data-ad-format="auto"

5 Jenis Buah-Buahan pada Tahap Memperkenalkan MPASI

Buah merupakan sumber vitamin yang baik bagi bayi anda. Pada masing-masing buah memiliki kandungan vitamin yang berbeda-beda. Masing masing vitamin mempunyai manfaat bagi tubuh bayi. Meskipun pada dasarnya buah memberikan manfaat yang baik untuk bayi anda akan tetapi seringkali anda kebingungan dalam memberikan buah pada tahap memperkenalkan Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Menurut ahli gizi bahwa semua buah memiliki manfaat yang bagus untuk bayi hanya saja dalam pemberian buah harus disesuaikan dengan usia bayi. Buah dapat mulai diberikan pada bayi usia 6 bulan. Pada usia ini kematangan pencernaannya sudah dapat mendukung pemberian buah. Baca: Makanan bayi 6 bulan

Nah, kali ini kami akan berbagi mengenai jenis buah yang dapat diperkenalkan dalam tahap MPASI pertama (makanan bayi 6 bulan). Meskipun pada dasarnya buah dapat diberikan pada bayi akan tetapi anda harus mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya tekstur. Pertama kali dalam mengenalkan buah sebaiknya buah yang memiliki tekstur yang lembut dan anda dapat menghaluskannya terlebih dahulu.

Pencernaan bayi masih dalam tahap penyempurnaan sehingga ketika diberikan buah sebaiknya buah yang berasa manis terlebih dahulu. Kenali dalam waktu satu minggu apabila tidak mengalami masalah pencernaan (ditandai dengan BAB yang normal, tidak mulas) maka dapat diberikan kembali.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Berikut adalah 5 jenis buah-buahan yang baik diberikan pada tahap awal pe mberian MPASI :

1. Pisang

Kandungan yang terdapat pada buah pisang yaitu fosfor, kalium, asam folat dan juga vitamin A yang baik untuk kesehatan bayi anda. Untuk penyajian pisang pada tahap pengenalan MPASI adalah dengan mengeruk daging buah pisang hingga lembut kemudian sajikan pada bayi. Ada pula yang dibuat campuran bubur atau pure sehingga menambah rasa dan tidak membuat bayi anda bosan.

2. Jeruk

Pemberian buah jeruk memang ada yang mencemasakan ketika dikenalkan pada usia pemberian MPASI. Perlu anda ketahui bahwa jeruk yang baik adalah yang memiliki rasa manis sehingga anda tidak perlu khawatir dengan masalah kesehatannya. Kandungan gizi jeruk sangat bagus yaitu untuk kalsium, kalium, vitamin C, vitamin A, serat dan asam folat yang baik untuk kesehatan bayi. Dalam penyajiannya anda dapat mengupasnya kemudian peras hingga air nya yang diberikan pada bayi. Pemberian secara langsung belum disarankan karena teksturnya masih sulit dicerna oleh bayi.

3. Tomat

Kandungan yang dimiliki tomat seperti kalsium, natrium, serat, protein, magnesium, asam folat dan juga vitamin A. Anda dapat memperkenalkan buah tomat dengan campuran bubur sehingga memiliki rasa yang berbeda. Jadikan tomat sebagai pelengkap atau saus yang disajikan bersama bubur atau pure.

4. Pir

Kandungan gizi di dalam buah pir yaitu fosfor, kalium, kalsium dan juga vitamin C. Kandungan tersebut baik untuk kesehatan bayi.saran penyajian dengan cara potong kecil-kecil buah pir kemudian kukus sampe lunak.

5. Apel

Kandungan gizi di dalam buah apel yaitu kalium,fostor, kalsium, megnesium, vitamin A, vitamin C.saran penyajian kupas kulit apel lalu potong kecil-kecil sesudah itu masukan ke dalam panci, tambahkan air secukupnya atau bisa juga sampe potongan ampel terendam oleh air.sesudah apel lunak kita bisa langsung masukan ke dalam blender.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…

Bayi Kuning, Kenali dan Waspadai

Pigmen bernama bilirubin adalah faktor penyebab dari bayi kuning (ikterus) yang harus di…

Follow us