehamilan anda. Selain itu ketahui juga tanda kehamilan setelah masa subur wanita. Berikut artikel tanda kehamilan setelah masa subur wanita.

 

Untuk mempercepat kehamilan anda harus mengetahui terlebih dahulu masa subur dimana sel telur sudah matang dan siap dibuahi. Untuk mengetahuinya anda dapat menggunakan beberapa cara diantaranya adalah siklus haid.Masa subur biasanya 3 hari sebelum hari ke-14 dan 3 hari setelah hari ke-16. Inilah saat dimana sel telur untuk dibuahi.

Masih untuk mengetahui masa subur diantaranya adalah dengan suhu tubuh yang meningkat dari kondisi normalnya dan juga mengalami getah lendir leher rahim yaitu kekentalan lendir yang keluar dari area kewanitaan. Biasanya lendir bersifat kenyal , tidak terputus dan lengket.

Hanya saja tidak semua wanita mengalami ovulasi tiap bulan, dimana sel telur tidak menghasilkan matur atau dikenal dengan istilah haid anovulator.Sedangkan pada saat masa subur wanita mengalami dua proses

Continue Reading

Tanda-tanda Kehamilan Muda Normal yang Sehat

tanda kehamilan sehat

Selamat bagi anda yang tengah berbahagia mendapati test kehamilan positif, kini saatnya anda mengetahui tanda-tanda kehamilan muda yang sehat bagi ibu dan janin.

 

Tanda kehamilan sehat berhubungan sekali antara ibu dan janin.Tanda kehamilan muda yang sehat dan normal dipengaruhi oleh berat badan ideal yang dimiliki ibu, nutrisi yang seimbang dan juga olahraga yang tepat selama kehamilan disesuaikan dengan usia janin.

Tanda kehamilan yang sehat umumnya dialami oleh kebanyakan wanita yang sedang hamil. Kondisi normal yang dialami pada saat minggu pertama kehamilan/usia kehamilan muda. Apa saja yang menjadi pertanda kehamilan sehat?

Inilah tanda-tanda kehamilan muda normal sehat yang harus anda ketahui:

1. Berat Badan Ibu Hamil

Ketika anda positif hamil melalui serangkaian test yang dilakukan. Anda dapat konsultasikan kondisi anda ke bidan atau dokter kandungan.

Dokter akan menyarankan kenaikan berat badan 13-15 kg pada wanita yang sedang hamil. Sedangkan bagi wanita yang memiliki kelebihan berat badan, dokter memiliki anjuran

Continue Reading

Tanda Kehamilan 1 Minggu yang Harus Anda Ketahui

tanda kehamilan 1minggu

Kehamilan pertama seringkali membuat pasangan suami isteri membingungkan.Sehingga harus diketahui tanda kehamilan yang sering terlupakan yang terjadi diminggu pertama kehamilan.

 

Penyebab wanita tidak mengetahui tanda-tanda kehamilan di minggu pertama adalah kurangnya pengalaman dan juga pengetahuan yang pasti.Bahkan penyebab lainnya dapat juga karena ciri kehamilan setiap wanita yang berbeda-beda. Artikel lainnya: Tanda Hamil

Kehamilan yang pasti hanya dapat didiagnosa oleh dokter melalui serangkaian test. Hanya saja bagi anda yang ingin mengetahui tanda kehamilan di minggu pertama, anda dapat menulis perubahan psikis atau fisik yang seringkali dihubungkan dengan awal kehamilan.

 

Artikel kali ini akan membedakan wanita yang sedang hamil di minggu pertama. Hal ini didasari karena hormon kehamilan sudah mulai berfungsi dan mempengaruhi kondisi wanita yang sedang hamil di minggu pertama kehamilan. (Baca juga: Tanda orang hamil)

Berikut adalah tanda kehamilan di minggu pertama :

1. Ibu Mengalami Pendarahan

Pendarahan yang dialami

Continue Reading

Maag Atau Tanda Awal Kehamilan?

maag atau tanda awal kehamilan

Kehamilan pertama yang sudah ditunggu-tunggu memang sangat mendebarkan, sering mual , muntah dan kram perut tapi hasil test kehamilan negatif, kok bisa? Bedakan tanda awal kehamilan atau mengalami maag.

 

Sulit untuk membedakan mual yang disebabkan karena ngidam sebagai tanda awal kehamilan dengan kondisi wanita yang mengalami maag.KOndisi ini memang sangat serupa meskipun demikian anda dapat membedakannya, berikut yang akan kami beritahukan pada untuk membedakan maag atau tanda awal kehamilan. Baca juga: Tanda Awal Kehamilan

Bagaimana ciri mual pada wanita yang mengalami maag ?

Perbedaan wanita mual karena maag bukan merupakan kondisi hormonal. Bahkan kondisi wanita mengalami maag tidak setiap hari mengalami mual dan muntah. Biasanya, hanya beberapa hari saja atau berselang beberapa hari.

Wanita yang mengalami mual karena maag dapat terjadi kapan saja. Pada saat pagi, siang ataupun malam hari.

Sedangkan pada wanita hamil umumnya terjadi pada pagi atau malam hari.Mual dan muntah yang disebabkan maag dapat terdeteksi

Continue Reading

Tanda/Ciri Ibu Hamil Mengalami Kaki Bengkak

tanda kehamilan kaki bengkak

Kaki bengkak umumnya dialami oleh ibu hamil ditrimester kedua kehamilan sebagai tanda-tanda kehamilan.

Kaki bengkak dapat menjadi tanda kehamilan yang wajar terlebih bagi ibu hamil yang menginjak usia kehamilan 24 minggu atau usia 28 minggu keatas. Kondisi ini dialami oleh 7 dari 10 ibu hamil yang ditandai dengan pembengkakan pada tungkai dan mata kaki.

Mengapa terjadi pembengkakan pada kaki ibu hamil?

Ibu hamil yang mengalami pembengkakan dikarenakan cairan yang berkumpul dan menjadi tertahan di dalam tubuh. Kondisi pembengkakan ibu hamil akan dikategorikan wajar apabila tidak mengalami pembengkakan pada bagian organ lainnya. (Baca juga: Tanda orang hamil)

Kondisi pembengkakan yang terjadi pada ibu hamil tidak akan mengalami keluhan yang berarti.Hanya saja ibu hamil akan mengalami kondisi tidak nyaman dan pegal ketika harus beraktivitas. Sedangkan ibu hamil yang mengalami gangguan aktivitas total karena pembengkakan kaki pada saat hamil harus segera berkonsultasi dengan dokter. ( Baca juga: Tanda-Tanda Hamil )

Apa saja

Continue Reading

Mengetahui Tanda-tanda Kehamilan Awal

tanda kehamilan awal

Tanda kehamilan sangat penting untuk diketahui oleh wanita dalam menjaga pertumbuhan dan perkembangan janin sejak dini.

 

Kini, anda tidak hanya dapat mengetahui tanda kehamilan dari telat datang bulan melainkan dari 15 tanda-tanda kehamilan awal. Apa saja yang menjadi tanda-tanda kehamilan ? Berikut adalah tanda kehamilan yang bisa anda cermati:

1. Munculnya flek (darah seperti haid)

Tanda awal kehamilan yaitu munculnya bercak darah yang umum terjadi pada minggu ke 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Kondisi ini disebabkan karena adanya implantasi atau implantation bleeding yang menempel pada embrio pada dinding rahim.

Beberapa wanita mengira kondisi ini sebagai kondisi menstruasi. Adapun untuk membedakannya adalah munculnya flek darah  hanya sedikit dibandingkan dengan darah menstruasi.Selain itu bercak darah tanda kehamilan tidak berlangsung lama sedangkan menstruasi umumnya terjadi lima-tujuh hari. (Baca juga: tanda tanda hamil muda)

2.Perubahan Mood

Tanda kehamilan selanjutnya wanita lebih sensitif dari biasanya. Ini mirip

Continue Reading

Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan Kosong

kehamilan kosong

Kehamilan kosong yaitu ketika wanita mengalami kondisi sedang hamil akan tetapi tidak ada janin di dalam rahim.Bagaimana tanda-tanda kehamilan kosong? Simak artikelnya berikut ini.

 

 

Kehamilan kosong atau dikenal dengan istilah Blighted Ovum, kondisi yang membuat wanita merasa bahwa dirinya sedang hamil akan tetapi di dalam kandungan tidak terdapat janin .

Wanita yang mengalami kehamilan kosong sama seperti halnya dengan wanita hamil lainnya yaitu mengalami tanda-tanda kehamilan. Tanda kehamilan yang umum dirasakan kebanyakan orang diantaranya adalah muntah, mual, pembesaran buah dada, terlambat menstruasi bahkan pada test kehamilan menunjukan positif. Bahkan pada wanita yang mengalami kehamilan kosong plasenta menghasilkan hormon kehamilan, HCG .

Pada wanita yang mengalami Blighted Ovum ditandai dengan berhentinya berkembangnya kantung uterus. Embrio di dalamnya tidak mengalami perkembangan kemudian mata, sehingga bahan-bahan atau produk kehamilan ikut gugur .

Selanjutnya tanda yang dialami oleh wanita dengan kehamilan kosong adalah adanya bercak-bercak kecoklatan seperti menstruasi akan tetapi warna

Continue Reading

Mengetahui Tanda-Tanda Kemungkinan dan Pasti Hamil

tanda pasti hamil

Tanda kehamilan dibedakan menjadi tiga yaitu tanda kemungkinan kehamilan, tidak pasti kehamilan dan tanda pasti kehamilan. Seperti apa tanda-tanda kemungkinan dan tanda pasti kehamilan, mari simak artikel ini. (Artikel lainnya: Tanda Hamil)

 

Kehamilan merupakan perubahan fisik dan emosional yang dialami oleh wanita, sebelum kehamilan diketahui dengan adanya perubahan fisik yaitu perut membesar. Paling umum perubahan yang terjadi pada wanita adalah munculnya tanda-tanda kehamilan.

Tanda kehamilan dibedakan menjadi tiga yaitu tanda dugaan kehamilan atau dikenal dengan tanda tidak pasti kehamilan. Sedangkan untuk tanda kehamilan yang kedua adalah tanda kemungkinan kehamilan dimana kondisinya mendekati kehamilan pasti akan tetapi harus melakukan test kehamilan untuk dapat mendapatkan hasil yang akurat. Sedangkan yang ketiga adalah tanda pasti kehamilan.

Berikut ini adalah tanda-tanda kemungkinan kehamilan dan pasti kehamilan yang harus anda ketahui :

Tanda Kemungkinan Hamil , diantaranya adalah :

1.Tanda Hegar

Tanda hegar dapat diketahui pada

Continue Reading

  • 1
  • 2