6 Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Pada trimester ketiga merupakan masa yang sangat menegangkan sekaligus menggembirakan, kecemasan ibu hamil mendekati persalinan dan juga kegembiraan menunggu kehadiran bayi ditengah-tengah keluarga juga sangat dinantikan sehingga berbagai macam persiapan dilakukan diantaranya adalah mempersiapkan perlengkapan bayi ketika baru lahir. Perlengkapan bayi dipersiapkan biasanya memasuki usia kehamilan ke tujuh karena pada saat itu jenis kelamin bayi sudah diketahui melalui USG. Ketika anda akan berbelanja perlengkapan bayi maka yang harus anda lakukan adalah memilih perlengkapan yang sekiranya sangat penting sehingga bisa meminimalisir pengeluaran biaya anda.

Berikut adalah beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang sangat diperlukan :

1.  Pakaian Bayi

Dalam memilih bahan baju bayi disarankan berbahan katun karena dapat menyerap keringat. Hindari bahan polyester dan nylon yang menghambat penyerapan keringat dan baju dengan aksesoris yang mengganggu pergerakan bayi apalagi sampai membuat bayi anda iritasi. Dalam mengantisipasi pakaian bayi yang tidak terpakai karena berat badan bayi baru lahir apalagi memiliki berat badan yang cukup besar maka anda dapat membeli baju dengan berbagai jenis ukuran dalam jumlah sedikit. Harus anda ingat pertumbuhan bayi baru lahir sangat pesat sehingga memiliki baju dalam jumlah banyak terkadang tidak terpakai lama. Perlengkapan pakaian bayi baru lahir terdiri dari  baju lengan panjang, celana panjang, lengan pendek, baju tanpa lengan, celana pendek, jaket, kaos tangan dan kaki.

2.  Popok

Pada bayi yang baru lahir intensitas buang air kecil maupun besar sangat sering sehingga tidak disarankan menggunakan popok sekali pakai. Gunakan popok berbahan kain dengan bahan katun dan memiliki tali yang memberikan kenyaman bagi bayi anda. Belilah beberapa lusin dalam mengantisipasi popok yang belum kering.

3.  Perlak


Video Minggu Ini
Tips untuk mengetahui sisi positif, keunggulan dan bakat anak.

You must have the Adobe Flash Playerthe Adobe Flash Player installed to view this player.

Video courtesy of Bebeclub.


Perlak sangat berfungsi untuk alas tidur bayi anda, hal ini berkaitan dengan kebiasaan buang air kecil yang sangat sering. Usahakan dalam membeli  perlak dalam ukuran besar sehingga bisa digunakan hingga bayi anda aktif bergerak.

4.  Gendongan bayi

Gendongan bayi merupakan perlengkapan penting yang harus ada dalam daftar belanja anda. Gendongan bayi memiliki beberapa jenis yaitu gendongan selendang atau dikenal dengan sling memiliki bentuk yang beragam dan harga yang ekonomis. Dengan jenis seperti ini memungkinkan anda untuk mengendong bayi dalam berbagai posisi dan cocok pada bayi yang baru lahir.

5.  Perlengkapan Mandi

Keperluan selanjutnya yang harus anda tambahkan pada daftar belanja menyambut kelahiran bayi adalah keperluan mandi seperti bak mandi bayi kemudian keperluan mandi sederhana lainnya seperti sabun dan shampoo. Hindari terlebih dahulu berbagai jenis kosmetika bayi pada usia pertama kelahiran. Waslap sangat penting  dalam daftar perlengkapan mandi bayi baru lahir, biasanya untuk bayi anda yang baru lahir (belum puput ) tidak terlalu banyak terkena air agar tali pusar tetap kering, dengan menggunakan waslap badan bayi bisa dibersihkan tanpa membuat tali pusar basah. Pilihlah handuk dengan bahan yang halus dan menyerap air sehingga bayi anda aman dan nyaman.

6.  Perlengkapan P3K bayi

Pada usia bulan pertama kelahirannya bayi memiliki perlindugan ekstara dari lingkungan barunya sehingga untuk anda penting menyediakan peralatan kesehatan sewaktu-waktu bagi bayi anda. Sediakan pula perlengkapan pertolongan pertama pada bayi baru lahir yang dibutuhkan dalam keadaan darurat seperti termometer, perban, alkohol, kapas, salep anti iritasi yang anda sediakan di rumah.