Pengetahuan Kehamilan

Kategori artikel yang berisi seputar informasi seluk beluk yang berhubungan dengan kehamilan. Bermanfaat untuk menambah wawasan seputar kehamilan

Jenis Kelamin Bayi Sudah Bisa Ditentukan Sejak Awal dengan Tes Darah

Kehamilan adalah sebuah anugerah yang dimiliki oleh setiap pasangan yang sudah menikah. Banyak wanita setelah usia melangsungkan resepsi pernikahan mendambakan memiliki buah hati dalam rahimnya. Betapa tidak, kebahagiaan tidak akan terasa lengkap saat anda tidak mendengar tangisan bayi sebagai buah cinta anda bersama pasangan dirumah. Oleh karenanya, setelah pernikahan kehamilan menjadi hal yang akan dinanti-nanti oleh pasangan suami isteri.

Nah, setelah perjuangan yang besar dan penantian yang panjang dan akhirnya kehamilan bisa didapatkan. Tidak sedikit pasangan yang penasaran akan jenis kelamin bayinya. Apakah laki-laki atau anak perempuan mereka akan cenderung tidak sabar mengetahui kabar ini. Bahkan tidak sedikit ibu dan ayah yang menebak-nebak jenis kelamin anak yang masih ada dalam kandungan.

Hanya saja, biasanya tes kehamilan guna mengetahui jenis kehamilan bayi dalam kandungan ini dapat dilakukan setelah usia kehamilan beberapa bulan. Tes ini dikenal dengan sebutan tes USG. Lewat tes ini maka ayah dan ibu bisa mengetahui jenis

Continue Reading

Bahaya Kelebihan Vitamin A Pada Ibu Hamil

Kondisi kehamilan dengan adanya janin dalam kandungan seorang wanita memang mengharuskan mereka untuk mendapatkan asupan vitamin yang lebih banyak kedalam tubuhnya. Tak heran bila sebagian ibu hamil akan dengan teratur mengkonsumsi makanan sehat dengan baik guna menjamin pertumbuhan si kecil dalam rahimnya.

Bahkan sebagian ibu menyempatkan diri untuk mengkonusmsi sejumlah asupan suplemen untuk mencukupi kebutuhan vitamin dalam skala yang lebih besar ketika mereka tidak merasa mendapatkan vitamin cukup dari makanan yang dikonsumsinya.

Ada cukup banyak kebutuhan vitamin yang diperlukan oleh ibu hamil dalam menunjang perkembangan bayi dan janin dalam kandungan agar berjalan dengan baik. Salah satunya adalah kebutuhan vitamin A. Vitamin A merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak. Bahan vitamin ini akan sangat berperan penting dalam peningkatan daya tahan tubuh serta membantu kinerja penglihatan agar berjalan dengan baik.

Sementara itu, manfaat vitamin A untuk ibu hamil ada begitu banyak diantaranya adalah memicu pertumbuhan hati dengan

Continue Reading

Seputar Kehamilan Perkembangan Janin dan Perubahan Ibu Hamil di Trimester Kedua

Seputar Kehamilan Perkembangan Janin dan Perubahan Ibu Hamil di Trimester Kedua

Memasuki usia kehamilan di trimester kedua, kebanyakan ibu hamil sudah tidak mengalami keluhan yang berat.Terlebih ketika ibu sudah mulai beradaptasi dengan kondisi tubuhnya. Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan sudah dapat membantu ibu hamil untuk beradaptasi dengan kehamilannya di usia kehamilan 4-6 bulan ini.

 

Meskipun demikian bukan berarti semua ibu hamil dapat terbebas dari keluhan kehamilan. Beberapa ibu hamil bahkan merasakan keluhan dari awal hingga akhir kehamilan. Ibu hamil harus dapat membedakan keluhan yang biasa dan keluhan yang mengarah pada kondisi membahayakan.

Melalui artikel kali ini kami akan memberikan gambaran seputar kehamilan di trimester kedua, keluhan yang sering terjadi, perkembangan janin dan perubahan ibu hamil disertai dengan tips menghadapi kehamilan di trimester kedua dengan aman dan nyaman.

Berikut adalah perubahan dan perkembangan yang terjadi selama trimester kedua dan yang harus dilakukan untuk menghadapi kehamilan di trimester kedua.

Kondisi Ibu Hamil

Ibu hamil memasuki trimester kedua seringkali mengalami linea

Continue Reading

Waspadai Bahaya Paparan Radiasi Ponsel Untuk Kesehatan Janin

Saat ini ponsel seolah menjadi barang yang tak terpisahkan dari kehidupan kita. Bahkan mungkin ponsel telah menjadi sahabat sejati kita yang selalu menemani setiap aktivitas kita kapanpun dan dimanapun. Peri makan ditemani ponsel, belajar ditemani ponsel atau bahkan saat waktu tidur tiba kita seringkali masih disibukan dengan bermain ponsel.

Selama ini kita sering sekali mendengar bahwa radiasi ponsel telepon genggam dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Meski banyak kalangan yang meyakini kebenaran tersebut, nyatanya tak sedikit pula para ilmuwan yang membantah pernyataan ini dengan dalih belum ada penelitian yang cukup membuktikan kebenaran tersebut. Namun, baru-baru ini penelitian dilakukan sebuah penelitian di Universitas Yale, Amerika yang mana dalam penelitian tersebut mengungkapkan bahwa penggunaan ponsel pada wanita hamil ternyata memang memiliki dampak buruk untuk kesehatan janin dalam kandungannya.

Para peneliti bahkan menganjurkan para ibu hamil untuk tidak meletakan ponselnya dalam saku di dekat perutnya, mengingat bahaya radiasinya akan

Continue Reading

Hiperpigmentasi Pada Ibu Hamil, Wajarkah? Bagaimana Mencegahnya?

Sering dengan bertambahnya waktu, akan muncul berbagai perubahan dalam diri seorang wanita hamil, baik dari segi emosional maupun dari segi fisik, tak terkecuali perubahan yang terjadi pada kulit seorang wanita hamil. Secara fisik salah satunya bunda akan mendapati kulit bunda yang mengalami perubahan warna menjadi kecoklatan pada beberapa area tertentu. Biasanya akan sering muncul dibagian daerah payudara yakni puting susu, leher, ketiak dan daerah sekitar lipatan perut.

Perubahan warna tersebut dinamakan dengan hiperpigmentasi. Adapun hiperpigmentasi terjadi karena meningkatnya kadar hormon Melanocyte Stimulating Hormon (MSH). Dimana hormon ini mengakibatkan menumpuknya pigmen melanin yang berlebih yang berakibat menimbulkan warna lain pada kulit bunda. ( Baca : Perubahan Kulit Selama Kehamilan )

Perubahan warna seperti ini sebenarnya sesuatu yang wajar terjadi, hanya saja dampaknya akan dapat membuat bunda kurang percaya diri. Sebab dari kulit yang berubah warnanya akan timbul kerusakan estetika ketika terlihat oleh orang lain. Selain itu, kemunculan hiperpigemntasi ini bisa

Continue Reading

Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Mie Instant?

Mie instant termasuk kedalam kategori makanan paling praktis yang cukup populer di tanah air. Konsumsi mie instant kerap kali dijadikan santapan pengganjal perut sewaktu lapar mendera atau dikonsumsi dalam waktu tertentu. Bahkan saat ini mie instant segunakan sebagai bahan makanan pokok bagi sebagian orang yang tidak semapt memasak.

Padahal ada aturan khusus dalam mengkonsumsi mie intant, hal ini disebabkan mie instant memiliki kandungan zat kimia yang cukup tinggi yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Nah, sebelum kita mengetahui apakah mie instants boleh dikonsumsi atau tidak oleh ibu hamil, kita ketahui dulu apa saja sih, komposisi dalam mie intant.

Komposisi Mie Instan

Ketika anda memasak mie instan dan melihat komposisi dibagian kemasannya anda pasti akan menemukan bahan dasar dari mie instan adalah tepung yang dibumbui dengan garam, minyak, cabai yang disertai dengan sayuran kering. Sementara itu, untuk mendapatkan tekstur mie yang kenyal digunakan natrium polifosfat. Ketika anda menimkati mie instan maka

Continue Reading

Ibu Hamil, Yuk Ketahui Jenis Makanan Untuk Pembangun Otak Janin

Seiring dengan munculnya berbagai perubahan emosional dan fisiologis, kehamilan membawa perubahan cukup signifikan dalam diri seorang wanita. Kebahagian saat hamil akan dirasakan setiap wanita di dunia ini, berbagai cara akan dilakukan untuk membuat janin yang dikandungnya agar tetap sehat dan terlahir sempurna. Banyak pantangan makanan serta perilaku yang dihadapi ibu hamil dan mereka dituntut untuk selektif dan lebih hati-hati dalam memilih makanan demi janin dalam perutnya. Untuk itu, makanan yang sehat tentu harus menjadi perhatian utama untuk para calon ibu. (Artikel terkait lainnya: pantangan ibu hamil)

Selama priode kehamilan, ibu hamil harus mengkonsumsi makanan sehat yang terdiri dari berbagai protein serta makanan yang kaya akan nutrisi untuk menunjang kesehatan janin yang ada dalam kandungannya. Banyak para ahli yang menyatakan bahwa penting sekali untuk para wanita hamil untuk mengkosumsi berbagai jenis makanan yang sehat pada awal trimester pertama hingga trimester akhir, hal ini bertujuan untuk menjaga pembentukan janin.

Makanan sehat

Continue Reading

3 Hal Janin Belajar Di Dalam Kandungan

Selama janin di dalam kandungan tidak hanya menyempurnakan fungsi organ dan pertumbuhan. Janin di dalam kandungan juga mengalami proses belajar untuk mempersiapkan proses adaptasi dengan lingkungan setelah lahir. Proses belajar janin di dalam kandungan harus dibantu dengan rangsangan sehingga bisa optimal. Apa yang sudah mulai dikenal oleh janin di dalam kandungan dan bagaimana menstimulasi agar hasilnya optimal?

Trimester ke dua kehamilan bayi sudah dapat merespon keadaan lingkungannya. Pada saat inilah waktu yang tepat untuk anda mengajar seorang bayi di dalam kandungan karena bayi sudah melakukan reaksi atau mendengar saat anda melakukan rangsangan pada janin. Beberapa gerakan respon bayi selama di dalam kandungan seperti memukul perut ibu ataupun menendang.

Berikut ini adalah 3 hal yang dipelajari bayi di dalam kandungan :

1. Bayi belajar bahasa di dalam kandungan

Apabila anda mengira bahasa dikenal bayi sejak lahir, maaka pernyataan anda keliru. Bayi di dalam kandungan sudah mulai mengenal bahasa di lingkungnnya.

Continue Reading

Rileksasi Kehamilan Dengan Senam Wajah

Wanita selalu ingin tampil cantik begitu juga ketika saat hamil. Anda dapat melakukan rileksasi yang membantu anda tetap terlihat bugar selama kehamilan. Salah satu rileksasi kehamilan yang dapat anda coba adalah dengan senam wajah. Senam wajah dapat membantu anda tetap tampil cantik selama kehamilan. Apalagi bagian wajah yang penting untuk diperhatikan, secara alami raut wajah dan ekspresi yang sangat diperhatikan sehingga anda dapat menjaganya selama kehamilan dengan cara yang aman baik untuk anda atau janin. ( Baca : Relaksasi untuk Ibu Hamil )

Senam wajah akan membantu otot wajah yang sering digunakan ketika mengedipkan mata atau mengunyah makanan. Pada dasarnya fungsi dan ukuran otot tubuh akan berbeda dengan otot wajah sehingga senam wajah memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan anda. Senam wajah aman untuk ibu hamil karena tidak membahayakan kesehatan ibu dan janin. Bahkan senam wajah dapat dilakukan disela-sela anda beraktivitas. 

Senam wajah dapat dilakukan sekali dalam sehari atau anda

Continue Reading

Terapi Emosi Untuk Ibu Hamil

Selama kehamilan ibu hamil mengalami perubahan secara psikologi yang dipengaruhi oleh hormon kehamilan. Kondisi seperti ini yang membuat ibu hamil lepas kontrol emosi. Emosi yang tidak terkendali ini yang menyebabkan ibu hamil sering gelisah, mudah marah, lebih sering menangis atau merasa tidak siap dengan keadaan.

Perubahan emosi yang semakin buruk akan mempengaruhi kondisi kesehatan ibu hamil bahkan apabila dibiarkan akan mengganggu kesehatan janin. Dengan demikian bagi ibu hamil salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan psikologi yaitu melakukan terapi emosi. Banyak cara yang dilakukan oleh ibu hamil untuk melakukan terapi emosi, salah satu terapi emosi yang sangat bermanfaat adalah terapi musik. Sudahkah anda melakukannya? Apa saja manfaatnya untuk kesehatan ibu dan janin?

Terapi emosi untuk ibu hamil dengan menggunakan musik

Ibu hamil mengalami perubahan psikis secara berbeda, sulit ditebak dan tidak sama terjadi pada setiap kehamilan. Ibu hamil seringkali mengalami depresi selama kehamilan yang ditandai dengan meningkatnya

Continue Reading

Yuk, Relaksasi Panca Indera Untuk Ibu Hamil

Kondisi yang baru seringkali sulit untuk diterima oleh wanita yang sedang hamil. Hal ini dituntut untuk menyeimbangkan pola hidup selama kehamilan sehingga dapat menjaga kesehatan fisik dan psikis. Ibu hamil yang memiliki pikiran dan perasaan yang tenang akan siap menghadapi kehamilan dan menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal.

Perasaan cemas, takut, tegang atau pemicu stress yang dialami oleh ibu hamil akan berdampak pada janin. Sehingga disarankan ibu yang hamil menjadikan kehamilannya sebagai pengalaman yang menyenangkan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan rileksasi panca indera untuk ibu hamil. Relaksasi panca indera untuk ibu hamil adalah dengan melakukan latihan diri dalam mengontrol kesadaran melalui panca indera sehingga memberikan reaksi yang positif bagi tubuh. Relaksasi panca indera sangat mudah dilakukan selama kehamilan, anda hanya dituntut untuk mereaksikan pikiran melalui hidung, mata, telinga, lidah dan kulit.

Berikut ini adalah cara relaksasi panca indera untuk ibu hamil :

1. Mata

Pemandangan yang menarik

Continue Reading

Bolehkah Ibu Hamil Pijat Refleksi?

Selama kehamilan seringkali anda mengalami keluhan yang berhubungan dengan fisik anda. Salah satu yang seringkali dirasakan oleh ibu hamil di trimester kedua hingga menjelang persalinan adalah berat badan yang semakin membesar sehingga menyulitkan ibu hamil untuk bertahan pada posisi duduk atau berdiri terlalu lama. Ibu hamil sering mengalami pegal-pegal.

Banyak cara yang dilakukan untuk menghindari pegal-pegal salah satu diantaranya adalah dengan melakukan pola hidup sehat selama kehamilan. Meskipun demikian beberapa ibu hamil sering juga melakukan pijat refleksi untuk menghindari pegal-pegal selama kehamilan. Bolehkah ibu hamil melakukan pijat refleksi? Ketika hamil beberapa kebiasaan ibu hamil menjadi suatu hal yang dipertanyakan. Dapatkah dilakukan pada ibu hamil, berpengaruhkah pada kondisi kesehatan bayi? Hal ini yang menjadi kekhawatiran termasuk ketika ibu hamil akan melakukan pijat refleksi.

Menurut pandangan medis pemijatan dapat dilakukan selama kehamilan pada bagian tubuh tertentu misalnya pada tangan dan kaki yang seringkali terjadi kram pada ibu hamil. Sedangkan yang dilarang

Continue Reading

Deteksi Miom Pada Janin Sejak Dini Agar Cepat Diobati

Miom atau kanker jinak yang tumbuh dalam sistem reproduksi, khususnya pada rahim wanita, umumnya akan sangat sulit dideteksi, sebab miom yang masih begitu kecil relatif tidak menunjukan indikasi atau gejala yang mudah diketahui para wanita. Hal inilah yang pada akhirnya membuat miom pada janin menjadi sangat sulit dideteksi, terlebih lagi jika ibu hamil jarang melakukan pemeriksaan rutin ke dokter.

Banyak orang yang mengabaikan miom sebab tidak ada gejala yang nampak terlalu bahaya. Seringkali gejala miom muncul seperti gejala-gejala penyakit biasa diantaranya pembesaran perut yang bisa saja diartikan sebagai kenaikan berat badan yang memang akan terjadi pada ibu hamil serta rasa sakit dibagian pelivis yang mungkin diartikan sebagai sakit menstruasi. Timbulnya gejala-gejala seperti ini umumnya, akan membuat seseorang tidak merasa khawatir sebab gejala ini seringkali dialami sewaktu mereka menstruasi. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang menjadi mengabaikan miom.

Gejala miom memang tidak dapat dideteksi dan diindikasikan secara pasti. Oleh

Continue Reading

Ketahui Faktor Penyebab Kecacatan Pada Janin

Kehamilan tentu menjadi sebuah momen yang menggemberikan bagi setiap pasangan suami istri yang mendambakan segera memiliki keturunan. Apalagi jika kehamilan ini merupakan hal yang telah diimpi-impikan pasangan suami istri sejak lama. Mendapati sang istri mengandung, tentunya menjadi sebuah kebahagian yang tak terhingga dalam keluarga. Betapa tidak, tidak lama lagi ibu dan suami akan segera mendengar tangis dan canda tawa sang buah hati yang telah dinanti-nanti.

Kehamilan adalah moment yang membahagiakan sekaligus mendebarkan, untuk itu ibu perlu menjaga dan memperhatikan segala sesuatunya agar ibu dan si janin dalam kandungan senantiasa sehat terjaga. Semua orang tentu menginginkan bayi yang mereka nantikan dapat lahir ke dunia dengan normal dan sempurna tanpa memiliki kecacatan sedikitpun. Untuk itu, menjaga dan memperhatikan kondisi kesahatan ibu dan janin selama kehamilan menjadi poin penting yang harus selalu ibu lakukan.

Lantas, apa sajakah faktor yang membuat kecacatan jadi bisa terjadi? Kita simak berikut ini.

1. Faktor Perokok Aktif

Continue Reading

Mengenal Eklampsia Saat Hamil dan Cara Penanganannya

Eklampsia ketika hamil dapat terjadi akibat dari pre-eklampsia yang tidak ditangani atau dikontrol. Adapun pre-eklampsia merupakan suatu kondisi umum yang terjadi saat wanita hamil, ditandai dengan tekanan darah tinggi dan kandungan protein dalam urin yang meningkat. Eklampsia ketika hamil sendiri memiliki karakteristik yang hampir sama dengan pre-eklampsia yakni seperti tekanan darah tinggi, pembengkakan pada bagian-bagian tubuh serta adanya protein sewaktu mengeluarkan urin. Penyebab dari pre-eklampsia dan eklampsia sebenarnya masih diteliti oleh para ilmuwan, namun hingga sampai saat ini belum ada pernyataan pasti yang menyebabkan timbulnya komplikasi pada kehamilan ini.

Tingkat Kemungkinan, Gejala dan Penanganan Eklampsia Saat Hamil

Tingkat kemungkinan terjadinya komplikasi lanjutan ini umumnya jarang sekali terjadi daripada pre-eklapsia, perbandingannyapun bahkan 1 antara 2 hingga tiga ribu dalam kehamilan. Para wanita yang mengalami pre-eklampsia memiliki resiko terkena komplikasi tingkat lanjut dari komplikasi itu sendiri. Hanya saja, untungnya sedikit sekali wanita yang telah menerima penanganan medis cukup baik saat terkena

Continue Reading

Waspadai Dampak Polusi Udara Terhadap Kehamilan

Setiap harinya, secara tidak sadar ibu hamil yang menjalani aktivitas sehari-hari, pasti akan terpapar berbagai dengan berbagai jenis unsur yang ada didalam. Bentukanyapun beraneka ragam ada yang berbentuk zat kimia, radiasi gelombang elektromagnetik serta berbagai jenis microorganisme 'baik' maupun 'jahat' yang terbawa di udara. Perlu diketahui, sebagian besar unsur-unsur tersebut diatas, memiliki resiko yang cukup tinggi terhadap kesehatan, serta proses tumbuh kembang janin yang sedang berlangsung.

Sejumlah studi menyebutkan, ibu hamil yang banyak menghirup udara tercemar di luar ruangan dapat menyebabkan bobot bayi yang dilahirkan menjadi lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak terlalu parah terpapar polusi udara. Polusi tersebut bisa bersumber dari beberapa media seperti knalpot kendaraan, pembangkit listrik hingga partikel debu. Selain itu, dampak lain yang bisa ditimbulkan yakni resiko si bayi yang akan lebih mungkin menderita gangguan pernafasan setelah ia lahir ke dunia.

Masyarakat yang mendiami kawasan dekat dengan jalan yang ramai lebih cenderung akan mengalami paparan

Continue Reading

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?

Periode kehamilan menjadi periode emas untuk calon ibu yang mendambakan memiliki keturunan yang sehat. Untuk itulah, tidak heran jika banyak ibu hamil yang begitu menjaga kehamilannya dengan mengkonumsi makanan sehat, menjaga pola hidupnya dan menghindari apa yang dipantangnya. (Baca juga: pantangan ibu hamil)

Banyak kekhawatiran yang menjadi mimpi buruk untuk para ibu hamil, itulah mengapa banyak ibu hamil yang begitu hati-hati dalam memilah dan memilih makanan yang mereka konsumsi. Hanya saja kekhawatiran yang berlebihan pada ibu hamil kerap kali membuat mereka menjadi begitu paranoid, termasuk ketika mengkonsumsi nangka.

Sebab sebagian besar ada yang mengklaim bahwa dengan mengkonsumsi buah nangka perut kita seringkali merasakan tidak enak, apalagi jika dikonsumsi oleh ibu hamil, hal ini akan mungkin membuat ibu hamil mengalami keguguran. Namun ada juga sebagian lain yang menyatakan buah nangka boleh dan aman-aman saja dikonsumsi sewaktu hamil. Lantas apa yang akan terjadi pada ibu hamil, bolehkah ibu hamil mengkonsumsi buah

Continue Reading

Bahaya Stres Pada Ibu Hamil

Sekarang ini stres seakan menjdi sesuatu yang sulit sekali dipisahkan dari kehidupan kita. Saking seringnya terjadi, terkadang kita tak menyadari jika kita sedang mengalami stres. Kondisi stres pada umunya ditandai dengan gejala sakit kepala, gelisah, tegang dan tak karuan. Kondisi stres akan berdampak buruk untuk kesehatan tubuh, pikiran dan mood sesoerang apalagi jika terjadi pada ibu hamil yang lebih cenderung rentan mengalami stres.

Saat hamil tak hanya fisik saja yang akan mengalami perubahan. Emosi ibu hamilpun akan mengalami perubahan. Untuk itulah mempersiapkan fisik dan mental dengan matang sebelum merencanakan kehamilan akan dibutuhkan ketika kondisi seperti ini. Adanya janin dalam kandungan dan perubahan hormon selama periode kehamilan dapat mempengaruhi emosi dan mental ibu.

Apabila kondisi ini tidak didukung dengan lingkungan serta keluarga yang harmonis maka ibu akan semakin mudah mengalami stres, terutama pada wanita karier yang bekerja ketika hamil. Stres yang dialami ibu sewaktu hamil tentu akan dapat mempengaruhi janin

Continue Reading

Ibu Hamil Wajib Tahu Makanan Yang Mengandung Alkohol

Anda pasti sudah tahu bahwa mengkonsumsi alkohol saat hamil merupakan kebiasaan buruk yang dapat memicu kesehatan janin. Bahkan penelitian menunjukan bahwa anak yang terlahir dari ibu yang sering mengkonsumsi alkohol akan mempengaruhi tingkat kesehatan dan kecerdasan anak.

Benarkah anda sudah menghindari mengkonsumsi alkohol saat hamil ? Coba cek kembali makanan favorit anda, beberapa diantaranya mungkin mengandung kandungan alkohol yang tanpa anda sadari membahayakan kesehatan. Anda wajib cari tahu apa saja makanan yang mengandung alkohol, sehingga mengurangi gangguan kesehatan pada janin. (Baca : Daftar Makanan Bergizi yang Dianjurkan Dikonsumi Wanita Selama Masa Kehamilan)

Alkohol Pada Makanan

Ketika mengkonsumsi makanan di luar rumah tanpa anda sadari ada jenis bumbu dapur tertentu yang tanpa anda sengaja konsumsi dan mengandung alkohol. Meskipun kini lembaga MUI (Majelis Ulama Indonesia) telah membantu anda dengan memberikan label halal sehingga mudah untuk mengenali makanan yang mengandung alkohol.

Penelitian yang dilakukan pada makanan yang mengandung alkohol sejauh belum

Continue Reading

Ingin Cepat Hamil? Kenali Waktu Ovulasi

Wanita yang sudah lama menikah tapi tidak kunjung hamil. Padahal setelah melakukan pemeriksaan kesehatan keduanya dalam keadaan sehat secara sistem produksi.

Anda tidak perlu cemas, masa subur dapat membantu untuk menentukan anda agar cepat hamil. Bagi anda yang menginginkan segera hamil maka pahami waktu ovulasi apabila anda belum memahaminya, di dalam artikel ini akan membantu anda yang ingin cepat hamil untuk mengenali waktu ovulasi.

Menentukan masa subur sangat diperlukan bagi anda yang menginginkan cepat hamil. Umumnya waktu ovulasi adalah 14 hari dihitung dari hari pertama anda menstruasi hingga hari pertama menstruasi selanjunya. Selain itu ada tiga cara untuk melacak waktu ovulasi dan mempercepat kehamilan. Siklus akan menunjukan kematangan dan juga pelepasan sel telur. Bahkan dengan perhitungan siklus ini anda dapat mempersiapkan rahim untuk menerima dan mematangkan embrio.

Berikut ini adalah siklus yang dapat anda kenali agar anda cepat hamil :

1. Siklus Folikular

Siklus ini berlangsung dari hari pertama

Continue Reading

Mengapa Muncul Flek Berkepanjangan Setelah Kb Suntik?

Setelah anda Kb suntik anda lebih sering mengalami flek coklat bahkan hingga berminggu-minggu. Apakah pengaruh dari penggunaan Kb suntik atau tanda gangguan kesehatan?

Sebelum mengetahui normal atau tidak normal terjadinya flek setelah Kb suntik, kali ini kami akan membahas terlebih dahulu mengenai penggunaan Kb suntik dan efek samping dari Kb suntik.

Kb suntik merupakan kontrasepsi hormonal yang memiliki efektifitas hingga 99% untuk anda yang ingin menunda kehamilan. Cara kerja dari kontrasepsi Kb suntik yaitu dengan penggunaan hormon yang dimasukan dengan cara menyuntikannya ke dalam tubuh sehingga dapat mengentalkan lendir rahim dan menghambat pembuahan dan mencegah sel telur menempel di dinding rahim.

Setiap kontresepsi memang memberikan manfaat pada anda, sama halnya dengan kontrasepsi Kb suntik diantaranya memberikan manfaat untuk meningkatkan efektifitas yang tinggi dalam mencegah kehamilan, tidak menggangu kesabaran pada wanita dan juga umumnya cocok untuk ibu menyusui dikarenakan tidak akan menimbulkan keluhan yang produksi ASI.
Umumnya Kb suntik disesuaikan

Continue Reading

Tetap Optimis Meski Menderita Penyakit Jantung Saat Hamil

Kecemasan seringkali melanda wanita dengan riwayat penyakit tertentu ketika sedang hamil. Di khawatirkan akan menimbulkan pengembangan dari penyakit yang diderita ketika ibu hamil

sehingga membahayakan kesehatan ibu dan janin. Ibu hamil tidak perlu cemas, bangun pemikiran positif di dalam diri anda bahwa anda dapat melewati masa kehamilan dengan sehat.

Salah satu penyakit yang diderita ibu hamil dan dikhawatirkan akan menggangu kesehatan ibu dan janin adalah penyakit jantung. Bagaimana kondisi kesehatan ibu dan janin  yang menderita penyakit jantung ?Ibu harus tetap optimis meski menderita penyakit jantung saat hamil. Pandangan yang keliru bahwa ibu yang menderita penyakit jantung tidak bisa hamil. Penyakit jantung dapat dikelola selama kehamilan. Dengan evaluasi kesehatan maka dapat menentukan kehamilan yang aman bagi ibu dan janin.

Kesiapan secara fisik dan psikis pada ibu dengan riwayat kesehatan seperti mengalami penyakit jantung harus disiapkan lebih awal sebelum pembuahan. Persiapan ini meliputi cek kesehatan yang dilakukan oleh medis untuk memantau

Continue Reading

Mengatasi Stres Selama Masa Kehamilan

Setiap wanita yang telah menikah dan menjalani bahtera rumah tangga pasti mendambakan memiliki buah hati hadir ditengah-tengah keluarga kecilnya sebagai malaikat penghibur

ditengah yang mengisi kebahagian sehari-harinya. Selain itu, gelak canda kehadiran buah hati di tengah-tengah keluarga akan menambah suasana yang lebih hidup dan lebih bahagia dalam menjalani hidup bersama keluarga.

Namun demikian sebelum memiliki buah hati, para wanita yang akan menjadi calon ibu akan melewati masa kehamilan yang dibagi menjadi beberapa tahapan. Perkembangan janin dalam kandungan tentu akan menguras pikiran dan tenaga sang calon ibu.

Umumnya pada trimestar pertama dan kedua, ibu hamil akan mengalami sejumlah perubahan dan gangguan fisik yang cukup signifikan seperti rasa mual, muntah hingga kelelahan. Perkembangan janin di dalam kandungan ibu hamil lebih cenderung akan mengarah pada tekanan dan stres yang cukup tinggi. Disisi lain ibu hamil memerlukan asupan gizi yang cukup untuk menyeimbangkan dengan perkembangan janin selama masa kehamilannya.

Stres adalah keluhan medis

Continue Reading

Stimulasi Sentuhan Berikan Ketenangan Untuk Ibu dan Janin Dalam Kandungan

Diusia kehamilan menginjak terimester kedua tepatnya saat memasuki bulan ke 4, kulit pada janin yang ibu kandung sudah mampu merasakan rangsangan

yang diberikan dari luar. Segala bentuk rangsangan yang terjadi diluar atau yang diberikan akan pula dirasakan oleh janin yang ibu kandung, termasuk ketika ibu memberikan rangsangan berupa sentuhan yang hangat. Proses rangsangan atau stimulasi sentuhan ternyata memiliki dampak yang begitu baik terhadap perkembangan otak si janin.

Kehamilan adalah masa yang paling mendebarkan sekaligus menyenangkan dalam hidup seorang wanita, betapa tidak dengan hadirnya buah hati di tengah-tengah keluarga tentu akan membuat suasana keluarga kecil pasangan suami istri menjadi lebih ceria. Untuk itulah mengapa tidak heran jika para wanita yang akan menjadi calon ibu begitu menjaga dengan baik dan hati-hati masa kehamilannya. Segala hal yang baik dan bermanfaat untuk kesehatan kehamilannya tentu akan senantiasa dilakukan oleh para calon ibu yang mendambakan memiliki keturunan yang sehat.

Nah, salah satu cara dalam

Continue Reading

Jeda Waktu Kehamilan Setelah Operasi Caesar

"Berapa lama bisa hamil lagi setelah operasi Caesar?", setidaknya inilah pertanyaan yang paling banyak dituai para ibu hamil maupun suaminya yang menghendaki memiliki

keturunan yang banyak. Pasangan suami istri seperti tidak sabar agar mereka dapat segera memiliki anak lagi selepas kelahiran anak pertamanya yang ditempuh melalui operasi caesar. Mengingat operasi caesar merupakan operasi besar, maka seorang ibu yang telah menempuh operasi tersebut dan kembali mengidamkan sebuah kehamilan, maka ia haruslah menunggu beberapa waktu agar tubuhnya siap kembali mengandung dan hal yang paling penting adalah menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Operasi caesar adalah proses persalinan bayi yang ditempuh melalui insisi atau potongan pada perut serta rahim ibu hamil. Pada sebagian besar kasus, ibu yang menjalani operasi caesar dapat tetap sadar selama proses persalinan dan dapat bersama bayi yang baru dilahirkannya sesegera mungkin.

Untuk itulah, jeda atau rentan waktu bagi ibu yang sudah pernah menempuh operasi caesar harus benar-benar diperhatikan. Para

Continue Reading

Daftar Hal yang Sebaiknya Dihindari di Usia Kehamilan 8 Bulan

Ketika usia kehamilan telah memasuki trimester ketiga, anda akan mulai melihat perubahan yang cukup signifikan yang terjadi dalam diri anda.

Keberadaan bayi akan semakin jelas serta naluri keibuan dari seorang wanita sudah mulai nampak terlihat. Para calon ibu, akan lebih waspada dan lebih hati-hati dalam melakukan setiap kegiatan setiap harinya, hal ini dikarenakan rasa yang sudah tidak sabar menantikan suara tangisan pertama bayi mereka lahir kedunia.

Ketika usia kehamilan mencapai 8 bulan, hal yang paling umum dilakukan para calon ibu adalah menghitung sebelum ibu mendengar tangisan bayi yang lahir kedunia untuk yang pertama kalinya. Mengingat kehamilan adalah suatu periode yang begitu mendebarkan sekaligus membahagiakan, maka penting sekali menjaga dan memperhatikan kondisi kehamilan kita agar tetap sehat, hal ini semata-mata diwujudkan untuk ikut serat menjaga kondisi ibu dan janin yang sehat. Nah, sementara itu, untuk menjaga kondisi kehamilan agar tetap sehat, anda para ibu hamil perlu mengambil setiap langkah yang

Continue Reading

Wisata Kuliner Saat Hamil

Selama kehamilan bukan berarti anda tidak dapat melakukan hobi anda. Selama hobi anda aman untuk kesehatan anda dan kesehatan janin. Anda masih tetap bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan meskipun sedang hamil. 

Bagaimana dengan wisata kuliner? Ibu hamil seringkali dipantang beberapa makanan yang dapat memicu gangguan pada kesehatan janin. Padahal anda hobi wisata kuliner, bisakah ibu melakukan hobi kuliner ketika hamil?

Ibu yang sedang hamil masih bisa melakukan wisata kuliner akan tetapi tidak terlalu sering dan harus aman. Makanan yang anda pilih pastikan sehat, bersih dan tidak mempengaruhi kesehatan janin anda.Seperti apa wisata kuliner untuk ibu hamil, apa saja yang boleh dilakukan oleh ibu hamil ketika wisata kuliner dan apa yang harus dihindari ketika ibu hamil wisata kuliner?

Wisata kuliner merupakan kegiatan berlibur dengan mencicipi makanan atau minuman . Selama kehamilan anda dapat wisata kuliner akan tetapi menyisiati sehingga tidak berisiko mengalami kenaikan gula darah atau mengakibatkan diabetes saat anda

Continue Reading

Amankah Mengemudi Saat Hamil?

Mengemudi kendaraan bagi sebagian wanita sudah menjadi tuntutan dan kebutuhan apalagi di kota besar. Inilah yang menjadi salah satu alasan bagi anda yang seringkali menggunakan kendaraan pribadi saat bepergian.

Dengan menggunakan kendaraan pribadi anda lebih nyaman dan dapat lebih mudah dengan rute sendiri sampai ke tempat tujuan. Meskipun demikian anda yang sering terjebak macet dan harus berlama-lama di dalam mobil tidak dapat dihindari lagi. Sehingga beberapa jam anda harus berada di dalam kendaraan dengan posisi duduk yang membuat anda pegal.

Bagi sebagian orang kondisi ini tidak akan menjadi masalah tetapi berbeda bagi ibu hamil. Ibu hamil yang sudah di akhir trimester dua dan akan memasuki trimester tiga berada pada suatu posisi, seperti duduk berlama-lama akan menambah risiko keluhan kehamilan. Bagaimana dengan ibu hamil yang mengemudi kendaraaan, bolehkah wanita mengemudi saat hamil, apa risiko pada ibu hamil yang mengemudi kendaraan sendiri? Berikut ini adalah penjelasan mengenai mengemudi saat hamil.

Selama

Continue Reading

Ibu Hamil Seringkali Menolak Makan, Mungkinkah Pregorexia?

Banyak cara yang dilakuan wanita untuk tetap tampil cantik, salah satunya dengan melakukan perawatan. Wanita rela mengorbankan waktu dan materi untuk tetap menjaga kecantikan atau bentuk badan yang ideal. Membahas mengenai berat badan, pasti anda setuju jika masa kehamilan bukan saatnya anda takut mengalami kenaikan berat badan.

Perubahan berat badan umum dialami oleh ibu hamil yang berhubungan erat dengan tumbuh-kembang janin. Lantas, bagaimana apabila ibu hamil sangat ketakutan dalam perubahan berat badan sehingga terobsesi mengontrol berat badan?
Kondisi wanita yang ketakutan mengalami kenaikan berat badan saat hamil sehingga melakukan latihan-latihan ekstrim dan pembatasan kalori disebut dengan istilah pregorexia.

Ketika hamil wanita harus mendapatkan berat badan yang disesuaikan dengan pertumbuhan dan perkembangan janin. Bahkan kenaikan berat badan pada ibu hamil bisa bervariasi sesuai dengan faktor yang meliputi ibu sebelum kehamilan.
Pada ibu hamil yang mengalami pregorexia mengalami kesulitan dalam memisahkan kebutuhan fisik dan kesehatan yang mendukung tumbuh kembang janin. Akhirnya, ibu hamil

Continue Reading

Tips Persiapan Menyusui Sebelum Melahirkan

Tidak usah terheran jika kali ini kami akan menyarankan anda untuk mempersiapkan mental dan fisik anda untuk menyusui jauh-jauh hari sebelum bayi terlahir. Taukah anda bahwa pada saat anda hamil, tubuh sudah mulai memproduksi ASI. Dengan persiapan yang matang dari calon ibu maka akan menunjang pemberian ASI eksklusif yang akan membantu tumbuh-kembang bayi secara optimal.

Oleh karena itu untuk mewujudkan keinginan anda dalam pemberian ASi ekslusif maka anda dapat melakukan persiapan. Persiapan secara pengetahuan yang bisa anda dapatkan dari konselor menyusui, informasi dan berbagi dengan ibu menyusui di forum kesehatan dan juga persiapan mental dan fisik selama hamil.

Inilah dia tips yang dapat membantu anda dalam mempersiapkan menyusui sebelum melahirkan :

1. Siapkan psikologis anda

Langkah awal yang harus anda lakukan untuk memberikan ASI ekslusif yang lancar yaitu dengan rasa percaya diri dan dukungan dari orang sekitar. Beberapa bulan setelah melahirkan anda akan dihadapkan dengan kegiatan yang menyita waktu anda

Continue Reading