Kanker Serviks

Berisikan informasi seputar kanker serviks, dari mulai tanda atau gejala kanker serviks, akibat yang ditimbulkannya, hingga informasi mengenai pencegahan dan penyembuhan atau pengobatan kanker serviks

Gejala Kanker Serviks Pada Kehamilan II

Banyak diantara kaum wanita bahkan ibu hamil yang tidak menyadari akan hadirnya penyakit yang satu ini. Padahal dampak dari kanker serviks akan cukup merugikan dan berbahaya bila tidak segera ditangani dengan baik. Kurangnya pengetahuan mengenai tanda-tanda atau ciri dari penyakit ini memang pada umumnya membuat masyarakat kurang waspada dengan kondisi penyakit yang satu ini.

Penyakit kanker serviks pada wanita bisa menyerang siapa saja dan kapan saja dalam rentan usia yang tdiak terbatas. Sayangnya, sebagian besar waniat tidak menyadari ketika virus ini menyebabkan kanker dan menyerang dengan perlahan. Sementara itu, virus yang terus berkembang biak ini akan dapat menyerang bagian sistem imun dalam tubuh sehingga memicu penderita mengalami kanker serviks atau kanker mulut rahim.

Perlu diketahui pada umumnya gejala awal dari kanker serviks stadium awal umumnya sangat sulit untuk dideteksi. Bahkan penderita akan cenderung tidak merasakan apa-apa dan seolah hidup seperti wanita normal pada kebanyakan. Kondisi inilah yang membuat

Continue Reading

Resiko Kanker Serviks Pada Masa Kehamilan

Kemungkinan kanker serviks menyerang ibu hamil sama besarnya dengan mereka para wanita yang tidak sedang mengandung. Jika ibu hamil didiagnosa menderta kanker serviks pada masa kehamilan maka tindakan penanganan perlu dilakukan. Biaya tindakan ini akan bergantung pada berapa usia kehamilan tersebut.

Kondisi kanker serviks pada masa kehamilan bukanlah hal yang dapat dianggap remeh atau disepelekan begitu saja. Hal ini dikarenakan penyakit kanker mulut rahim ini menjadi ancaman bahaya nomor 1 untuk para wanita. Ketika seorang wanita mengalami kondisi ini pada masa kehamilan maka dampaknya akan lebih bahaya, baik untuk dirinya atau bahkan bayi yang ada dalam kandungannya.

Perlu diketahui, kondisi gejala yang dialami dari kanker serviks stadium 1 pada umumnya sulit untuk dideteksi. Hal ini pulalah yang membuat kondisi ini tidak dapat ditangi sejak dini. Wanita dan ibu hamil yang mengalami kondisi ini tidak akan menunjukan gejala yang berarti pada saat terserang dengan kanker serviks ditahap awal. Baru

Continue Reading

Gejala Kanker Serviks Pada Kehamilan

Salah satu penyakit yang rentan menyerang seorang perempuan adalah ancaman dari kanker serviks. Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang dapat mengancam jiwa perempuan. Bahkan digadang-gadang ancaman menakutkan dari penyakit ini adalah kehamilan yang dialami oleh seorang ibu.

Adapun penyebab utama dari kondisi kanker serviks yang dapat menyerang seorang perempuan diakibatkan adanya human pailloma virus (HPV) yang menyerang bagian leher rahim. Virus ini pun sering disebut dengan virus papilloma manusia. Gejala yang dapat ditimbulkan dari kondisi kanker serviks yang dialami oleh ibu hamil pada umumnya sama saja dengan kanker serviks pada umumnya.

Di Indonesia sendiri, kasus kanker serviks tengah menjadi ancaman penyakit serius yang rentan menyerang para perempuan. Oleh karenanya saat ini tengah banyak dilakukan kampanye untuk menumbhkan kesadaran pada diri masyarakat terutama perempuan agar wasapada dengan ancaman penyakit yang satu ini. Baca juga: Kanker Serviks Stadium 3

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan menurut data sumber

Continue Reading

Kanker Serviks Stadium 3

Pengertian Kanker Serviks

Penyakit ini merupakan jenis kanker ganas yang terbentuk dalam jaringan serviks. Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada daerah leher rahim, organ genital wanita. Leher rahim itu sendiri berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dan vagina. Pada usia berapapun, semua wanita bisa saja menderita penyakit kanker serviks. Akantetapi, penyakit ini cenderung mempengaruhi wanita berusia 30-40 tahun yang aktif secara seksual.

Gejala kanker serviks umumnya adalah terjadinya pendarahan pada organ genital yang terjadi setelah hubungan intim di luar masa menstruasi. Meski hal ini terjadi, bukan berarti anda mengalami kanker serviks, Untuk mengetahui penyebab kondisi anda, disarankan untuk bertanya pada dokter.

Kanker serviks stadium 3

Hal ini adalah suatu permasalahan yang sangat berat diterima oleh penderita, karena penyakit kanker telah menyebar ke daerah vagina bagian bawah. Pada beberapa kasus tertentu, penyakit kanker juga telah ditemukan pada bagian kelenjar getah bening di daerah organ leher rahim dan daerah organ tubuh

Continue Reading

Pentingkah Melakukan Vaksin Kanker Serviks?

Sebagian besar kanker serviks disebabkan oleh infeksi human papillomavirus (HPV) yang menular seksual (HPV). Imunisasi HPV luas, bagaimanapun, dapat mengurangi dampak kanker serviks di seluruh dunia. Seperti yang dikutip dari Mayo Clinik , vaksin kanker serviks dibahas oleh Bobbie S. Gostout, MD, seorang ahli infeksi HPV dan ahli bedah ginekologi di Mayo Clinic, Rochester, Minn.

Adapun pertanyaan yang dapat menjadi gambaran untuk kita semua pentingkah melakukan vaksin kanker serviks, mengingat kanker serviks merupakan jenis kanker nomber dua yang dapat mengancam wanita. Penyebaran kanker serviks dapat dikarenakan hubungan seksual yang tidak sehat, pasangan dapat menjadi salah satu penyalur virus penyebab kanker serviks, sehingga harus dilakukan pencegahan, betulkah dengan menggunakan vaksin kanker serviks?

Dibawah ini adalah penjelasan mengenai vaksin kanker serviks yang dapat menjadi pengetahuan bagi anda yang bertanya-tanya mengenai vaksin kanker serviks :

Apa itu Human Papilloma Virus?

Human Papilloma Virus (HPV) adalah nama yang diberikan untuk keluarga virus. Berbagai

Continue Reading

Gejala Kanker Serviks Stadium 4

Kanker serviks didiagnosis sebagai penyakit stadium IV umumnya terdeteksi dari pemeriksaan panggul abnormal atau gejala yang dihasilkan oleh kanker pasien. Setelah evaluasi pemeriksaan kanker serviks, kanker stadium IV dikatakan ada jika kanker telah melampaui serviks ke organ-organ yang berdekatan, seperti rektum atau kandung kemih (tahap IVA), atau kanker telah menyebar ke lokasi yang jauh dalam tubuh yang mungkin termasuk tulang, paru-paru atau hati (stadium IVB). Kanker serviks didiagnosa pada tahap ini seringkali sulit untuk mengobati, dan sebagian kecil pasien yang sembuh dari penyakit.

Berbagai faktor akhirnya mempengaruhi keputusan pasien untuk menerima pengobatan kanker. Tujuan menerima pengobatan kanker mungkin untuk memperbaiki gejala melalui kontrol lokal kanker, meningkatkan kesempatan pasien untuk sembuh, atau memperpanjang kelangsungan hidup pasien. Potensi manfaat menerima pengobatan kanker harus lebih berhati-hati dan juga seimbang dengan potensi risiko menerima pengobatan kanker.

Berikut ini adalah gambaran umum dari pengobatan stadium IV kanker serviks. Akhirnya dapat mempengaruhi bagaimana prinsip-prinsip pengobatan

Continue Reading

Sering Keputihan Tanda Kanker Serviks?

Kanker dapat menyerang siapa saja bahkan tidak mengenal usia. Jenis kanker juga dapat identik dengan gender, salah satunya kanker yang seringkali mengancam wanita. Kanker payudara dan kanker serviks adalah jenis kanker yang perlu diwaspadai.

Salah satu jenis kanker yang mengancam wanita akan dibahas pada artikel ini adalah kanker serviks. Kanker serviks atau dikenal dengan the silent killer yang timbul seakan tanpa memberikan gejala pada wanita. Beberapa perubahan yang terjadi pada wanita misalnya saja keputihan bisa menjadi salah satu pertanda. Meskipun demikian tidak semua keputihan dapat dikategorikan tanda kanker serviks, seperti apa keputihan yang membahayakan sebagai tanda kanker serviks

Keputihan

Keputihan sangat erat kaitannya dengan wanita. Tidak semua keputihan merupakan pertanda gangguan kesehatan alat reproduksi. Keputihan digolongkan menjadi keputihan fisiologis(normal) dan keputihan patologis (memabahayakan).

Keputihan merupakan kondisi yang dialami oleh wanita yang ditandai dengan keluarnya cairan dari organ genital secara berlebihan. Keputihan dikenal pula dengan istilah leukorea atau fluor albus,

Continue Reading

Pengobatan Kanker Serviks Berdasarkan Stadium

Kanker serviks adalah salah satu kanker yang mengancam wanita, urutan jenis kanker yang membahayakan ke dua setelah kanker payudara. Kanker serviks menyerang leher serviks dimana sel di sekitar serviks menjadi abnormal dan menyerang tubuh wanita yang menderita.

 

Wanita yang menderita kanker serviks sama seperti orang sehat, tidak mengalami gejala apapun. Kondisi ini dikarenakan sel kanker menginfeksi pada rentan waktu yang lama sehingga baru ditemukan keluhan pada wanita yang sudah terinfeksi selama 15-20 tahun.

Pada penderita kanker yang sudah ditemukan pada stadium lanjut atau bahkan pada stadium akhir maka akan diberikan tindakan yang berbeda. Inilah pentingnya mengetahui stadium kanker serviks sebagai salah satu upaya untuk tindakan pengobatan dan penyebaran sel kanker di dalam tubuh penderita.

Kanker Serviks Mengancam Wanita Indonesia

Jumlah wanita penderita kanker serviks semakin bertambah dari hari ke hari, bahkan di Indonesia jumlah penderita kanker serviks tergolong tinggi. Penderita kanker serviks ditemukan 40 hari wanita Indonesia dalam

Continue Reading

Gejala Kanker Serviks Stadium 2

Kanker serviks atau kanker ganas yang mengancam jaringan serviks sangat membahayakan kesehatan wanita. Pasien yang mengalami kanker serviks sulit disembuhkan karena baru ditemukan ketika sel kanker sudah menyebar. Kepedulian akan kesehatan reproduksi adalah salah satu kunci utama untuk mengurangi resiko kanker serviks.

Penyebab utama dari kanker serviks adalah HPV, yaitu virus yang menetap sehingga menginfeksi serviks.Meskipun pada sebagian yang terinfeksi HPV akan sembuh dengan sendirinya karena kekebalan tubuh sedangkan pada sebagiannya lagi akan menetap dan menjadi meningkatnya risiko kanker serviks.

Kanker Serviks

Kanker serviks terdiri dari beberapa tipe. Tipe yang paling umum adalah squamous cell carcinoma (SCC) yang merupakan 80-85% dari seluruh kanker serviks. Penyebab utamanya adalah Human Papilloma Virus (HPV). Sedangkan beberapa tipe kanker serviks lainnya adalah adenocarcinoma, adenosquamos, small cell carcinoma, melanoma dan juga lymphoma. Beberapa jenis kanker serviks tersebut merupakan kanker serviks langka yang tidak berkaitan dengan Human Papilloma Virus.

Gejala kanker serviks pada tahap dini

Continue Reading

Kenali Kanker Serviks Stadium 1

Kanker serviks adalah kanker yang banyak menyerang wanita Indonesia setalah kanker payudara. Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan kanker nomber dua terbanyak yang menyerang wanita dunia. Bahkan diperkirakan 52 juta wanita di Indonesia berisiko kanker sedangkan 36% wanita penderita kanker adalah penderita kanker serviks.

Kanker serviks semakin bertambah penderitanya di Indonesia dikarenakan kanker serviks bersifat ganas dan sulit untuk dideteksi pada gejala awal, penderita baru ditemukan ketika sudah mengalami kanker serviks stadium lanjut. Selain itu kebanyakan wanita tidak mengerti mengenai gejala dan tanda kanker serviks.

Pada artikel kali ini kami akan membantu memberikan informasi mengenai kanker serviks. Pada tahapannya kanker serviks melalui proses stadium awal, stadium lanjut dan stadium akhir. Agar mengetahui apa saja gejala dan ciri-ciri kanker serviks pada stadium awal dan melakukan pencegahan dini.

Pengertian Kanker Serviks

Kanker serviks adalah penyakit yang berhubungan dengan leher rahim yaitu pada organ reproduksi wanita sebagai pintu masuk menuju rahim.

Continue Reading

Diagnosis Kanker Serviks

Tumor ganas yang seringkali dijumpai pada wanita salah satunya adalah kanker serviks. Jenis kanker yang mengancam kesehatan bahkan hingga nyawa wanita sangat sulit dideteksi dini sehingga ditemukan pada penderita ketika mengalami stadium lanjut.

Kanker serviks seringkali dihubungkan dengan faktor lingkungan, yaitu gaya hidup wanita yang tidak sehat meskipun demikian penyebab utamanya adalah virus, HPV. Penularan dari virus HPV dapat melalui hubungan intim yang berganti-ganti pasangan.

Artikel kali ini akan memberikan informasi mengenai diagnosis dan juga pengobatan kanker serviks. Pada umumnya pengobatan kanker serviks dapat dibedakan sesuai tahapan penyebaran sel kanker atau dikenal dengan istilah stadium. Pada perkembangannnya wanita yang terinfeksi kanker serviks maka dapat dibedakan menjadi stadium awal yaitu stadium 0-1, stadium lanjut yaitu stadium 2-3 dan stadium akhir atau stadium 4.

Sulit Mendeteksi Gejala Kanker Serviks

Kanker serviks adalah penyakit yang berhubungan dengan leher serviks pada wanita. Kondisi dimana wanita terinfeksi HPV, meskipun pada sebagian infeksi HPV dapat

Continue Reading

Kenali Gejala Awal Kanker Serviks

Penyakit kanker adalah penyakit yang membahayakan, kanker terjadi karena adanya sel sel membelah diri yang tidak terkendali. Sel abnormal dapat menyerang jaringan berpindah ke lokasi yang lebih jauh dengan memasuki aliran darah.

Kanker identik pula dengan gender, yaitu kanker yang menyerang wanita. Kanker payudara dan kanker serviks merupakan kanker yang harus diwaspadai oleh wanita. Bahkan kanker serviks dapat menyerang wanita di dunia yaitu dua menit sekali menyebabkan kematian. Sedangkan di Indonesia kanker serviks merupakan penyakit yang sering mengancam, faktanya di Indonesia 37 wanita meninggal setiap harinya akibat kanker serviks.

Kanker serviks yang terjadi pada bagian mulut rahim dapat berkembang puluhan tahun di dalam tubuh wanita tanpa menimbulkan gejala. Inilah yang menyebabkan kanker serviks baru ditemukan pada stadium lanjut yang sulit untuk disembuhkan. Artikel kali ini akan membantu untuk mengenali gejala awal kanker serviks sehingga dapat dideteksi dini. Penanganan awal dapat membantu meminimalisir risiko kanker serviks.

Pengertian Kanker

Kanker disebabkan

Continue Reading

Benarkah Menstruasi Tidak Teratur, Gejala Kanker Serviks?

Menstruasi anda tidak teratur sehingga anda harus membawa pembalut untuk tetap waspada apabila sewaktu-waktu terjadi menstruasi ? Bahkan anda mengalami darah menstruasi yang lebih banyak sehingga waktu menstruasi cenderung lebih lama, normalkah kondisi menstruasi seperti kasus di atas? Mungkinkah merupakan tanda bahwa kesehatan anda terganggu.

Menstruasi merupakan kejadian alamiah yang terjadi pada wanita. Menstruasi yang normal akan berlangsung dengan siklus 21-35 hari sehingga lama menstruasi sekitar 5-7 hari sedangkan jumlah darah tidak pernah melebihi 80 ml. Kondisi wanita yang mengalami kejadian menstruasi abnormal yaitu ketika terdapat perbedaan ekstrim pada volume darah dan terjadi pada rentan siklus yang lebih pendek atau lebih panjang. Mengapa wanita mengalami menstruasi yang tidak teratur, apakah merupakan gejala kanker serviks?

Kanker serviks merupakan penyakit yang mengancam wanita bahkan penyakit kanker nomber dua paling banyak membunuh wanita. Kanker serviks dapat menyerang wanita tanpa diketahui gejala awal yang terjadi sehingga baru ditemukan pada penderita stadium lanjut. Pada

Continue Reading

Nyeri saat Buang Air Kecil, Tanda Kanker Serviks

Wanita memiliki kekhawatiran yang lebih tinggi terhadap kanker, salah satunya adalah kanker serviks. Kanker sendiri merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya kelainan sel yang mengakibatkan sel berkembang tidak terkendali sehingga menyerang jaringan-jaringan yang ada di bagian tubuh. Meskipun demikian kanker akan memiliki perbedaan gejala sesuai dengan lokasi dan seberapa ganas sel kanker berkembang di dalam tubuh. Penyakit kanker merupakan pembunuh utama kematian di negara berkembang. Begitupula dengan kanker serviks yang menyebabkan ribuan wanita meninggal karena penyakit ini.

Kanker serviks merupakan penyakit yang menyerang organ reproduksi wanita, yaitu menyerang pintu masuk ke dalam rahim. Pada kanker serviks, 97% disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV), virus ini sangat mudah berpindah pindah. Meskipun perjalanan dari infeksi HPV (virus penyebab kanker serviks) memiliki waktu yang cukup lama , sekitar 10 sampai 20 tahun akan tetapi terkadang penderita tidak menyadari bahwa di dalam dirinya telah terinfeksi virus kanker serviks. Anda mesti mewaspadai beberapa tanda

Continue Reading

Kenali Pembalut, Cegah Kanker Serviks

Wanita, siapa yang tidak kenal pembalut? Teman akrab anda ketika sedang menstruasi. Pembalut sebenarnya mempunyai fungsi yang lebih luas yaitu menyerap darah yang berasal dari Miss.V, selain saat menstruasi setelah proses melahirkan atau sesudah pembedahan. Pada awalnya banyak cara untuk menahan darah dari area Miss.V. Pada abad ke 10, sejarah mencatat banyak benda yang dapat digunakan seperti penggunaan celemek, kulit kelinci atau potongan kain tua.

Pada awalnya pembalut wanita bersifat permanen seiring perkembangan zaman maka berubah ke pembalut sekali pakai. Pembalut sekali pakai memulai perkembangan di tahun 1980-an sampai sekarang. Meskipun pembalut kain mulai marak kembali pada tahun 1990an, karena dirasakan manfaatnya dapat berdampak positif bagi kesehatan dan lingkungan. Sehingga menyesuaikan dengan aktifitas anda.

Benarkah pembalut dapat menyebabkan kanker serviks ? Banyak produk iklan pembalut herbal yang memperkenalkan dirinya adalah produk yang aman untuk mencegah kanker serviks. Bahaya kanker serviks justru timbul dari bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam

Continue Reading

Ciri-Ciri Kanker Serviks

Kanker serviks adalah penyebab kematian no satu yang marak terjadi pada wanita Indonesia. Kurang lebih 80% kanker ini terjadi pada perempuan di negara berkembang. Karena ini terjadi pada perempuan negara berkembang, termasuk Indonesia. Kurangnya kesajahteraan penduduk, wawasan dan pengetahuan masyarakat mengenai kanker serviks. Indonesia, ada 90 sampai 100 kasus kanker serviks per 100.000 penduduk setiap satu tahun. Data ini kami peroleh dari Departeman Kesehatan , kanker serviks menyerang setiap golongan tanpa peduli usia, ras dan latar belakang.

Tingginya penyebaran kasus ini karena terbatasnya akses skrining dan pengobatan, sehingga kebanyakan penderita yang datang untuk berobat, sebagian sudah terjangit kanker serviks dengan kondisi kritis. Seharusnya pemerintah mampu mensosialisasikan apa kanker serviks itu dan ciri-ciri umumnya, agar masyarakat Indonesia khususnya kaum wanita memahami dan segera mencari solusi bila sudah dikenali tanda-tandanya.

Human papilloma virus penyebab kanker serviks membutuhkan waktu yang lama untuk dapat berkembang ke arah kanker serviksyaitu sekitar 10-20 tahun yang

Continue Reading

Fakta Kanker Serviks, Cari Tahu

Kanker adalah jenis penyakit yang paling menakutkan bagi manusia. Lebih menakutkan lagi karena kanker merupakan jenis penyakit penyebab kematian bagi penderitanya. Tidak terkecuali, kanker serviks. Kanker serviks atau kanker leher rahim disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) onkogenik. Menurut WHO penyakit kanker serviks penyebab kematian  peringkat atas pada wanita. Ironisnya data WHO menunjukan Indonesia adalah negara tertinggi penderita kanker serviks.

Banyak mitos yang berkembang di masyarakat seputar kanker serviks, sebelum anda mempercayainya cari tahu terlebih dahulu fakta seputar kanker serviks.

1. Kanker serviks tidak sama dengan kanker rahim karena serviks ternyata berada di bagian bawah dari rahim. Kanker serviks dipicu karena adanya sel-sel abnormal pada serviks.

2. Banyak yang mengganggap bahwa ciri-ciri kanker serviks adalah hal biasa yang dialami wanita sehingga tidak dianggap berbahaya. Padahal di Indonesia penderita kanker serviks sudah mencapai 15.000 penderita dan 8000 diantaranya meninggal dunia.

3. Kanker serviks bukan penyakit keturunan, akan tetapi penyakit yang disebabkan

Continue Reading

Pencegahan Kanker Serviks

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Kata yang tepat untuk anda melakukan pencegahan dini terhadap resiko terserang kanker serviks. Jenis penyakit yang menjadi momok yang menakutkan untuk setiap perempuan. Tidak ada yang menyadari gejala kanker serviks, bahkan survey menunjukan perempuan yang terinfeki virus papiloma manusia (penyebab kanker serviks) baru memeriksakan diri setelah berada pada stadium 3 yang membuat penderita mengalami kerusakan organ-organ di dalam tubuhnya. Tidak menutup kemungkinan pola kehidupan anda beresiko mengalami kanker serviks.

Lakukan pencegahan kanker serviks dengan cara dibawah ini :

1. Pemberian vaksin kanker serviks

Keganasan kanker serviks dapat menyerang wanita tanpa melihat kelompok umur. Vaksin dapat diberikan pada kelompok umur 11-26. Vaksin diberikan pada bulan 0,1 dan bulan ke 6. Adapula untuk anda yang memiliki riwayat terinfesi virus papiloma manusia dapat diberikan vaksinasi dengan efektifias yang kurang. Vaksinasi dapat dilakukan di dokter kandungan. Vaksinasi hanya dilakukan untuk pencegahan bukan untuk pengobatan.

2. Deteksi dengan

Continue Reading

Makanan Sehat Cegah Kanker Serviks

Perempuan terancam kanker serviks tidak terkecuali bagi anda yang berusia produktif, atau sudah memasuki usia 35-50 tahun. Perempuan yang melakukan hubungan seksual dibawah usia 20 tahun beresiko terserang kanker rahim dua kali lipat. Sampai saat ini sulit ditemukan penderita kanker pada awal gejala kanker serviks karena kebanyakan 70% kasus penderita kanker serviks ditemukan pada stadium lanjut. Melakukan pencegahan dini merupakan aset terbesar untuk kesehatan alat reproduksi bunda.

Berikut makanan yang dapat membantu bunda mencegah keganasan kanker serviks :

1. Kubis

Brassica oleracea atau dikenal dengan kubis atau kol merupakan sayuran tertua yang berasal dari Asia -Mediterania yang memiliki 400 varietas kubis. Kubis mengandung fitonutrien dan vitamin A,C dan K. Kubis juga mengandung lupeol, sinigrin, DIM, I3C, sulforaphae untuk menghambat perkembangan sel kanker, termasuk kanker serviks. Kubis memiliki gizi tinggi bila dimakan mentah. (Baca juga: ciri-ciri kanker serviks)

2. Brokoli dan bunga kol

Vitamin B yang terkandung di dalam brokoli

Continue Reading

Obat Tradisional Untuk Kanker Serviks

Di Negara berkembang seperti Indonesia kanker rahim atau kanker serviks masih sulit dideteksi sejak dini. Hal ini terjadi karena pengetahuan, pendidikan, penyuluhan mengenai kanker serviks masih jarang dilakukan. Padahal Yayasan Kanker Indonesi mencatat bahwa kanker serviks merupakan pembunuh nomber satu pada wanita. Data yang didapat menurut WHO menunjukan bahwa Indonesia merupakan negara tertinggi penderita kanker serviks.

Meskipun penyumbang tertinggi kanker serviks adalah virus papiloma manusia yang berkembang dan menyerang imunitas tubuh. Akan tetapi, harus diperhatikan juga karena pencemaran bahan kimia , makanan dan minumana yang mengandung bahan pengawet, pewarna buatan, penyedap rasa memicu timbulnya kanker serviks. Adapun untuk wanita peroko aktif, zat adiktif yang terkandung pada rokok pemicu utama kanker serviks.

Meskipun melalui perkembangan alat-alat kedokteran dengan teknologi canggih. Akan tetapi, pengobatan secara tradisional dengan menggunakan bahan-bahan herbal masih sering digunakan untuk meringankan kanker serviks. Akan tetapi pengobatan tradisional tidak bisa dijadikan satu-satunya cara untuk penyembuhan karena tetap harus

Continue Reading

Pola Kehidupan, Sebabkan Kanker Serviks !

Cervical cancer (kanker serviks) disebabkan oleh virus yang bernama human papiloma yang berkembang dan menyerang alat reproduksi wanita.Badan kesehatan dunia (WHO) mengatakan bahwa kanker serviks merupakan penyakit kanker tertinggi penyebab kematian pada perempuan di dunia. Di indonesia terdapat 8000 kasus kematian yang disebabkan keganasan kanker serviks. Bahayanya kanker serviks tidak dapat dideteksi sejak dini. Meskipun penyebab utamanya adalah virus akan tetapi pola kehidupan yang tidak sehat akan memicu munculnya virus penyebab kanker serviks.

Waspadai sejak dini, pola kehidupan tidak sehat memicu perkembangan virus papiloma manusia penyebab kanker serviks !

1. Makanan mengandung bahan kimia

Menurut dr.Marsianto dalam situs media bidan menyatakan bahwa adanya faktor pemicu kanker disebabkan oleh makanan atau minuman yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti zat warna, perasa dan zat pengawet.Makanan dan minuman berikut jika dikonsumsi terus menerus dan berlebihan akan memicu kanker serviks. Berikut jenisnya : Bahan pengawet , penyedap rasa dan pewarna buatan yang terdapat

Continue Reading

Cara Mengobati Kanker Serviks

Kanker serviks atau kanker leher rahim jenis kanker ganas yang menyerang saluran reproduksi perempuan. Perempuan yang telah terjangkit virus papiloma manusia mengalami rasa ketakutan berlebih dan putus asa untuk kembali sembuh. Meskipun tidak dapat sembuh seperti perempuan normal  lainnya akan tetapi dukungan, simpati, empati dari keluarga dan orang terdekat akan membuat penderita bersemangat untuk sembuh. Pengobatan kanker serviks harus mempertimbangkan beberapa faktor diantaranya ukuran tumor, usia penderita, tingkat stadium kanker serviks , usia penderita, gejala kanker serviks dan lain-lain. Pada umumnya, 70% pasien kanker serviks saat didiagnosa sudah mengalami stadium lanjut.

Adapun cara pengobatan yang dapat dilakukan yaitu dengan :

1. Operasi pengangkatan

Operasi pengangkatan rahim dan uterus (kandungan) dikenal dengan istilah histerektomi yaitu dengan melakukan pengangkatan rahim penderita yang dilakukan pada bagian rahim vagina dan jaringan parametrium, kemudian dilakukan pembersihan bilaterial kelenjar getah bening pada panggul. Ada 4 jenis tingkatan histerektomi:

  1. Histerektomi parsial (subtotal). Operasi pengangkatan yang dilakukan

Continue Reading

Gejala Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan jenis penyakit berbahaya yang menyerang wanita. Penyebab utama kanker serviks (kanker leher rahim) adalah human papilloma virus (HPV) atau virus papiloma manusia. Virus ini ditemukan pada 77% perempuan yang terjangkit HIV-positif dan sisa nya kepada wanita siapa saja. Di Indonesia kanker serviks merupakan ancaman bagi wanita karena sesuai data yang ditemukan setiap hari 40 wanita yang dinyatakan kanker serviks, 20 diantaranya meninggal dunia. Di dunia setiap dua menit sekali wanita yang telah terdiagnosa kanker serviks meninggal dua menit sekali.

Kurangnya pengetahuan mengenai gejala dan tanda kankers serviks membuat sebagian wanita tidak menyadari. Bahkan kanker ini akan menyerang siapa saja dalam rentan usia yang tak terbatas. Perempuan tidak sadar ketika Human Papiloma Virus (HPV) menyerangnya. HPV , mikroorganisme kecil yang berukaran 55 mm dan memiliki 100 tipe HPV yang dapat menginfeksi kulit sehingga menimbulkan kutil. Virus yang berkembangbiak dan bertahan menyerang sistem kekabal tubuh sehingga memicu kanker serviks.

Continue Reading

Kanker Serviks: Ciri-ciri, Penyebab, dan Pencegahan Kanker Serviks

Kanker serviks atau yang disebut juga sebagai kanker mulut rahim merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak ditakuti kaum wanita. Berdasarkan data yang ada, dari sekian banyak penderita kanker di Indonesia, penderita kanker serviks mencapai sepertiga nya. Dan dari data WHO tercatat, setiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit kanker serviks ini dan merupakan jenis kanker yang menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian wanita dunia.

Kanker serviks menyerang pada bagian organ reproduksi kaum wanita, tepatnya di daerah leher rahim atau pintu masuk ke daerah rahim yaitu bagian yang sempit di bagian bawah antara kemaluan wanita dan rahim.

Penyebab Kanker Serviks

Human papilloma Virus (HPV) merupakan penyebab dari kanker serviks. Sedangkan penyebab banyak kematian pada kaum wanita adalah virus HPV tipe 16 dan 18. Virus ini sangat mudah berpindah dan menyebar, tidak hanya melalui cairan, tapi juga bisa berpindah melalui sentuhan kulit. Selain itu, penggunaan wc umum yang sudah

Continue Reading

Follow us