data-ad-format="auto"

ASI

Kategori artikel yang berisi informasi seputar ASI, dari mulai manfaat ASI, cara menyusui yang baik dan benar, pemberian ASI ekslusif, hingga tips-tips mengenai kendala-kendala dalam permberian ASI

Bagaimana Memulai Menyusui?

Pertama kali ibu mengendong bayi Anda di ruangan bersalin merupakan waktu yang sangat tepat untuk mulai menyusui. Pada mulanya tubuh Anda menghasilkan sejumlah susu yang disebut kolostrum, kolostrum inilah yang akan membantu melindungi bayi dari infeksi. Perut bayi Anda sangat kecil, jadi dia hanya membutuhkan jumlah kecil untuk mengisinya.

Artikel kali ini akan membantu anda yang bertanya tanya bagaimana untuk memulai menyusui pada bayi, salah satunya dengan membuat anda rileks dan nyaman selama proses menyusui. Menjelang kelahiran bayi ibu harus sudah mengetahui cara menyusui bayi karena ASI yang terbaik, kolostrum muncul pada saat pertama kali ibu memberikan ASI.

Berikut ini adalah cara memulai memberikan ASI (menyusui) pada bayi :

1. Posisi Tubuh Anda

Mengubah seluruh tubuh bayi Anda ke arah Anda, yaitu dada anda dan dada bayi. Sentuh bibir atasnya dengan puting Anda, ketika dia membuka mulutnya lebar-lebar, menariknya ke payudara Anda, memegang payudara Anda untuk dukungan. Mulutnya harus

Continue Reading

Menu Diet Ibu Menyusui

Banyak ibu yang baru melahirkan bertanya-tanya apakah menyusui akan mempengaruhi pola makan? Sebaiknya anda tidak perlu melakukan perubahan besar dengan apa yang Anda makan atau minum ketika Anda menyusui, meskipun ada beberapa pertimbangan penting untuk diingat agar kesehata anda terhajaga. Beberapa ibu menyusui menginginkan berat badan yang kembali ke normal ketika menyusui tentu saja ini juga harus dipertimbangkan dengan gizi yang seimbang untuk menghasilkan kualitas ASI.

Pada artikel menu diet ibu menyusui akan membantu untuk ibu menyusui untuk tetap menjaga kesehatan, kualitas ASI dan membantu mencapai berat badan ideal. Pilihan menu diet seimbang untuk kesehatan merupakan solusi yang terbaik untuk ibu menyusui. Seperti apakah menu diet yang seimbang untuk ibu menyusui, di bawah ini akan dijelaskan menu diet ibu menyusui.

Kondisi Kesehatan Ibu Menyusui dan Bayi

ASI merupakan sumber makanan pada bayi dari 0-6 bulan, salah satu keajaiban ASI adalah dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi Anda bahkan ketika Anda

Continue Reading

Solusi Bagi Ibu Menyusui Yang Mengalami Pembengkakan

Dua sampai empat hari setelah bayi lahir, ibu kaget karena menemukan payudara mengalami ukuran yang lebih besar dari biasanya, ya seperti mengalami pembengkakan sehingga ukuran cup bra yang biasa digunakan tidak nyaman untuk dipakai. Normalkah kondisi ini pada ibu menyusui? Bagaimana solusi yang dapat dilakukan ketika ibu menyusui mengalami pembengkakan.

Peningkatan yang cukup signifikan pada ukuran payudara dan mengalami kepenuhan disebut pembengkakan fisiologis. Hal ini disebabkan oleh perubahan postpartum kadar hormon, yang memulai proses produksi susu dan juga meningkatkan sirkulasi darah ke payudara. Tubuh Anda mulai memproduksi kolostrum, susu pertama, pada akhir kehamilan dan lebih segera berikan kepada bayi anda ketika pertama kali bayi anda diperkenalkan ASI, yaitu beberapa menit seusai kelahiran. Pembengkakan fisiologis biasanya lebih drastis dan membuat tidak nyaman pada ibu menyusui.

Bahkan kepenuhan mendadak dan sesak mungkin sedikit tidak nyaman selama hari-hari awal ketika payudara Anda tampaknya mengisi lebih cepat. Beberapa ibu bahkan mengalami sedikit demam

Continue Reading

Tips Menyusui di Tempat Umum

Beberapa menyusun strategi yang cermat dapat membuat nyaman ketika menyusui di depan umum tampak seperti hal yang sederhana dan wajar untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa tips apa saja yang harus dipakai, bagaimana bayi memulai menyusui, mengajarkan bayi untuk tetap nyaman keika menyusui dan bagaimana untuk membantu diri sendiri dan orang lain merasa lebih nyaman.

Untuk beberapa ibu, hambatan terbesar untuk menyusui di depan umum adalah pola pikir mereka sendiri. Anda mungkin tidak merasa nyaman langsung menyusui bayi Anda di mana saja dan di mana-mana, tapi mulai dari hal kecil dan mencobanya. Setelah Anda mengalami kebebasan untuk bisa ambil beberapa cemelek, baju atau kain yang dapat menutupi. Selain itu anda dapat menjaga kontak dengan sekitar, Anda dapat membantu mereka keluar dengan menjaga kontak mata dengan orang lain ini sementara bayi Anda minum ASI dengan. Itu akan membantu pengamat fokus pada wajah Anda dan menghindari melihat payudara Anda, yang mungkin akan

Continue Reading

Tips Memilih Bra Untuk Ibu Menyusui

Perubahan buah dada dimulai pada trimester pertama kehamilan, dan kebanyakan ibu mengatasi dengan menggunakan bra kehamilan yang tepat bersama dengan baju kehamilan. Jika Anda membeli bra baru selama kehamilan, jangan lupa untuk mempersiapkan dengan membeli bra khusus menyusui. Kebanyakan pakaian dalam khusus ibu menyusui mungkin tidak cocok setelah bayi lahir.

Bra menyusui akan mendukung proses laktasi yang nyaman karena bra menyusui memiliki desain yang berbeda dengan bra biasa yang sering digunakan oleh wanita, salah satunya dapat menjadi penyangga, menyesuaikan bentuk buah dada dan mendukung proses laktasi. Bra menyusui dirancang dengan ‘cup’ yang terbuka. Anda dapat membuka flap pada ‘cup’ sehingga bayi dapat menyusu sedangkan sisanya dari bra tetap pada tempatnya. Artikel lainnya: Baju Hamil

Bagaimana Anda tahu ukuran bra ketika memutuskan membeli bra? Karena payudara berubah secara dramatis setelah melahirkan. Perubahan buah dada akan membesar setelah melahirkan, jadi mungkin membeli satu atau dua kurang bra di akhir

Continue Reading

11 Tips Memompa ASI Perah

Ibu menyusui yang sibuk dengan kegiatan di luar rumah tidak perlu khawatir, pemberian ASI ekslusif dapat dilakukan dengan memompa ASI yang lebih dikenal dengan ASI perah. Meskipun demikian ibu menyusui seringkali mengeluhkan cara memompa ASI yang kurang optimal sehingga ASI perah hanya sedikit. Padahal memompa ASI yang baik dan benar dapat dilatih sehingga ibu terbiasa memompa ASI. Bagaimana cara memompa ASI? Berikut ini adalah artikel yang dapat membantu anda 18 tips memompa asi perah.  

Memompa ASI merupakan keterampilan, sama halnya seperti menyusui bayi Anda. Berikut adalah beberapa tips memompa payudara untuk membantu membuat lebih mudah dan membantu Anda merangsang refleks ASI, tidak membuat putting sakit, memompa lebih banyak susu dan membuat anda  nyaman.

1. Buatlah jadwal rutin memompa ASI disela aktivitas Anda

Anda dapat menciptakan rutinitas memompa payudara yang paling efektif. Ibu menyusui dapat memompa di tempat yang sama, misalnya pada ruangan yang sudah anda pilih di sela

Continue Reading

Masih Bingung Menentukan Posisi Menyusui, Inilah Caranya

Kaku, canggung, khawatir salah posisi menyusui seringkali dialami oleh ibu menyusui di minggu minggu pertama kelahiran bayi. Terlebih bayi sering menangis ketika sedang menyusu,benarkah bayi tidak mengalami kenyamanan ketika sedang menyusu. Untuk dapat membantu anda menentukan posisi menyusui yang baik dan bener sesuai dengan kondisi bayi, artikel ini akan membantu anda untuk menentukan posisi menyusui.

Posisi bayi menyusui terdiri dari berbagai posisi, kondisi ini disesuaikan dengan kondisi ibu dan bayi.Kondisi bayi yang lahir prematur, kondisi dimana bayi baru pertama menyusui, ketika malam hari, atau ketika bayi sudah sering menyusu. Berikut uraiannya :

Posisi bayi berada disisi ibu selama menyusui, diantara lengan dan tubuh ibu

Posisi dimana bayi berada di sisi ibu selama menyusui dan diantara lengan dan tubuh ibu, sangat membantu untuk bayi yang mengalami kondisi :

  1. Bayi yang mengalami kesulitan menemukan puting ibu
  2. Bayi yang aktif, dimana bayi sering mengalami punggung cenderung melengkung dan menggeliat
  3. Bayi yang lahir

Continue Reading

Berikan ASI Untuk Meningkatkan IQ Anak

Meskipun penelitian tidak dapat memberikan jaminan bahwa anak yang diberikan ASI akan menjadi anak yang unggul dalam prestasi dan mendapatkan juara kelas akan tetapi penelitian yang ditemukan bahwa adanya hubungan yang positif antara menyusui dan perkembangan otak anak, sehingga penting bagi anda untuk memberikan ASI, terutama pemberian ASI ekslusif.

Anak-anak yang diberi ASI memiliki IQ memiliki skor rata-rata tujuh sampai sepuluh poin lebih tinggi daripada bayi yang diberi susu formula. Sehingga apabila Anda ingin meningkatkan tingkat kecerdasan seluruh generasi anak-anak, menyusui akan menjadi cara yang sederhana dan biaya-efektif untuk melakukannya. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapat ASI mendapatkan nilai yang lebih tinggi di sekolah.

Sebelum mengetahui alasan mengapa ASI dapat meningkatkan IQ anak, tidak ada salahnya mengetahui proses terjadinya ASI sehingga menjadikan cairan yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Bahkan ASI memiliki kandungan yang lebih lengkap ketimbang susu formula. Berikut adalah proses pembuatan ASI di dalam tubuh.

Continue Reading

Jangan Takut Bayi Kelaparan, Kandungan ASI Eksklusif Mencukupi Kebutuhan Gizi Bayi

ASI adalah nutrisi terbaik untuk bayi, pemberian ASI eksklusif sangat disarankan karena dapat memenuhi imunitas alami pada bayi dan kandungan nutrisi ASI juga dapat membantu bayi tumbuh kembang secara optimal. Bahkan ASI mendukung perkembangan tingkat kecerdasan pada anak, apakah anda masih ragu untuk memberikan ASI eksklusif?

Hindari keraguan anda dan minimalisir masalah yang dapat menghambat pemberian ASI eksklusif, sebagian ibu menyusui yang harus kembali pada ritunitas kerja terkadang malas memberikan ASI perah, padahal pemberian ASI perah merupakan alternatif yang bisa dilakukan untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayi anda. Sedangkan kendala lainnya adalah kurang rasa percaya diri dari ibu menyusui sehingga khawatir bayinya kelaparan. Anda tidak perlu khawatir karena kandungan ASI eksklusif dapat mencukupi kebutuhan gizi bayi. ( Baca : Dashyatnya Manfaat Air Susu Ibu (ASI) )

Kandungan Gizi ASI

Protein adalah salah satu bagian terpenting yang terkandung di dalam ASI, nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang bayi. Kandungan ASI

Continue Reading

Cara Meminimalkan Gangguan Menyusui Pada Bayi Penyakit Kuning

Penyakit kuning cenderung lebih sering terjadi pada bayi yang diberi ASI dan untuk bertahan sedikit lebih lama. Dalam kebanyakan kasus, itu tidak berbahaya, tapi penyakit kuning fobia pada bagian dari orang tua dan penyedia layanan kesehatan sering menimbulkan hambatan untuk keberhasilan menyusui. Berikut adalah beberapa latar belakang pada penyakit kuning dan cara untuk meminimalkan gangguan menyusui. ( Baca : Bolehkah Ibu Menyusui Bayi Kuning? )

Apakah itu Penyakit Kuning?

Penyakit kuning atau juga dikenal sebagai hiperbilirubinemia) yang ditandai warna kulit dan bola mata bayi baru lahir, terutama pada minggu pertama atau kedua berwarna kuning. Penyakit kuning terjadi karena bayi lahir dengan lebih sel darah merah dari yang mereka butuhkan. Ketika hati rusak sel-sel yang berlebihan itu menghasilkan pigmen kuning yang disebut bilirubin. Karena hati yang belum matang bayi yang baru lahir tidak dapat membuang bilirubin dengan cepat, pigmen kuning kelebihan disimpan dalam bola mata dan kulit bayi yang baru

Continue Reading

Mengatasi Mastitis Pada Ibu Menyusui

Selamat bagi ibu yang baru saja berbahagia mendapatkan anggota keluarga baru. Kehadiran bayi anda menjadi pelengkap kehangatan keluarga. Orang tua selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, salah satunya dengan memberikan ASI untuk dapat menunjang tumbuh kembang bayi.

Pemberian ASI eksklusif sangat membantu bayi mendapatkan antibodi alami yang dapat mencegah dari infeksi. Selain itu pencernaan bayi yang belum sempurna sangat dibantu dengan ASI karena bayi mudah beradaptasi dengan komposisi ASI. Apalagi penelitian menemukan ASI eksklusif dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit saat dewasa dan juga mengurangi risiko anak obesitas.

Pentingnya pemberian ASI seringkali terkendala oleh kondisi kesehatan ibu menyusui. Salah satunya disebabkan oleh penyakit mastitis yaitu penyakit yang membuat ibu tidak nyaman dan merasa tersiksa ketika memberikan ASI. Bahkan beberapa ibu yang mengidap mastitis terkendala memberikan ASI eksklusif.

Artikel kali ini akan membantu anda untuk mengetahui pengertian mastitis, penyebab dan gejala mastitis, selain itu juga mengenai pencegahan dan pengobatan

Continue Reading

Mengapa ASI Semakin Sedikit?

Setiap orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk kesehatan anaknya, begitupula pada bayi yang memasuki masa tumbuh kembang sangat didukung dengan memberikan nutrisi yang terbaik. Pemberian nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi adalah dengan memberikan ASI.

ASI merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi dengan memberikan ASI dari sejak lahir hingga minimal 6 bulan atau dikatakan ASI eksklusif dapat membantu mengoptimalkan kesehatan dan kecerdasan anak anda. Pemberian ASI eksklusif tanpa memberikan makanan atau cairan lainnya selama 6 bulan pertama. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan ASI dan makanan pendamping ASI pada usia 6 bulan ke atas.

ASI dapat membantu menjaga kesehatan bayi dengan kandungan antibodi alami yang dapat mencegah bayi dari infeksi. Selain itu bayi yang baru lahir masih membutuhkan waktu adaptasi untuk dengan berbagai makanan dan minuman yang diberikan karena proses pencernaan yang belum sempurna. Dengan memberikan ASI maka akan membantu pencernaan bayi dengan baik. Manfaat ASI selanjutnya adalah dapat membantu mengurangi risiko

Continue Reading

Cara Menyimpan ASI Saat Traveling

Membawa bayi untuk berlibur tidak akan membuat anda kerepotan asalkan anda mengetahui kebutuhan yang diperlukan bayi. Persiapan yang harus anda persiapkan diantaranya adalah pakaian bayi, peralatan tidur dan mandi bayi selain itu yang tidak kalah penting adalah kebutuhan makanan yang dibutuhkan untuk tetap menjaga keperluannya di perjalanan dan ditempat tujuan.

Ketika bepergian apalagi harus menggunakan fasilitas publik maka ada perasaan segan harus menyusui secara langsung. Salah satunya adalah dengan membawa ASI perah. Anda dapat menggunakan tempat penyimpanan yang steril untuk dibawa berlibur.

Artikel kali ini akan membahas mengenai pemberian ASI meskipun ibu sedang di dalam perjalanan. Pemberian ASI berhubungan dengan cara menyimpan dan prosedur pemberian yang benar ketika sedang diperjalanan. Dengan demikian bayi tetap mendapatkan kebutuhan nutrisi dari ASI meskipun sedang berada di perjalanan.

Pentingnya Memberikan ASI

ASI merupakan nutrisi yang paling penting untuk bayi. Bayi yang berumur 0-6 bulan yang diberikan ASI saja dikenal dengan pemberian ASI eksklusif,

Continue Reading

Cara Menyimpan ASI Perah

ASI merupakan sumber nutrisi terbaik untuk bayi selain itu kandungan ASI memiliki antibodi alami yang dapat menjaga bayi dari infeksi. Pemberian ASI hingga usia 6 bulan tanpa memberikan makanan dan cairan lain atau dikenal dengan ASI eksklusif sangat disarankan karena dapat menjaga kekebalan tubuh sehingga bayi tidak mudah sakit, memiliki intelegensi yang lebih baik dan juga ikatan batin antara anak dan ibu. Selain itu manfaat ASI eksklusif akan membantu dalam pemulihan ibu pasca persalinan.

Bagi ibu menyusui yang harus kembali pada rutinitas kerja dapat memberikan ASI eksklusif dengan cara ASI perah. Anda dapat menyimpan ASI perah dengan baik agar manfaatnya tidak berkurang, ASI perah (ASIP) adalah ASI yang diperas kemudian disimpan untuk diberikan kepada bayi. Ini merupakan cara efektif yang dilakukan oleh ibu menyusui yang memiliki kesibukaan di luar rumah.

Seringkali ibu cemas ketika menyimpan ASI perah, dikhawatirkan akan merubah kandungan gizi dari ASI yang disimpan. Selain itu penyimpanan

Continue Reading

Cara Mengatasi Bingung Puting Pada Bayi

Bayi selalu menolak dan rewel ketika akan diberikan ASI? Apakah ASI tidak disukai oleh bayi sehingga bayi selalu menolak? Kondisi ini yang membuat ibu bertanya-tanya bahkan cemas kesehatan bayi terganggu. Cobalah dengan menggunakan ASI perah, apabila ternyata bayi dapat menerimanya mungkin kondisi bayi anda sedang mengalami bingung puting.

Nipple confusion atau dikenal dengan bingung puting merupakan kondisi bayi lebih rewel dan juga menolak menyusu langsung dari ibu sehingga membutuhkan alat bantu. Artikel kali ini akan membantu anda mengetahui lebih jauh tentang bingung puting. Penyebab dari bingung puting dan cara mengatasinya sehingga anda dapat memberikan langsung ASI pada bayi anda.

Mekanisme Menyusui

Pemberian ASI secara eksklusif diperlukan hingga usia 6 bulan, meskipun ibu sibuk dengan rutinitas di luar rumah akan tetapi pemberian ASI ekslusif masih bisa diberikan dengan menggunakan ASI perah.

ASI perah dimaksudkan untuk mencukupi kebutuhan ASI ketika ibu tidak berdekatan dengan bayi. Pemberiannya menggunakan dot atau kempeng. Inilah

Continue Reading

Amankah Donor ASI?

Perkembangan teknologi yang semakin canggih sehingga lebih memudahkan ibu untuk bertukar informasi mengenai kondisi kesehatan bayi. Salah satunya keluhan yang dialami ketika bayi sudah hadir ditengah keluarga dan merasa tidak puas mendukung tumbuh kembang bayi karena ASI sulit diproduksi.

Beberapa media sosial dan milis seringkali memperkenalkan donor ASI. Donor ASI adalah salag satu cara untuk membantu bayi yang kesulitan mendapatkan ASI. Penyebabnya dapat dikarenakan ibu meninggal, bayi masuk NICU, ibu sedang sakit, sedang di dalam inkubator, ASI yang sulit keluar, persedian ASI perah yang habis hingga bayi yang terlantar.

Pertanyaan yang muncul adalah apakah donor ASI aman dan bagaimana sebaiknya ketika akan mendonorkan ASI atau menerima donor ASI? Artikel kali ini akan membahas donor ASI dari segi kesehatan, pengaruh untuk kesehatan ibu dan bayi baik pendonor atau juga bayi penerima donor ASI.

Apa itu Donor ASI?

Ibu ingin memberikan yang terbaik untuk membantu tumbuh kembang bayi meskipun terkadang mengalami

Continue Reading

Manfaat ASI Ekslusif

AsI merupakan sumber nutrisi pada bayi. Komposisi yang terkandung di dalam ASI menunjang tumbuh kembang bayi apalagi terdapat kandungan antibodi alami yang dapat membantu dalam mencegah infeksi dan gangguan kesehatan pada bayi.

Bahkan ASI lebih dikenal luas sebagai nutrisi yang lengkap yang dapat memberikan dukungan untuk pertumbuhan, kesehatan, imunitas dan perkembangan bayi sehingga dengan demikian pemberian ASI pada bayi sangat penting untuk diberikan.

Pemberian ASI pada bayi minimal dengan memberikan ASI ekslusif, yaitu memberikan ASI tanpa makanan lainnya selama enam bulan pertama. Sudahkah anda memberikan ASI ekslusif pada bayi anda? Kenali lebih dalam manfaat pemberian ASI untuk bayi dan dapatkan keuntungan untuk ibu yang memberikan ASI. Yuk, kenali lebih dalam pemberian ASI pada bayi.

Pengertian ASI EKslusif

Anda sering mendengar ibu diwajibkan untuk memberikan ASI Ekslusif. ASI Ekslusif merupakan pemberian ASI tanpa memberikan makanan lain pada bayi yang berusia 0-6 bulan. Dengan demikian bayi tidak diberikan tambahan cairan seperti

Continue Reading

Cara Memperbanyak ASI

Bertambahnya anggota keluarga baru ditengah kehangatan keluarga anda akan memberikan kegembiraan yang sulit terungkap. Penantian si kecil selama 9 bulan terbayar sudah dengan senyum yang dapat membuat anda bangga telah merawat tumbuh kembangnya selama di dalam kandungan.

Setelah bayi anda lahir, peranan anda seorang ibu untuk mendukung tumbuh kembang si kecil sangat diperlukan. Salah satunya yang dilakukan adalah dengan memberikan Air Susu Ibu. ASI merupakan salah satu sumber nutrisi yang paling baik untuk bayi anda. Pemberian ASI diberikan pada usia 0 hingga minimal usia 6 bulan, sedangkan pada batas maksimal pemberian ASI dapat disesuaikan dengan anak anda. Ada pula yang diberikan ASI hingga usia dua tahun atau bahkan lebih.

Memberikan ASI pada bayi memberikan manfaat untuk tumbuh kembang bayi. ASI merupakan nutrisi yang paling baik dan mengandung komposisi gizi yang lengkap dan seimbang. Selain itu ASI mengandung zat antobodi yang akan membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Pemberian ASi pada

Continue Reading

Mengapa Asi Belum Keluar?

Selama membesarkan dan merawat bayi anda, seringkali dikejutkan dengan hal-hal yang membuat anda kagum pada perkembangan bayi anda. Bayi anda dapat menjadi pelepas lelah dengan tingkah laku yang dapat membuat anda terkagum-kagum. Meskipun demikian pada sebagian ibu seringkali diterpa rasa khawatir karena sampai bayi terlahir masih kesulitan dalam memberikan ASI. Padahal ASI merupakan sumber nutrisi terbaik untuk bayi anda, pemberian ASI sangat dianjurkan minimal dari awal kelahiran hingga usia 6 bulan.

Hambatan dalam pemberian ASI memang bukan dialami anda saja, beberapa ibu yang pertama kali memberikan ASI mengalami kondisi kesulitan dalam pemberian ASI. Salah satu penyebabnya ASI belum keluar meskipun bayi sudah berupaya untuk menyusu. Mengapa ASI belum keluar padahal sudah waktunya, mungkinkah kesehatan ibu terganggu dan bagaimana pengaruhnya pada bayi anda? Berikut adalah penjelasan mengenai ASI yang belum keluar pada ibu yang menyusui di minggu pertama kelahiran bayi .

Ibu memilikki kemampuan yang berbeda-beda dalam memberikan ASI akan

Continue Reading

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Durian?

Sama halnya dengan kehamilan seringkali ibu dibuat bertanya-tanya ketika mengkonsumsi makanan saat ibu sedang menyusui. Ibu khawatir apabila makanan yang dikonsumsinya akan berdampak pada tumbuh kembang bayi. Hal yang wajar saja dialami oleh ibu menyusui meskipun demikian anda juga harus tetap berpikiran bahwa selama menyusui fisik dan psikis anda harus tetap sehat. Menjaga kesehatan psikis dan fisik selama menyusui akan membantu dalam proses menyusui yang baik dan terhindari dari gangguan produksi ASI.

Makanan yang ibu konsumsi baik dalam porsi kecil atau porsi besar akan mempengaruhi kualitas ASI. Bagaimana dengan buah duren, betulkah kandungan yang di dalam buah durian akan berpengaruh pada kesehatan bayi anda? Sehingga ibu menyusui dilarang mengkonsumsi buah durian, betulkah?

Taukah anda bahwa hampir zat yang dikonsumsi oleh ibu terkandung di dalam ASI.Meskipun za tersebut memiliki kadar yang sedikit atau hanya sebatas aroma saja. Apabila ibu menyusui mengkonsumsi vanila, aroma bawang putih atau mint sehingga sedikit memiliki

Continue Reading

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi?

Kini anda memasuki fase menyusui, ibu yang sedang menyusui diharuskan menjaga kesehatan fisik dan psikis, Kesehatan fisik dan psikis akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI. Dengan kualitas dan kuantitas ASI yang terbaik akan membantu dalam tumbuh kembang bayi anda. Penting untuk ibu menyusui memperhatikan asupan makanan selama menyusui, makanan yang baik akan membantu menjaga kesehatan dan memberikan kualitas ASI yang baik. (Baca : Penting! Berikut Daftar Makanan yang Harus Dihindari Selama Menyusui)

Ketika ibu hamil seringkali mengalami perasaan yang cemas, bolehkah ibu hamil makan ini atau makan itu. Hal yang sama dirasaka ketika ibu menyusui. Makanan dengan kandungan nutrisi tertentu akan membantu ibu dalam proses menyusui, seperti makanan yang akan membantu melancarkan ASI atau makanan yang akan menganggu proses menyusui. Bolehkah ibu menyusui minum kopi dan apa pengaruhnya pada bayi?

Bagi anda wanita penikmat kopi yang sedang memiliki tugas mulia, menyusui. Anda tidak perlu khawatir anda dapat menikmati minum

Continue Reading

Penting! Berikut Daftar Makanan yang Harus Dihindari Selama Menyusui

Menyusui banyak disarankan kepada ibu yang baru saja melahirkan buah hatinya, sebab kegiatan yang satu ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Bahkan sebuah riset menunjukan jika bayi yang menyusui memiliki resiko yang rendah terhadap serangan penyakit perut, paparan virus serta infeksi telinga. Selain itu, anak-anak yang mendapatkan ASI juga memiliki resiko yang randah terhadap pengembangan alergi dan obesitas dan juga nampaknya memiliki efek yang baik terhadap kecerdasan anak.

Sama halnya ketika ibu hamil, asupan makanan yang berkualitas juga sama pentingnya untuk dijaga pada periode menyusui. Ibu yang menyusui harus mampu mengatur dan memahami makanan apa saja yang masuk ke tubuhnya. Hal ini semata-mata bukan saja untuk memperlancar atau memperbanyak produksi ASI, namun juga untuk kesehatan bayi tercinta.

Sayangnya, hingga saat ini masih banyak ibu baru yang belum mengetahui makanan apa saja yang aman dikonsumsi saat menyusui dan makanan apa yang harus dihindari. Sedangkan untuk memproduksi 600 hingga 800

Continue Reading

Milk Blister, Jerawat yang Mengganggu Proses Menyusui

Pemberian ASI ekslusif atau memberikan di 6 bulan pertama kelahirannya sangat disarankan karena akan membantu tumbuh-kembang secara optimal. Selain itu secara psikis sangat membantu untuk menjaga hubungan batin antara ibu dan anak. Meskipun demikian dalam proses menyusui seringkali ibu mengalami kendala, salah satunya membagi waktu dengan pekerjaan, bayi menolak ASI, atau masalah yang dihadapi oleh ibu menyusui.

Milk blister adalah salah satu masalah yang seringkali dihadapi oleh ibu saat menyusui. Ditandai dengan adanya bintil putih pada seperti jerawat yang mengganggu proses menyusui. Mengapa dapat terjadi milk blister dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini adalah penjelasan milk blister.

Milk Blister

Milk blister terjadi apabila puting mengalami lecet sehingga secara alami akan membentuk kulit baru. Dalam proses ini terdapat sisa ASI yang akhirnya menutupi pori-pori yang menyebabkan saluran ASI tertutup. Terlihat menyerupai bintil putih (jerawat) yang ditandai dengan rasa sakit yang tidak tertahankan pada area tersebut. Sakit tersebut ditimbulkan karena saluran

Continue Reading

Ibu Sakit, Bolehkah Menyusui?

Menyusui merupakan proses alami untuk memberikan ASI pada bayi sehingga dapat membantu tumbuh-kembang bayi anda. Menyusui sangat disarankan bagi anda minimal dalam pemberian ASI ekslusif ekslusif yaitu dari umur 0 hingga 6 bulan. Anjuran pemberian ASI ekslusif dikarenakan manfaat ASI yang dapat menjaga daya tahan tubuh bayi, mengoptimalkan tumbuh-kembang, melengkapi nutrisi bayi dan juga menjalin ikatan antara ibu dan anak yang lebih kuat.

Lantas bagaimana apabila ibu mengalami kondisi yang mengakibatkan proses menyusui terhambat? Benarkan ketika ibu sedang sakit bayi tidak boleh mendapatkan ASI, karena akan menyebabkan bayi ikut tertular sakit? Pada kali ini kami akan membahas mengenai kondisi ibu menyusui yang sakit. Umumnya pemberian ASI dapat diberikan dan tidak perlu dihentikan asalkan anda dapat mencegah penularan pada bayi.

Penularan ibu sakit saat sedang menyusui dapat diatasi dengan menggunakan masker atau obat-obatan. Anda tidak perlu khawatir karena antibodi yang dibentuk ketika ibu menyusui sedang sakit terdapat di dalam ASI. Zat

Continue Reading

Tips Mengatasi Mual Saat Menyusui

Kini, bayi anda sudah terlahir. Bahaginya dapat merawat dan menjaga tumbuh-kembang buah hati anda. Anda dapat mengetahui berbagai pengetahuan yang berhubungan dengan perkembangan, pertumbuhan dan perawatan selama bayi terlahir hingga tumbuh besar dari berbagai situs kesehatan. Bergabunglah dengan berbagai forum kesehatan yang membantu anda untuk berbagai mengenai tumbuh-kembang bayi anda sehingga mengurangi kecemasan dan kekhawatiran dalam mengikuti proses pertumbuhan bayi anda.

Banyak hal yang dapat membuat anda cemas ketika mengikuti tumbuh kembang bayi anda. Baik yang berhubungan dengan kondisi kesehatan anda ataupun kondisi bayi. Hal itu memang wajar walaupun demikian anda jangan terlarut dalam kecemasan yang membuat anda stress, karena faktor psikis ibu yang baik sangat dibutuhkan dalam proses tumbuh-kembang bayi anda.

Proses psikis ibu sangat berhubungan dengan pemberian ASI. Ibu seringkali merasa kurang percaya diri dalam pemberian ASI dikarenakan beberapa kondisi yang dialami oleh ibu menyusui. Beberapa kondisi yang membuat ibu tidak percaya diri seperti payudara bengkak, kelainan

Continue Reading

Ketahui Suhu yang Tepat Untuk Menyimpan ASI

Tidak lagi dapat diragukan bahwa Air Susu Ibu (ASI) merupakan sumber makanan dengan kandungan nutrisi terbaik untuk bayi. Kandungan gizi yang ada pada ASI begitu lengkap yang mana manfaatnya begitu baik untuk tumbuh kembang bayi.
Selain itu, ASI juga terbilang amat mudah dan begitu praktis untuk disajikan pada bayi. Namun, ada kalanya ibu yang menyusui tidak daat memberikan ASI-nya secara langsung pada bayi.

Umumnya, kondisi seperti ini banyak terjadi pada orang tua atau ibu yang juga merangkap sebagai seorang wanita karir yang disibukan dengan pekerjaannya, dengan demikian mau tidak mau ibu harus merelakan bayinya untuk menikmati ASI lewat botol seperti halnya ketika bayi mengkonsumsi susu formula. Untuk dapat menjamin ketersediaan ASI untuk bayi, seorang ibu pekerja harus memompa ASI-nya untuk dibuat stock yang disimpan dalam lemari es. Adapula ibu yang mampu menghasilkan ASI dalam jumlah yang banyak. Agar tidak terbuang sia-sia, maka ia harus memompa ASI-nya dan menyimpannya dalam

Continue Reading

Tips Berkarir Sambil Memberikan Asi Ekslusif

Selamat bagi anda kini yang tengah berbahagia dengan kehadiran anggota keluarga baru. Untuk tetap mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak anda berikan ASI eksklusif hingga usia anak anda minimal 6 bulan. Anda yang harus kembali ke kantor sehabis cuti melahirkan terkadang sangat dilematis karena kebanyakan wanita karir seringkali dihadapkan dengan pemberian ASI ekslusif dan tuntutan untuk kembali kerja.

Seringkali kendala dalam memberikan ASI ekslusif adalah kesibukan anda yang harus berbagi peran di luar rumah. Ya, menjadi wanita karir dan harus memberikan ASI ekslusif memang harus memiliki tips tersendiri sehingga anda dapat membagi waktu dan memprioritaskan untuk tetap mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Pertimbangan bagi anda adalah ASI adalah pilihan yang terbaik dibandingkan susu formula dikarenakan kandungan gizi yang terdapat ASI sangat sempurna sehingga dapat membangun perkembangan kecerdasan dan mencegah terserang berbagai macam penyakit.

Inilah tips yang dapat anda lakukan untuk membagi waktu pekerjaan dan memberikan ASI :

1. Lakukan

Continue Reading

Kenali Gaya Menyusui Pada Bayi Anda

 Tahukah anda keberhasilan seorang ibu dalam memberikan ASI akan didukung oleh posisi yang benar sehingga ibu menyusui disarankan untuk mempelajari posisi ketika memberikan ASI dalam mendukung kelancaran pemberian ASI. Anda dapat membiasakan untuk mengatur posisi tubuh dalam memberikan kenyamanan pada bayi anda terutama ketika sedang memberikan ASI.

Mengetahui cara yang baik dan benar untuk memberikan ASI :

1. Posisi Menggendong

Ketika anda menggendong bayi anda maka anda dapat memposisikan kepala bayi pada lekukan tangan anda. Salah satu contohnya apabila anda akan memberikan ASI dari payudara kanan anda maka anda dapat meletakan bayi anda di lekuk siku tangan kanan dan juga menggendong bokong pada telapak tangan kanan. Perhatikan pula arahan pada bayi anda sehingga kupingnya berada pada satu garis lurus dengan tangan bayi yangn berada di atas.Sehingga dapat disimpulkan bagi anda yang akan memberikan ASI dengan cara menggendong posisi muka, perut dan lutut bayi anda menempel pada dada dan perut

Continue Reading

Mencegah Bayi Mengantuk Ketika Sedang Mendapatkan ASI

Seorang bayi yang berada di bawah usia dua minggu perlu dibangunkan setidaknya setiap dua jam untuk mendapatkan ASI sehingga ia tidak mengalami dehidrasi. Setiap bayi yang mendapatkan ASI harus aktif mengisap dan menelan setidaknya selama 20 menit. Ibu juga perlu menjaganya sehingga pasokan susu sendiri tidak mengalami hambatan. Perlu anda ingat semakin anda memberikan ASI maka produksi ASI akan semakin lancar.

Ketika usia bayi anda memasuki usia dua minggu maka permintaan untuk mendapatkan ASI akan disesuaikan dengan kebutuhan bayi anda. Bahkan pada usia ini maka bayi sudah dapat mendapatkan ASI secara rutin. Walaupun demikian alangkah baiknya anda melakukan adaptasi sehingga beberapa minggu kedua hingga ketiga ketika anda mendapatkan kesulitan dapat diatasi. Beberapa minggu pertama menyusui selalu yang paling sulit salah satu diantaranya bayi akan mengalami kantuk ketika mendapatkan ASI. Ada begitu banyak yang dapat ibu lakukan untuk membantu menjaga bayi akan tetap terjaga saat sedang menyusui.

Berikut adalah beberapa

Continue Reading

Cara Menyimpan dan Menyiapkan ASI dari Kulkas

Dalam mendukung pemberian ASI maka ibu menyusui dapat menggunakan ASIP atau yang dikenal ASI perah sehingga membantu memberikan secara eksklusif selama enam bulan pada bayi anda. Pemberian asi perah seringkali dilakukan untuk ibu menyusui yang aktif  bekerja. Salah satu alasan sehingga tidak mengalami pembengkakan dikarenakan produksi ASI yang tidak seimbang dengan pemenuhan kebutuhan bayi anda. Dengan memerah ASI maka anda telah membantu mempertahankan produksi ASI.

Disarankan ibu menyusui yang akan aktif bekerja maka belajar untuk memerah ASI sebelum kembali bekerja pasca melahirkan. Dengan belajar memerah ASI sedini mungkin maka makin banyak stock ASI perah yang dapat disimpan untuk memenuhi kebutuhan bayi anda. Penyimpanan ASI perah sebaiknya di tempat yang disesuaikan, misalnya dengan menyimpan di dalam lemari pendingin. Penyimpanan ASI tidak harus selalu di freezer akan tetapi anda dapat menyimpan di kulkas hingga mencapai 3-8 hari. Waktu penyimpanan disesuaikan dengan kondisi dan cara yang tepat.

Perhitungan penyimpanan ASI perah di

Continue Reading

  • 1
  • 2
Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…

Bayi Kuning, Kenali dan Waspadai

Pigmen bernama bilirubin adalah faktor penyebab dari bayi kuning (ikterus) yang harus di…

Follow us