Keputihan

Kategori artikel seputar keputihan, mengenal lebih jauh tentang keputihan, penyebab keputihan, gejala dan jenis keputihan serta penanganan terhadap keputihan itiu sendiri

Tips Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Keputihan atau fluor albus merupakan sebuah proses keluar berupa cairan dari area kewanitaan anda yang terbilang abnormal. Keputihan ini biasa terjadi pada wanita yang hamil sebab terjadinya perubahan hormon serta aliran darah pada area rahim dan juga area kewanitaan, yang dapat mengakibatkan meningkatnya proses sekresi pada area kewanitaan. Perubahan hormonal tersebut juga bisa mengubah keseimbangan atas keasaman area kewanitaan anda, sehingga akan menyebabkan tumbuhnya jamur yang berubah menjadi iritasi. Pada umumnya sekresi pada area kewanitaan yang normal tidak menimbulkan rasa gatal. Sementara itu keputihan yang telah terinfeksi biasanya disertai dengan rasa gatal, nyeri, panas dan juga kemerahan, bahkan hingga dibarengi dengan rasa sakit ketika buang air kecil. Selain dari itu jika keputihan tersebut tidak teratasi maka bisa dengan mudah menular langsung pada bayi anda ketika proses persalinan kemudian akan menular kembali pada ibu yang sedang menyusui kemudian terjadi mastitis atau peradangan pada puting susu juga payudara.

Sebenarnya yang menjadi

Continue Reading

Betulkah Celana Dalam Dapat Mempengaruhi Keputihan?

Menjaga kebersihan serta kesehatan pada area intim merupakan hal yang wajib bagi setiap wanita. Jika area intim kewanitaan anda tidak di jaga kesehatannya dapat menimbulkan banyak masalah, salah satunya adalah keputihan. Kesadaran seorang wanita dalam menjaga kebersihan serta kesehatan area kewanitaan tempaknya masih terlihat sangat rendah. Hal ini dibuktikan oleh banyaknya wanita yang mengalami keputihan. Hal ini sangat disayangkan sebab setiap wanita seharusnya mempunyai kesadaran yang lebih tinggi dalam merawat area kewanitaan anda.

Keputihan ini sebenarnya dapat dikategorikan pada gejala yang cukup wajar, asal keputihan tersebut tidak menimbulkan bau. Hal ini disebabkan oleh keputihan tersebut terinfeksi bakteri serta jamur. Keputihan patogenik dapat dilihat dari warna, bau, serta jumlah cairan yang di keluarkan serta hal ini berlangsung pada waktu yang cukup lama. Jika keputihan terbebut tidak segera diatasi dari awal, keputihan tersebut dapat berubah menjadi penyakit yang lain dan lebih berbahaya dari keputihan biasa seperti penyakit kanker serviks. Yang hingga

Continue Reading

Tips Mengatasi Keputihan di Awal Kehamilan

Sama halnya dengan keputihan yang umumnya terjadi pada beberapa wanita, keputihan di awal kehamilan disebabkan karena tidak terjaganya kebersihan daerah kewanitaan, selain itu pemicunya dapat disebabkan karena terjadinya perubahan hormonal pada awal kehamilan sehingga ibu hamil mengalami stress dan terjadinya perubahan suasana hati yang memicu keputihan. Beberapa ibu hamil mengeluhkan terjadinya keputihan pada awal kehamilan yang dikhawatirkan akan berpengaruh buruk untuk kesehatan janin. Sebelum anda was-was dengan keputihan yang anda alami sebaiknya anda dapat membedakan keputihan yang anda alami.

Keputihan atau flour albus dapat dibedakan menjadi dua golongan yaitu golongan keputihan yang bersifat normal dan keputihan abnormal. Keputihan normal atau fisiologis biasanya dialami oleh wanita setiap bulannya yang dipengaruhi oleh hormon sedangkan keputihan yang bersifat abnormal atau patologis dapat menjadi tanda terjadinya masalah pada area kewanitaan anda. Bagi anda yang sedang hamil muda dan mengalami keputihan saat hamil, perhatikan beberapa hal di bawah ini yang dapat membedakan keputihan normal

Continue Reading

Bahayakah Keputihan Lengket?


Keputihan merupakan hal yang sangat menakutkan untuk banyak wanita. Selain memberikan rasa yang tidak nyaman, keputihan juga sering membuat turunnya rasa percaya diri, terutama bagi kaum wanita yang sudah menikah. Keputihan itu sendiri bisa digolongkan menjadi dua golongan, yaitu (fisiologis) keputihan normal dan (patologis) keputihan yang mesti diwaspadai. Sebaiknya anda mencari tahu mana keputihan yang normal dan mana keputihan yang perlu mendapatkan perawatan dari dokter berikut penyebab keputihan itu sendiri. Keputihan jenis normal atau fisiologis merupakan keputihan yang tidak perlu untuk dikhawatirkan dan masih terbilang wajar. Keputihan seperti jenis ini dapat terjadi terhadap seorang wanita yang sudah mengalami menstruasi. Kondisi seperti ini biasanya terjadi ketika wanita yang akan memasuki masa suburnya, sesudah ataupun sebelum menstruasi dan pada saat anda mendapatkan rangsangan.

 

Ciri-ciri fisiologis atau keputihan yang masih normal ialah:

  1. Cairan yang keluar encer.
  2. Warna dari cairan tersebut transparan dan bening.
  3. Tidak mengeluarkan aroma bau.
  4. Tidak menibulkan gatal.
  5. Jumlah

Continue Reading

Hindari Keputihan, Tips Membersihkan "Miss.V" di Toilet Umum

Anda sering menggunakan toilet umum ? Taukah anda bahwa toilet umum yang sering anda gunakan menjadi tempat ternyaman untuk perkembangan kuman. Bahkan menurut penelitian 100 kuman per inci persegi akan berkembanng di toilet duduk. Di Indonesia, toilet masih menjadi permasalahan yang dapat mendatangkan beberapa jenis penyakit. Presiden Asosiasi Toilet Indonesia, Naning Adiwoso menyatakan jenis toilet kering cocok di terapkan di kondisi alam Indonesia. Minimnya toilet kering justru berbahaya untuk wanita dapat memicu munculnya keputihan yang disebabkan bakteri dan jamur.

Penggunaan toilet umum tidak dapat dihindari oleh anda, gunakan tips berikut untuk tetap menghindari diri dari keputihan :

1. Membawa tisu pembersih kewanitaan

Bawalah selalu tisu pembersih kewanitaan. Banyak kemasan yang simpel yang bisa anda sediakan selalu di tas anda. Penggunaan tisu herbal untuk menambah manfaat dan menjaga anda terhindar dari keputihan.

2. Pilih WC jongkok

Hasil dari penelitian Journal Digestive and Sciences oleh Dr.Dov sikirov dalam situs yahoo.com menyatakan

Continue Reading

Ciri- ciri Warna Keputihan

Keputihan adalah cairan yang bersumber dari area kewanitaan atau dinding rahim. Pada umumnya tidak semua jenis keputihan dikategorikan normal. Beberapa dari jenis keputihan bisa jadi awal dari terjadinya infeksi pada area kewanitaan anda. Maka dari itu kenali warna keputihan anda.

Dan berikut adalah beberapa jenis keputihan pada wanita yang wajib anda ketahui :

1. Berwarna Putih

Cairan keputihan yang berwarna putih biasanya keluar pada saat menjelang dan pasca menstruasi, namun patut anda waspadai jika pada saat cairan keluar disertai dengan gatal dan bau yang tidak sedap seperti bau anyir. Hal ini bisa menjadi tanda-tanda infeksi jamur yang wajib diperhatikan dokter.

2. Berwarna Jernih dan Elastis

Cairan yang berwarna jernih biasa juga akan menghampiri anda pasca menstruasi, awalnya cairan ini berwarna pekat namun lama kelamaan menyerupai cairan ingus, cairan ini merupakan pertanda bahwa anda sedang dalam masa ovulasi.

3. Berwarna Kuning

Cairan keputihan berwarna kuning yang keluar dari organ kewanitaan

Continue Reading

Mitos Makanan Penyebab Keputihan

Sebagian wanita menghindari jenis makanan tertentu yang dipercayai akan memicu keputihan. Inilah makanan yang selalu disangkut-sangkutkan dapat memicu keputihan, benarkah? atau hanya sekedar mitos !

1. Nanas

Nanas atau dikenal dengan istilah Ananas comosus , merupakan jenis buah yang selalu dikait-kaitkan dengan kemunculan keputihan. Padahal kemunculan keputihan tidak ada kaitannya dengan buah nanas bahkan nanas banyak megandung vitamin dan serat yang justru baik untuk kesehatan. Nanas juga mengandung asam amino, triptophan yang mampu menghindari diri anda dari defresi selain itu kandungan nanas yang memiliki antioksidan dan betakarotin mampu meningkatkan konsentrasi dan mencegah katarak.

2. Timun

Sebagian besar wanita sangat menghindari konsumsi ketimun. Mitosnya ketimun dapat memicu keputihan, benarkah ? Ketimun atau dalam bahasa latin Cucumis Sativus ternyata mengandung kandungan air yang cukup tinggi dan memiliki manfaat buat kesehatan .Kandungan vitamin A,B, dan C , mineral, magnesium, kalium, mangan dan silika mampu merawat kulit , melancarkan pencernaan dan mengobati diabetes.

Continue Reading

Ciri Keputihan Bahaya, Cari Tahu?

Miss.V anda sering mengeluarkan berwarna dan berbau tidak sedap, sesekali anda merasakan gatal dan rasa nyeri di area miss.V. Meskipun keputihan dianggap hal biasa oleh sebagian wanita di dunia, akan tetapi jika terjadi nya seperti ciri-ciri tersebut anda mesti waspada dan melakukan konsultasi kepada dokter. Keputihan merupakan tanda bahwa alat reproduksi anda bermasalah bahkan atau bahkan jika sudah parah memberikan tanda bahwa anda sedang menderita penyakit kelamin.

Keputihan atau dikenal dengan bahasa kedokteran flour albus yaitu keluarnya cairan dengan jumlah yang banyak selain darah di Miss.V . Tidak semua keputihan berbahaya karena keputihan bisa disebabkan oleh faktor psikologis seseorang misalnya akan mendekati periode haid, setelah haid, menjelang monopouse atau bahkan mengalami awal kehamilan (baca: Keputihan saat hamil). Keputihan yang berbahaya adalah keputihan yang disebabkan oleh adanya infeksi oleh mikroorganisme .Anda bisa mencari perbedaan nya dengan mengetahui gejala dan ciri-ciri dari bentuk, warna, bau dan reaksi pada Miss.V .

Bakteri

Continue Reading

Solusi Keputihan Gatal

Masalah wanita yang terkadang membuat tidak nyaman adalah mengalami gatal pada seputaran Miss.V. Seringkali gatal pada area Miss.V terjadi tanpa sebab. Sebenarnya sulit menemukan penyebab utama gatal sehingga untuk kasus tertentu dilakukanlah pengangkatan vulva untuk membuat rasa gatal hilang. Miss.V sering mengalami rasa gatal dapat dipicu oleh faktor kejiwaan yaitu frustasi, hubungan yang tidak baik dengan suami dan kegagalan dalam seks. Pengobatan untuk faktor kejiwaan adalah dengan melakukan konseling.

Faktor lain dapat timbul karena adanya masalah kesehatan seperti kutu kudis yang ditularkan ketika sedang berhubungan seksual dengan pasangan yang sedang menderita kudis, tumor di daerah kewanitaan atau terjangkit penyakit menular seksual yang memicu timbulnya bau amis pada vagina. Selain itu ganguan lokal di luar Miss.V seperti terjadinya peradangan disebabkan penderita keputihan mengalami gatal yang tidak wajar. Keputihan (flour albus) yaitu keluarnya cairan dari Miss.V selain darah. Tidak semua keputihan berbahaya pada jenis tertentu keputihan adalah salah satu tandanya perubahan fisiologis.

Continue Reading

Bahaya Keputihan Bagi Wanita, Ibu Hamil dan Janin

Ketika anda merasakan tidak nyaman di area "Miss.V" sampai membuat anda sering merasakan gatal ,panas dan sakit diseputaran "Miss.V" , anda mungkin sedang mengalami gangguan kewanitaan yang terinfeksi jamur, parasit, bakteri atau virus (keputihan). Keputihan dialami oleh sekitar 50% wanita di dunia dalam hidupnya. Meskipun anda tidak sendiri akan tetapi keputihan abnormal membutuhkan penanggulangan yang serius. Keputihan yang memerlukan penanganan serius (abnormal) dapat diketahui dengan ciri-ciri keluarnya cairan yang disertai dengan bau tidak sedap, cairan berwarna kehijauan atau kecoklatan, rasa gatal yang berlebih, sakit ketika anda akan buang air kencing.

Bahaya Keputihan Bagi Wanita

Bagi sebagian wanita keputihan dianggap hal yang sepele apalagi ketika wanita mengalami keputihan yang cenderung ke arah bahaya (abnormal) segan memeriksakan diri ke dokter. Padahal jika anda ketahui bahaya keputihan yang dibiarkan tanpa penanggulangan akan mengakibatkan gangguan kesehatan. Bahaya keputihan untuk wanita adalah :

1. Sakit buang air kencing
Keputihan yang terinfeksi kuman akan mengakibatkan

Continue Reading

Keputihan, Awal Masalah Kewanitaan !

Bagi wanita keputihan adalah hal yang sudah tidak asing lagi. Keputihan atau dalam istilah kedokteran leucorrhea, white discharge atau flour albus adalah keluarnya cairan dari vagina. Keputihan bersifat fisiologis yaitu disebakan karena adanya respon tubuh normal dan tidak berbahaya adapula bersifat patologis yaitu keputihan yang harus diwaspadai karena menandakan adanya gangguan/ penyakit alat reproduksi. Keputihan bukan merupakan penyakit akan tetapi merupakan tanda masalah pada kewanitaan.

Apa Keputihan Abnormal ?

Keputihan abnormal atau patologis yaitu keputihan dengan ditandai keluarnya cairan vagina berwarna, memiliki bau tidak sedap, menimbulkan gatal sampai penderita merasakan sakit pada area vagina. Penyebab Keputihan patologis adanya infeksi Ph pada vagina yang ditimbulkan oleh jamur candida, parasit trichomonas vaginas,
bakteri gardnerella vaginalis, mycoplasma hominis, bacteroides dan mobiluncus ada pula yang ditimbulkan oleh virus condyloma, herpes dan HIV/AIDS.

Akibat Keputihan

Keputihan merupakan tanda awal masalah pada kewanitaan. Meskipun keputihan bukan jenis yang mematikan penderita akan tetapi jika dibiarkan apalagi

Continue Reading

Keputihan Berwarna Coklat, Bahaya ?

Keluarnya cairan selain darah dari jalan lahir vagina atau lebih dikenal dengan istilah keputihan atau leukorea. Keputihan dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu keputihan karena faktor fisiologis dan keputihan karena gejala abnormal .Meskipun keputihan tidak menyebabkan kematian akan tetapi keluarnya cairan yang membasahi bagian dalam akan mengalami iritasi,menimbulkan gatal dan juga berakhir pada kesakitan. Penyebab keputihan disebabkan karena anda sedang mengalami anemia, nefritis, hepatitis. Ada pun pada ibu hamil biasanya terjadi keputihan pada awal kehamilan sampai pada masa persalinan . Keputihan yang berbahaya adalah keputihan yang disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri dan virus. Anda mengalami keputihan berwarna coklat? cairan yang mengumpal (lendir) berwarna coklat pada keputihan anda merupakan tanda-tanda penyakit kelaminan anda.

Penyebab Warna Coklat :

Warna lendir pada keputihan merupakan tanda anda sedang bermasalah pada bagian tertentu di alat reproduksi anda. Keputihan warna coklat disebabkan adanya faktor berikut :

1.Periode Haid
Jika anda mengalami keputihan berwarna coklat setelah haid itu

Continue Reading

Keputihan Saat Hamil

Ketika anda hamil tubuh anda akan mengalami banyak perubahan. Hal terpenting yang harus anda pahami adalah ketika mengalami perubahan apakah perubahan normal kehamilan (fisiologis) atau justru perubahan abnormal (patologis) yang harus diberikan pengobatan. Ibu hamil rentan terhadap cairan vagina karena perubahan hormonal selama kehamilan. Semua wanita hamil pasti pernah mengalami keputihan akan tetapi apakah keputihan normal atau reaksi infeksi ? (Artikel lainnya: Tanda-tanda orang hamil)

Mengapa Terjadi Keputihan pada Ibu Hamil ?

Saat kehamilan ibu hamil mengalami perubahan hormonal yang menyebabkan terjadinya keputihan. Aliran darah akan meningkat ke daerah kewanitaan ketika anda sedang hamil yang mempengaruhi cairan vagina menjadi lebih meningkat. Pada ibu hamil cairan vagina mempunyai manfaat untuk mencegah infeksi dari vagina menuju ke rahim. Akan tetapi, tidak semua cairan vagina memberikan manfaat karena jika telah terkontaminasi dengan bakteri, parasit, atau virus justru akan membuat pengaruh buruk dari terjadinya infeksi vagina .Ibu hamil rentan terhadap infeksi vagina

Continue Reading

Mengenal Penyakit Keputihan

Keputihan (Flour Albus) sebenarnya bukan penyakit akan tetapi merupakan manifestasi gejala penyakit sistem reproduksi wanita. Ditandai dengan keluarnya cairan dari kewanitaan (vagina) yang bukan berupa darah ataupun air kencing berwarna kekuning-kuningan,dan bentuknya cair hingga kental.Keputihan dibedakan menjadi dua jenis yaitu keputihan fisiologis (normal) atau keputihan patologis (abnormal).Keputihan terjadi hampir pada semua wanita dan ibu hamil akan tetapi tidak semua mengetahui fakta dan penanganan yang tepat untuk mengatasi keputihan.Anda juga harus mengetahui bahwa tidak semua keputihan berbahaya ada pula keputihan yang lumrah di alami oleh seluruh wanita.

Jenis Keputihan : Keputihan fisiologis (normal)

Meskipun keputihan jenis ini tidak berbahaya akan tetapi sering kali membuat anda tidak nyaman dan dapat menurunkan rasa percaya diri. Keputihan fisiologis dapat dialami oleh wanita normal yang akan haid atau telah haid. Keputihan terjadi pula pada masa pubertas dan masa mendekati monopouse. Keputihan pada wanita juga bisa terjadi karena anda sedang mengalami stress atau anda sedang

Continue Reading

Menghilangkan Keputihan Dengan Obat Alami

Keputihan pada wanita merupakan hal biasa, meskipun bukan merupakan penyakit akan tetapi keputihan merupakan tanda-tanda adanya masalah yang sedang dialami miss.V anda. Keputihan atau Flour Albus adalah keluarnya cairan atau lendir dari vagina yang disebabkan infeksi oleh bakteri, virus, jamur ataupun parasit. Jika dibiarkan keputihan menyebabkan timbulnya peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa perih saat anda sedang buang air kecil . Tanda-tanda jika anda mengalami keputihan memerlukan penanganan serius yaitu dengan adanya cairan berwarna bening kehijauan yang keluar dari vagina secara berlebih seperti mentruasi, cairan yang keluar kental dan memiliki bau amis, daerah sekitar vagina terasa gatal sampai muncul rasa panas pada sekitar vagina. Sampai saat ini perbincangan solusi untuk menghilangkan keputihan adalah pembahasan menarik untuk wanita. Di era modern dan perkembangan alat-alat medis yang semakin canggih.

Cara-cara tradisional warisan leluhur masih digunakan dalam menghilangkan keputihan. Berikut cara-cara menghilangkan keputihan baik secara tradisional maupun modern :

1.    Daun

Continue Reading

Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita

Miss.V anda sering gatal sampai mengeluarkan lendir berwarna putih dan berbau tidak sedap ? Hati-hati untuk kaum hawa jika hal tersebut terjadi pada anda. Jangan-jangan Miss.V anda bermasalah. Miss.V sangat rentan terhadap beberapa penyakit. Pola hidup yang tidak sehat, perubahan aktivitas dan stress akan menyebabkan Miss.V anda mengalami Fluor Albus . Fluor Albus atau lebih dikenal dengan keputihan merupakan infeksi dan disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan disekitar vagina bagian luar, kemudian disertai dengan keluarnya cairan berwarna putih kekuningan atau putih kelabu. baca juga: Keputihan saat hamil)

Penyebab keputihan biasanya dikarenakan jamur , bakteri, virus dan parasit. Meskipun keputihan memiliki banyak jenisnya,akan tetapi hal itu sangat berbahaya apalagi kuman menyerang serviks. Pencegahan dini merupakan solusi awal untuk anda mengatasi keputihan .

1. Gunakan Pembalut yang tepat

Teman akrab bagi wanita ketika sedang menstruasi, pembalut wanita. Tidak dapat dihindari lagi pembalut merupakan cara simple yang sering digunakan untuk

Continue Reading

Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Permasalah keputihan merupakan permasalahan klasik pada kebanyakan kaum wanita. Ironisnya kebanyakan wanita tidak mengetahui tentang keputihan dan penyebab keputihan pada wanita itu sendiri dan malah yang menjadikan keputihan sebagai hal yang enteng. Justeru jika tidak ditangani dengan baik, keputihan bisa berakibat fatal. Kemandulan dan kehamilan ektopik (hamil di luar kandungan) bisa menjadi salah satu akibat dari adanya keputihan, selain itu gejala awal kanker rahim biasanya dimuali dengan adanya keputihan. Dan tentunya kanker leher rahim merupakan jenis penyakit yang berbahaya yang jika tidak ditangani dengan baik, akan berujung pada kematian. Jadi jangan anggap enteng keputihan. (Baca: Keputihan dapat menyebabkan Kemandulan dan Kematian)

Keputihan akan sering teralami saat wanita sedang hamil, hal ini akibat adanya perubahan hormonal yang terjadi dan salah satu efek dari peningkatan hormonal tersebut adalah adanya produksi cairan yang meningkat serta diakibatkan juga oleh vagina wanita hamil yang mengalami penurunan keasamannya, juga akibat kondisi pencernaan mengalami perubahan. 

Continue Reading

Awas Keputihan bisa Mengakibatkan Kematian dan Kemandulan

Masalah keputihan adalah masalah yang sejak lama menjadi persoalan bagi kaum wanita. Tidak banyak wanita yang tahu apa itu keputihan dan terkadang menganggap enteng persoalan keputihan pada wanita ini. Padahal keputihan tidak bisa dianggap enteng, karena akibat dari keputihan ini bisa sangat fatal bila lambat ditangani. Tidak hanya bisa mengakibatkan kemandulan dan hamil diluar kandungan, keputihan juga bisa merupakan gejala awal dari kanker leher rahim, yang bisa berujung pada kematian. Apa sebenarnya keputihan itu? Seperti apa ciri-cirinya? Dan bagaimana pencegahannya?
Menurut dr. Sugi Suhandi, spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan RS Mitra Kemayoran Jakarta, keputihan (flour albus) adalah cairan yang berlebihan yang keluar dari vagina. Keputihan bisa bersifat fisiologis (dalam keadaan normal) namun bisa juga bersifat patologis (karena penyakit). Dan keputihan tidak mengenal batasan usia. Berapa pun usia seorang wanita, bisa terkena keputihan.
 
Keputihan fisiologis biasanya terjadi pada masa subur, juga sebelum dan sesudah menstruasi. “Kadang saat

Continue Reading