8 Tips untuk Menjaga Nafsu Makan Selama Kehamilan

Keluhan yang banyak dialami oleh ibu hamil memasuki awal kehamilannya adalah kehilangan nafsu makan sehingga beberapa makanan yang memiliki nutrisi yang memenuhi kebutuhan gizi anda dan janin sering kali terabaikan. Selama kehamilan penting untuk menjaga nafsu makan apabila anda membiarkan nafsu makan anda hilang selama kehamilan kesehatan ibu dan janin menjadi terancam. Beberapa kondisi yang mungkin dialami untuk anda yang bila membiarkan pola makan yang tidak sehat selama kehamilan adalah keluhan seperti mual, pegal, sembelit bahkan hingga mengalami ganggguan gigi dan gusi. Sedangkan untuk janin di dalam kandungan antara lain adalah menghambat pertumbuhan janin dan akan mempengaruhi kekebalan tubuh setelah janin anda lahir.

Berikut adalah tips untuk menjaga nafsu makan selama kehamilan :

1.  Mengatur asupan serat

Asupan serat sangat dibutuhkan oleh tubuh anda apalagi selama kehamilan. Hal ini berhubungan dengan resiko sembelit yang semakin tinggi pada usia kandungan yang semakin bertambah sehingga untuk anda yang akan mengkonsumsi serat dapat mengatur menu makanan yang mengandung serat. Selain memenuhi kecukupan akan serat selama kehamilan hal yang harus diperhatikan adalah kandungan air yang terkandung di dalam makanan yang mengandung serat akan merasa kenyang. Sehingga untuk anda yang mempunyai masalah dengan nafsu makan sebaiknya mengatur menu makanan yang mengandung serat.

2.  Konsumsi sup

Anda dapat memilih sup makaroni atau sup jagung pada siang hari ketika anda kehilangan nafsu makan untuk mengkonsumsi nasi. Pilih juga sup yang mengandung variasi sayuran dan rendah lemak, bila anda memasaknya sendiri di rumah. Anda dapat membuat kaldu yang lebih jernih dari rebusan ke dua apabila anda ingin menghindari lemak.

3.  Salad dapat mengatasi masalah nafsu makan

Anda dapat memilih salad buah atau sayuran di siang hari menjaleng petang. Satu studi menemukan bahwa ketika orang mengkonsumsi salad akan menjaga tubuh anda dari makanan yang mengandung kalori yang berlebihan, sehingga dapat menjaga makanan secara keseluruhan.

4.  Buah Jeruk dan jeruk bali setiap hari membantu menjaga nafsu makan pergi

Penelitian menunjukkan bahwa makanan nabati rendah kalori yang kaya serat larut seperti jeruk dan jeruk bali membantu kita merasa kenyang lebih cepat dan menjaga gula darah tetap stabil.

5.  Konsumsi susu khusus kehamilan atau susu rendah lemak

Meningkatkan asupan susu rendah lemak adalah cara yang terbaik untuk mendapatkan lebih dari dua protein yang dianggap sebagai pengatur nafsu makan. Bagi anda yang mengkonsumsi susu kehamilan selain dapat mendapatkan nutrisi tambahan untuk janin anda juga dapat membantu menyediakan energi untuk anda.

6.  Mengkonsumsi makanan olahan dari kedelai

Kedelai memiliki protein dan lemak serta karbohidrat . Itu saja akan menunjukkan bahwa kedelai lebih memuaskan dan lebih cenderung untuk menjaga selera nafsu makan  dalam kontrol dari makanan nabati.

7.  Cemilan dari kacang

Kacang-kacangan membantu anda dalam membuat nafsu makan anda tetap terkontrol selama kehamilan. Cemilan kacang-kacangan dapat membantu anda dalam mencukupi kebutuhan nutrisi. Bagi anda yang mempunyai masalah dengan nafsu makan, cemilan kacang-kacangan dapat menemani aktivitas anda.

8.  Makan dengan sedikit dan rentan waktu yang dekat

Dibutuhkan setidaknya 20 menit bagi otak dalam menyampaikan pesan perut anda kenyang. Anda dapat mengkonsumsi makan dengan jumlah yang sedikit demi akan tetapi dengan rentan waktu yang dekat, untuk menghindari mual pada kehamilan usia muda dan perut cepat kenyang pada kehamilan trimester akhir.