shomobilebanner2.jpg

5 Manfaat Air Selama Kehamilan

Perawatan kehamilan dapat dilakukan secara alami dengan cara menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat. Selain itu beberapa unsur alam dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan anda janin, bahkan anda dapat dengan mudah melakukannya tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal seperti jalan santai, senam kehamilan atau menggunakan air. Unsur yang terdapat di dalam air dapat memberikan manfaat untuk anda.

Berikut 5 manfaat air selama kehamilan :

1.  Membuat Anda rileks

Banyak orang yang menggunkan air untuk berendam dan latihan relaksasi dalam mengurangi stress dan cemas. Bagi anda yang sedang hamil dapat melakukan olahraga renang tentunya bagi ibu hamil dengan resiko kehamilan yang kecil, bagi anda yang akan melakukan renang sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau bidan untuk mendapatkan informasi kesehatan anda. Berenang pada saat hamil akan membantu relaksasi dan mengurangi stress, selain itu keuntungan menggunakan latihan di dalam air seperti berenang akan membantu anda dalam mengatasi berat badan anda selama kehamilan dikarenakan air akan membantu anda dalam melakukan gerak yang bebas.

2.  Persiapan Persalinan

Anda dapat melakukan latihan kehamilan di dalam air tanpa merasa terbebani dikarenakan olahraga di dalam air sangat menyenangkan dan menenangkan. Latihan di dalam air sangat ideal dilakukan pada masa kehamilan. Hal ini terkait dengan latihan kardio-vaskular tanpa adanya tekanan pada sendi. Melakukan aerobik di dalam air sangat bagus untuk mendapatkan kebugaran dan memberikan kenyaman pada otot otot, terutama mempersiapkan persalinan anda.

3.  Membuat Posisi Janin Lebih Optimal

Dengan melakukan berenang terutama gaya dada adalah cara yang terbaik yang dapat anda lakukan untuk mendorong janin berada di posisi yang optimal. Dengan perut yang menggantung akan membantu posisi janin dalam berkembangannya selain itu gerakan kaki katak dapat mendorong panggul untuk membuka sehingga lebih banyak ruangan untuk bayi menempati posisi yang terbaik.

4.  Menikmati Kehamilan anda

Beberapa wanita selama kehamilan mengeluhkan bentuk tubuhnya, sedangkan berada di dalam air adalah cara yang terbaik untuk melupakan sementara bentuk tubuh anda dan memiliki berat yang ringan, bebas gerak selama anda melakukan latihan. Air akan memberikan kurva dan berat badan yang ekstra sehingga akan membangun pertumbuhan pada bayi.

5.  Membantu Menemukan posisi terbaik mempersiapkan waterbirth

Bagi anda yang merencanakan kelahiran di dalam air (waterbirth) anda dapat melakukan latihan di dalam air terlebih dahulu. Temukan posisi yang nyaman yang dapat mendukung persalinan anda. Anda dapat menggunakan kolam renang untuk melakukan latihan dan relaksasi dan juga latihan pernapasan di dalam kolam renang dan mendapatkan pikiran yang tenang di dalam air.

Dengan demikian sangat penting untuk anda melakukan latihan di dalam air untuk mendapatkan manfaat selama kehamilan selain itu jangan lupa untuk mengkonsumsi air 8 gelas sehari untuk mencegah infeksi saluran kemih, menjaga kestabilan pada tubuh anda, memfasilitasi aliran nutrisi melalui darah ke bayi dan membantu dalam mengisi cairan ketuban yang hilang selain itu air minum akan membantu anda dalam mencegah penyakit hiprtensi, kardiosvaskular dan membantu untuk mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir. Bagi anda yang mengalami keluhan kehamilan seperti morning sickness (mual dan muntah) sebaiknya teratur mengkonsumsi air minum setelah bangun tidur.

Konsultasi Terbaru Kehamilan & Persalinan

tentang kehamilan
Ditulis oleh kiki ayuh astitin

dear bidanku   sya selama hamil cuman test di alat test kehamilan saja ... tapi selama dua bulan saya blom periksa kedokter dikarekan ada rasa takut untuk periksa ...

kurus
Ditulis oleh Dhini

Kenapa ya bru pertama hamil badan langsung kurus.......

ada bercak darah sudah telat haid waktu di tp negative
Ditulis oleh dewi ayu wahyuna

Assalmmualaikum dok , saya ayu berusia 20 tahun , sudah 7 bulan menikah belum hamil juga , Terakhir saya mens tanggal 12 mei 2016 itu sudah bersih dan di bulan juni ini.....

 

Follow us