Gaya Hidup

Kategori artikel yang berisi informasi seputar gaya hidup, kebiasaan dan aktivitas yang baik dan juga tidak baik bagi kesehatan wanita

Mengenal Virus Zika, Penyebab, Gejala dan Pencegahannya

mengenal virus zika

Belakangan ini, pemberitaan mengenai virus Zika, begitu marak dan tengah hangat-hangatnya dibicarakan diberbagai media, baik online maupun media masyarakat terutama televisi di tanah air.

Hal ini tak lain dikarenakan penyebaran virus ini tengah begitu maasiv dan sedang terjadi di Amerika latin terutama negara Brazil dan Kolombia.

Dampak dari virus ini disebut-sebut membawa dampak yang cukup serius dan cukup memperihatinkan bagi kesehatan. Kondisi ini seolah menjadi ancaman besar untuk dunia kesehatan. Saking maasivnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sampai harus membuat satgas khusus untuk serangan virus ini.

Melihat begitu besarnya reaksi terhadap serangan penyakit ini, maka rasanya kita pun perlu memahami seperti apa sih virus Zika ini dan seperti apa penyebarannya dan bagaimana bahaya untuk kesehatan kita. Untuk itulah, dibawah ini kita akan bahas seperti apa itu penyakit Zika dan penjelasan lebih detailnya.

Apa Itu Penyakit Zika?

Belakangan ini penyakit Zika begitu marak dibicarakan dan begitu booming diberbagai pemberitaan. Nyamuk Aedes disebut-sebut

Continue Reading

Kenali Penyakit Asma - Gejala, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan

Penyakit asma masih menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup serius di tanah air. Hingga sampai saat ini terjadi peningkatan terhadap penyakit pernafasan ini baik dari segi angka morbiditas atau pun mortilitas asma. Data mencetak jika pravelensi asma di Indonesia berkisar hingga 5% dan 9% atau hingga mencapai 5 sampai 7 juta orang yang terjangkit dengan penyakit asma. Dan sebanyak 2 juta diantara penderitanya memerlukan perawatan intensif akibat serangan asma akut yang terbilang cukup beresiko.

Umumnya, para penderita yang mengharuskan kondisinya dirawat atau mendapatkan penanganan intensif, disebabkan karena pasien atau pendertia mengalami keterlambatan diagnosa, serta penanganan yang kurang tepat. Yang mana hal inilah yang menjadi salah satu faktor pemicu yang sangat bermasalah dalam penanganan penderita asma.

Penyakit asma tentu tidak datang secara tiba-tiba dan membuat pasien didiagnosa menderita asma akut. Sama halnya dengan penyakit lain, penyakit asma juga datang dengan beberapa gejala sebelum berkembang menjadi sebuah penyakit akut dan

Continue Reading

Tips Menjadi Ibu Tiri yang Baik dan Disayangi Anak

Pandangan umum mengenai ibu tiri biasanya memiliki citra yang kurang baik. Pada kebanyakan cerita dongeng maupun film, figur ibu tiri telah memberikan gambaran yang tidak baik tentang ibu tiri dan hal ini telah menjadi sesuatu hal yang diingat oleh kebanyakan orang. Sosok ibu tiri selalu digambarkan sebagai seseorang yang selalu memanipulasi keadaan, merubah hubungan antara keluarga dan memiliki karakter yang begitu egois. Padahal dalam kehidupan nyata, tidak semua ibu tiri seperti demikian.

Seorang ibu tiri juga dapat dicintai dan merangkul keluarganya layaknya seorang ibu pada umumnya. Memasuki lingkungan keluarga yang baru dimana pasangan hidup kita memiliki anak pada umumnya akan membutuhkan penyesuaian yang lebih. Pada awalnya tidak semua anak dapat menerima kehadiran orang baru dalam hidupnya, apalagi jika orang tersebut menggantikan posisi ibunya, yang mana peran ibu adalah sesosok yang paling dekat dengan anak. Dibutuhkan waktu dan pendekatan agar seorang ibu tiri bisa diterima dan dirangkul dalam lingkungan keluarga

Continue Reading

Perbaiki Kualitas Tidur Dengan Konsumsi Makanan Ini

Saat ini insomnia menjadi salah satu penyakit yang banyak menyerang orang dewasa hingga lanjut usia. Sebagian besar diantara mereka merasa terganggu akibat jam tidur dimalam hari yang tidak terkendali. Sebagian lagi adapula yang jarang mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Mereka biasanya seringkali merasakan gelisah yang tak karuan, sulit mendapatkan posisi tidur yang nyaman serta mudahnya terganggu oleh suara-suara aneh yang umum dijumpai ketikan malam hari. Selain itu, adapula mereka yang mendapatkan waktu tidur cukup, namun ketika bangun merasakan lesu, lelah dan ingin melanjutkan kembali tidurnya.

Bagi mereka yang menderita insomnia, solusi yang umum adalah mendapatkan resep dari dokter serta mengganti tempat tidurnya dengan tingkat kelembutan yang sedang. Kondisi bantal yang terlalu lembut dan terlalu keras bisa menjadi faktor penyebab terganggunya tidur seseorang.

Namun disamping itu, adapula penyebab lain yang dapat menyebabkan buruknya kualitas tidur, yakni salah satunya adalah pola yang kurang terjaga. Ya, jenis makanan yang anda konsumsi sehari-hari

Continue Reading

Daftar Menu Makan Malam Sehat Untuk Si Buah Hati Tercinta

Makan malam adalah waktu makan yang sering dinanti-nantinkan. Menyantap hidangan hangat dimeja makan dengan santai serta canda gurau semua anggota keluarga berkumpul bersama, menambah kehangatan dalam keluarga. Sebagai seorang ibu, kita tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, bukan saja dari segi pendidikan, didikan atu lingkungan sekitar.

Ibu juga senantiasa menginginkan mereka agar tetap sehat serta tumbuh kuat yang salah satunya dapat dilakukan dengan cara menyajikan menu makanan sehat untuk anak dan keluarga. Selain menu sarapan pagi, makan malam juga merupakan jam makan yang juga penting untuk ibu pikirkan. Para ibu dituntut untuk senantiasa dapat menemukan ide-ide kreatif atau menu makanan sehat agar nutrisi serta gizi anak dapat selalu terpenuhi.

Menemukan ide-ide kreatif dengan menyajikan menu-menu yang sehat kerap kali menjadi hal yang cukup membingungkan, tak jarang para ibu dibuat kehabisan ide menyajikan menu-menu sehat agar buah hatinya tidak bosan dengan hidangan itu-itu saja. Nah, untuk membantu ibu menemukan

Continue Reading

Dampak Buruk Stres Terhadap Otak

Hingga saat ini sebenarnya masih belum teruraikan sepenuhnya dampak buruk yang terjadi pad otak ketika seseorang mengalami stres. Namun dari hal ini yang banyak diketahui saat ini, bahwa dampak stres dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang terhadap kesehatan tubuh, suasana hati serta pikiran seseorang.

Stres telah menjadi bagian yang tak terlepaskan dari kehidupan kita. Saking seringnya terjadi, sampai mungkin kita tidak menyadari bahwa kita sedang mengalami stres. Hal ini dapat muncul dari gejala seperti sakit kepala, mood yang menjadi sensitif, cepat meledak yang kemudian dapat berkembang menajdi demama atau bahkan pada giliran terparahnya dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Lantas apa hubungannya stres dengan perkembangan otak? Begini mekanismenya.

Saat stres tubuh akan melepaskan hormon yang dikenal dengan sebutan kortisol. Hormon stres tersebut dapat berdampak buruk terhadap hippocampus otak, yakni memperkecil ukuran otak, membunuh sel-sel saraf pada otak dan menjadi penghambat proses regenerasi sel-sel saraf baru. Yang pada akhirnya tentu akan

Continue Reading

Kiat Ampuh Atasi Sakit Tengggorokan

Udara dingin dan kelembaban yang begitu tinggi saat musim penghujan membuat beragam bakteri dan kuman berkembang dengan cepat. Bakteri inilah yang dapat menginfeksi orang disekelilingnya. Apabila sistem imun seseorang sedang tidak dalam keadaan baik, maka dapat dipastikan paparan virus dan bakteri akan menyebabkan seseorang sakit.

Salah satu penyakit yang banyak menyerang sewaktu musim penghujan adalah flu. Salah satu gejala seseorang akan mengalami flu adalah dengan ditandai munculnya sakit tenggorokan. Tidak hanya itu, sakit tenggorokan bisa pula disebabkan akibat tegang pada pita suara. Namun apapun pemicunya, yang jelas sakit tenggorokan akan membuat seseorang merasa tidak nyaman, terutama ketika makan dan berbicara. Oleh karena itu, sesegera mungkin sakit tenggorokan harus segera diatasi.

Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk mengobati sakit tenggorokan yang begitu menyiksa agar lekas sembuh.

1. Perbanyaklah Minum Air

Memenuhi dan menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh adalah hal yang penting, apalagi jika saat ini anda tengah mengalami sakit

Continue Reading

Kebiasaan Buruk yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Sewaktu Makan

Makan adalah sebuah waktu yang sangat penting sebab kondisi tubuh seseorang akan sangat bergantung pada apa yang ia makan. Hanya saja, seringkali, kita meremehkan kegiatan menyantap makan sehingga membuat kita terserang penyakit atau gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kebiasaan buruk kita sewaktu makan.

Tanpa disadari seringkali kita melakukan beberapa kegiatan buruk tersebut dan bahkan mungkin kegiatan tersebut sudah menjadi kebiasaan. Namun jika anda sudah mengetahui dampak dan sebabnya mengapa kebiasaan buruk tersebut tidak dianjurkan untuk dilakukan, mungkin anda akan mulai mengurangi perilaku tersebut agar kesehatan anda terjaga.

Nah, apa sajakah kebiasaan-kebiasaan tersebut? Kita simak berikut ini.

1. Makan di Jam yang Terlalu Larut

Menyantap makan besar atau sekedar ngemil banyak sekali dilakukan orang. Terutama bagi mereka yang memiliki jam malam karena beberapa alasan terntentu seperti misalkan karena pekerjaan atau memiliki kepentingan lain yang membuat mereka harus terjaga hingga larut malam. Terjaga hingga larut malam seringkali membuat kita akan merasa

Continue Reading

Tips Atasi Kantuk Sewaktu Bekerja

Saat sedang melakukan aktivitas di kantor atau tempat kerja tak jarang kita akan merasakan kantuk yang cukup menyiksa ketika kantuk tersebut harus kita tahan, alhasil terkadang kita malah akan mengantuk saat pekerjaan masih begitu menumpuk. Hal seperti ini umum sekali terjadi, terutama pada jam-jam tertentu seperti jam makan siang atau jam istirahat, bahkan beberapa orang akan mengalami kantuk saat masih dini seperti misalkan antara jam 10 atau jam 11. Ketika kondisi seperti ini terjadi bukan hanya pekerjaan yang tidak akan sanggup kita selesaikan, bahkan konsentrasi kitapun terkadang menjadi menghilang akibat kantuk yang begitu mendera.

Rasa kantuk yang menyerang sewaktu bekerja sebenarnya normal terjadi. Namun karena efeknya yang begitu mengganggu seperti kesulitan untuk berkonsentrasi, menurunnya produktivitas kerja hingga kesalahan fatal pada pekerjaan membuat rasa kantuk yang menyerang sebaiknya harus segera diatasi agar pekerjaan dan aktivitas anda tidak terganggu dengan kantuk yang menyiksa anda. Nah, berikut ini bagi anda yang sering

Continue Reading

Awas Keliru! Berikut Daftar Kegiatan yang Harus Dihindari Setelah Makan

Setiap orang umumnya memiliki kegiatan yang sering mereka lakukan setelah makan. Dan biasanya kegiatan tersebut bergantung dengan waktu atau jam makan hingga dengan jenis makanan tertentu. Seperti misalkan, ada sebagian orang yang setelah menyantap sarapan pagi, memilih untuk bersantai sebentar sambil membaca koran atau mandi sebelum melakukan aktivitas.

Atau mungkin kebiasaan lain yang juga banyak dilakukan adalah dengan langsung tidur setelah menyantap makan. Biasanya kondisi seperti ini sering terjadi ketika seseorang telah menyantap makan siang dengan jumlah yang berlebih. Perut yang sudah terisi penuh membuat seseorang kehilangan energi yang pada akhirnya membuat mereka merasa kantuk yang sampai pada akhirnya mengantarkannya pada tidur yang pulas. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan setelah makan memang lumrah dan banyak dilakukan orang, hanya saja apakah anda sadar bahwa beberapa kegiatan tertentu yang anda lakukan setelah makan dapat berbahaya bagi kesehatan anda?

Apa sajakah kegiatan yang dapat berbahaya jika dilakukan setelah makan? Simak dibawah ini.

1. Merokok

Continue Reading

Tips Atasi Ngantuk Setelah Makan Siang

Biasanya kebanyakan orang akan merasakan kantuk yang begitu menyiksa setelah menyantap makan siang. Hal ini sendiri dipicu oleh beberapa sebab sehingga membuat siapapun mendambakan tidur setalah menyantap makan siangnya. Namun, jika hal seperti ini terus-terusan terjadi setiap kali anda selesai menyatap makan siang, maka akan mengganggu aktivitas anda karena mata akan terasa begitu berat dan konsentrasi menjadi buyar sehingga anda tidak siap dihadapkan pada pekerjaan yang masih begitu banyak.

Mengantuk usai makan siang sebenarnya bukanlah kondisi yang normal. Seharusnya, seusai menyantap makan siang yang terjadi pada tubuh adalah kembali segar sebab dari makan siang anda kembali mendapatkan energi dan tenaga untuk anda dapat kembali beraktivitas seharian. Ketika rasa kantuk menyerang, maka hal ini menjadi pertanda bahwa tubuh anda menginginkan istirahat.

Nah, sementara itu, jika rasa kantuk selalu datang setiap kali anda usai menyantap makan siang meskipun anda sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup dimalam hari, mungkin terjadi sesuatu yang

Continue Reading

5 Jenis Relaksasi yang Baik Dicoba Setelah Anda Lelah Bekerja

Ketika anda lelah bekerja seharian pada malam hari, dengan kondisi lelah dan menjenuhkan, relaksasi adalah satu yang ingin segera dilakukan. Mendengar relaksasi pasti langsung terdengar enak dan nyaman di telinga anda ketika dilakukan sepulang dari bekerja. Melakukan hal ini sepertinya akan membuat anda merasa rileks  dan membangkitkan kembali energi anda dan anda dapat melakukan aktivitas selanjutnya seperti makan malam dan langsung tidur untuk mengistirahatkan seluruh tubuh sebelum akhirnya kembali bekerja di pagi harinya.

Selama ini, sebagian besar orang tidur siang dengan mengabiskan durasi waktu beberapa menit dengan harapan ketika bangun nanti mereka akan merasa lebih segar dan tubuh terasa lebih ringan sehingga konsentrasi dan kesiapan mereka untuk kembali bekerja dapat kembali muncul. Namun, pada prakteknya tubuh kita akan terbangun dalam keadaan lebih lelah dibandingkan segar setelah tidur siang.

Lantas hal apakah yang dapat kita lakukan untuk merelaksasi tubuh secara efektif? Kita cari tahu jawabannya dibawah ini.

1. Pijat

Pijatan

Continue Reading

Cara Mengatasi Penyakit Pelupa

Sering kali ingin melakukan sesuatu namun ternyata tiba-tiba saja lupa akan melakukan apa. Hal ini bukan hanya kebetulan saja, namun juga termasuk ke dalam sebuah penyakit yang harus segera diatasi. Pada umumnya, penyakit lupa dialami oleh kaum manula. Namun ternyata bukan hanya monopoli kaum manula saja, pada kalangan anak muda seperti anak-anak, remaja, mahasiswa dan bahkan karyawan kerap kali mengalami hal serupa.

Seringkali kita lupa dengan hal-hal yang bahkan telah menjadi rutinitas kita sehari-hari. Seperti hal nya pergi ke kantor, ke pasar, ke sekolah atau bahkan melupakan janji bersama orang lain. Alhasil segala perencanaan akan aktivitas yang hendak anda lakukan hari ini menjadi berantakan dan berdampak tidak baik untuk anda dan oranglain.

Selain itu, penyakit lupa atau dimensia disebut-sebut merupakan penyakit degenerati akibat matinya sel-sel otak dan umumnya dapat menyebabkan kemunduran fungsi kognitif dan intelektual, diantaranya meliputi kemunduran daya ingat serta proses berpikir pada seseorang. Untuk itu, ketika anda

Continue Reading

Dampak Buruk Soda Untuk Kesehatan

Tahukah anda kalau ternyata banyak jenis makanan di dunia ini yang sama sekali tidak mengandung nutrisi? Salah satunya adalah soda padahal seperti yang telah kita ketahui soda memiliki banyak penggemar. Sebab minuman ini telah seolah menjadi gaya hidup baru yang hampir dilakukan oleh banyak orang. Apalagi konsumsi minuman soda dapat menimbulkan sensasi menyegarkan. Namun tanpa mereka sadari bahwa sesungguhnya minuman soda tidak memiliki kandungan nutrisi ataupun gizi. Namun bukan itu saja, selain tidak memiliki kandungan nutrisi, konsumsi soda yang berlebihan juga dapat berdampak buruk untuk kesehatan.

Apa sajakah dampak buruk tersebut? Simak berikut ini.

1. Konsumsi Soda Dapat Meningkatkan Berat Badan

Untuk anda yang tengah menjalani program diet, mengkonsumsi soda jelas bukan pilihan yang bijak. Hal ini ditunjukan oleh hasil penelitian yang dilakukan di Universisity of Texas Health Science Center yang mengungkapkan bahwa semakin banyak seseorang mengkonsumsi soda, maka akan semakin besar resiko orang tersebut mengalami overweight atau kelebihan

Continue Reading

Tips Atasi Kecanduan Fast Food

Dewasa ini untuk sebagian besar masyarakat yang bermukim diperkotaan yang memiliki segudang aktivitas yang banyak memang memiliki kegemaran mengkonsumsi fast food atau hidangan cepat saji atau yang dikenal pula dengan sebutan junk food. Hal seperti ini cukup meresakan, sebab banyak kandungan zat kimia yang terkandung dalam fast food, serta proses memasak yang begitu cepat dan alat masak serta minyak yang dipakai berulang kali membuat fast food atau junk food semakin riskan untuk kesehatan.

Menurut sebuah penelitian menjelaskan mereka yang mengkonsumsi fast food tidak hanya kesehatannya yang akan memburuk, namun juga kondisi psikologisnya. Sementara itu, fakta lain mengungkapkan bahwa kebiasaan konsumsi fast food erat kaitannya dengan dampak depresi. Hal ini dikemukaan oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari luar negeri yang mengungkapakan bahwa orang yang memiliki kebiasaan menyantap fast food memiliki kemungkinan 51% lebih tinggi terserang depresi dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi fast food. Selain itu bahan kimia

Continue Reading

Ketahui! Inilah Dia 5 Pengaruh Kafein Untuk Tubuh Anda

Saat ini sepertinya kafein sudah menjadi bagian dari gaya hidup manusia dan bahkan saat ini kafein tengah menjadi kebutuhan untuk beberapa orang. Betapa tidak, senyawa kafein setiap harinya selalu dikonsumsi dan bak kebutuhan pokok, jika tidak mengkonsumsi kafein seseorang akan merasakan hari-harinya kurang lengkap. Kafein yang banyak dikonsumsi oleh banyak orang biasanya datang dalam bentuk minuman atau makanan ringan seperti diantaranya kopi, teh, soda, coklat dan lain sebagainya.

Berbicara mengenai kafein, apa yang anda ketahui mengenai kafein? Umumnya, kita lebih mengenal kafein sebagai bahan stimulan yang mampu membuat seseorang untuk lebih terjaga dan mengusir kantuk saat malam hari, sehingga akhirnya dapat mencegah seseorang untuk tidak tertidur. Itulah mengapa, kafein sering kali dijadikan pilihan untuk seseorang yang memiliki kepentingan dengan jam malamnya. Namun, apakah benar bahwa kafein memiliki efek yang demikian? Terlepas dari semua itu, sebenarnya masih ada banyak efek kafein untuk tubuh yang mungkin sebagian besar dari kita belum

Continue Reading

Daftar Nutrisi dan Gizi Penting Untuk Tulang yang Kuat Selain Kalsium

Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang adalah hal penting yang harus senantiasa dilakukan oleh setiap orang. Sebab dengan tulang yang sehat dan kuat, tubuh kita dapat melakukan segala macam aktivitas mulai dari aktivitas yang ringan hingga dengan aktivitas berat sekalipun dengan tanpa halangan.

Untuk mendapatkan tulang yang sehat dan kuat, tubuh kita tentu akan memerlukan zat gizi serta mineral yang memang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Ketika berbicara mengenai nutirisi dan gizi yang baik untuk tulang, hal yang pertama terlintas dalam benak anda mungkin adalah kalsium. Memang benar, kalsium merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang.

Namun, bukan hanya kalsium yang diperlukan tubuh agar kesehatan tulang tetap terjaga. Tulang juga memerlukan zat-zat gizi serta mineral lain yang tak kalah penting untuk menutrisi tulang agar tetap kuat. Zat gizi serta mineral lain akan berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium oleh tubuh. Tanpa adanya mineral lain, tubuh tidak akan mampu

Continue Reading

Produksi Keringat Berlebih? Berikut Cara Mengatasinya

Indonesia merupakan negara beriklim tropis dengan rata-rata suhu yang tinggi. Sehingga keringat seolah menjadi 'kawan' akrab orang Indonesia. Apalagi kecenderungan saat ini dengan semakin padatnya aktivitas, sehingga dapat mengakibatkan keringat berlebih. Ada banyak hal negatif yang dapat terjadi akibat dari jumlah produksi keringat yang berlebih. Diantaraya adalah bau badan, ketika tubuh mengeluarkan aroma berbau, maka rasa percaya diri anda bisa menjadi turun, apalagi jika aroma tubuh anda yang berbau tidak sedap dapat mengganggu orang lain.

Nah, tips dibawah ini akan membantu anda agar produksi keringat tidak diproduksi secara berlebih dengan melakukan cara dibawah ini.

1. Hindari Minuman yang Mengandung Kafein serta Makanan Pedas

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, coklat dan minuman atau makanan lalin dengan kandungan kafein akan menstimulasi keringat untuk keluar lebih banyak. Selain itu makanan yang mengandung cabe dan memiliki rasa pedas akan membuat anda mengeluarkan banyak keringat. Misalnya saja ketika anda menikmati semangkuk bakso dengan

Continue Reading

Hati-Hati! Akibat Jeans yang Terlalu Ketat Masalah Kulit Ini Bisa Menyerang

Tidak dapat dipungkiri lagi, saat ini celana jeans menjadi trend fashion yang paling populer dan seakan tidak pernah mati dimakan zaman. Trend fashion ini seakan menjadi bagian penting yang perlu ada dilemari pakaian setiap orang, khusunya untuk para wanita, benar begitu bukan?

Celana jeans memang cukup serbaguna, sebab anda bisa mengenakannya dengan tampilan semi formal atau kasual. Dan tahukah anda, trend fashion jeans yang tengah terkenal saat ini adalah skiny jeans yang menjadi pilihan terbaik, bukan hanya dikenakan oleh kita, ternyata para selebritis bahkan para politisi pun ikut menjadi partisipan trend mode ini.

Skinny jeans atau celana jeans ketat atau di Indonesia dikenal dengan celana jeans bentuk 'pensil' memang dapat memberikan tampilan stylish dan bisa dikenakan oleh setiap kelompok usia, hanya saja hal ini bukan berarti skinny jeans aman anda kenakan. Sebab jika pemakaiannya terlalu intens, ada beberapa risiko kesehatan yang juga menyertai trens fashion ini.

Setiap orang selalu

Continue Reading

Mengurangi Minus Pada Mata Dengan Lakukan Cara Alami Dibawah Ini

Mata minus merupakan gangguan yang terjadi pada mata sehingga membuat seseorang tidak dapat melihat benda pada jarak yang terlalu jauh. Masalah mata minus dapat dialami oleh siapa saja, tak peduli pria, wanita, anak-anak maupun orang dewasa. Adapun penyebab mata minus umumnya disebabkan akibat dari sering membaca dalam keadaan gelap atau tidak mendapatkan pencahayaan yang memadai, membaca sambil berbaring, TV, terkena pancaran radiasi monitor, atau ponsel dan sebagainya.

Bagi para penderita mata minus, biasanya akan disarankan untuk menggunakan kacamata atau lensa kontak untuk membantu penglihatannya. Hanya saja, dua metode ini tidak dapat langsung mengurangi minus pada mata.

Lantas apa sajakah gejala mata minus?

Ada beberapa gejala yang akan dirasakan oleh para penderita mata yang minus, untuk penderita rabun jauh (miopia, mata minus), sumbu matanya terlalu cembung sehingga bayangan benda jatuh dari retina. Akibatnya, beda yang jauh tidak akan terlihat jelas. Tanpa bantuan kacamata, penderita rabun jauh akan mengalami sakit kepala

Continue Reading

Ketahui Ini Daftar Kebiasaan Sederhana yang Dapat Membuat Tubuh Merasa Lelah

Apakah anda merasa sangat mudah lelah? Jangan diremehkan, hal ini bisa menjadi masalah yang cukup serius. Kebiasaan sehari-hari yang anda lakukan ikut pula memainkan peran penting dalam meningkatkan energi dalam tubuh anda. Kurang mendapatkan istirahat yang cukup saat malam hari bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya rasa lelah dan membuat anda merasa cepat lelah. Selain itu, pola makan yang tidak tepat serta gaya hidup yang tidak sehar amat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Nah, kebiasaan-kebiasaan seperti itulah yang harus disembuhkan, sebab jika dibiarkan, hal-hal tersebut bisa menjadi sumber rasa lelah. Untuk melawan kelesuan, anda harus selalu aktif baik secara fisik maupun mental. Nah, agar anda bisa lebih memperhatikan aktivitas-aktivitas tersebut.

Berikut daftar kebiasaan buruk yang bisa membuat tubuh gampang merasa lelah.

1. Tempat yang Berantakan

Berada pada tempat yang berantakan akan membuat anda merasa lelah. Hal ini terjadi sebab tempat yang berantakan dapat menghentikan fokus otak anda dan juga membuat

Continue Reading

Atasi Bau Pada Ketiak dengan Lakukan Hal Berikut!

Perawatan tubuh tentunya menjadi hal yang amat penting yang harus dilakukan oleh setiap orang, khususnya untuk para wanita, khususnya bagi perempuan yang memiliki begitu banyak kegiatan. Bekerja dikantor, bermain bersama kawan-kawan serta rutin berolahraga tentunya akan membuat tubuh berkeringat. Yang kemudian, dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dari tubuh anda terutama dibagian ketiak. Jika aroma bau tidak sedap hingga tercium dan mengganggu orang lain, hal seperti ini tentu akan membuat anda merasa kurang nyaman dan kehilangan rasa percaya diri.

Untuk itulah, menjaga dan merawat seluruh bagian tubuh adalah keharusan yang senantiasa harus anda jaga. Anda tentu tidak ingin jika penampilan sempurna anda menajdi rusak karena timbulnya bau tidak sedap yang bersumber dari ketiak anda. Jika hal ini terjadi tentunya akan sangat merusak hari anda.

Nah, sebenarnya bau pada ketiak dapat dengan mudah diatasi dengan melakukan cara sederhana dibawah ini:

1. Memilah Makanan yang Tepat

Asupan makanan yang anda konsumsinya

Continue Reading

Beberapa Kebiasaan Buruk yang Memicu Timbulnya Back Pain

Back Pain atau yang dalam bahasa Indonesia berarti nyeri punggung merupakan keluhan yang sering dialami oleh hampir sebagian besar penduduk dunia. Meski tidak mendatangkan bahaya yang begitu besar untuk tubuh, bukan berarti back pain ini bisa dianggap remeh begitu saja. Mungkin saja, ini adalah gejala-gejala awal tubuh mulai terserang penyakit.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, pepatah inilah yang akan cocok kita sisipkan pada pembahas kali ini. Jadi sebelum back pain atau nyeri punggung ini memberikan bahaya yang lebih parah untuk kesehatan, ketahui terlebih dahulu aktivitas atau kebiasaan buruk apa saja yang dapat memicu timbulnya back pain.

Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang mampu memicu timbulnya back pain pada seseorang.

1. Duduk Lama Sepanjang Hari

Duduk sepanjang hari dengan layar monitor didepan kita memang sebuah pekerjaan yang lebih ringan jika dibandingkan dengan pekerjaan yang menuntut kita terjun kelapangan berjalan-jalan. Namun, tahukah anda ternyata pekerjaan seperti ini berbahaya, terutama bagi anda

Continue Reading

Kaku dan Tegang Otot Akibat Duduk Seharian? Berikut Cara Peregangan Otot di Sela Waktu Kerja

Kita semua tahu jika duduk sepanjang hari tidak baik untuk kesehatan. Hanya saja, rutinitas dan pekerjaan, memaksa seseorang untuk duduk didepan layar monitor berjam-jam untuk melakukan sesuatu yang memang sudah menjadi pekerjaannya. Sayangnya, orang-orang yang memiliki rutinitas kurang baik ini, tidak semuanya memiliki waktu atau kesadaran diri untuk diimbangi dengan olahraga atau pegi ke gym. Duduk terus menerus dalam waktu yang tidak sebentar akan menyebabkan anda sering mengalami kaku dan tegang otot.

Berikut beberapa cara peregangan otot sederhana yang bisa anda lakukan disela waktu kerja untuk melemaskan otot-otot yang tegang. 

1. Lakukan Untuk Leher dan Bahu

Membungkuk di atas keyboard dapat membuat tulang belakang, leher dan bahu menjadi kaku dan tegang. Untuk melemaskan kembali otot-otot ini, anda bisa melakukan cara ini capai lengn anda lewat belakang, kemudian putkan jari anda sehingga telapak tangan berhadapan. Setelah itu, angkat lengan anda sehingga anda merasakan peregangan di bagian dada dan bahu depan. Sementara

Continue Reading

Cara Menyamarkan Urat Tangan yang Kerap Membuat Penampilan Terganggu

Urat merupakan garis berwarna hijau dan sedikit kemerahan yang terdapat diseluruh bagian tubuh. Mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki sekalipun didalam lapisan kulit terdalam, terdapat urat-urat yang menempel pada otot-otot dan daging. Adapun urat ini berfungsi untuk membantu otot agar dapat berkontraksi lebih baik ketika tubuh mengangkat beban sendiri ataupun beban berat yang diangkut atau dipikulnya. Urat-urat halus ini biasanya muncul ke permurkaan kulit terluar, dan seolah-olah membuat kulit memiliki garis alurnya sendiri.

Munculnya urat halus ke permukaan kulit disebabkan oleh pembuluh darah balik atau yang sebut dengan pembuluh darah Vena (dalam bahasa kedokteran) yang melebar. Pelebaran pembuluh darah yang timbul ke permukaan kulit tangan ini biasanya sering terlihat pada laki-laki yang melakukan pekerjaan berat. Sementara pada perempuan urat halus ini akan timbul dibagian kaki atau yang disebut dengan varises.

Munculnya urat halus yang nampak hingga ke permukaan kulit ini sebenarnya tidak berbahaya, hanya untuk beberapa orang, kondisi

Continue Reading

Manfaat Baik yang Didapat Ketika Menyempatkan Makan Bersama Keluarga

Tradisi makan malam atau makan bersama dengan keluarga saat ini sudah semakin jarang dilakukan atau mungkin tradisi ini telah hinga begitu saja, terutama jika anda adalah orang tua yang sibuk atau anak-anak anda yang telah menginjak usia remaja atau bahkan dewasa sehingga waktu luang yang dihabiskan untuk keluarga akan semikin terbatas.

Kesibukan masing-masing anggota keluarga di luar rumah yang begitu padat menyulitkan untuk mencari waktu dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Makan malam atau makan bersama bukan saja tentang sekedar duduk bersama dan makan beramai-ramai. Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan ketika anda menyempatkan untuk makan bersama dengan keluarga. Apa sajakah keuntungan itu?

Beberapa point keuntungan yang akan anda dapatkan dari menyempatkan diri untuk makan bersama dengan keluarga.

1. Meningkatkan Komunikasi Antara Satu Dengan yang Lainnya

Duduk bersma dimeja makan untuk meyantap makan bersama bisa menjadi sarana yang baik untuk membangun hubungan baik dan membangun kominikasi dengan anggota keluarga

Continue Reading

Cara Sederhana Membersihkan Tubuh Dari Racun

Menghilangkan racun atau mengeluarkannya dari dalam tubuh adalah hal penting yang harus dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Tubuh seringkali kemasukan racun sebagai akaibat dari gaya hidup yang tidak sehat atau makanan yang dikonsumsi. Selain itu, bukan tidak mungkin, racun juga seringkali masuk ke dalam tubuh melalui kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi alkohol dan kebiasaan merokok.

Zat-zat beracun tersebut bisa merusak organ-organ lunak dalam tubuh jika terus dibiarkan seperti ini. Selain itu, racun tersebut dapat berisiko melemahkan sistem kekebalan tubuh. Membersihkannya akan membuat tubuh menjadi lebih ringan dan lebih sehat serta sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih kuat.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh secara alami.

1.    Hindari Konsumsi Makanan Olahan

Buah, sayuran, daging tanpa lemak beserta dengan biji-bijian yang tidak diproses seharusnya menjadi makanan yang anda konsumsi. Makanan ini membantu tubuh memulihkan kembali keadaannya dari kandungan zat dalam tubuh yang

Continue Reading

Tips Agar Bangun Pagi Lebih Bahagia

Rasa kantuk yang masih begitu menyiksa kerap kali dirasakan dipagi hari beberapa saat setelah bangun tidur. Apalagi kantuk ini akan begitu terasa ketika kita telah bergadang semalaman menyelesaikan tugas atau menonton televisi hingga larut malam, rasanya kantuk yang begitu menyiksa tidak lagi dapat ditahan. Alhasil, semua kegiatan yang dilakukan esok harinya akan membuat kita tidak bersemangat dan malah lebih cenderung lesu dan tanpa energi.

Nah, agar bangun pagi menjadi lebih bahagia dan lebih bersemangat sehingga aktivitas yang akan dijalani menjadi lebih bertenaga, maka jalani tips dibawah ini.

1.    Siapkan Segala Keperluan Saat Malam Hari

Menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan esok hari dimalam hari akan membuat anda lebih dantai dipagi harinya. Jadi anda tak perlu terburu-buru menyiapkan segala sesuatunya dipagi hari, yang mana diwaktu ini anda sudah dibuat sulit dengan jadwal bangun pagi anda yang cukup menyiksa. Cara ini akan mengurang kepanikan anda sehingga badan akan terasa lebih segar dan

Continue Reading

4 Tips Agar Tetap Bugar Meski Sering Kerja Lembur

Sebagian besar para pekerja pasti pernah mengalami lembur atau kerja diluar jam kerja hingga larut malam. Kerja lembur memang sealu diidentikan dengan jam kerja yang melelahkan, disiksa dengan rasa kantuk dan disertai dengan gaya hidup yang tidak sehat sebab biasanya orang yang melakukan kerja lembur seringkali bertemankan dengan kopi hitam atau jenis minuman lain yang mampu mengatasi rasa kantuknya.

Jika anda mulai merasakan hal-hal seperti tubuh yang terasa lelah, otot-otot yang terasa begitu kaku dan tegang, pusing yang terasa begitu menyiksa sampai mengalami kesulitan tidur, hal ini mungkin saja dipicu akibat anda sering kerja lembur dan tidak diimbangi dengan pola hidup yang sehat.

Nah, cobalah beberapa tips dibawah ini untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar meski sering menjalani lembur kerja.

1.    Perhatikan Masalah Cemilan

Mengemil atau menikmati makanan ringan seringkali menjadi pilihan orang lembut untuk menjaga semangatanya agar tidak mudah mengantuk. Hanya saja, tak jarang cemilanyang dipilih untuk

Continue Reading

Jangan Salah Meski Pedas, Cabai Kaya Akan Manfaat Untuk Kesehatan

Siapa yang tak kenal dengan 'si raja pedas' cabai? Ya, cabai adalah salah satu bahan masakan yang hampir menjadi kewajiban untuk harus selalu disertakan dalam setiap hidangan masakan. Rasanya kurang lengkap jika makanan yang disantap tidak memiliki cita rasa yang menggugah seperdas cabai. Itulah megapa, cita rasa masakan Indonesia lebih didominasi dengan kuliner dan masakan yang kaya akan bumbu dan bercita rasa pedas. Namun tahukah anda, dibalik rasanya yang pedas, sesungguhnya tersimpan segudang manfaat baik untuk kesehatan dari cabai ini.

Penasaran manfaat apa saja yang bisa didaptkan dari 'si raja pedas' cabai? simak point-point dibawah ini.

1.    Membantu Menurunkan Berat Badan

Pada riset yang dilakukan dalam sebuah penelitian menunjukan, dengan mengkonsumsi cabai mampu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan cabai memiliki kandungan zat capsaicin yang berfungsi membantu proses penurunan berat bada. Capsaicin diketahui mempunyai sifat termogenik yang mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh manusia. Untuk itulah, bagi anda yang

Continue Reading