england price for viagra
buy kamagra
kamagra 100mg
 

Persalinan adalah salah satu tahapan yang sangat menengangkan untuk anda yang memasuki trimester akhir. Tak heran jika anda sering merasakan khawatir, cemas, dan membayangkan rasa sakit ketika proses persalinan, walaupun pada dasarnya pilihan metode persalinan dapat anda tentukan. Bayi lahir dapat menggunakan metode lahir secara normal (apabila tidak terdapat kelainan) atau dengan operasi caesar. Melahirkan secara normal lebih memungkin anda untuk memperkecil resiko pasca melahirkan sehingga proses pemulihan kesehatan anda lebih cepat ketimbang yang menggunakan proses caesar.

Berikut adalah tips yang bisa anda pelajari agar bayi lahir secara normal :

1.  Mengikuti kelas ibu hamil

Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar untuk kesehatan ibu hamil, keluhan selama kehamilan, perawatan yang dilakukan selama kehamilan, persalinan dan juga pasca persalinan yang berhubungan dengan perawatan nifas dan pilihan kontrasepsi. Berbagi pengalaman selama kehamilan dengan ibu hamil lainnya akan membuat anda lebih tenang dalam menjalani persalinan, dapat meredakan kecemasan sehingga lebih membuka peluang anda untuk melahirkan secara normal.

2.  Memilih penyedia layanan kesehatan untuk kelahiran normal

Meskipun proses persalinan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia ibu hamil, kesehatan ibu hamil dan keadaan kehamilan akan tetapi bantuan dari penyedia layanan kesehatan dapat membantu anda untuk melahirkan secara normal. Anda dapat berkonsultasi mengenai persalinan anda (untuk mendapatkan kelahirkan secara normal) dan meminta rekomendasi pada keluarga dan rekan untuk memilih penyedia layanan kesehatan yang terbaik. Penyedia layanan kesehatan seperti bidan, dokter ahli kebidanan dan kandungan, dokter ahli fetomaternal.

3.  Mengatur kenaikan berat badan selama kehamilan

Pengaturan berat badan memang sangat penting bagi ibu hamil, pengaturan berat badan yang didapatkan selama masa kehamilan berhubungan dengan asupan nutrisi yang dibutuhkan selama pertumbuhan janin. Kenaikan berat badan pada trimester pertama relatif rendah, kenaikan yang cukup pesat terlihat pada usia kehamilan memasuki trimester kedua dan ketiga. Selama kehamilan kenaikan berat badan berkisar 12-15 kg. Kenaikan berat badan yang terlalu tinggi akan menyulitkan anda dalam proses persalinan normal.

4.  Mempersiapkan posisi yang mendukung kelahiran normal

Mempersiapkan posisi yang mendukung kelahiran normal yang bertujuan untuk memudahkan proses kelahiran bayi dari rahim. Posisi yang paling banyak dilakukan adalah melakukan sujud dengan posisi ini memungkin adanya gerakan yang membantu proses persalinan dengan normal. Selain itu naik turun tangga adalah salah satu gerakan yang disarankan untuk mendapatkan persalinan normal walaupun demikian anda harus dapat mengatur intensitas, tidak terlalu sering dan harus berhati-hati ketika melakukannya. Hal ini untuk memudahkan janin untuk berada di posisi kelahiran.

5.  Energi ekstra untuk mendukung persalinan normal

Pada persalinan normal anda membutuhkan energi yang ekstra sehingga konsultasi dengan penyedia layanan kesehatan ibu hamil sangat penting dalam menyediakan kebutuhan energi menghadapi persalinan normal. Hal ini berhubungan dengan kenaikan berat badan yang ideal selama kehamilan, sehingga dapat menimalisir kemungkinan berat badan yang berlebih tetapi tetap mendapatkan energi ekstra menjelang persalinan normal.

6.  Membuat diri anda rileks

Sebuah kolam renang, mengompres menggunakan air panas adalah alat alam yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan membantu anda bersantai. Selain itu anda dapat mendapatkan ketenangan diri dengan cara mengatur pernafasan, bermeditasi, berjalan kaki, mengubah posisi, mendapatkan pijat dan mendengarkan musik.


>> Diskusikan Topik ini di Forum

.