10 Nutrisi Penting Untuk Kehamilan Sehat

Ketika anda hamil, apa pun yang Anda makan akan menjadi makanan untuk janin anda. Sebuah penelitian menunjukan bahwa nutrisi selama kehamilan secara signifikan akan mempengaruhi kesehatan jangka pendek dan jangka panjang bayi. Selain jenis yang tepat dan jumlah protein, karbohidrat dan lemak, mikronutrien seperti vitamin, mineral dan fitonutrien (zat kimia alami yang ditemukan dalam berbagai makanan nabati) yang penting untuk perkembangan janin yang sehat.

Berikut ini sepuluh nutrisi penting untuk kehamilan yang sehat dan direkomendasikan untuk anda :

1.  Vitamin A

Vitamin A sangat penting bagi ginjal, paru dan kardiovaskular kesehatan, kekebalan tubuh dan produksi sel darah merah. Konsumsi harian yang direkomendasikan untuk wanita hamil  adalah 770 mikrogram, sumber yang baik termasuk telur, susu, keju cheddar, sayuran hijau gelap, labu, ubi jalar, dan wortel.

2.  Vitamin B12

Sangat penting untuk produksi dan metabolisme asam amino, yang merupakan senyawa organik yang membentuk protein dan merupakan kunci untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan dan sejumlah fungsi tubuh lainnya. Selain itu, vitamin B membantu produksi energi dari lemak dan protein, sintesis hemoglobin, fungsi pankreas dan pencegahan cacat tabung saraf. RDA untuk ibu hamil adalah 2,6 mikrogram, sumber yang baik termasuk kerang, kepiting, ikan sarden, salmon,daging sapi dan yogurt tanpa lemak.

3.  Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin antioksidan. Melindungi terhadap racun yang berasal dari lingkungan, vitamin C diperlukan untuk perkembangan otak yang optimal dan fungsi kekebalan tubuh. RDA untuk wanita hamil adalah 85 miligram, sumber yang baik meliputi paprika (terutama merah dan kuning), jambu biji, jus jeruk, pepaya, stroberi, brokoli, dan melon.

4.  Vitamin D

Penting bagi ibu dan bayi mendapatkan asupan vitamin D, bayi yang kekurangan vitamin D akan meningkatkan resiko penyakit tulang. Sehingga ibu hamil disarankan mengkonsumsi minyak ikan, salmon, tuna, udang, dan susu yang diperkaya vitamin D, susu kedelai dan juga  jus jeruk.

5.  Vitamin K

Vitamin K diperlukan untuk pembekuan darah dan pertumbuhan sel normal, serta pencegahan osteoporosis dan penyakit jantung. RDA untuk ibu hamil adalah 90 mikrogram, sumber yang baik termasuk kale mentah, lobak, peterseli ,bayam dan kedelai

6.  Kalsium

Kalsium adalah sebuah nutrisi penting dalam pembentukan tulang dan gigi dan mendukung fungsi yang tepat dari pembuluh darah, otot, saraf, hormon dan banyak lagi. RDA untuk hamil wanita usia 19 dan lebih tua adalah 1.000 miligram, sumber yang baik termasuk keju cheddar, susu, yogurt, tahu, kacang putih, bok choy, kale dan brokoli.

7.  Folat

Membantu mengatur asam amino, mendukung pembentukan DNA dan RNA, mencegah cacat tabung saraf dan mendukung pankreas, sel-sel ginjal dan otak. RDA untuk ibu hamil adalah 600 mikrogram, sumber yang baik meliputi lentil, kacang-kacangan , bayam, dan jus jeruk

8.  Zat Besi

Zat Besi sangat penting untuk transportasi oksigen, produksi energi sel, kekebalan dan banyak lagi. Wanita hamil mentransfer sebagian besi untuk janin selama trimester ketiga, sehingga zat besi sangat penting menuju bulan-bulan terakhir kehamilan. RDA untuk wanita hamil adalah 27 miligram, sumber yang baik meliputi tahu, kacang kedelai, daging sapi tenderloin, bayam dan kacang merah.

9.  Magnesium

Berperan dalam banyak fungsi, termasuk produksi energi dari karbohidrat dan lemak, integritas struktural tulang, membran sel dan kromosom, kontraksi otot, impuls saraf, irama jantung dan kontrol tekanan darah serta gula darah. RDA untuk wanita hamil usia 19 sampai 30 adalah 310 miligram, untuk wanita usia 31 dan lebih tua adalah 320 miligram. Sumber yang baik termasuk biji labu, bayam, lobak, kedelai, kacang hijau, salmon, biji bunga matahari.

10.  Seng, seperti magnesium

Merupakan kunci untuk beberapa fungsi termasuk ginjal, jantung, pankreas, saraf dan kekebalan tubuh. RDA untuk wanita hamil adalah 60 mikrogram setiap hari. Sumber direkomendasikan meliputi tiram,kepiting, salmon, udang, biji bunga matahari, beras merah dan telur.