data-ad-format="auto"

6 Cara yang Harus Diketahui Saat Merawat Bayi

1.  Menangis bukan berarti kolik

Cara yang harus diketahui saat merawat bayi yang pertama adalah ketika bayi menangis. Bagi anda yang belum dapat membedakan menangis sebagai emosi bayi atau petanda kolik bisa dibedakan dari tangisannya. Umumnya bagi bayi yang kolik menangis dengan tangan yang mengepal serta lututnya terangkat bahkan tangisannyapun sangat keras. Para ahli mengatakan bahwa kolik terjadi karena adanya masalah pencernaan pada bayi. Hal ini bisa terjadi karena adanya kejang otot dibagian dinding usus, udara di dalam usus dan akibat salah saat pemberian makanan. Oleh karena itu anda jangan terburu buru cemas bahkan menyimpulkan bahwa bayi anda kolik.

2.  Menggendong bayi yang baik

Mengendong bayi yang aman dan nyaman sehingga bisa anda sesuaikan dengan usia bayi anda. Bagi bayi yang baru lahir membutuhkan kedekatan dan kehangatan dari anda untuk menjalin kontak batin yang kuat. Pada usia bayi dibawah dua bulan sebaiknya anda harus benar-benar memperhatikan bagian kepala dan leher bayi karena tulang lehernya masihh terlalu lemah. Perhatikan cara mengangkat, menggendong dan juga meletakan bayi anda kembali. Memasuki usia selanjutnya aktifitas bayi berkembang sehingga anda harus memperhatikan gerakan yang tiba-tiba saat mengendongnya.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

3.  Gunakan kain halus pada saat membersihkan bayi

Tisu bayi yang mahal untuk kulit bayi yang sensitif bisa anda sesuaikan dengan budget karena pada dasarnya menggunakan kain yang telah dibasahi untuk menghapus kotoran dan buang air kecilnya bisa anda lakukan. Pilihlah kain yang halus untuk tetap melindungi kulit bayi anda. Pada bayi yang mengkonsumsi ASI memiliki asam yang rendah dan bakteri sehingga pada saat membersihkan kotorannya anda bisa menggunakan kain yang halus tersebut. Caranya dengan mengusapkan popok kain basah atau kain halus lainnya untuk membersihkan kotoran, anda harus sangat hati hati dan teliti agar semua kotoran dapat dibersihkan.

4.  Memberikan kenyaman saat bayi tertidur

Ketika bayi anda tertidur tidak menutup kemungkinan dia melakukan proses pengeluaraseperti buang air besar dan buang air kecil. Pada umumnya bayi akan melakukan buang air kecil beberapa kali sepanjang malam. Sehingga akan menggangu kenyaman bayi anda ketika tidur. Anda bisa memilih popok sekali pakai ketika bayi anda tertidur meskipun demikian anda tetap harus memperhatikan kelembapan bayi anda jika dirasa popok sekali pakai sudah tidak berfungsi untuk menyerap maka segera menggantinya.

5.  Sterilisasi bisa anda lakukan dengan waktu yang singkat

Cara yang harus diketahui saat merawat bayi selanjutnya adalah ketika melakukan sterilisasi. Sterilisasi semua barang-barang bayi, umumnya adalah botol susu bayi dengan beberapa cara baik menggunakan air panas, air dingin adapula yang menggunakan microwave. Anda dapat memilih salah satu cara untuk menjaga botol susu bayi yang aman dari mikroorganisme. Perhatikan pula jenis plastik yang digunakan pada botol susu bayi anda karena tidak selamanya dapat menggunakan metode perebusan (dengan air panas).

6.  Pilih musik yang dapat menenangkan

Cara selanjutnya yang harus diketahui saat merawat bayi adalah memberikan musik yang menenangkan. Para ahli mengatakan bahwa musik dapat merespon otaknya sesai dengan jenis musik yang diberikan. Hal ini juga dapat menenangkan bayi anda, menggantarkannya tidur dan dapat dijadikan untuk menstimulasi otaknya. Perhatikan pula volume yang anda gunakan karena telinga bayi masih rentan terhadap beberapa pengaruh luar, termasuk volume yang keras dari musik.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…

Bayi Kuning, Kenali dan Waspadai

Pigmen bernama bilirubin adalah faktor penyebab dari bayi kuning (ikterus) yang harus di…

Follow us