data-ad-format="auto"

4 Tips Agar Cepat Hamil Setelah Memakai KB Pil

Seperti yang kita ketahui, ada berbagai jenis KB yang bisa digunakan untuk menghambat kehamilan.

Dimana salah satunya yaitu dengan KB Pil. Bagi mereka yang ingin agar cepat hamil setelah KB pil biasanya tidak ditemukan kesulitan. Berbeda halnya dengan KB suntik yang difungsikan untuk menurunkan tingkat kesuburan hormon, dimana KB pil justru akan bekerja pada sel telur. Ketika menggunakan pil KB, maka sel telur akan dicegah kematangannya untuk menunda kehamilan.

Dengan cara kerja seperti ini, anda jangan merasa khawatir dalam merencanakan kehamilan. Karena tubuh anda akan kembali normal. Klik di sini: Tanda Orang Hamil

TIPS CEPAT HAMIL SETELAH KONSUMSI KB PIL

Berikut ini tips agar cepat hamil setelah KB pil.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

1. Tuntaskan Sisa Pil

Berdasarkan penelitian, kesuburan wanita yang menggunakan kontrasepsi pil KB akan kembali seperti sediakala sebelum ia mengkonsumsi pil tersebut. Tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengembalikan tingkat kesuburan, yang mana kesuburan bisa kembali didapatkan setelah mengkonsumsi pil. Setelah berhenti mengkonsumsi pil KB, anda bisa segera berovulasi sesuai dengan siklus yang selama ini anda alami.

Apabila anda merencanakan kehamilan setelah melepas pil KB, maka disarankan untuk menuntaskan sisa pil yang masih tersisa. Dimana tujuan menuntaskan konsumi pil KB ini yaitu untuk memastikan bahwa kehamilan anda akan berjalan dengan cepat pada waktu sesuai yang anda inginkan. Meskipun anda menuntaskan sisa pil KB tersebut, tetapi kesuburan anda tidak akan terganggu. Setelah itu, anda bisa merencanakan program kehamilan bersama pasangan anda.

2. Jeda 1-2 Siklus Haid

Apabila anda ingin cepat hamil setelah berhenti mengkonsumsi pil KB, maka anda bisa memberikan jeda waktu. Sangat dianjurkan bagi mereka untuk memberikan jeda satu sampai dua siklus haid setelah berhenti mengkonsumsi pil KB sebelum akhirnya merencanakan program hamil. Yang mana pemberian jeda ini bertujuan untuk membuat kehamilan lebih terencana dan tepat pada waktunya.

3. Siapkan Diri untuk Program Kehamilan

Meskipun faktanya banyak wanita yang menggunakan KB pil tidak kesulitan untuk menjalani kembali program hamil, tapi tidak sedikit pula wanita yang sulit hamil setelah berhenti mengkonsumsi pil KB. Namun, anda jangan pernah menyalahkan alat kontrasepsi yang anda pilih tersebut. Karena bisa saja sulit hamil disebabkan karena ada gangguan pada sperma dan sel telur atau mungkin saja karena kondisi badan anda yang tidak prima utuk menjalankan program kehamilan. Untuk itu, anda harus menyiapkan diri anda selama menjalankan progam kehamilan.

Selain itu, anda juga harus menjaga pola makan. Usahakan konsumsi makanan sehat, serta kurangi porsi nasi dan perbanyak porsi buah serta sayuran. Selain itu, kebutuhan protein pun harus dipenuhi. Untuk memperlancar proses metabolisme atau siklus kesuburan, jangan lupa untuk melakukan olahraga.

Anda juga harus menyiapkan mental anda dengan selalu berpikir positif. Karena tubuh yang siap secara fisik maupun mental mampu meningkatkan peluang keberhasilan program hamil yang anda jalankan.

4. Konsultasi dengan Dokter

Setelah berhenti mengkonsumsi pil KB, dan untuk menjalankan program hamil maka anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, anda juga bisa memeriksa kesuburan tubuh anda, sehingga diperoleh waktu yang tepat untuk merencanakan program kehamilan. Selain itu, dengan berkonsultasi atau memeriksa diri ke dokter, anda juga bisa bertanya cara cepat hamil yang paling tepat setelah KB pil, sehingga peluang anda untuk bisa hamil lagi cukup  besar.

Itulah beberapa tips cepat hamil setelah berhenti konsumsi pil KB. Tips di atas harus diiringi dengan kesabaran dan do’a agar keinginan anda bisa terwujud. Semoga bermanfaat.