data-ad-format="auto"

6 Manfaat Rajin Berolahraga Bagi Kesehatan Wanita

Dengan beberapa aktivitas yang anda lakukan setiap harinya membuat anda mengalami stress bahkan tak jarang anda mengalami kepenatan di tempat kerja atau di rumah. Hanya dengan olahraga masalah-masalah seperti itu bisa anda kelola dan berpengaruh positif untuk tubuh anda. Berikut manfaat yang dihasilkan dari olahraga bagi kesehatan wanita :

1.  Menambah Energi

Anda dapat melakukan olahraga minimal 30 menit sekali setiap hari. Dengan olahraga yang teratur membuat tubuh anda melepaskan endorphin (senyawa kimia yang dihasilkan di otak sehingga membuat anda rileks) ke dalam darah sehingga anda akan memberikan tenaga pada tubuh anda. Adapun untuk anda yang sering mengalami kelelahan sehabis olahraga, hal tersebut diakibatkan karena tubuh anda belum terbiasa. Kelelahan biasanya terjadi pada sesi pertama anda berolahraga setelah itu akan hilang dengan sendirinya. Bagi anda yang aktif, olahraga sangat penting untuk menjaga energi sepanjang hari.

2.  Melawan Penyakit Osteoporosis

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Osteoporosis pada wanita resikonya lebih tinggi ketimbang untuk pria, bahkan wanita lebih memungkinkan osteoporosis lebih awal ,apalagi untuk anda yang telah mengalami menopause, laju kerusakan tulang lebih cepat. Penelitian menunjukan dengan berolahraga akan membantu anda untuk menghindari beberapa penyakit, diantanya adalah osteoporosis.

3.  Membantu Menajaga Berat Badan Ideal

Wanita kurang percaya diri ketika memiliki berat badan yang berlebih, banyak diantaranya wanita yang rela diet habis-habisan untuk mengembalikan berat badan ideal, mungkin diantaranya anda? Jika anda melakukan diet tanpa olahraga, hasilnya tidak akan maksimal. Melakukan olahraga dengan konsisten akan membantu otot membakar kalori. Dengan demikian banyak otot yang anda miliki semakin baik metabolisme yang anda alami, sehinga metabolisme yang baik akan membantu anda lebih sehat.

4.  Mengimbangi Perubahan Fisik Saat Kehamilan

Adanya pengaruh hormon relaksin pada saat kehamilan, relaksasi persendian pada trisemester ketiga mengakibatkan nyeri pinggung bahkan hingga mengakibatkan keseimbangan, anda dapat melakukan latihan-latihan dalam memperkuat otot pinggang dan perut dengan olahraga yang tepat, seperti renang. Pada masa kehamilan anda dapat melakukan olahraga ringan dan membantu anda menyesuaikan diri terhadap perubahan fisik seperti misalnya dengan senam ibu hamil atau yoga sehingga cara sesuai dan tidak membahayakan anda dan janin.

5.  Olahraga untuk Kecantikan Wanita

Kecantikan dan keindahan kuliit menjadi harapan setiap wanita. Untuk anda yang berolahraga secara rutin akan membantu anda dalam mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Selain itu dengan menjalankan olahraga yang seimbang akan membantu anda untuk mengurangi radikal bebas di dalam tubuh. Sirkulasi darah menhadi lebih lanjar dan juga merangsang produksi kolagen sehingga kulit menjadi kencang, produksi kolagen dapat dipicu dengan cara olahraga rutin. Mencegah timbulnya jerawat pada wajah karena dapat mengontrol hormon DHEA dan DHT, penyebab jerawat. Bagi anda yang memiliki selulit, dengan olahraga dapat dikurangi karena dengan adanya prooses pembentukan dan perengangan pada otot anda sehingga dengan sendirinya selulit akan hilang.

6.  Mengurangi Gejala PMS

Anda dapat mengurangi gejala-gejala PMS dengan melakukan olahraga sebelum menstruasi anda datang setiap bulannya. Sehingga anda dapat mengurangi pegal-pegal, kehilangan semangat, mudah letih dan lesu apalagi untuk anda yang mengalami nyeri di bagian bawah perut. Dengan olahraga siklus menstruasi anda juga akan lebih teratur. Bahkan untuk anda yang jarang melakukan olahraga akan memiliki kemungkinan resiko tinggi siklus menstruasi panjang.

Loading...

Follow us