Proses Persalinan

Kategori artikel yang berisi seputar informasi mengenai tahapan-tahapan yang berlangsung selama proses persalinan berlangsung. Selain itu disertakan tips dan hal yang harus dilakukan selama persalinan berlangsung.

Panduan Lengkap Proses Persalinan Dengan Nyaman & Lancar

"Pengetahuan yang kurang akan proses melahirkan akan membuat ibu hamil cemas, dan rasa cemas ini akan menyebabkan pelepasan hormon-homon stress yang justeru dapat memperlambat proses persalinan"

Persalinan adalah sebuah perjuangan besar bahkan mempertaruhkan hidup dan mati (betapa mulia seorang ibu) guna mengantarkan kehidupan baru ke dunia ini. Perasaan campur aduk banyak di alami oleh para ibu hamil saat mendekati masa persalinan. Antara Bahagia, khawatir, takut bahkan hingga stress sering di alami, terutama di alami oleh ibu Primigravida ( ibu yang pertama kali hamil).

Ya, hal itu wajar adanya, betapa tidak, Saat melahirkan normal, bunda diibaratkan sebagai seorang atlet, yang mengerahkan segala tenaga dan kemampuannya. Otot-otot di sekitar pinggul, otot rahim, dan otot perut perut bekerja sangat keras selama proses persalinanan berlangsung. Jika, kondisi mental dan fisik ibu hamil tidak prima, maka proses melahirkan akan menjadikan sebuah proses yang melelahkan dan menyakitkan.

Ya, Mau tidak mau, suka tidak suka Persalinan

Continue Reading

Tips Mengatasi Nyeri Waktu Bersalin

Persalinan merupakan serangkaian kejadian yang berlangsung tahap demi tahap. Dimulai dengan kontraski, keluarnya darah, kemudian disusul dengan pecahnya ketuban dan berakhir dengan lahirnya bayi yang cukup bulan atau hampir cukup bulan yang disertai dengan pengeluaran plasenta (ari-ari) serta selaput janin dari perut ibu.(Artikel bersangkutan: Proses Melahirkan

Dalam tahapan persalinan, kontraksi merupakan tanda paling awal yang mengisyaratkan persalinan akan segera tiba. Kontraksi ini dimulai dari puncak rahim yang kemudian akan mengarah ke jalan lahir. Kondisi kontraksi akan semakin lama dan semakin kuat dan jaraknya akan semakin pendek antara satu kontraksi dengan kontraksi lainnya. Adapun tanda-tanda tersebut adalah keluarnya cairan bercampur darah yang keluar dari jalan lahir. Yang mana kondisi ini disertai dengan rasa sakit yang berlangsung cukup lama hingga waktu persalinan tiba.

Sebagian ibu hamil yang akan segera melahirkan beberapa diantaranya ada yang mampu menahan rasa sakit hingga pembukaan jalan lahir cukup lebar. Namun adapula ibu hamil yang tidak tahan

Continue Reading

Mencegah Retina Mata Robek Saat Persalinan

Memasuki trimester ketiga merupakan perasaan yang menggembirakan persalinan adalah proses yang sangat dinanti nanti oleh ibu hamil. Tahukah anda masa persalinan tidak hanya mempersiapkan diri untuk sekedar menjadi ibu baru saja akan tetapi persiapan lainnya untuk mencegah terjadi pengaruh buruk dari persalinan, salah satunya persalinan dapat mengakibatkan terjadi luka yang serius pada bagian mata yang dikenal dengan istilah retina mata robek atau ablasio retina. Meskipun hanya terjadi pada sebagian kecil wanita akan tetapi ada baiknya anda mengetahui faktor resiko, cara mengatasinya dan juga cara untuk menanggulanginya.

Ablasio retina atau robeknya retina mata ketika persalinan dapat terjadi pada wanita dengan kondisi kesehatan yang memiliki kelainan pada mata terutama rabun jauh berkisar antara minus 4-7 sedangkan untuk wanita yang minus 7 jarang sekali ditemui mengalami terjadinya ablasio retina. Pada wanita dengan riwayat keluarga mengalami retina robek kemungkinan dua kali lebih tinggi mengalaminya selain itu ibu yang akan melahirkan yang pernah mengalami

Continue Reading

Jenis-jenis Induksi Persalinan

melahirkan normal

Induksi persalinan merupakan suatu tindakan yang dilakukan pada ibu hamil untuk merangsang munculnya kontraksi pada rahim sehingga proses persalinan dapat terjadi. Dari yang tadinya tidak terjadi tanda-tanda melahirkan kemudian dilakukan tindakan sehingga terjadi kontraksi. Hal ini dilakukan oleh para medis agar mempermudah bayi keluar dari rahim dengan cara melahirkan normal. Induksi persalinan ini dilakukan oleh beberapa faktor. Salah satunya ketika kehamilan memasuki tanggal yang telah di perkirakan untuk lahir, bahkan bisa lebih dari waktu 9 bulan atau kehamilan yang lewat dari waktunya. Di mana masa kehamilan melebihi waktu 42 minggu, namun masih belum terjadi persalinan. Masalah yag dihasilkan jika masa kehamilan melewati waktu ialah plasenta tidak dapat memberikan nutrisi juga pertukaran CO2/O2 yang kemudian sang bayi mempunyai resiko kematian di dalam rahim.

Terdapat berbagai jenis induksi yang sering dilakukan oleh para medis seperti :

1.    Infus Oksitosin. Hormon yang dihasilkan oleh infus Oksitosin dapat mengakibatkan kontraksi

Continue Reading

Perlukah Induksi saat Persalinan?

Banyak sekali wanita hamil yang sangat cemas ketika bayinya belum juga lahir, padahal waktu kelahiran yang telah di informasikan oleh bidan ataupun dokter sudah lewat. Salah satu alternatif yang dapat anda lakukan ialah melakukan induksi pada saat persalinan. Sebelum anda memutuskan untuk melakukan induksi ada baiknya anda memahami alasannya terlebih dahulu. Alasan yang paling utama melakukan induksi haruslah disebabkan oleh diagnosa dari medis, seperti mengalami diabetes gestational dan tekanan darah yang tinggi pada ibu hamil. Ada baiknya induksi dihindari bagi bayi pertama sebab resiko yang ditimbulkan sangatlah besar. Beberapa resiko yang mesti di hadapi oleh ibu ketika melakukan induksi.

Induksi dapat meningkatkan resiko operasi caesar. Sebaiknya induksi ini dilakukan dengan disertai alasan medis. Menurut beberapa penelitian, bahwa induksi ini sangat beresiko menjalani operasi caesar. Bagi ibu yang untuk pertama kalinya memiliki anak, induksi ini bisa meningkatkan resiko persalinan operasi caesar. induksi ini juga dapat mengakibatkan bayi di dalam rahim terlilit

Continue Reading

Apakah Ketuban Kering Harus Selalu Operasi Caesar?

Salah satu hal yang mengejutkan ketika mendapatkan hasil pemeriksaan USG (Ultrasonography) adalah ketika ibu hamil mengalami kekurangan air ketuban. Hal ini membuat ibu was-was dikarenakan kondisi kurangnya air ketuban akan memperkecil peluang persalinan normal, betulkah operasi caesar merupakan satu satunya jalan keluar bagi ibu hamil yang mengalami ketuban kering? Air ketuban atau amnion merupakan cairan dalam ruangan yang meliputi selaput janin, cairan ini akan mengalami pertambahan disesuaikan dengan usia kehamilan. Banyak sekali peranan penting dari air ketuban seperti melindungi janin dari benturan keras, melindungi dan mencegah agar tali pusat tidak kekeringan sehingga memperkecil kemungkinan penghambatan pasokan oksigen dari ibu ke janin.

Air ketuban juga berperan dalam menyediakan cadangan cairan dan nutrien, kemudian dapat membantu sistem pencernaan janin selama di dalam kandungan. Pengaruh yang tidak kalah penting dari air ketuban adalah menjadi inkubator dalam menjaga suhu, agar bayi tetap hangat. Air ketuban kering yang dialami oleh ibu hamil dapat disebabkan

Continue Reading

Induksi Alami Lebih Mudah dan Aman

Ketika ibu sedang hamil dan usia kehamilannya memasuki 40 minggu namun belum terdapat tanda-tanda untuk melahirkan, biasanya anda akan langsung penasaran dan mencari tahu cara untuk segera mengalami tanda-tanda untuk melakukan persalinan, dengan bermacam alasan karena ketakutan jika nantinya harus melakukan operasi caesar. Salah satu cara anda dapat melakukan induksi menggunakan medis dengan cara menyuntikkan pitocin IM/IV/Oral. Namun anda juga dapat melakukan induksi persalinan dengan cara yang alami, sebab yang kita ketahui bahwa induksi yang dilakukan secara medis terdapat resiko serta efek samping bagi ibu maupun bagi bayinya. Induksi Alami dapat anda lakukan sejak usia kandungan menginjak usia 38 minggu. Pada dasarnya kehamilan pada usia 38 minggu, bayi telah mampu hidup juga telah matang. Dengan anda melakukan induksi secara alami sejak usia kandungan 38 minggu, sangat di harapkan ketika usia kehamilan menginjak 40 minggu, anda dapat segera melahirkan.

Berikut ini ialah beberapa cara induksi alami saat menjalani proses persalinan :

Continue Reading

Tips Menemani Isteri Di Ruang Persalinan

 Pada saat ini menemani sang istri melahirkan di dalam ruang persalinan telah menjadi semacam keharusan di kalangan suami. Sekarang ini sudah tidak ada batasan-batasan yang melarang bagi sang suami untuk terlibat dalam proses persalinan sang istri. Hal ini tentu saja menjadi hal yang sangat positif ketika suami menemani sang istri di dalam ruang persalinan. Bagi seorang suami yang ingin menemani sang istri melahirkan dan bersikap siaga diharapkan anda tidak takut pada saat anda akan menemani sang istri di dalam ruang persalinan. Menemani istri di ruang bersalin memiliki efek positif, efek tersebut dapat dirasakan langsung oleh sang suami dan juga dapat dirasakan juga oleh sang istri itu sendiri. Pada satu sisi terdapat rasa penghargaan pada diri sang suami pada istri, dan sang istri juga akan mendapatkan tambahan tenaga yang bisa membuat proses persalinan menjadi lancar. Dengan begitu ikatan kasih sayang antara anda dan suami anda akan terasa kian erat. (Artikel menarik

Continue Reading

3 Hal Penting dalam Melakukan Induksi Persalinan

Pada dasarnya calon ibu mengidamkan persalinan secara alami. Persalinan yang normal akan memperkecil resiko pada awal dan saat proses persalinan berlangsung. Persalinan secara normal yaitu bagi ibu hamil yang melahirkan di usia kehamilan cukup bulan, yaitu 37-40 minggu. Meskipun demikian tidak selamanya persalinan normal pada calon ibu akan sama dalam penanganannya, diantaranya mungkin saja membutuhkan tindakan induksi.

Induksi persalinan merupakan salah satu cara untuk memberikan stimulasi dalam proses persalinan dikarenakan tidak adanya tanda-tanda melahirkan sehingga dibutuhkan rangsangan untuk menimbulkan his (mulas), sehingga dapat mempermudah bayi keluar secara normal. Meskipun demikian pemberian induksi saat proses persalinan harus memperhatikan beberapa kondisi ibu dan janin. Salah satunya adalah usia kehamilan, usia kehamilan yang melebihi 42 minggu dan belum terjadi tanda-tanda akan memasuki persalinan maka kemungkinan besar akan dibantu dengan induksi persalinan. Adapun dasar pertimbangan memberikan induksi pada saat proses persalinan lewat waktu diantaranya adalah plasenta pada usia kehamilan lewat waktu tidak akan

Continue Reading

Penyebab Nyeri Pada Persalinan

Pada saat wanita hamil akan mendekati masa proses persalinan berbagai perasaan bercampur di dalam hati anda dan juga keluarga. Selain ketidak sabaran anda untuk segera melihat bayi anda terlahir ke dunia, perasaan takut juga cemas ketika menghadapi persalinan pun ikut berkecambuk di dalam pikiran anda. Melahirkan juga rasa sakit merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Persalinan itu sendiri merupakan peregangan serta pelebaran pada mulut rahim, yang akan terjadi pada saat otot rahim sedang berkontraksi untuk mendorong bayi hingga keluar. Otot rahim akan menegang selama terjadi kontraksi. Bersamaan dengan terjadinya kontraksi, rectum, kandung kemih, tulang belakang hingga tulang pubik akan menerima tekanan yang sangat kuat dari rahim. Begitu juga dengan kepala bayi yang bergerak turun pada saluran rahim dapat menyebabkan tekanan. Hal itu yang menyebabkan ibu merasa sakit.

 

Pada saat proses persalinan, kebanyakan wanita mengalami rasa nyeri yang cukup hebat, terkadang hingga melebihi dugaan anda sebelumnya. Menurut beberapa

Continue Reading

Kiat Melahirkan Alami Tanpa Rasa Sakit

 Untuk para wanita yang akan mengalami proses persalinan yang pertama, tentu saja akan membayangkan bahwa semua proses persalinan secara normal itu merupakan proses yang paling sulit juga paling menegangkan. Bahkan banyak ibu yang telah beberapa kali mengalami proses persalinan masih belum bisa melupakan trauma ketika menjalani persalinan. Selain itu ada cara melahirkan yang tanpa terasa rasa sakit seperti operasi caesar, water birth, dan juga vacum. Namun proses kelahiran secara caesar dan juga vacum tidak disarankan, jika anda masih bias dan sanggup untuk melahirkan dengan proses normal. Bagi wanita hamil yang sangat menginginkan kelahiran dengan proses normal, ada beberapa cara yang dapat mengurangi rasa sakit ketika melahirkan secara alami. Berikut di antaranya:(Artikel menarik lainnya: Proses melahirkan )

 

1.    Perbanyak membaca buku serta artikel yang banyak mengulas tentang tips dan kiat dalam kehamilan dan juga persalinan. Mempunyai pengetahuan tentang keadaan kondisi anda dapat membuat anda semakin tenang ketika menghadapi

Continue Reading

5 Cara Mengejan yang Baik Saat Melahirkan

Sekarang ini masih banyak seorang wanita yang lebih memilih melakukan proses persalinan dengan operasi caesar jika dibandingkan dengan persalinan normal, walaupun mereka masih bisa untuk melahirkan dengan normal. Idealnya jika tidak terdapat bahaya yang dapat mengancam keselamatan bayi dan ibu, proses persalinan ini dapat dilakukan secara normal. Pemilihan operasi caesar disebabkan oleh perasaan takut yang mereka alami terhadap rasa sakit yang akan dirasakan ketika melahirkan, atau disebabkan tidak kuat ketika harus mengejan. Namun biasanya tidak kuat ketika mengejan hanya dialami beberapa wanita hamil yang mempunyai riwayat penyakit pada saluran pernafasan. Namun jika anda tidak memiliki masalah pada pernafasan tapi pada saat mengejan mengalami kesulitan, kemungkinan besar anda salah dalam menerapkan cara dalam mengejan. (Artikel menarik lainnya: Tanda akan melahirkan)

Mengejan pada saat yang kurang tepat dapat beresiko terkena udem portio atau terjadi pembengkakan pada rahim. Pembengkakan ini dapat terjadi disebabkan oleh bibir kemaluan tersebut terlalu banyak mengalami dorongan, sementara

Continue Reading

10 Cara Bernafas yang Baik Saat Melahirkan

Mengetahui cara bernafas yang baik pada saat akan melahirkan sangat penting untuk banyak ibu yang sedang hamil, sebab dengan mengetahui cara pernafasan yang baik dan benar proses persalinan akan berjalan dengan lancar. Dengan begitu anda dapat merencanakan teknik pernafasan ketika proses persalinan demi membantu kegiatan relaksasi, menjamin masuknya oksigen yang sangat memadai, serta memungkinkan anda untuk mengubah teknik pernafasan sebagai tanggapan pada intensitas kontraksi. Anda juga dapat memulai dengan cara pernafasan lambat yang diperlukan saat awal persalinan serta menggunakannya selama proses persalinan. (Artikel lainnya: Tanda mau melahirkan)

Kemudian anda dapat menggantinya dengan menggunakan pernafasan yang ringan ataupun dengan beberapa vareasi yang di rasa paling enak untuk anda. Kebanyakan wanita memakai pernafasan yang lambat pada saat proses persalinan berlangsung. Pernafasan lambat ini bisa berupa pernafasan di dada maupun pernafasan di perut, namun yang harus di perhatikan ialah pernafasan ini dapat membantu menjadikan anda terasa lebih rileks. Artikel bersangkutan: Persalinan normal

Continue Reading

Betulkah Pijatan Puting dapat Mempercepat Proses Persalinan?

Terdapat berbagai cara yang dapat anda lakukan agar proses persalinan lebih cepat terjadi. Salah satunya yaitu dengan cara menstimulasi atau merangsang puting pada payudara anda. Cara ini diyakini oleh banyak orang mampu mempercepat persainan. Nipple stimulation atau stimulasi puting ialah memijit, menggosok serta melakukan beberapa gerakan melingkar pada daerah puting payudara anda dengan sangat lembut yang sudah diyakini dapat membantu mendorong agar terjadi kontraksi yang awal. Menurut teori, payudara yang telah dirangsang dapat melepaskan hormon seperti oksitosin yang bisa membuat kontraksi.

Jika bayi anda telah lahir. Hormon oksitosin ini sangat penting agar dapat mengembalikan rahim anda pada bentuk sebelum anda hamil. Hormon oksitosin yang telah dilepaskan tersebut dapat merangsang kembali kontraksi dan membuatnya semakin kuat, sebab banyak wanita hamil yang sangat khawatir harus melahirkan bayi prematur jika ia mendapatkan rangsangan pada putingnya ketika masih hamil. Perubahan hormon tersebut diperkirakan akan terjadi selama beberapa tahap kehamilan yang akhir, dan dapat

Continue Reading

Tips "Membujuk" Janin Agar Lahir Alami

 Sering kali kehamilan menyebabkan seorang wanita mengalami stres. Stres itu bisa terjadi karena ia merasa tidak memiliki ilmu yang cukup untuk menjadi ibu atau bisa jadi ia stres ketika akan menghadapi persalinan. Apalagi jika dokter telah memperkirakan tanggal kelahiran bayi, dan anda tidak kunjung menampakkan seperti tanda yang akan melahirkan. Hal ini dapat membuat ibu semakin tidak tenang. Jika hal tersebut terjadi sebaiknya anda melakukan cara yang dapat merangsang persalinan anda agar cepat tiba.

 

Berikut adalah cara-cara sederhana yang dapat anda lakukan :

1.    Lakukan kegiatan berjalan kaki dengan santai. Cara yang paling mudah dan juga murah untuk dapat merangsang bayi supaya cepat lahir ialah dengan berjalan kaki dengan teratur ketika menjelang persalinan. Ketika berjalan atur posisi tubuh dengan benar, tubuh tetap tegak, dan tidak terlalu condong ke arah belakang. Jalan kaki merupakan cara yang paling umum serta alami untuk membantu mendorong persalinan.

2.    Hubungan intim

Continue Reading

Menjalani Operasi Caesar lagi, Amankah?

 Operasi caesar atau sectio caesarea merupakan tindakan pembedahan untuk melahirkan janin dengan cara membuka dinding perut dan dinding uterus. Persalinan dengan operasi caesar tidak disarankan pada ibu yang masih mampu melahirkan secara normal, kemampuan ibu melahirkan normal dipengaruhi oleh kesehatan selama kehamilan dan keadaan janin menjelang persalinan. Pada beberapa negara, ibu hamil yang melakukan operasi caesar memiliki prosentase yang berbeda-beda, Belanda prosentase ibu hamil yang melakukan bedah caesar lebih kecil yaitu sekitar 9-13% sedangkan di Amerika memiliki prosentase yang jauh lebih besar yaitu 22%. Salah satu yang mengejutkan ternyata di Indonesia berkisar hingga 50% ibu hamil melakukan kelahiran secara caesar. Selain dikarenakan faktor penanganan darurat bagi ibu dan janin, operasi caesar sering kali diminta oleh ibu hamil yang masih mampu melahirkan secara normal yaitu ibu hamil takut pada rasa sakit yang dihadapi. (Baca juga: Proses persalinan)

Bagi ibu hamil sebaiknya anda sangat mempertimbangkan kelahiran pertama bayi anda, salah

Continue Reading

Setelah Caesar, Mungkinkah Persalinan Normal?

 Meskipun persalinan normal sangat diidamkan oleh seluruh ibu hamil akan tetapi apabila kenyataan tidak sesuai harapan, anda harus dapat menerimanya. Salah satunya adalah faktor kesehatan dan  keselamatan janin serta anda yang harus dipertimbangkan. Ahli medis akan menyarankan anda untuk persalinan caesar. Pemeriksaan kesehatan anda dan janin menjelang persalinan sangat diperlukan untuk menentukan proses persalinan alami atau melalui operasi caesar. Tindakan operasi caesar akan disarankan bagi ibu hamil yang memiliki masalah kehamilan salah satunya adalah terjadinya kondisi janin yang memerlukan segera pertolongan, jalan lahir tertutup, posisi bayi sungsang, atau ibu hamil mengalami gangguan kesehatan seperti hipertensi. (Baca Juga Memilih Nama Bayi Perempuan Islami dan Nami Bayi Laki-Laki Islami)

Operasi caesar dibedakan menjadi dua yaitu operasi caesar secara elektif dan operasi caear secara emergency yang membedakannya adalah waktu dan kondisi. Pada keadaan operasi caesar elektif telah direncanakan jauh-jauh hari setelah dokter menemukan kelainan pada kehamilannya sedangkan pada operasi caesar emergency dilakukan

Continue Reading

5 Hal yang Menyebabkan Persalinan Sungsang

Persalinan sungsang atau kehamilan sungsang merupakan sebuah istilah dimana kondisi letak bayi mengalami kelainan. Jika biasanya pada bayi yang normal kepala bayi berada di bawah berdekatan pada mulut rahim, namun yang terjadi pada persalinan sungsang ini ialah sebaliknya. Sungsang itu sendiri merupakan dimana keadaan bokong bayi ataupun bagian kaki bayi tersebut posisinya berada di bagian rongga rahim bawah ibu atau juga kavum uteri. Beberapa penelitian yang paling baru mengemukakan bahwa persalinan sungsang ini bukanlah hal yang sangat berbahaya jika semua ahli medis mengetahui bagaimana cara yang paling tepat untuk mengeluarkan bayi tersebut.

Persalinan sungsang ini ialah sebuah proses dalam persalinan ibu untuk mengeluarkan bayi dengan posisi yang membujur pada rahim yang mana posisi bokong bayi dan kaki pad bayi terlebih dahulu lahir jika dibandingkan dengan bagian tubuh yang lainnya. Persalinan sungsang tersebut memberikan kecemasan tersendiri pada setiap ibu hamil yang mengalaminya. Letak bayi sungsang berdasarkan elative dapat terjadi pada

Continue Reading

Tips Mempersiapkan Operasi Caesar

Dalam melakukan proses persalinan, ada beberapa hal yang tidak berjalan sesuai rencana yang diharapkan. Gangguan lainnya akan timbul bersamaan dengan proses persalinan tersebut. Terkadang terjadinya gangguan itu mengakibatkan ibu tidak dapat melahirkan dengan normal. Contohnya posisi sang bayi sungsang, tentunya hal itu sangat beresiko apabila melakukan persalinan normal. Biasanya dokter segera memutuskan untuk melakukan persalinan secara caesar. Operasi caesar ialah suatu proses kelahiran atau proses keluarnya bayi dari dalam rahim sang ibu tanpa melewati jalan lahir, akan tetapi melalui pembedahan pada perut dan rahim sang ibu. Asal mula operasi caesar sangat popular oleh penguasa Romawi yaitu Julius Caesar yang ternyata ia dilahirkan secara pembedahan, pada saat jaman Romawi semua wanita yang telah meninggal dunia saat ia melahirkan, perut wanita itu harus segera dioperasi demi menyelamatkan bayinya. Pada jaman itu, alasan medis sangat berpengaruh dibandingkan permintaan pasien.

Sekarang ini proses persalinan caesar banyak dilakukan dengan berbagai alasan, ada yang melakukanya

Continue Reading

Hal yang Tidak Terduga Selama Proses Persalinan

Kini usia kandungan anda telah memasuki trimester akhir dimana anda akan mempersiapkan segala perlengkapan bayi dan tentu saja menyiapkan diri untuk melalui proses persalinan. Bagi anda yang memasuki persalinan pertama sebaiknya tetap mengendalikan kekhawatiran dan kecemasan yang berlebih karena akan menganggu anda selama persalinan. Meskipun anda telah mempersiapkan persalinan akan tetapi beberapa hal yang terduga mungkin anda alami selama proses persalinan.

Berikut adalah hal-hal yang tidak terduga selama proses persalinan :

1.  Melahirkan tanpa adanya pembiusan

Pada umumnya pembiusan secara regional atau epidural dapat dilakukan untuk membantu anda dalam mengurangi sakit akibat terjadinya kontraksi selama kehamilan. Pada kelahiran yang normal pembiusan epidural dapat dilakukan ketika bukaan 4 hingga 5 cm sedangkan pada operasi caesar akan dilakukan pada saat operasi dilakukan. Akan tetapi apabila anda mengalami gangguan terutama pada trombosit yang rendah, kemungkinan dokter tidak akan melakukakan pembiusan secara regional atau epidural  selain itu pada kondisi pembukaan kurang dari 4

Continue Reading

Apa yang Dilakukan Ketika Ketuban Pecah Dini?

Ketubahan pecah dini adalah pecahnya ketuban sebelum persalinan. Ketuban pecah dini terjadi sekitar 10 persen dari seluruh kehamilan dan terjadi pada usia kandungan 37 minggu terjadi pada sekitar 2 persen dari seluruh kehamilan. Kondisi seperti ini akan memberikan permasalahan kesehatan bagi anda dan janin, sehingga memerlukan penanganan medis. Ketuban pecah dini dapat disebabkan karena pecahnya selaput akibat mulut rahim yang lemah. Penyebab lain terjadinya ketuban pecah dini adalah infeksi pada rahim atau terjadinya faktor lain seperti kurangnya perawatan kehamilan, infeksi menular seksual seperti klamidia dan gonore, pernah terjadinya kelahiran prematur sebelumnya, mengalami perdarahan vagina, melakukan kebiasaan buruk selama kehamilan seperti merokok, atau beberapa penyebab yang tidak diketahui.

Ketuban pecah dini memerlukan penanganan yang serius dikarenakan mengancam kesehatan anda dan janin. Penanganan medis akan menentukan kesehatan janin di dalam rahim. Setelah mengalami ketuban pecah, kesehatan janin dilihat dari ketersedian air ketuban yang dimilikinya apakah masih jernih dan keadaan janin baik

Continue Reading

6 Tips Agar Bayi Lahir Secara Normal

Persalinan adalah salah satu tahapan yang sangat menengangkan untuk anda yang memasuki trimester akhir. Tak heran jika anda sering merasakan khawatir, cemas, dan membayangkan rasa sakit ketika proses persalinan, walaupun pada dasarnya pilihan metode persalinan dapat anda tentukan. Bayi lahir dapat menggunakan metode lahir secara normal (apabila tidak terdapat kelainan) atau dengan operasi caesar. Melahirkan secara normal lebih memungkin anda untuk memperkecil resiko pasca melahirkan sehingga proses pemulihan kesehatan anda lebih cepat ketimbang yang menggunakan proses caesar.

Berikut adalah tips yang bisa anda pelajari agar bayi lahir secara normal :

1.  Mengikuti kelas ibu hamil

Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar untuk kesehatan ibu hamil, keluhan selama kehamilan, perawatan yang dilakukan selama kehamilan, persalinan dan juga pasca persalinan yang berhubungan dengan perawatan nifas dan pilihan kontrasepsi. Berbagi pengalaman selama kehamilan dengan ibu hamil lainnya akan membuat anda lebih tenang dalam menjalani persalinan, dapat meredakan kecemasan sehingga lebih

Continue Reading

Tantangan Melahirkan Bayi Kembar

Melahirkan bayi kembar cenderung menggunakan metode bedah cesar, apakah hal ini berlaku untuk semua ibu hamil yang mengandung bayi kembar? Tentu saja ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakan metode bedah cesar diantaranya adalah kesehatan dan perkembangan janin. Bagi seorang ibu yang melahirkan bayi kembar lebih menggunakan rumah sakit dari pada menggunakan klinik atau bidan, hal ini berhubungan dengan beberapa kebutuhan pasca persalinan ibu yang melahirkan bayi kembar. Meskipun pada akhirnya pilihan tergantung pada anda apakah anda akan mempertimbangkan persalinan di salah satu rumah sakit atau klinik bersalin. Konsultasikan dengan dokter anda untuk mengetahui kondisi kehamilan sebelum melakukan persalinan. Betulkah melahirkan bayi kembar harus dengan cesar? bedah cesar adalah salah satu metode persalinan bayi melalui proses potongan pada perut dan rahim (insisi). Enam dari sepuluh ibu hamil kembar melahirkan secara cesar. Meskipun kesempatan Anda memiliki operasi caesar lebih tinggi daripada jika Anda sedang hamil tunggal akan tetapi

Continue Reading

Mengenal Penyebab Terjadinya Persalinan Prematur

Persalinan prematur dapat terjadi ketika kehamilan belum memasuki minggu ke 37, atau tiga minggu atau lebih sebelum hari perkiraan lahir (hpl). Bayi yang dilahirkan secara prematur diketahui dapat menderita berbagai masalah kesehatan yang lebih serius dibandingkan bayi-bayi yang dilahirkan sesuai jadwal kelahirannya. Hingga saat ini, ada beberapa kasus persalinan prematur yang belum diketahui penyebabnya. Beberapa pendapat menyatakan, ada beberapa faktor dan masalah kesehatan yang dapat memicu persalinan prematur. (Artikel lainnya: Persiapan persalinan)

 

Bayi kembar lebih dari dua

Seorang calon ibu yang mengandung anak kembar dua, kembar tiga, atau lebih, memiliki potensi yang lebih besar untuk melahirkan bayi-bayinya secara prematur. Hal ini dapat disebabkan oleh merenggangnya rahim yang kelewat lebar sehingga pada akhirnya, rahim tidak dapat ‘menampung’ bayi-bayi ini lebih lama lagi.

Gaya hidup

Gaya hidup seorang ibu tentu akan memberikan dampak pada bayi yang dikandungnya. Gaya hidup dari seorang ibu juga diyakini menjadi pemicu dari persalinan prematur. Beberapa

Continue Reading

Menghadapi Hal-hal yang Tidak Diinginkan Selama Proses Persalinan

Selama masa kehamilan, anda tentu akan dibekali oleh segudang nasehat dan wejangan untuk menghadapi persalinan. Namun tidak peduli seberapa banyak wejangan ataupun nasehat yang sudah anda dapatkan, terkadang hal-hal di luar ekspektasi masih saja bisa terjadi saat anda akan melakukan persalinan. Dan seringkali hal-hal di luar ekspektasi inilah yang menimbulkan kepanikan menghadapi persalinan sehingga anda menjadi kurang fokus untuk menyongsong kelahiran si bayi. Lalu apa yang harus anda lakukan untuk mengatasi hal ini? Berikut adalah ulasan mengenai hal-hal yang bisa menimbulkan kepanikan menghadapi persalinan beserta dengan solusinya yang akan berguna untuk anda.

1. Saya tidak bisa mengatasi rasa sakit ketika akan melahirkan.

Meskipun kita sudah melakukan latihan ataupun membaca tips-tips untuk mengatasi rasa sakit menjelang waktu persalinan, terkadang rasa sakit yang muncul masih saja tidak tertahankan. Rasa sakit yang muncul bisa jadi di luar ekspektasi ataupun bayangan kita, sehingga kita rasanya ingin menyerah dan meminta obat penghilang rasa sakit

Continue Reading

Proses Melahirkan: Apa Yang Terjadi Pada Tahap Mendorong (Tahap II)?

Setelah leher rahim anda terbuka secara penuh dan bayi telah turun cukup kebawah sampai panggul kemudian mendorong otot dan saraf menuju panggul, anda mungkin mulai merasakan keinginan untuk mendorong. Walaupun tahap kedua proses melahirkan secara teknik baru dimulai ketika leher rahim terbuka lebar, hal ini mungkin tidak akan terjadi pada saat yang bersamaan dengan turunnya bayi. Sehingga, beberapa wanita merasa ingin mendorong sebelum leher rahim benar-benar terbuka, sementara wanita lainnya merasa tidak ingin mendorong sampai leher rahim benar-benar terbuka. Pada tahap mendorong, konstraksi berubah menjadi yang memacu.

  • Jika Anda mulai merasa ingin mendorong sebelum leher rahim terbuka penuh, Anda mungkin merasakan bahwa rahim anda lah yang melakukan dorongan tersebut, dan anda tidak bisa menghentikannya. Bidan anda atau dokter mungkin akan menyuruh anda untuk mendorong dengan perlahan pada tahap tersebut, atau mungkin akan meminta anda menahan diri untuk tidak mendorong. Jika hal tersebut terjadi, hanya perlu diketahui bahwa walaupun anda tidak

Continue Reading

Proses Melahirkan: Apa yang Terjadi pada Fase Pembukaan?

melahirkan

Kita tidak sepenuhnya mengerti apa yang menyebabkan proses melahirkan terjadi, akan tetapi perubahan kadar hormon mempengaruhi pelunakan dan persiapan cervix (leher rahim) dan kontraksi. Kontraksi-kontraksi yang terjadi sebelum persalinan semakin kuat dan semakin teratur. Uterus Anda sesungguhnya terbentuk dari lapisan otot yang sebagian mengitari uterus (rahim) dan sebagian lainnya naik dan turun di dalam uterus. Kontraksi dari otot-otot tersebut menarik cervix dan membantunya membuka dan mendorong bayi untuk bergerak turun. Artikel lainnya: Melahirkan normal

Tekanan dari kepala bayi melawan cervix selama kotraksi juga membantu menipiskan dan membuka cervix. Untuk memberikan Anda gambaran terhadap proses ini, cobalah untuk membayangkan saat Anda mengenakan kaos turtleneck (yang menyerupai leher kura-kura). Leher dari kaos tersebut cukup tebal tapi lebih kecil daripada kaos itu sendiri, akan tetapi ketika Anda memasukan kepala Anda untuk melewatinya, ujung leher pada kaos tersebut menjadi melar dan kemudian terbuka.

 

Pada awal proses persalinan, kontraksi-kontraksi yang terjadi secara

Continue Reading

Bagaimana Tubuh Saya Bekerja Selama Proses Melahirkan?

Mengetahui bagaimana tubuh Anda bekerja di akhir masa kehamilan dan selama proses melahirkan sangatlah penting guna mempersiapkan diri Anda untuk proses kelahiran. Ketika Anda mengetahui apa yang terjadi Anda dapat dengan mudah mengenali dan mengartikan tanda-tanda yang terjadi di tubuh Anda dengan lebih efektif. Selain itu Anda dapat ikut serta secara menyeluruh dalam proses persalina.

Apa Saja yang Terlihat dari Dalam?

Berikut ini adalah ulasan mengenai anatomi dasar dari pelvis (tulang panggul), uterus (rahim), dan cervix (leher rahim) serta struktur di sekitarnya dan juga bayi yang berada di dalamnya.

  • Tulang-tulang dan otot-otot pada pelvis menyokong uterus yang terus berkembang beserta bayi di dalamnya dan membukakan jalan pada saat bayi dilahirkan.
  • Uterus yang membungkus bayi terus berkembang sesuai dengan perkembangan bayi di dalamnya.
  • Cervix sesungguhnya adalah bagian dari uterus, hanya saja keduanya tersusun dari jaringan yang berbeda. Selama masa kehamilan, cervix akan menebal dan menutup. Kemudian, pada saat menjelang kelahiran,

Continue Reading

Proses Melahirkan Dilihat dari Sudut Pandang Bayi

Setiap wanita yang hamil pasti akan bertanya-tanya – seringkali dengan sedikit mengernyit – bagaimana bayi seberat 3 kilogram lebih bisa berhasil melewati lubang yang diameternya kira-kira hanya sebesar cangkir. Tapi Tuhan telah memberkahi janin dengan tengkorak yang lunak. Ketika Anda menyentuh kepala bayi yang baru lahir, rasanya seperti memegang tembok yang masih lunak, Bagian yang lembut itulah yang memungkinkan kepala bayi bisa berubah bentuk menyesuaikan jalur melahirkan saat proses melahirkan terjadi. Kepala semua bayi yang baru lahir melalui vagina akan memiliki bentuk yang tidak seperti bayi kebanyakan setelah proses kelahiran, namun bentuknya akan kembali seperti semula dan normal setelah beberapa hari.

Bagaimana Bayi Bernapas?

Usaha Anda untuk melahirkan sebenarnya menghasilkan tahapan perubahan secara mekanis dan fisik yang akan membantu mempersiapkan bayi Anda untuk mengirup udara untuk pertama kalinya. Janin tidak mendapatkan oksigen dari udara, jadi si janin harus mendapatkannya dari si ibu,.Dalam rahim, oksigen dialirkan menuju bayi melalui

Continue Reading

Pilih mana, Melahirkan Normal atau Operasi Caesar?

melahirkan normal

Melahirkan

Salah satu kodrat perempuan adalah melahirkan. Dan Tuhan telah menciptakan tubuh seorang perempuan begitu sempurnanya sehingga tubuh wanita mampu mendukung dan menyesuaikan untuk menjalankan kodratnya tersebut yaitu melahirkan. Melahirkan  memang adalah tugas mulia namun juga cukup berat. Banyak pengorbanan yang diperlukan oleh perempuan dalam proses melahirkan tersebut. Banyak perempuan merasakan ketakutan ketika akan menghadapi proses persalinan. Mulai dari rasa takut akan sakitnya, takut terjadi sesuatu yang tidak diharapkan dalam proses persalinan dan perasaan takut lainnya yang menggelayuti benak para ibu hamil.

 

Seiring dengan perkembangan jaman kini mulai muncul teknik atau proses persalinan yang menawarkan kenyamanan atau mengurangi rasa sakit saat proses persalinan, seperti hypnobirthing, waterbirth, orgasmic birth dan yang terkahir adalah melalui operasi. Jenis melahirkan melalui operasi bahkan kini jumlahnya meningkat tajam. Apakah dengan meningkatnya jumlah melahirkan dengan operasi menandakan bahwa kondisi sekarang banyak ibu hamil yang tidak memenuhi persyaratan untuk melahirkan normal? atau ada

Continue Reading

  • 1
  • 2