data-ad-format="auto"

Kanker Payudara

Kategori artikel mengenai kanker payudara, mengenal lebih jauh tentang kanker payudara, penyebab, gejala dan tanda-tanda, pencegahan dan pengobatan kanker payudara

Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Penting Untuk Diketahui

Kanker payudara stadium 1 merupakan kanker payudara stadium awal. Ini adalah sebuah kondisi dimana benjolan kanker pada bagian payudara umumnya berukuran 2 cm atau lebih kecil dari ukuran tersebut. Benjolan ini masih belum menyebar ke kelenjar getah bening dibagian ketiak. Untuk itu, mengenai setiap gejala yang mungkin terjadi adalah tindakan dini yang penting untuk dilakukan guna mencegah kemungkinan terburuk dari kondisi ini.

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang cukup menakutkan untuk setiap wanita, setelah kanker serviks. Kondisi ini seringkali menjadi mimpi buruk yang membayang-bayangi diri setiap wanita. Sel kanker akan tumbuh dan menyerang jaringan payudara anda, semisal pada bagian saluran keluarnya air susu, lobulus (pabrik penghasil air susu), bersama dengan jaringan pendukung lainnya, seperti halnya jaringan lemak.

Pada umumnya hormonal, gaya hidup dan faktor lingkungan menjadi salah satu pemicu yang patut dicurigai sebagai pemicu dari timbulnya kanker yang satu ini. Akan tetapi, tidak semua orang dengan

Continue Reading

Penyebab Sakit Payudara Selama Menyusui dan Cara Mengatasinya

Setelah mengalami sakit akibat melahirkan normal ataupun luka operasi caesar, seorang ibu seringkali akan menghadapi masalah lainnya, yakni payudara yang terasa nyeri saat menyusui bayi tercintanya yang baru lahir ke dunia.

Akibat dari rasa nyeri ini, seringkali mengganggu proses pemberian ASI pada si bayi. Tak jarang rasa sakitnya membuat ibu menitikan air mata, demi terus memberikan ASI nya pada bayi yang baru lahir.

Payudara yang terasa nyeri disebabkan oleh berbagai alasan. Tingkatannya pun beranekaragam, mulai dari level ringan hingga kronis yang disertai dengan demam. Nah, kali ini kita akan bahas apa saja sih, penyebab rasa sakit pada payudara selama periode menyusui. Kita simak berikut ini.

1. Puting yang Luka

Payudara sakit serta puting yang lecet seringkali menjadi permasalahan yang banyak dijumpai pada ibu yang baru menyusui bayinya. Adapun hal ini terjadi dikarenakan posisi menyusui yang tidak benar. Untuk mengatasinya, cobalah berbagai posisi menyusui hingga anda mendapatkan posisi yang pas

Continue Reading

Ketahui Kebiasaan Baik yang Bisa Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara telah menjadi momok menakutkan dikalangan perempuan, pasalnya payudara adalah asset tubuh yang harus senantiasa dijaga dan dirawat. Terjadi keluhan sedikit saja pada payudara, ada baiknya segera lakukan penanganan tepat sebelum kemungkinan buruk seperti kanker payudara mengidap tubuh anda.

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati, untuk itulah, pengobatan kanker payudara memang masih sulit dilakukan, selain itu banyak biaya yang harus anda sediakan untuk melakukan pengobatan kanker payudara. Selain menjaga pola makan serta diimbangi dengan olahraga teratur kanker payudara ternyata dapat dicegah dengan melakukan kebiasaan baik sehari-hari. Lantas apakah kebiasaan yang dapat mencegah anda dari kanker payudara?

Simak beberapa point kebiasaan yang dapat mencegah anda dari kanker payudara dibawah ini.

1. Rajin Memeriksa Payudara

Salah satu penyebaran penyakit yang paling cepat adalah keterlambatan kita menydari gejala-gejala yang dirasakan dari penyakit tersebut. Akibatnya, harus dilakukan pengobatan ke rumah sakit yang harus menelan biaya yang tidak sedikit. Nah, untuk mencegah hal

Continue Reading

Daftar Makanan Sehat Untuk Mencegah Kanker Payudara

Memiliki payudara yang sehat tidak hanya dapat diperoleh dari rajin melakukan perwatan payudara seperti spa, pijat payudara ataupun masker payudara. Peribahasa yang menyatakan 'You are what you eat', nampaknya menjadi peribahasa yang tepat digunakan saat ini, pasalnya apa yang anda makan ikut pula berkontribusi dalam menjaga kesehatan anda termasuk kesehatan payudara, apalagi timbulnya kanker sebagai penyakit yang paling ditakuti oleh para wanita bisa disebabkan akibat dari gaya hidup dan menu makanan yang tidak teratur.

Beberapa makanan seperti konsumsi junk food, makanan dengan kandungan pengawet tinggi, serta makanan yang kaya akan lemak namun rendah nutrisi bisa menjadi salah satu timbulnya kanker payudara. Namun meski demikian, ada juga beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan resiko kanker payudara. Dengan konsumsi makanan berikut serta diimbangi dengan olahraga teratur, maka resiko kanker paling menakutkan ini bisa anda hindari.

Makanan apa sajakah itu? Simak berikut ini.

1. Konsumsi Teh

Konsumsi teh terbukti memiliki segudang manfaat

Continue Reading

Cemas Saat Menemukan Benjolan Payudara? Berikut 5 Cara yang Harus Anda Lakukan

Sebagai seorang wanita, tentunya kita memiliki asset tubuh yang harus senantiasa dijaga, seperti salah satunya adalah payudara. Payudara adalah organ terpenting bagi seorang wanita, selain itu organ ini rentan sekali terhadap penyakit, sedikit saja terpapar bakteri atau virus, payudara akan terjangkit keluhan penyakit yang akan membahayakan tubuh anda.

Salah satu penyakit yang rentan sekali menjangkit organ payudara adalah kanker payudara. Ketika penyakit ini melanda tanpa disadari, anda mungkin merasa cemas dan putus asa ketika gejala seperti benjolan payudara anda temukan. Namun sebaiknya jangan terburu-buru panik dan merasa putus asa ketika muncul benjolan pada payudara anda, sebab benjolan tak selalu mengindikasikan sebagai timbulnya penyakit berat. Hanya saja, untuk mencegah dampaknya agar tidak menjadi lebih parah dan semakin menjadi-jadi, ada baiknya kita harus melakukan penanganan sedini mungkin.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, ketika anda menemukan benjolan disekitar payudara.

1. Cek Kembali dengan Meraba Bagian Seluruh Payudara

Continue Reading

Waspada Kanker Payudara Muda

Wanita yang lebih muda umumnya tidak menganggap diri mereka  akan terkena risiko kanker payudara dan pada kenyataannya memang hanya di bawah 7% dari semua kasus kanker payudara terjadi pada wanita berusia di bawah 40 tahun. Namun, kanker payudara bisa menyerang pada usia berapa pun, tidak terkecuali anda yang masih berada di usia yang muda (dibawah 40 tahun).

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan seorang wanita berada di lingkaran dengan resiko tinggi dapat mengembangakan kanker payudara, termasuk :

  1. Sebuah riwayat pribadi kanker payudara atau beberapa penyakit payudara non-kanker.
  2. Sebuah riwayat keluarga kanker payudara, khususnya pada ibu, anak, atau saudara perempuan anda.
  3. Sejarah terapi radiasi pada dada sebelum anda  berusia 40 tahun.
  4. Adanya bukti cacat genetik tertentu ,perempuan yang membawa cacat pada salah satu dari gen ini memiliki risiko lebih besar untuk mengembangkan kanker payudara.

Beberapa studi telah menyarankan bahwa penggunaan baru-baru ini (selama 10 tahun terakhir) dari kontrasepsi oral (pil

Continue Reading

Stop ! 7 Makanan yang Dapat Menghambat Penyembuhan Kanker Payudara

Meskipun telah melalui pengobatan kanker payudara memungkinkan kembali terbangunnya sel-sel kanker pada tubuh anda. Penting untuk anda dapat mengetahui bagaimana cara yang efektif untuk memerangi pertumbuhan sel kanker payudara, diantaranya dengan menjaga konsumsi anda terhadap makanan di bawah ini :

1.  Jenis sayuran seperti kangkung, sawi, cabai dan tauge. Kandungan yang terdapat pada kangkung dan sawi dapat mengurangi kerja obat-obatan sehingga tidak bekerja dengan optimal. Adapula kandungan zat yang terdapat di dalam tauge diduga akan memicu perkembangan sel kanker selain itu anda juga harus menghindari cabai karena dapat merangsang aktifitas sadar sehingga menyebabnya penurunan oksigen. Disarankan untuk anda mengkonsumsi sayuran jenis lain seperti brokoli, dengan adanya zat yang dapat membantu anda menghentikan perkembangan sel kanker atau mencegah anda dari kanker payudara.

2.  Jenis buah-buahan yang diduga akan memicu kanker payudara adalah durian, lengkeng , nangka . Kandungan zat di dalamm durian menghasilkan alkohol sehingga dapat memicu perkembangan sel kanker

Continue Reading

5 Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Kanker Payudara Muda

Sekitar sepuluhribu perempuan yang lebih muda, berusia kurang dari 40 tahun didiagnosis terkena kanker payudara. Sejauh mana anda mengetahui kanker payudara, jadi apa yang harus anda ketahui tentang kanker payudara? Berikut adalah beberapa saran yang harus anda ketahui mengenai kanker payudara.

1.  Mengetahui perubahan payudara

Kanker payudara adalah penyebab kedua kematian setelah kanker serviks. Meskipun kanker payudara kebanyakan menyerang usia diatas 40 tahun akan tetapi untuk anda yang berusia 15 sampai 34 tahun tetap harus waspada. Bicaralah dengan dokter anda tentang perubahan yang terjadi pada payudara. Anda bisa memeriksanya sendiri dengan melakukan pemeriksaan secara berkala di rumah. Anda dapat melakukannya dengan cara memeriksa payudara anda, jika anda mengalami perubahan (terdapat benjolan) disekitar payudara, bisa langsung berkonsultasi dengann dokter.

2.  Perubahan yang harus segera ditanggapi

Jika Anda berpikir bahwa anda merasakan perubahan pada payudara anda, akan tetapi anda atau keluarga mengabaikan kekhawatiran anda karena usia anda yang terpaut muda. Mungkin

Continue Reading

Kehamilan dan Kanker Payudara

Untuk anda yang memiliki kehamilan di usia dua puluh tahun hingga tiga puluh tahun dan memberikan ASI eksekutif maka berbanggalah. Penelitian menemukan hal tersebut dapat membantu anda untuk mengurangi resiko terkena kanker payudara. Hormon estrogen yang berperan sebesar 80% dari semua kanker payudara dapat dikurangi dengan adanya kehamilan dan menyusui.

Bagaimana Kehamilan Membantu Mencegah Kanker Payudara?

Payudara berkembang selama masa pubertas, ketika tingkat hormon yang berubah dengan cepat dan pematangan tubuh. Sel jaringan payudara mencapai kematangan lengkap setelah kehamilan. Payudara Anda belum matang dari siklus menstruasi pertama dengan kehamilan pertama Anda. Penelitian yang dilakukan bahwa sel-sel payudara matang menawarkan perlindungan terbaik terhadap perubahan kanker. Sebuah hormon yang dihasilkan selama kehamilan, human chorionic gonadotropin (hCG), menyebabkan sel-sel payudara untuk tumbuh dan melindungi perkembangan kanker di masa depan. Hormon kehamilan hCG sebenarnya menyebabkan perubahan genetik permanen pada kelenjar susu anda, dan perubahan genetik dapat membantu mencegah kanker payudara.

Selama kehamilan, sel-sel

Continue Reading

Menggunakan Bra Memicu Kanker Payudara

Bagi wanita pengunaan bra menjadi kebutuhan setiap harinya. Bra dapat membuat wanita tampil percaya diri. Sehingga bra akan membuat payudara anda tetap terjaga bentuk dan keindahannya. Pada dasarnya bra dirancang untuk mengubah bentuk payudara, mereka menerapkan tekanan konstan pada jaringan payudara lunak dan hasil dalam mengompresi dan konstriksi pembuluh limfatik. Anda dapat mengamati bukti penyempitan dari tanda merah dan lekukan di kulit yang disebabkan oleh bra.

Betulkah penggunaan bra akan meningkatkan resiko kanker payudara ?

Bra dapat mencegah drainase getah bening  (jalannya peredaran getah bening) dan sirkulasi. Kedua limfatik dan sistem peredaran darah memberikan nutrisi penting dan memungkinkan untuk penghapusan racun. Kurangnya nutrisi atau kelebihan racun dapat mengarah pada perkembangan kanker. Peran sistem limfatik adalah untuk membuang racun dan kotoran dari jaringan. Sebuah penurunan aliran sistem limfatik dapat menyebabkan toxin dari jaringan payudara. Selain itu, mengenakan bra juga meningkatkan hormon prolaktin. Peningkatan hasil prolaktin dalam penurunan payudara sirkulasi jaringan.

Continue Reading

Kanker Payudara, Cara Mendeteksi Dini Benjolan Pada Payudara

Seperti yang kita ketahui adanya kanker payudara disebabkan karena sel abnormal yang berkembang pada payudara anda. Peringatan dini adalah dengan adanya tanda benjolan pada payudara anda. Anda juga harus mengetahui bahwa tidak semua benjolan pada kanker payudara merupakan benjolan abnormal. Banyak kemungkinan yang bisa terjadi diantaranya adalah benjolan tersebut adalah kelainan hormon,atau adanya kista, infeksi bahkan bisa saja benjolan yang disebabkan trauma .

Satu dari delapanwanita beresiko terkena kanker payudara. Setidaknya sepertiga dari wanita tidakmenyadari bahwa perubahan yang dialami adanya kelainan yang memicu pada berkembangnya kanker payudara. Diagnosis dini sangat penting dalam mengetahui adanya kanker payudara. Jika anda tidak yakin di mana untuk memulai ,jangan khawatir. Kami akam memberikan panduan untuk dapat membantu anda dalam mendeteksi dini benjolan pada payudara anda.

Sangat mudah untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri, dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Meskipun mungkin tampak aneh atau tidak nyaman pada

Continue Reading

Cara Menjaga Payudara Agar Terhindar dari Kanker Payudara

Data menunjukan kanker payudara merupakan kanker pembunuh no dua setelah kanker serviks. Sembilan dari sepuluh dari wanita bersedia untuk membuat perubahan gaya hidup untuk mengurangi risiko kanker payudara. Sebenarnya, banyak penelitian masih diperlukan untuk memahami kanker payudara dan penyebabnya  sepenuhnya. Tapi ada langkah-langkah tertentu untuk  setiap wanita yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi kemungkinan anda terserang kanker payudara.

1.  Alarm untuk diri sendiri

Lebih dari 90 persen tumor payudara dideteksi oleh wanita itu sendiri, sehingga mengawasi perubahan payudara anda harus menjadi bagian penting dari perawatan kesehatan setiap wanita. Perhatikan juga perubahan yang terjadi pada payudara, biasanya adanya benjolan dan pembengkakan yang disertai dengan rasa sakit dalam jangka panjang. Anda bisa menggunakan cermin untuk memastikan perubahan payudara anda. Menyempatkan diri untuk memeriksa payudara anda sendiri sehingga jika mengalami hal yang tidak normal anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter.

2.  Menyusui

Untuk anda yang baru saja melahirkan, kami sarankan untuk memberikan ASI

Continue Reading

Terapi Hormon Untuk Kanker Payudara

Hormon adalah zat yang berfungsi sebagai pembawa pesan kimia dalam tubuh. Hormon mempengaruhi tindakan sel dan jaringan di berbagai lokasi di tubuh dengan mengikuti aliran darah. Hormon estrogen dan progesteron yang diproduksi oleh ovarium pada wanita premenopause dan beberapa jaringan lain, termasuk lemak dan kulit, baik pada wanita premenopause dan menopause. Estrogen mempromosikan perkembangan dan pemeliharaan karakteristik reproduksis wanita dan pertumbuhan tulang panjang.Progesteron berperan dalam siklus menstruasi dan kehamilan. Estrogen dan progesteron juga dapat mempromosikan pertumbuhan beberapa jenis kanker payudara, yang disebut (atau tergantung hormon) kanker payudara hormon-sensitif.

Bagaimana hormon merangsang pertumbuhan kanker payudara ?

Sel kanker payudara hormon-sensitif mengandung protein yang dikenal sebagai reseptor hormon yang menjadi aktif ketika hormon mengikat. Reseptor diaktifkan menyebabkan perubahan dalam ekspresi gen tertentu, yang dapat menyebabkan stimulasi pertumbuhan sel. Untuk menentukan apakah sel-sel kanker payudara mengandung reseptor hormon, dokter akan melakukan sampel uji jaringan tumor yang telah dihapus oleh operasi. Jika sel-sel

Continue Reading

Pengobatan Tanpa Operasi Kanker Payudara

Pengobatan tradisional kanker payudara menjadi alternatif untuk anda menekan perkembangan sel-sel kanker payudara. Meskipun membutuhkan penanganan medis untuk mengetahui sejauh mana perkembangan sel kanker pada payudara anda akan tetapi pengobatan tradisional ini dapat mendampingi pengobatan medis pada kanker payudara.

Berikut adalah tumbuhan yang memiliki khasiat untuk anda dalam membantu pengobatan kanker payudara :

1. Daun sirsak

Pengobatan tradisional kanker dengan bahan-bahan alami ternyata tidak kalah dengan pengobatan medis, kemoterapi. Daun sirsak yang ternyata memiliki khasiat untuk kanker payudara , studi ini didukung dengan penelitian yang dilakukan di negara-negara Eropa. Bahkan para peneliti meyakini daun sirsak bisa mengobati penyakit kanker payudara lebih dari kekuatan kemoterapi. Kandungan dari sirsak seperti acetogenins, muricapentocin, annocatacin, linoleic acid, annocatalin,gigantetroin dan senyawa lainnya yang ternyata mempunyai khasiat untuk mengobati beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara. Anda dapat membuat teh daun sirsak dengan cara 10 lembar daun sirsak tua yang direbus dengan 3 gelas air kemudian sisakan

Continue Reading

Konsumsi Makanan Berkhasiat Untuk Melawan Kanker Payudara

Konsumsi makanan berkhasiat untuk melawan kanker payudara . Banyak penelitian telah dilakukan mengenai dampak makanan tertentu, bumbu, dan rempah-rempah terhadap pertumbuhan dan penyebaran sel kanker (metastasis). Sementara hasilnya sudah sangat menjanjikan, banyak studi membuktikan manfaat dari makanan melawan kanker pada manusia. Informasi berikut mencerminkan penelitian terbaru dari makanan yang membantu melawan kanker atau mencegah dan mengurangi efek samping dari kanker dan pengobatannya.

1.  Teh Hijau

Bahan epigallocatechin gallate (EGCG) dalam teh hijau adalah salah satu molekul gizi yang paling kuat yang telah terbukti untuk melawan pembentukan pembuluh darah oleh sel kanker. Satu sampai dua cangkir teh hijau setiap hari dapat membantu anda menjaga kanker payudara.

2.  Minyak Zaitun

Minyak zaitun, bersama dengan makanan lain dalam beberapa diet diyakini untuk memperlambat pertumbuhan kanker. Misalnya, bahan dalam minyak zaitun telah terbukti dapat melindungi terhadap penyebab 20% dari semua kanker payudara.

3.  Bawang putih

Sumber yang kaya senyawa pelawan kanker yang disebut allium,

Continue Reading

Tips Pemulihan di Rumah, Pasca Operasi Kanker Payudara

Ada beberapa alternatif untuk anda yang ingin melakukan pengobatan untuk kanker payudara. Diantaranya adalah pengobatan melalui medis yaitu radical mastectomy atau lumpectomy yaitu operasi yang diperuntukan mengangkat jaringan yang terdapat sel-sel kanker saja. Operasi ini selalu diikuti oleh pemberian radioterapi. Meskipun menurut Monica Morrow,MD pada Departement of Surgery at Memorial Sloan-Kettering Cancer Center di New York City yang dikutip dari situs health.com menyatakan bahwa  wanita yang telah melakukan operasi lumpectomy sebagian besar siap untuk melakukan aktivitas seperti biasanya, pemulihan akan berangsur membaik dalam jangka waktu lima hari setelah operasi. Setelah operasi selesai dokter akan memberikan pengobatan pasca operasi melalui penanganan lebih lanjut seperti radioterapi atau kemoterapi. Selain itu juga dokter akan memberikan waktu dimana anda harus melakukan konsultasi.

Adapun untuk anda yang telah melakukan operasi maka  di rumah dapat melakukan kegiatan untuk memulihkan secara maksimala pasca operasi payudara, seperti di bawah ini :

1. Merawat perban pasca operasi

Setelah

Continue Reading

10 Langkah Mencegah Kanker Payudara

1.  Menjaga berat badan

Menjaga berat badan yang sehat  sepanjang hidup Anda terbukti dapat menjaga kesehatan. Anda dapat menghitung BMI atau Body Mass Index dengan cara berat badan (dalam kilogram) dibagi kuadran tinggi dalam meter, telah terbukti secara signifikan jika peningkatan BMI (lebih dari keadaan normal 25) akan meningkatkan risiko kanker payudara. Selain itu, dan peningkatan BMI telah meyakinkan terbukti meningkatkan risiko kanker payudara pasca-menopause.

2.  Hindari alkohol

Penggunaan alkohol adalah yang paling mapan untuk kanker payudara. Studi Kesehatan menunjukan mengkonsumsi lebih dari satu minuman beralkohol sehari dapat meningkatkan risiko kanker payudara sebanyak 20-25 persen.

3.  Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran

Makan tujuh atau lebih porsi  sayur dan buah setiap hari. Sayuran untuk perlindungan kanker payudara mencakup semua sayuran (brokoli, kubis, kecambah brussels, kembang kol), sayuran hijau (sawi, kangkung, bayam), wortel dan tomat. Buah yang mempunyai kandungan lebih untuk mencegah kanker payudara adalah  jeruk, berry dan ceri. Terbaik untuk anda

Continue Reading

Tanda Peringatan Kanker Payudara

Kanker payudara adalah tumor ganas yang dimulai pada sel-sel payudara. Sebuah tumor ganas adalah sekelompok sel kanker yang dapat tumbuh  berkembang menyerang jaringan sekitarnya atau menyebar (metastasis) ke daerah-daerah tubuh lainnya.

Berikut sebuah peringatan yang dapat anda waspadai mengenai kanker payudara :

1.  Benjolan payudara atau lumpiness

Timbulnya benjolan ketika anda sedang menstruasi, itu hal yang biasa dialami sebagai salah satu gejala PMS. Payudara mengalami pembengkakan akibat adanya perubahan hormon estrogen saat menstruasi. Akan tetapi jika mengalami perkembangan dengan adanya pembersaran benjolan payudara anda harus melakukan pemeriksaan payudara kepada dokter.

Tidak banyak wanita yang tau mengenai perubahan yang terjadi pada tubuhnya.Begitu juga dengan perubahan payudara yang bersifat abnormal yang memicu kanker payudara. Jaringan payudara secara alami memiliki tekstur bergelombang. Bagi beberapa wanita, benjolan akan lebih parah dibandingkan dengan yang lainnya. Dalam kebanyakan kasus, adanya benjolan menjadi tanda payudara anda bermasalah.

Benjolan yang terasa lebih keras atau berbeda dari sisi

Continue Reading

Mempunyai Turunan Kanker Payudara, Mungkinkah Tertular?

Penyebab kanker payudara tidak sepenuhnya dapat  dipahami. Sulit ditentukan penyebab dari kanker payudara. Meskipun pada kasus tertentu ditemukan karena adanya faktor turunan. Betulkah faktor turunan itu merupakan faktor dominan ? Tidak juga, karena ada juga wanita yang memiliki resiko tinggi terkena kanker payudara karena memiliki riwayat keluarga kanker payudara akan tetapi tidak menderita kanker payudara. Sebagian besar kasus kanker payudara tidak herediter (tidak berjalan dalam keluarga). Namun, gen tertentu dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara dan kanker ovarium. Hal ini dimungkinkan untuk gen ini untuk diturunkan dari orang tua kepada anak mereka. Sebuah gen ketiga (TP53) juga dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara.

Jika Anda memiliki dua atau lebih kerabat dekat dari sisi yang sama dari keluarga Anda (seperti ibu, saudara perempuan atau anak perempuan) yang telah menderita kanker payudara di bawah usia 50, Anda mungkin berhak untuk skrining genetik untuk mencari gen yang membuat berkembangnya  kanker payudara. Selain

Continue Reading

Waspada Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan kanker kedua yang ditakuti oleh wanita setelah kanker serviks. Kanker payudara terjadi pada lapisan saluran susu yang menyediakan ketersediaan susu. Kanker payudara adalah tumor ganas yang memungkinkan berkembang ke bagian tubuh lainnya. Kanker payudara dapat dikategorikan karsinoma lobular yaitu yang dimuali dari lobules sedangkan yang berkembanng berkembang dari saluran lain dinamakan karsinoma duktal.

Kanker payudara adalah kanker invasif yang paling umum pada wanita di seluruh dunia. Pada wanita 16% dari semua kanker wanita dan 22,9% dari kanker invasif pada wanita. Kanker payudara dapat menyerang perempuan dan laki-laki yang berkisar 18%. Pada negara maju tingkat kanker payudara jauh lebih tinggi. Hal ini karena adanya harapan hidup yang rendah dan juga gaya hidup . Bahkan WHO mencatat bahwa kanker payudara merupakan penyakit dalam kategori international classification of disease. Kanker payudara banyak menyerang usia 40-49 yaitu sebesar 30,35%.

Jenis Kanker Payudara

Ada beberapa jenis kanker payudara yang dapat berkembang.

Continue Reading